Pengalaman Ganti Oli X-Ten di Planet Ban

Buat yang punya sepeda motor, tentunya punya tempat favorit untuk ganti oli. Nah, simak pengalaman ganti oli X-Ten di Planet Ban yuk.

Sebelum kenal Planet Ban, aku selalu service hingga ganti oli di bengkel-bengkel pinggir jalan. Beberapa kali sih pernah service di tempat resmi. Namun harus siap-siap biaya service melambung jika kita tidak tegas menolak permintaan pergantian suku cadang (sparepart).

Kebiasaanku Ganti Oli

Biasanya aku rutin ganti oli setiap tiga bulan. Kerjaanku yang malang melintang menggunakan sepeda motor tentu harus sering-sering ganti oli.

Maklum, kalau telat ganti oli, mesin sepeda motor bakal aus dan bikin cepet rusak. Kalau udah rusak, biaya service tentu membengkak banget kan?

Pokoknya jangan sampai turun mesin deh. Bisa sampai jutaan kalau sampai kondisinya seperti itu. Hal itu bisa terjadi kalau kita telat merawat motor. Mulai dari service rutin ringan hingga service berat yang mengharuskan pergantian spareparts penting.

Kebetulan sebulan lalu aku sudah service sepeda motor di tetangga rumah. Namun di situ enggak menjual oli. Kalau mau ganti oli, kita disuruh membeli sendiri olinya. Nanti akan dibantu untuk ganti oli di tempat tersebut. Atau bisa juga sekalian minta diurus untuk membelikan. Namun, pengerjaannya ya tunggu yang service di situ. Banyak atau nggak.

ganti oli di planet ban

Kalau banyak ya harus antre sampe sehari dua hari. Kalau sepi ya datang pagi, ambil sore. Namanya juga tetangga. Jadi ngerjainnya ya sesantainya dia karena pagi harinya masih kerja jadi satpam pabrik. Ya itung-itung baik-baik sama tetangga rumah lah ya.

Kalau di tempat service resmi, biasanya kadang dicuekin kalau cuma ganti oli. Namanya ke tempat service, ya mereka tentu pingin kita service besar, kalau bisa. Biar cuan gede. Hehehe..

Makanya agak males kalau harus ke tempat service resmi tapi pelayanan kurang memuaskan. Apalagi kalau sampai ditawarin ganti sparepart-sparepart yang sebenarnya belum perlu diganti.

Lokasi Planet Ban Terdekat

Karena pagi hari hingga siang kerjaanku banyak banget, aku sengaja datang ke Planet Ban sore hari. Sebenarnya lokasi ke Planet Ban sih tidak jauh dari rumah. Hanya sekitar 2,5 kilometer.

Namun beberapa bulan ini, kemarau masih melanda kotaku. Jadi kalau siang tuh panassss banget. Kalau malam bisa dingin banget.

Aku sengaja datang ke Planet Ban sekitar jam 3 sore. Kebetulan cuaca sedang bersahabat. Tidak panas, tapi juga tidak hujan. Hanya mendung ringan yang tidak menimbulkan hujan. Ingat kan, mendung bukan berarti hujan. Hehe..

Lokasi Planet Ban Letjend Sutoyo Pare Kediri

Perjalananku ke Planet Ban Pare hanya sekitar 15 menit. Kenapa kok lama? Karena aku suka naik sepeda motor dengan berjalan pelan. Sambil menikmati suasana sore bersama gebetan. Eh..

Oh ya lokasi Planet Ban Letjend Sutoyo Pare ini juga nggak jauh dari Kampung Inggris Pare. Ke tempat kursusan itu juga hanya 1,5 kilometer. Jadi deket banget kan? Ancer-ancernya, sekitar 150 meter dari Kolam Renang Corah Tertek Pare.

Sampai sana, empat sepeda motor antre. Mereka juga ganti oli karena aku lihat bekas botol oli masih di dekat sepeda motornya. Aku langsung parkirkan sepeda motorku di lokasi kosong tempat service. Petugas langsung gercep untuk memegang sepeda motorku.

Baca Juga:

6 Cara Cek Pajak Kendaraan Agar Tidak Kena Denda

Ganti Oli di Planet Ban

Aku pikir bisa istirahat bentar sambil duduk-duduk di dekat sepeda motor. Aku lepas helm dan ku taruh di kursi. 

Aku lihat tumpukan botol oli di depan sepeda motorku. Beragam jenis oli di sana. Namun semua seragam bermerek X-Ten. 

“Di sini semua pakai oli X-Ten ya kak,” kata petugas tersebut ramah menawarkan. Aku sambil pegang-pegang memperhatikan kemasan oli tersebut. 

