4 Tips Penting Sebelum Trading Saham

Selain untuk investasi, saham menjadi hal menarik untuk diperdagangkan (trading). Namun ada tips penting sebelum trading saham yang harus diperhatikan.

Untuk investasi, investor tidak memerlukan pemantauan setiap hari, bahkan setiap jam dan menitnya. Investor bisa menganalisis pergerakan saham yang dibeli setiap bulan, 3 bulanan, 6 bulanan atau tahunan.

Strategi penting sebelum trading saham

Namun berbeda dengan trading, investor yang melakukan trading (trader) harus memperhatikan kondisi eksternal dan kondisi internal perusahaan. Kondisi eksternal berupa situasi perekonomian dan politik global hingga negara sekawasan. Selain itu pengaruh terhadap politik dan ekonomi dalam negeri.

Kondisi internal berupa kinerja perusahaan, baik secara kuartalan, semester hingga tahunan. Pergerakan saham ini dipicu oleh aksi korporasi perusahaan, baik secara organik maupun anorganik.

Momentum Tepat Trading Saham

Financial Expert Ajaib Sekuritas Chisty Maryani mengatakan, trader membutuhkan banyak waktu, keterampilan, dan keahlian untuk trading. Seorang day trader harus mengetahui momentum yang tepat untuk melakukan akumulasi saham, sinyal bullish atau sebaliknya.

“Seorang day trader harus memiliki kemampuan analisis teknikal yang baik sehingga bisa membaca momentum dan membaca potensi sinyal kenaikan harga terlebih dahulu,” kata Chisty.

Baca juga:

  1. 5 Teknik Scalping Saham Untuk Maksimalkan Cuan
  2. Trading Saham Perusahaan AS
  3. Belajar Investasi Saham Untuk Pemula
  4. Cepat Kaya Dengan Menabung Saham
  5. Yuk Belajar Lagi Investasi Saham

Setelah menguasai analisis teknikal, trader dapat mengombinasikan dengan analisis fundamental dan sentimen market untuk mengambil keputusan. Day trader harus bisa membaca suatu peristiwa yang menyebabkan pergerakan dalam jangka pendek seperti pengumuman statistik ekonomi, pendapatan perusahaan, ataupun pengumuman suku bunga bank sentral.

Strategi Penting Sebelum Trading Saham

Menurut Chisty, dalam menjalankan aksinya, day trader dapat menerapkan beberapa strategi untuk trading. Strategi penting sebelum trading saham seperti:

Scalping : Strategi ini berfokus untuk membuat banyak keuntungan kecil pada perubahan harga sesaat yang terjadi sepanjang hari.

Range trading : Strategi ini menggunakan level support dan resistance yang telah ditentukan sebelumnya dalam harga untuk menentukan keputusan trader saat beli dan jual suatu saham.

News-based trading alias perdagangan berbasis berita. Strategi ini memanfaatkan peluang perdagangan dari volatilitas tinggi yang terjadi dari sebuah berita atas suatu peristiwa atau pengumuman terjadwal.

High frequency trading (HTF): Strategi yang menggunakan algoritma canggih untuk mengeksploitasi inefisiensi di pasar dalam waktu yang singkat (jangka pendek).

Tips Penting Sebelum Trading Saham

Sebelum memulai aktivitas day trading untuk mendapatkan potensi keuntungan, ada beberapa tips penting sebelum trading saham yang harus diperhatikan:

Memiliki Money Management yang Baik

Seorang trader wajib memiliki money management yang baik sebelum memulai investasi dan trading. Dengan demikian, trader dapat mengontrol dan lebih bijak dalam mengelola aktivitas day trading mengingat aktivitas trader harus mencermati pergerakan harga saham yang fluktuatif dalam satu hari dan memiliki potensi risiko.

Dengan memiliki money management dan menyusun trading plan yang baik, day trader akan memiliki acuan untuk rencana investasi, seperti daftar saham untuk trading, titik masuk (entry) untuk membeli saham, titik keluar (exit) untuk menjual saham, dan titik cut loss ketika harga sahamnya turun.

