4 Cara Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Dini

Biaya pendidikan anak selalu naik setiap tahun. Jika tidak mempersiapkan sejak dini, pendidikan anak khawatir terganggu. Lantas bagaimana cara mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini?

Inflasi Pendidikan vs Kenaikan Uang Pangkal Sekolah

Cara mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin sangatlah penting. Tabungan pendidikan anak menjadi solusi terbaik untuk dimiliki. Banyak manfaat yang didapatkan apabila orang tua memiliki tabungan pendidikan anak sejak dini. Salah satunya adalah untuk meringankan beban finansial keluarga dari biaya kebutuhan sekolah di masa mendatang yang terus meningkat karena inflasi.

Tabungan pendidikan anak

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi inflasi pendidikan sebesar 3,81 persen. Sedangkan kenaikan rata-rata uang pangkal sekolah sebesar 10-15 persen setiap tahunnya.

Oleh karena itu, orang tua harus merencanakan biaya pendidikan anak sedini mungkin. Sehingga masa depan pendidikan anak bisa lebih terjamin. 

Cara Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Yohana Angeline selaku Senior PR Qoala menyatakan, perencanaan keuangan untuk pendidikan anak juga berfungsi sebagai bentuk antisipasi terhadap risiko finansial yang mungkin dialami pada saat anak melangsungkan pendidikan. Maka sangat penting untuk direncanakan dan membuka rekening tabungan sedini mungkin.

Bahkan jika memungkinkan ketika anak masih di dalam kandungan, agar tidak terlalu terbebani oleh biaya sekolah anak dan kebutuhan rumah tangga di masa mendatang yang pasti akan bertambah.

Berikut ini langkah yang dapat dilakukan sebagau cara mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini:

Riset Biaya Pendidkan Anak

Tentukan instansi pendidikan yang akan mereka tempuh sejak awal. Ketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan serta kenaikan per tahunnya untuk berbagai jenjang pendidikan.

Pastikan Anda membuat rencana anggaran sesuai dengan periode waktu belajar wajib sekolah. Selain itu, Anda juga bisa coba menelusuri biaya pendidikan di dalam dan luar negeri. 

Namun, orang tua juga harus tetap memberikan kebebasan bagi anak untuk memilih. Pasalnya, pendidikan yang berhasil tentu berasal dari minat dan bakat sang anak.

Cara menyiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini

Rencanakan Anggaran Pendidikan dan Perhitungkan Inflasi

Dalam membuat rencana anggaran dana sekolah anak, Anda harus sudah bisa menentukan prioritas alokasi gaji setiap bulan untuk tabungan pendidikan anak. Pastikan Anda tetap memenuhi pos kebutuhan pokok, dana darurat, dana pensiun, dan pos pengeluaran lainnya.

Setelah menetapkan rencana tabungan, Anda harus menyesuaikannya dengan perkiraan tingkat inflasi pendidikan. Kenaikan biaya pendidikan anak tidak dapat dihindari namun Anda bisa melakukan antisipasi mulai dari sekarang.

Buatlah perkiraan simulasi perhitungan biaya pendidikan dari jenjang TK hingga perguruan tinggi beserta inflasinya. Pahami juga bahwa adanya peningkatan kualitas dan fasilitas setiap sekolah juga memengaruhi harga iuran sekolah. 

BACA JUGA:

  1. 6 Tips Memilih Asuransi Haji Terbaik
  2. 6 Cara Menghindari Penipuan Asuransi
  3. Jangan Tertipu Asuransi Unit Link
  4. Asuransi Murah Klaim Mudah
  5. Pentingkah Investasi dan Asuransi?

Buat Strategi Keuangan yang Matang

Proses cara mempersiapkan tabungan pendidikan anak ini memang harus direncanakan dengan baik. Pertama-tama, pikirkan dulu media yang akan dipakai untuk menabung. Apakah dana tabungan akan disimpan di rekening pribadi atau ada rekening khusus yang sudah disiapkan.

Selain lewat akun rekening bank, mungkin Anda juga bisa mempertimbangkan instrumen investasi tertentu. Agar tabungan pendidikan anak lebih optimal.

Alokasikan sebagian dana tersebut ke instrumen investasi pilihan Anda untuk membantu mencapai target tabungan dengan lebih cepat.

Cara mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak dini

Gunakan Asuransi untuk Melindungi Perencanaan Keuangan Pendidikan Anak

Sebagai pencari nafkah, orang tua perlu memiliki asuransi kesehatan. Dan jika memungkinkan dilengkapi asuransi jiwa agar dapat menjamin kesejahteraan keluarga dalam menghadapi risiko kesehatan atau kematian yang tak terduga.

Keberadaan asuransi ini sangat penting karena dapat melindungi masa depan anak secara finansial. Besar biaya yang diterima dari asuransi akan tergantung pada jumlah uang pertanggungan.

Sehingga penting untuk memastikan bahwa nilai pertanggungan dapat memenuhi kebutuhan masa depan keluarga secara maksimal termasuk biaya pendidikan anak.

Dengan adanya pembayaran dari asuransi, orang tua juga dapat sekaligus melunasi hipotek atau utang yang ada, serta mengamankan keuangan keluarga untuk membiayai pendidikan anak hingga mereka menamatkan studi mereka. Semua ini menjadi langkah penting dalam memastikan masa depan keluarga tetap terjaga dan stabil.

Cara mudah membandingkan perusahaan asuransi di Qoala App

Qoala, sebagai perusahaan insurtech yang bekerja sama dengan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan sejumlah perusahaan asuransi terkemuka, mengembangkan berbagai produk asuransi yang terbaik mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor hingga santunan tunai. 