Ganti Oli X-Ten di Planet Ban Pare
Ganti Oli X-Ten di Planet Ban Pare

Petugas dengan sigap memasang alat yang dimasukkan ke lubang pergantian oli. Ada bunyi gemuruh saat mesin tersebut dinyalakan.

Herannya, kok mereka tidak memberikan wadah di bawah sepeda motor ya? Biasanya kan ada ember untuk menaruh oli bekas. 

“Oh mungkin nanti akan diberi ember,” pikirku sambil lihat sekeliling Planet Ban. Ada juga tumpukan ban baru dari beragam merek serta beberapa sparepart sepeda motor.

Tiba-tiba petugas menanyakan kedatanganku sambil membawa tablet mungil untuk memasukkan data. Kedatanganku ya jelas untuk ganti oli X-Ten di Planet Ban saja. Sekalian menanyakan nama dan nomor telepon sebagai data.

Petugas Pendataan di Planet Ban Pare

Oh ya di Planet Ban juga melayani service rutin sepeda motor kok. Begitu juga dengan ganti ban, nitrogen gratis, hingga uji emisi. Jadi kalau mau urusan sepeda motor, bisa komplit di sini.

Pas balik ditanya-tanya, petugas tersebut langsung menyuruhku untuk langsung ke kasir. “Langsung bayar di kasir ya kak,” katanya mempersilakan.

Heh? Ini belum lima menit loh aku di sini. Kok udah suruh bayar?” aku sambil ngecek sepeda motorku. 

Alat yang ditaruh di sepeda motorku juga udah dipindah. Ternyata sudah beres. Mungkin kurang dari lima menit deh.

Pikirku, mungkin alat tadi untuk menghisap oli bekas. Jadi tidak akan berserakan ke lantai kalau pakai ember. 

Pas aku cek, bener juga sih. Lantai di Planet Ban meski licin karena pakai ubin tidak akan membuat kita terpeleset. Biasanya ubin selalu penuh dengan oli bekas kalau di tempat service pinggir jalan. 

Aku masih terbengong-bengong menuju kasir. Aku sampai ngga melihat proses mereka ganti oli. Cepet banget soalnya.

Dapat Diskon Pakai Aplikasi Planet

“Bayar berapa ganti oli kak?” Tanyaku ke kasir. Kebetulan semua petugas di sini cowok semua. Termasuk petugas kasir. Ya mungkin ada yang cewek tapi bukan shift-nya. Petugas tersebut dengan cekatan bekerja.

“Rp 47 ribu kak untuk ganti oli,” ujar petugas Planet Ban.

“Oh ya di sini bisa pakai ShopeePay?” Tanyaku lagi ke kasir. Petugas mengiyakan sambil aku cari aplikasi Shopee di ponselku. Aku sih anaknya cashless banget. Ngga mau repot ngeluarin duit cash untuk bayar-bayar. Siapa tahu nanti ada cashback-cashback. Kita yang untung kan? Hehe..

Pas sambil buka aplikasi di ponsel, aku lihat papan pengumuman di samping kasir. “Mau Mudah Klaim Garansi & Voucher Belanja? Download dan Transaksi Aja di Aplikasi PLANET”

“Ini aplikasi apa kak?” Tanyaku sambil menunjuk ke papan pengumuman di samping kasir.

“Oh itu aplikasi PLANET kak. Nanti kalau kakak install, akan ada rewards berupa dana Rp 5.000 untuk kakak dan dana Rp 5.000 untuk referral atau yang ngasih kode,” kata petugas Planet Ban.

“Mau download aja aplikasi PLANET sekarang kak? Lumayan loh dapat cashback. Aku sih langsung bilang iyes kalau denger kata cashback. Hehehe.. Anaknya ngga mau rugi.

Sat set sat set. Akhirnya petugas itu pun membantuku untuk install aplikasi PLANET. Oh ya aplikasinya bisa diunduh di Play Store ya. Sementara belum ada di App Store. Mungkin soon ya guys.

Ayiknya pake aplikasi PLANET ini, kalian yang mengunduh akan dapat voucher Rp 5.000 untuk transaksi di Planet Ban. Lantas yang membagikan kode referral pun akan dapat voucher yang sama. Jadi yang ngasih dan yang dikasih kode referral akan dapat voucher Rp 5.000. Enak banget tuh bisa untuk mengurangi jumlah transaksi di Planet Ban. Namun sayang aplikasi PLANET sekarang tidak ada kelanjutan. Jadi untuk sementara tidak perlu download dulu ya.

Nah pas pembayaran, aku juga dibantu untuk menukarkan kupon promo referral yang kudapatkan. Semula aku harus membayar Rp 47 ribu, karena ada kupon promo Rp 5.000, jadi aku hanya bayar Rp 42 ribu deh. Mayan lah bisa lebih hemat. Hahaha.

