4 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Cara mengelola keuangan dengan baik memang bukan perkara mudah. Banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangannya sendiri, sehingga terkadang keluar masuk uang tak jelas arahnya.

Padahal, memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik sangat penting untuk menjamin kestabilan finansial di masa depan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membangun mentalitas untuk cara mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Cara mengelola keuangan dengan baik

Pentingnya Memiliki Mentalitas yang Tepat dalam Mengelola Keuangan

Mentalitas yang tepat tentu akan membuat seseorang lebih mudah dalam mengelola keuangannya. Dengan mentalitas yang tepat, pengeluaran bisa dikontrol sesuai dengan rencana dan kebutuhan masing-masing.

Selain itu, memiliki mentalitas yang tepat juga membuat seseorang lebih mudah dalam menabung dan mencapai tujuan keuangan yang telah ditentukan sebelumnya.

4 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda membangun mentalitas dalam cara mengelola keuangan dengan baik:

1. Menentukan Tujuan Keuangan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi atau membeli aset yang diinginkan, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah menentukan tujuan keuangan. Apa yang ingin dicapai pada tahun ini, lima tahun mendatang atau bahkan 10 tahun ke depan?

2. Membuat Rencana Keuangan yang Terukur dan Realistis

Setelah menentukan tujuan keuangan, buatlah rencana keuangan yang terukur dan realistis. Hal ini juga dibahas pada media teknologi, Pricebook. Misalnya, jika ingin membeli sebuah kendaraan dalam waktu satu tahun ke depan, tentukan berapa uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Memiliki Disiplin dalam Pengeluaran dan Menabung

Penting juga untuk memiliki disiplin dalam pengeluaran dan menabung. Contohnya, Anda bisa menggunakan prinsip 50-30-20. Yakni 50 persen dari pendapatan digunakan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk keperluan konsumtif atau keinginan, dan 20 persen untuk menabung.

4. Melakukan Evaluasi Secara Berkala Terhadap Kondisi Keuangan

Sering-seringlah melakukan evaluasi terhadap kondisi keuangan Anda. Hal ini sangat penting untuk melihat apakah ada perubahan dalam penghasilan maupun pengeluaran, sehingga bisa mengubah rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya.

Cara mengelola keuangan dengan baik pakai internet IndiHome

Cara Mengatur Keuangan Melalui Internet Banking

Di era digital seperti sekarang ini, teknologi internet banking hadir sebagai solusi untuk mempermudah pengelolaan keuangan. Dengan internet banking, Anda bisa dengan mudah melihat riwayat transaksi, melakukan transfer, hingga membayar tagihan.

Baca juga:

  1. Tips Memilih Aplikasi Keuangan
  2. Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik
  3. Panduan Mengajarkan Keuangan Untuk Anak
  4. Kursus Online Gratis Mengatur Keuangan
  5. Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Era Pandemi

Cara Memanfaatkan Internet Banking dengan Baik dan Aman

Tak hanya mudah, penggunaan internet banking juga harus dilakukan dengan aman agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan internet banking dengan baik dan aman adalah:

1. Jangan menggunakan jaringan Wi-Fi publik saat melakukan transaksi

2. Selalu cek dan pastikan bahwa website internet banking yang Anda akses benar-benar resmi dan terpercaya

3. Gunakan fitur keamanan ekstra seperti token atau OTP agar transaksi lebih aman

Cara mengelola keuangan dengan baik untuk muda

Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik Berkat Dukungan Teknologi dan Internet

Teknologi dan internet tentu sangat membantu kita dalam cara mengelola keuangan dengan baik. Melalui internet banking, sobat bisa dengan mudah mengontrol pengeluaran dan menabung secara teratur, sehingga kondisi keuangan akan selalu terjaga.

Manfaat Internet IndiHome

Salah satu provider internet yang dapat menjadi pilihan untuk mendukung kebutuhan internet banking adalah IndiHome. IndiHome menawarkan berbagai keunggulan dan keuntungan bagi para pengguna.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan internet IndiHome adalah:

1. Kecepatan Internet Yang Stabil

IndiHome menawarkan koneksi internet yang sangat cepat dan stabil, sehingga bisa memudahkan Anda dalam mengakses internet banking dan melakukan transaksi secara real-time.

2. Layanan TV Kabel Berlangganan

Selain itu, IndiHome juga memberikan layanan TV kabel berlangganan yang lengkap dan berkualitas tinggi. Anda bisa menikmati siaran TV dari berbagai channel lokal dan internasional, serta berbagai tayangan film atau acara olahraga terkini.

3. Tarif Murah dan Terjangkau

IndiHome menawarkan tarif internet yang sangat murah dan terjangkau, sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk mendukung aktivitas internet banking Anda. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa tetap menghemat pengeluaran tanpa harus mengorbankan kualitas layanan internet.

4. Pelayanan Pelanggan Yang Profesional

IndiHome juga memiliki pelayanan pelanggan yang sangat profesional dan responsif, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala teknis atau masalah lainnya.

Dalam cara mengelola keuangan dengan baik dan benar, tentu faktor mentalitas dan dukungan teknologi seperti internet banking dan internet cepat menjadi hal yang penting.