Waspadai Kesalahan Umum Saat Trading Saham

Menurut Chisty, kesalahan umum yang sering dilakukan saat day trading adalah tidak konsisten dengan trading plan yang dibuat. Ketika saham yang dipilih naik, biasanya trader terbuai sampai melewati level target yang dibuat dalam trading plan.

Begitu juga sebaliknya, jika sahamnya turun tidak disiplin cut loss dan melebihi level stop loss yang ditentukan di awal.

Tips penting sebelum trading saham

Menurut Chisty, dengan money management serta trading plan yang telah dibuat di awal,  dapat menghindarkan trader untuk mengambil keputusan subjektif dan emosional. “Dua hal ini juga membantu trader untuk lebih mudah menghitung potensi keuntungan dan kerugian yang didapat dari aktivitas day trading,” ujarnya.

Pilihlah Saham dengan Reputasi Bagus

Pilihlah saham day trading yang memiliki tingkat likuiditas baik, dengan pergerakan saham naik turun yang wajar. Di dalam akun khusus di Ajaib, terdapat lebih dari 100 saham pilihan untuk melakukan aktivitas day trading.

Ajaib menyusun daftar saham yang memiliki likuiditas bagus yang dapat diperjualbelikan di dalam akun khusus dalam aktivitas day trading.

“Kalau ingin mendapatkan profit yang konsisten dari aktivitas day trading, maka sebaiknya hindari beli saham yang volatile dan kurang likuid,” katanya.

Memilih Sekuritas yang Terpercaya

Hal terpenting bagi seorang day trader adalah memilih perusahaan sekuritas dan aplikasi trading yang dapat diandalkan. Pastikan sekuritas kamu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seorang trader dapat memilih aplikasi saham dengan berbagai fitur yang dapat menunjang aktivitas day trader.

Adapun beberapa fitur penting bagi day trader di antaranya adalah stock screener, advance chart dengan dukungan tradingview untuk menganalisis berbagai indikator dan sinyal bullish dan bearish, serta kecepatan order book speed secara realtime agar trader tidak kehilangan momentum saat beli (bid) dan jual (offer) saham. Berbagai fitur tersebut tersedia di dalam aplikasi Ajaib.

Aplikasi trading saham online terbaik

Day Trader juga dapat menggunakan sekuritas yang memberikan fasilitas dana tambahan untuk melakukan aktivitas day trading. Di Ajaib Sekuritas, trader dapat mengaktifkan akun Ajaib Day Trading Xtra secara cepat dan mudah untuk mendukung aktivitas day trading.

Akun akan aktif dalam waktu kurang dari 15 menit. Trader langsung dapat menikmati berbagai fasilitas menarik untuk day trading seperti booster buying power hingga 7x dari deposit.

Disclaimer ya: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

28 pemikiran pada “4 Tips Penting Sebelum Trading Saham”

  1. ini useful banget mas buat saya yang baru mau belajar soal saham, karena kadang saya masih suka bingung-bingung mau mulai dari mana, dan peansaran dengan saham ini dari dulu

  2. Wah, kalau saham harus belajar khusus nih, jangan sampai coba-coba deh. Takutnya boncos kan.
    Trims tipsnya. Aku masih nubie deh…

  3. Jadi seorang investor dan trader itu harus betul-betul paham cara mainnya ya, agar tidak mengalami kerugian finansial ke depannya nanti. Setidaknya meminimalisir kerugian yang lebih besar. Selain itu juga sudah harus siap dengan risiko yang ada di depan mata. Very nice sharing

  4. Ini nih penting banget tips-tips sebelum trading saham buat yang ngebet banget pengen jadi trader tapi belum mumpuni ilmunya. Harus banget tahu kemungkinan risiko dan juga benefit yang bisa didapat dari trading saham, ya, biar nanti ga kaget ketika sudah benar-benar terjun kedalamnya

  5. banyak hal yang harus diperhatikan sebelum trading ya, tentu agar kita nantinya juga jadi aman dan gak merugi. Lah kan mau investasi, harapannya pasti untung dong ya bukan buntung. Makanya harus perhatikan sekuritas dan lainnya.