Qoala memberikan kemudahan pelayanan pengajuan polis secara digital melalui situs dan aplikasi Qoala App, yang dapat membantu pelanggan memilih dan membandingkan berbagai  produk asuransi untuk mendapatkan pilihan terbaik dengan harga premi yang terjangkau serta proses registrasi dan pembelian yang cepat dalam hitungan menit tanpa perlu survei.

Qoala juga memiliki insurance advisor yang siap membantu menjelaskan dan mencarikan asuransi sesuai kebutuhan. Pelanggan tidak perlu khawatir dengan proses klaim, semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi dan tim Qoala akan siap mendampingi.

18 pemikiran pada “4 Cara Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Dini”

  1. Baru denget Qoala nih. Jadi kayak semacam marketplace-nya asuransi, ya? Kita tinggal pilih asuransi sesuai kebutuhan, misalnya pendidikan yang biayanya tiap tahun ningkat tinggi banget.

    Kudu mulai nyiapin dananya dari sekarang.

  2. Memang bener nih, tabungan pendidikan anak harus dipersiapin mateng-mateng. Untungnya ya ada aplikasi Qoala, jadi bisa milih dan bandingin produk asuransi terbaik plus premi yang terjangkau dan tanpa survei pula.

  3. Merasakan benar kekagetan tiap awal tahun yang harus membayar uang tahunan yang naeknya ga kira-kira, melebihi inflasi!
    Jadi pelajaran banget untuk bener-bener mempersiapkan tabungan pendidikan anak agar lebih well prepare lagi, apalagi di momen-momen awal tahun pelajaran

  4. Bener banget nih kak, sekarang apa-apa naik termasuk pendidikan. Aku juga sudah mulai merencanakan pendidikan anak meski sekarang anaknya masih 2 tahun. Untuk saat ini aku adanya asuransi kesehatan aja sih kak. Penting banget ternyata yaa untuk menjaga stabilitas keuangan kita. Agar ketika inflasi gitu nggak terjadi minus. Karena gaji juga belum tentu naik, huhu.

  5. Tahun ajaran baru jadi masa tersulit untuk mengumpulkan biaya masuk sekolah bagi orang tua yg anaknya pas melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Karena itu dana persiapan sekolah harus sudah disiapkan dari jauh jauh hari sebelumnya ya. Qoala bisa jadi rekomendasi nih

  6. Sekarang kehadiran asuransi itu penting sebagai bentuk perlindungan nantinya. Begitupun untuk urusan pendidikan anak. Asuransi bakal membantu pastinya.

  7. Pendidikan anak memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar kita sebagai orang tua bisa mengantarkan anak menempuh pendidikan dengan lebih mudah khususnya pada jenjang pendidikan tinggi.

  8. Nah ini penting banget untuk mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak sejak dini. Soalnya Biaya pendidikan saat ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Jadinya harus disiapkan agar gak membebani keuangan anak nantinya

  9. penting banget cara ini untuk mempersiapkan tabungan pendidikan bagi anak, apalagi semakin ke sini biaya pendidikan anak semakin mahal, namun pastinya sebanding dengan kualitas yang di dapat seperti sekolah-sekolah bertaraf internasional, membuka peluang besar bagi si anak

  10. masalah biaya pendidikan, ini sudah menjadi salah satu yang dipikirkan ya, Mas. Soalnya, setiap tahunnya, biaya pendidikan naik. jadi dari sekarang, harus mempersiapkan. Mulai menabung atau investasi.

  11. Untuk yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, manajemen keuangan dan tabungan pendidikan untuk anak harus apik dirancang ya kak.
    Sedangkan untuk yang masih single, membaca artikel ini, jadi masukan dan gambaran nih kala nantinya menikah bisa dibicarakan juga pada calon pasangan bagaimana perencanaan keuangan untuk kedepannya

  12. Soal persiapan dana pendidikan anak ini emang penting ya dan bagusnya sudah direncanakan bahkan sebelum anak lahir. Mengingat biaya sekolah semakin lama semakin mahal juga. Nah ada Qoala harusnya bisa bantu nih buat merencanakan dana pendidikan ini

  13. Biaya pendidikan makin mahal dan mau ga mau memang harus mempersiapkan strategi yang matang supaya pas butuh dana untuk pendidikan anak nggak kelimpungan. Apalagi jika anaknya banyak. Btw, Qoala ini baru ya…soalnya baru tahu nih ada asuransi pendidikan Qoala.

  14. Pastinya orang yang awam akan asuransi akan merasa terbantu sekali dengan mengakses Qoala App. Selain mendapat referensi jenis asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan, juga mendapat saran pembelian via online yang mudah dan praktis.

  15. Sekarang ini biaya pendidikan semakin mahal, sudah seharusnya orang tua punya tabungan pendidikan untuk anak ya mas
    Demi masa depan pendidikan anak

  16. Betul sekali biaya pendidikan anak setiap tahun naik tajam, sejak anak Playgroup biaya masuk dan SPP sudah mahal apalagi di kota besar dan yang bagus ya.

    Belum jenjang SD sampai SMA nah kalau kuliah ketrima di negeri lebih murah dibanding biaya SD sampai SMA lho.

    Ikut asuransi pendidikan perlu banget, boleh dicoba Qoala App terutama bagi yang baru hamil bagus prepare setelah anak lahir langsung dibuatkan tabungan pendidikan.

Tinggalkan komentar