Pembayaran Ganti Oli di Planet Ban Pare

Oh ya selama Agustus ini, banyak banget promo-promo di Planet Ban loh. Seperti cashback 35 ribu OVO Point untuk minimal transaksi Rp 200 ribu hingga diskon 50 persen maksimal Rp 50 ribu pakai Indodana di Planet Ban. Cek aja di website-nya ya. Bisa berubah sewaktu-waktu tuh.

Kalau mau tahan lama ganti olinya, sekalian hemat bayar biaya service-nya, urusin aja di Planet Ban ya guys.

Baca Juga:

Cara Balik Nama Kendaraan Bekas

Sepekan Setelah Ganti Oli X-Ten di Planet Ban

Pengalaman dan penilaianku setelah ganti oli X-Ten di Planet Ban, sepeda motor jadi irit konsumsi bensin. Biasanya empat sampai lima hari sudah isi bensin, sekarang bisa sampai seminggu. Lumayan irit bahan bakar juga nih efeknya.

Buat tarikan, oli X-Ten dari Planet Ban bikin mesin berjalan optimal. Mesin-mesin nggak mudah aus. Imbasnya, ya tarikan motor makin enteng. Kita ngga perlu capek-capek gas motor biar kenceng. Cukup tarik dikit, bisa langsung wuzzzz..

Oli X-Ten Planet Ban Pare

Yang lebih keren lagi, masa pakai oli sepeda motor tuh antara 2.000-2.500 kilometer. Jadi kalau sudah melampaui perjalanan sejauh kilometer tersebut, motor wajib ganti oli.

Nah, masa pakai oli X-Ten dari Planet Ban ini bisa mencapai 5.000 kilometer. Jadi dua kali lipat tuh. Kita bisa irit banget buat nggak sering-sering ganti oli dong. Pengeluaran bisa ditekan lagi tuh.

Ini juga berlaku untuk masa pakai oli mobil. Biasanya masa pakai oli biasa sekitar 5.000-10.000 kilometer. Oli X-Ten dari Planet Ban ini memiliki masa pakai hingga 15.000 kilometer. Asyik banget kan?

Baca Juga:

15 Tahun Bersama Honda

Setelah aku selidiki, ternyata oli X-Ten Planet Ban ini mengandung ester yang tidak dimiliki oli lain. Bahan inilah yang membuat mesin motor atau mobil bisa lebih tahan lama. Beda dengan oli lain yang full synthetic.

Kandungan ester di oli X-Ten akan membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Sehingga tingkat keausan mesinnya hanya 5-10 persen dari mesin dengan oli full synthetic.

Asyiknya lagi, oli tidak menimbulkan kotoran di mesin sehingga mesin gampang dingin serta mengurangi gesekan di mesinnya. Otomatis ya mesin tahan lama.

Kita kan paling suka yang tahan lama kan? Ya udah ganti oli X-Ten di Planet Ban aja ya. Udah masa pakai olinya dua kali lebih lama dari oli biasa, tarikan mesin jadi enteng, dan bikin mesin awet tahan lama. 

Ganti Oli X-Ten di Planet Ban Pare

39 pemikiran pada “Pengalaman Ganti Oli X-Ten di Planet Ban”

  1. Aih, ganti oli..
    Beneran, jgn smpe telat deh. Kami udah kejadian soalnya. Oli kering kerontang, akhirnya bongkar mesin. Hampir jim ‍♀️‍♀️

  2. Profesional banget ya layanan Planet Ban, data customer juga disimpan dengan rapi. apalagi bayarnya bisa cashless, perfecto! Nanti aku rekoemndasiin ke paksuami kalau mau ganti oli sepeda motor, ke Planet Ban aja. Biayanya juga terjangkau.

  3. Biasanya yang ganti oli motor para lelaki di rumah.
    Menarik sekali pelayanan dan produk oli X yang digunakan planet ban, bakal direkomendasikan pada orang di rumah nih biar tarika motor juga terasa enteng.

  4. Lengkap banget nih Planet Ban, engga cuma jual ban, tetapi juga ganti oli biaya terjangkau pula. Di Bandung ada ga ya Planet Ban…Coba rekomendasiin ke suami deh…

  5. Itu motor kak Didik yang warna pink? Lucu amat daridulu pengen punya Scoopy kalau nggak putih ya pink hehehe. Btw belum punya pengalaman ganti oli di planet ban kirain sesuai namanya cuma bisa jual beli dan modif ban aja ternyata juga ada bengkelnya lengkap ya

  6. Kalau punya kendaraan roda dua, jangan hanya memikirkan soal kapan service aja ya, tapi juga kapan ganti oli. Dijadwalkan dengan rutin, Biar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

  7. Bahagia banget ganti oli di Planet Ban.
    Pelayanannya gercep, biaya terjangkau dan sudah serba komputerisasi.
    Canggih euuii~
    Gak terjebak terlalu lama di bengkel ini enak banget.. langsung lanjuuttt ke agenda berikutnyaa.. Kuy!

