5 Tips Mudik Lebaran Pakai Kendaraan

Sudah nggak kerasa tinggal sepekan lagi menuju momen kebahagiaan, Lebaran. Momen yang selalu dinantikan umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Nah, biar seru lebaranmu, yuk simak 5 tips mudik Lebaran pakai kendaraan.

Persiapan Menjelang Mudik Lebaran

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, mudik dengan kendaraan sendiri tentu punya banyak keuntungan. Selain bisa hemat pengeluaran, terutama untuk ongkos perjalanan, juga sekaligus bisa refreshing karena bisa melintas di setiap daerah dengan pemandangan berjuta keindahan.

Terlebih saat di kampung halaman. Kita bisa leluasa ke sanak famili menggunakan kendaraan pribadi. Jadi kita bisa memboyong seluruh anggota keluarga untuk silaturahmi dengan mudah, murah dan cepat. Kita nggak perlu memadati jalanan dengan rombongan pakai sepeda motor. Jadi akan lebih aman di jalanan padat merayap saat Lebaran.

Namun bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, menyewa di perusahaan rental kendaraan bisa jadi opsi. Bisa menyewa selama sepekan atau harian. Namun terkadang yang harian akan lebih mahal, terutama saat menjelang dan saat Lebaran.

Periksa kendaraan sebelum mudik lebaran
Mudik lancar dengan SPBU Modular dari Pertamina. Foto: Dokumen Didik Purwanto

Pastikan ketersediaan armada perusahaan sewa agar mudik kita pun leluasa. Tenang sebelum perjalanan hingga sampai di kampung halaman.

Selain itu, pastikan kondisi kesehatan kita selalu terjaga. Ingatkan agar keluarga yang ikut mudik sudah vaksin booster sesuai anjuran pemerintah. Cek segala keperluan selama di perjalanan, agar kita tenang sampai ketemu keluarga di rumah impian.

Tips Mudik Lebaran Pakai Kendaraan

Cek Sistem Kelistrikan Mobil

Sebelum mudik, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa kondisi sektor kelistrikan mobil.

Pasalnya, komponen kelistrikan mobil penting dicek dan dirawat lantaran kelistrikan berasal dari aki yang mampu mempengaruhi beragam performa komponen mobil yang lain, seperti lampu sampai starter.

Ganti Oli Mobil

Selain kelistrikan, komponen penting lainnya yang perlu dicek berkala adalah oli. Sebagai pelumas, oli bisa menjaga mesin mobil tidak akan mengalami overheat.

Terdapat beberapa jenis oli dalam mobil dengan masa berlaku berbeda-beda, yaitu oli mesin, oli transmisi, oli rem, oli power steering, dan oli gardan. Agar mobil tetap nyaman dan terjaga performanya, oli mesin butuh diganti jika sudah menempuh jarak 5.000 km.

Oli transmisi pada mobil manual diganti jika mobil telah menempuh jarak 10.000 km, pada mobil matic diganti setiap kelipatan 20.000 km. Sedangkan oli gardan diganti bersamaan dengan oli transmisi.

Periksa Kondisi Ban dan Kaki-Kaki mobil

Komponen lainnya yang tidak boleh ketinggalan untuk dicek saat akan mudik atau bepergian jauh adalah ban mobil.  Periksalah permukaannya, apakah masih bagus atau sudah botak.

Jika permukaannya sudah halus, ganti ban mobil Anda dengan yang baru. Sebab, daya cengkraman ban mobil yang botak tidak maksimal, sehingga dapat membuat ban berpotensi terselip  di jalanan yang licin.

Baca juga:

  1. Pengalaman Ganti Oli di Planet Ban
  2. Mudik Lancar dengan SPBU Modular
  3. Pilihan Varian Mobil di Rental Mobil
  4. Covid Test di Jakarta

Selain itu, Anda dapat memperhatikan tekanan anginnya normal atau tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Tekanan angin ban mobil penting diperhatikan kondisinya karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara, terutama saat melewati jalanan bergelomang, berlubang atau tidak rata.

Tak hanya ban saja, bagian kaki-kaki mobil juga penting diperhatikan lantaran merupakan komponen krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.

Periksa Kondisi AC Mobil

Bagian pendingin udara atau Air Conditioner (AC) juga menjadi komponen lainnya yang penting diperiksa saat hendak melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi.

tips mudik lebaran pakai kendaraan pribadi

Untuk membuat kualitas AC mobil senantiasa terjaga, penting buat Anda melakukan beberapa perawatan.

Mudik Tenang, Proteksi Kendaraan dengan Asuransi

Yang tak kalah penting dilakukan sebelum menjalani perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi adalah perlu dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, cek kondisi dan performa mobil untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama di perjalanan.

Untuk memberikan rasa tenang, Anda bisa memberikan proteksi finansial pada kendaraan dengan asuransi mobil yang dapat menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan.

Bagaimana? Sudah siap mudik Lebaran tahun ini? Kalian mudik ke mana?

Satu pemikiran pada “5 Tips Mudik Lebaran Pakai Kendaraan”

  1. Kalau pakai kendaraan pribadi, persiapan untuk mudik ini harus yang benar-benar lengkap dan mantap ya kak.
    Maklum aja, karena biasanya mudik itu lintas provinsi sehingga kudu banyak yang diperhatikan dan sudah dirangkum dengan apik tips buat mengantisipasinya ini

Tinggalkan komentar