  6. Saya masih awam dengan trading saham ini, Mas Didik. Tapi dari membaca ulasan di sini, saya mulai tercerahkan. Jadi sebelum melakukan trading saham, perlu sekali mempunyai managemen keuangan yang baik. Terus fokus pada tujuan awal. Pilih saham yang bagus. Terus pilih juga aplikasi trading yang berkualitas. setidaknya sudah diawasi oleh OJK

  7. Aku belajar tentag saham tapi masih nggak ngerti dan nggak berani. Hehe…. Mungkin karena aku tipikal orang yang nggak berani nanggung high risk.

  8. klo mau trading harus paham dulu ya, apalagi buat milih2 saham yang mau di beli, di hold, di jual. Jadi inget nih ada temenku yang lagi bikin thesis tentang aplikasi ajaib nih

  9. Pengen nyoba investasi saham tapi masih bingung. Dulu pernah punya pengalaman buruk soal trading sih. Memang setiap investasi punya resiko, harus siapin hati yang lapang kalo rugi,

  10. money management itu penting banget sebagai pondasi. keinget jaman awal pandemi banyak orang main saham padahal blm punya basic yang bagus. jadilah mereka meronta-ronta waktu portonya merah

  11. Saya tuh kalau masalah bisnis nggak paham, tapi pengennya berbisnis..apalagi trading gini..kok otak kaual nggak nyampee..huaaa

  12. Menjadi trader gak bisa gegabah ya kak dalam mengambil keputusan.
    Hal ini yang patut diwaspadai memang. Jangan gara-gara terbawa esmosi malah seraduk aja ketika invest.
    Oleh karena nya trading plan ini perlu dibuat sebaik mungkin

  13. Kalau mau mencoba berinvestasi saham memang perlu belajar banyak terlebih dahulu sih ya biar pas lagi trade jadi nggak salah ambil keputusan dan bikin gagal cuan.

  14. memang gak bisa main-main nih kalau mau trading ya, kudu udah punya ilmu dulu hehe.. dan tentunya uang dingin yang dipakai hihi

  15. Selain mengambil keputusan yang tepat, manajemen keuangan juga bagus, serta jangan sampai terbawa emosi ketika bermain trading.

    Harus konsisten dan komitmen berapa batas kerugiannya, dan harus segera dilepas.

  16. aku jadi wondering loh kak, kalau misal aku mau investasi saham better sendiri atau pakai jasa trader ya? noted banget sih ini, andai aku pakai jasa trader yang harus diperhatikan selain jam terbang dan punya strategi untuk trading yang handal, adalah aplikasi yang digunakan ya.

  17. Kalau enggak punya manajemen uang yang baik bisa kacau
    Pengalaman soalnya
    Jadinya benar benar harus teratur dan rapi biar trading saham aman

  18. saya juga pakai aplikasi ajaib nih, tapi baru cb2 sih, mesti masih banyak belajar juga soal trading saham, ngertiin kapan hrs jual dan kapan harus belinya

  19. Nah sebagai ornag yang awam soal trading, penting banget nih memahami beberapa hal penting dalam artkel ini agar makin mudah trading dengan memahami berbagai hal di atas

  20. Aku pernah ikutan belajar saham begini.
    Sungguh menarik dan menantang sekali agar lebih jeli melihat peluang yang ada saat trading. Tapi bener ya, point yang kudu dipegang di awal adalah money management yang baik serta trading plan.

  21. Intinya harus dipelajari sampai benar-benar paham dulu ya kalau mau terjun ke dunia trading. Nah, tips yang dibagikan di atas bisa membantu nih buat yang tertarik dengan investasi yang satu ini

Tinggalkan komentar