5 Teknik Scalping Saham Untuk Maksimalkan Cuan

5 Teknik scalping saham menjadi sebuah trik untuk memaksimalkan cuan secara cepat saat trading saham. Lantas, kapan kita dapat menerapkan 5 teknik scalping saham untuk memaksimalkan cuan?

Apa Itu 5 Teknik Scalping Saham?

Teknik scalping saham merupakan salah satu strategi trading yang membantu trader agar mendapat keuntungan dengan cepat. Biasanya trader akan fokus bermain saham dalam jangka pendek, misalnya satu hari.

Seorang trader yang menerapkan strategi scalping saham ini biasa disebut juga dengan istilah scalper.

Strategi scalping saham untuk trader

Scalper melakukan transaksi pembelian saham kemudian menjual saham kembali dengan memasang target kenaikan yang tidak terlalu tinggi dalam pergerakan harga harian sahamnya.

Menurut Financial Expert Ajaib Sekuritas Christy Maryani, scalper mampu membaca pergerakan harga saham berdasarkan analisis teknikal dan memanfaatkan posisi di level terendah untuk membeli saham.

“Mereka juga sekaligus melihat ada potensi atau sinyal harga saham bisa naik ke level lebih tinggi dalam satu hari,” kata Christy.

Menurut Chisty, 5 teknik scalping saham hanya cocok untuk  trader saham dengan profil risiko agresif dan memiliki waktu untuk memonitor pergerakan pasar saham.

Trik Bagi Trader Bermain Teknik Scalping Saham

1. Membaca Tren Perdagangan

Ketika menggunakan strategi 5 teknik scalping saham, maka wajib mengamati dan bisa membaca tren pergerakan pasar dengan baik. Dengan memiliki skill ini, trader bisa membaca dan mengetahui momentum yang tepat untuk mengambil keuntungan.

Untuk memudahkan scalper dalam membaca tren perdagangan, Ajaib menyajikan berbagai informasi dalam satu laman “Market”.

Scalper dapat meringkas berbagai informasi penting yang dibutuhkan seperti chart IHSG, Analisis Saham Terkini, Strategi Saham Populer, dan Indeks Saham dalam satu laman di layar ponsel. 

5 teknik scalping saham untuk trader

“Bagi yang baru memulai scalper tentu membutuhkan waktu untuk bisa membaca tren perdagangan. Namun scalper dan trader dapat memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan dalam aplikasi Ajaib untuk bisa melakukan jual beli saham dengan waktu yang singkat karena sudah dapat membaca tren perdagangan,” kata Chisty.

2. Memiliki Kemampuan Analisis Teknikal

Prinsip dasar scalping adalah mengambil momentum pada price action suatu saham, maka analisis teknikal yang sering digunakan oleh trader dalam scalping. Namun trader juga bisa mengombinasikannya dengan pendekatan lain seperti analisis fundamental sebagai pendukung dalam proses pengambilan keputusan.

Untuk mendukung kemampuan analisis teknikal, Scalper biasanya menggunakan beberapa indikator teknikal seperti Moving Average (MA), Stochastic, dan Bollinger Bands. Berbagai indikator teknikal ini akan membantu trader untuk menyusun strategi entry ataupun exit dari suatu saham. Trader dapat memanfaatkan platform charting TradingView yang tersedia di aplikasi Ajaib.

Baca juga:

  1. Belajar Investasi Saham Untuk Pemula
  2. Cepat Kaya Dengan Menabung Saham
  3. Trading Saham US di DCFX
  4. Warren Buffett Beli Saham Apple

“Melalui fitur TradingView, scalper dapat mengatur indikator teknikal yang ingin digunakan dan menggambar garis tren secara langsung pada grafik saham. Ini akan memudahkan scalper melakukan analisis yang kompleks dari layar ponsel,” katanya. 

3. Mencoba dengan swing trading

Scalping saham melakukan jual dan beli suatu saham yang lebih cepat dibandingkan swing trading, sehingga ada baiknya menerapkan strategi swing trading terlebih dahulu dengan ritme yang sedikit lebih lambat, bisa dalam periode mingguan atau bulanan dibandingkan dengan scalping saham yang memiliki ritme trading cukup pendek.

Strategi swing trading tersebut biasanya dilakukan dalam periode mingguan atau secara bulanan, sehingga kita dapat membiasakan diri terlebih dahulu untuk memahami karakter atau pola suatu saham yang terbentuk.

“Setelah terbiasa, kita mulai bisa menerapkan scalping saham dengan intensitas lebih tinggi dan rentang waktu yang lebih pendek,” kata Chisty.

4. Manajemen Keuangan dan Risiko

Kemampuan mengelola risiko dan membatasi kerugian sangat dibutuhkan ketika ingin menjadi seorang scalper. Manajemen keuangan saham yang kuat juga bisa membantu mendapatkan profit secara konsisten. “Sebab prinsip scalping adalah agar scalper lebih banyak profit dari sekian banyaknya transaksi perdagangan yang dilakukan,” katanya.