  8. Baca artikel ini aku jadi inget belum ganti oli motor. Besok langsung ke bengkel ganti oli pakai X-Ten Planet Ban

  9. Udah pelayanan cepat ramah dan maksimum, eh pakai aplikasi malah kasih diskon juga ya. Senang banget pastinya. Kendaraan terawat, kita juga makin hemat

  10. Aku dulu kalau lagi ganti oli motor nih iya-iya aja kalau dibilangin mekaniknya karena… gak ngerti hahaha.. tapi enak banget ya di ban planet teknisinya komunikatif, jadi bisa lebih ngerti deh

  11. Dulunya, saya kira Planet Ban itu hanya menjual ban saja, Mas. ternyata… hahaha.
    Sekarang saya juga servis dan ganti oli di Planet Ban, Mas. Pelayanan cepat, karena ditunjang dengan peralatan yang mumpuni. Kebetulan juga dekat rumah.

  12. oli yang bagus walaupun dengan harga yang lebih mahal
    tapi kalo dengan umur pakai segitu menurut saya masih ok

    terimakasi atas infonya saya akan mencobanya

  13. Tunggu… Tunggu… Seserem itu kah service motor di service resminya? Saya juga sudah jarang banget service motor di tempat resmi, soalnya antriannya bisa panjang dan harganya juga lebih mahal.

    Saya juga pernah beberapa kali ganti oli di Planet Ban hingga service. Tapi kalo beli ban motor belum pernah.

  14. iya kenapa ya, mas kalau service ke tempat resmi itu pasti ada suku cadang yang minta diganti mana mahal lagi. saya biasanya nego aja mana yang penting banget buat diganti dan memang jadinya lebih suka service ke bengkel lain

  15. Wah cepet banget ya. Dan kerjaan ya rapi banget, oli bekas ga ada yang tercecer di lantai. Iya, biasanya kalo ke bengkel pasti oli semua. Jadi bikin jijik juga. Pengen ke Planet Ban aja kalo ganti oli.

  16. Nah iya tuh kak, Planet Ban ini lokasinya itu terjangkau ya. Soalnya di tempat daku juga gitu gak jauh dari rumah. Dengan begitu kan mau kapan aja servis kendaraan bisa dilakukan, dan rutin dijadwalkan

  17. Ganti oli emang seharusnya rutin. Jangan sampai terlupakan karena kelangsungan baik buruknya kendaraan salah satunya dari oli yang dipakai

  18. Sebagai pengendara motor yang baik dan bijak, memang sudah seharusnya rutin ganti oli. Biar motornya juga gak ngeraung-raung.

    Wah, jadwal ganti olinya sama nih dg saya. Saya juga 3 bulan sekali rutin ganti oli motor. Kayaknya udah mulai nih jatuh jadwal ganti motorku nih.

  19. PLanet ban jadi one stop shopping untuk perbaikan motor selain emang banyak jenis ban juga ada service motor dan menggunakn oli yang berkualitas banget sih. Langsung OTW kesana deh kalau mau perawatan

  20. Cashbacknya lumayan juga ya sampai 35 ribu kalo pake OVO. Kapan-kapan deh kalau ke bengkel Planet Ban ini bayarnya pake OVO supaya dapat cashback. Emang bagus ini pelayanan Planet Ban. Motorku juga pernah dibawa ke sini.

  21. Adekku tak minta ke Planet Ban buat merawat motornya
    Apalagi bisa semua di sana
    Sekalian jok habis kena cakar kucing bisa ganti kali ya?

  22. buat pengendara motor yang rutin servis sih, planet ban ini memang andalan bgt ya, plus harganya itu loh ramah bgt di kantong yaa

  23. Eh, aku juga masuk ke gengnya ka Didik aah.. Geng gak mau rugi.
    Wkkwkw.. cepet-cepet instal apps Planet Ban biar dapet banyak banyak keuntungan kaya cashback. Beneran lumayan banget dan biar makin semangat juga buat service.

  24. ganti oli harus rutin dan terjadwal, biar nyaman memakai kendaraan. jangan males untuk service motor, soalnya kalo motor rewel, kita2 juga yang bakal repot :D

  25. Toss paak saya juga langganan planet ban apalagi deket banget dengan rumah saya…pelayanannnya bagus tempatnya terjaga kebersihannya juga….
    Petugasnya teliti…

  26. Kalau pelayanannya ramah, konsumen pasti balik lagi ya mas. Kayak planet ban ini. Terkenal ramah dan profesional. Jadi konsumen makin percaya dan akhirnya loyal

Tinggalkan komentar