5 teknik scalping saham untuk maksimalkan cuan

5. Fokus dan Disiplin dengan Trading Plan

Coba untuk fokus dan disiplin dengan trading plan yang dimiliki. Disiplin terhadap trading plan yang dimiliki agar dapat meminimalisasi kemungkinan risiko loss terburuk untuk terjadi. “Trader dapat memasang price alert berdasarkan target harga sesuai trading plan. Dengan fitur ini scalper dan trader tidak akan melewatkan kesempatan untuk profit taking saat harga saham sudah mencapai harga yang diinginkan,” kata Chisty. 

23 pemikiran pada “5 Teknik Scalping Saham Untuk Maksimalkan Cuan”

  1. Menjadi seorang trader memang harus mumpuni banget ya ilmunya, termasuk teknik-teknik dalam scalping saham agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Ilmu banget nih tips-tipsnya dalam scalping, para trader pemula be like dong dengan informasinya

  2. Saya baru tahu ada teknik scalping dalam dunia saham ini, Mas. Tapi tentu saja untuk menerapkan 5 teknik scalping ini, perlu proses dulu ya, karena banyak harus dipelajari juga.

  3. Banyak istilah penting ya di dunia trader. Bagi pemula harus belajar banyak lagi nih dan harus serius saat sudah memilih untuk aktif jadi trader

  4. Setuju dengan komentar Pak Bams. Banyak yg harus dipelajari ya dalam trading seperti teknik scalping ini merupakan hal yg baru buat saya

  5. Baru kenalan deh saya sama yang namanya scalping dalam bermain saham begini. Rupanya mereka melakukan transaks jual dan beli dalam waktu singkat yang kesemuanya disesuaikan sama analisa dan taktik biar bisa berakhir cuan. Baru tahu lho, banyak banget istilah dalam dunia perdagangan saham.

  6. buat paham teknik scalping ini, kudu terjun secara langsung sih ya menjadi trader.
    Lalu pelajari risiko dan lainnya dengan cepat dan tepat.
    Sehingga teknik scalping ini bisa jadi tutorialnya dan sukses dijalankan

  7. Duhhh. Kalo udah berbicara saham, trader sami ke tekniknya berasa banget kalo semua harus matang dan pasti ilmunya harus top banget supaya gk slh dalm investasi juga

  8. Teknik yg cukup menggiurkan nih. Secara saya ini awam banget dalam soal saham dan sejenisnya. Harus belajar banyak lagi nih

  9. Untuk melakukan scalping trader harus bebar benar update berita ya, karena rentang waktunya lebih pendek dan apapun bisa terjadi dalam waktu yang singkat..

  10. kalau jadi scalper ini kita memang harus benar-benar paham analisa teknikal ya mas dan rajin memantau pergerakan saham. ada temanku nih yang suka banget dia belajar analisa teknikal ini tapi belum berani trading jangka pendek karena risikonya besar kan ya

  11. Sebagai orang yang belum berkecimpung di dunia saham istilah ini masih awam di telinga saya namun akhirnya mengerti, jadi nanti saat terjun ke dunia saham saya bisa menerapkan teknik scalping ini untuk menghasilkan cuan lebih cepat

  12. Sebagai orang awam dan baru mencoba memahami saham, saya baru tahu adanya teknik scalping ini. Kelihatannya mudah, ya. Beli saham, terus kalau ada kenaikan, jual.

    Tapi, kayak gitu harus menguasai analisanya.

  13. Baru tahu aku jika ada teknik Scalping Saham ini. Teknik ini tentunya nggak bisa sehari dua hari diterapkan oleh pemain saham, ya? Karena mereka juga belajar teknik-teknik ini dulu sebelum menerapkannya untuk permainan saham.

  14. Noted nih tipsnya, selama ini aku kalau beli saham di Ajaib ya ada duit beli aja sih Mas buat tabungan. Tapi pernah pas enggak ada duit aku jualin, padahal waktu itu lagi merah. Memang harus banyak belajar lagi soal saham.

  15. Wah tipsnya bagus sekali dan sangat insightful untuk saya yang lagi belajar dan baca-baca tentang saham. Ternyata ada tekniknya tersendiri ya!

  16. Suka banget dengan artikel saham.
    Sesungguhhnya, aku lagi cari-cari refrensi mengenai ilmu investasi terutama saham. Karena ingin memulai mencoba. Efek dari konser NCT, jadi pengen coba trading gituu… yg ada hubungannya sama Kpop.

  17. jadi inget jaman trading forex dan index (yang belum pernah goal, hahaha) tapi saya jadi tahu soal trading saham yang kebanyakan udah lupa sih, hihihi. tapi saya inget, teknik trading scalping yang buy terus sell tapi gak terlalu jauh harganya. biar gak rugi dan gak jadi penasaran tapi malah dapat zonk

Tinggalkan komentar