Cara mengelola keuangan dengan baik pakai IndiHome

Dengan membangun mentalitas yang baik, serta memanfaatkan teknologi dan provider internet terbaik seperti IndiHome dari Telkom Indonesia, Anda bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan dan mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Anda bisa mengikuti tips-tips yang telah dijabarkan di atas untuk membangun mentalitas yang baik dalam mengelola keuangan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi seperti internet banking dan layanan internet cepat dari IndiHome untuk mendukung aktivitas finansial.

Dengan cara ini, kita bisa lebih mudah dan efektif dalam mengelola keuangan serta mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua!

46 pemikiran pada “4 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik”

  1. Happy bangett kalo internet lancar tuh, apalagi buat freelancer kayak aku gini hehe rasanya hidup bergantung bangett sama internet.

  2. evaluasi nih penting banget. biar kita bisa berkaca gmn habit keuangan kita selama ini. karena agak percuma juga ya kalo sudah rutin merekap tapi nggak mengevaluasi hehe

  3. Mengelola keuangan memang bukan hal mudah, meskipun sudah tahu secara teori namun butuh usaha keras untuk bisa mewujudkan. Beruntung saat ini ada internet, kita bisa transaksi dengan mudah menggunakan internet.

  4. Cerdas kelola keuangan saat ini maka akan menjadi terbiasa dan dengan perencanaan yang baik, bisa mewujudkan impian atau goals yang selama ini diinginkan. Rasanya uda paling bener memanfaatkan teknologi untuk mewujudkan prencanaan keuangan yang teliti.

  5. Edukasi bagus ini sekaligus reminder buat yang memilki internet ataupun mobile banking, biar tidak hanya bijak saat berbelanja tetapi juga perhatikan sekeliling agar aman saat bertransaksi perbankan

  6. Yang jadi PR ku tuh disiplin dalam mencatat pengeluaran dan pemasukan, kadang masih males mencatat sehingga sering banget ada kebocoran. Btw, noted nih tidak akses internet banking menggunakan WiFi, dulu tuh sering banget ya karena memang belum paham kalau itu berbahaya.

  7. Rencana keuangan nih, temen-temen suka masih ragu, diisi atau tidak ya?
    Melalui internet, pencatatan keuangan jadi no-worry deh, bisa cepat terkoneksi. Makasih Indi Home

  8. terima kasih tipsnya ms, jadi tahu cara mengelola keuangan dengan benar itu seperti apa. Ijin catat dlu dan semoga aja kedepanya bisa konsisten untuk mempraktekkannya,

  9. Asliikk semenjak ada banyak aplikasi keuangan yang didukung fasilitas akses internet stabil dari IndiHome, transaksi dan menabung pun lebih mudah untuk dilakukan.

  10. Pengelolaan keuangan dengan bijak perlu banget di era digital seperti saat ini agar kita lebih bijak dalam menyikapi kehidupan hedon yang penuh godaan mulai dari pay later, shopping, bahkan pinjaman online

  11. Emang betul sih, mental dulu yang harus disiapkan untuk mengelola keuangan. Apalagi mengatur keuangan lewat internet atau mobile banking, godaannya berat. Kalo ada uang, bawaannya pengen belanja aja, hehehehe… Jadi memang kudu disiapkan mental agar tidak boros!!

  12. Dengan kecepatan internet, sekarang makin lebih bisa terkoneksi dengan m-banking deh! Karena nggak dipungkiri, penggunaan m-banking, digital banking, e-wallet, itu nggak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari!

  13. finansial yang baik, memang ditentukan dengan pengelolaan keuangan yang baik dan benar juga ya, Mas Didik. Makanya perlu diperhatikan hal-hal yang bisa mengganggu keuangan. Salah satunya membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.
    Nah, salah satu yang membantu memang menggunakan ibanking. Karena ada riwayatnya. jadi nanti bisa jadi evaluasi, mana pengeluaran yang tidak perlu.

  14. Bagian yang banyak dilupakan atau dilewatkan dalam mengelola keuangan keluarga yaitu melakukan evaluasi berkala atas tabungan. Biasanya asal udah nabung ya sudah.

    Semoga tips ini bisa jadi penguat untuk lebih terencana dan lebih disiplin dalam mengelola uang.

  15. saya kurang disiplin nih mengatur keuangan dan jarang evaluasi juga. makasih tipsnya kak. saya jadi tahu letak kesalahan saya dalam mengelola keuangan.

  16. Emang dibutuhin banget tuh cara ngelola uang yang baik biar ga kalap atau kepake buat seneng-seneng aja dan yang wajib malah terlalaikan. Kebetulan keluarga juga pake Indihome nih di rumah, emang juara banget. Internet-an jadi lancar banget mana harganya affordable.

  17. Betul. Sekarang lebih mudah mengelola keuangan lewat internet banking. Ga susah lagi kalo mau ngontrol pengeluaran dan menyisihkan untuk tabungan

  18. Setuju banget. Harus cerdas dalam mengelola keuangan. Catatan untuk diri sendiri kadang masih suka belanja bukan karena butuh, tapi karena kepingin, hiks.

  19. Agak serem ya.. karena gak semua aware dengan keamanan dalam bertransaksi mbanking. Semoga edukasi yang diberikan bisa memberikan informasi yang baik bagi pembaca sehingga memanfaatkan internet cepat dengan tepat untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

  20. selama tujuan jangka panjang nggak berubah-ubah insha Allah mah bakal bisa ya konsisten nabung. [enting banget nih bikin perencanaan keuangan yang baik supaya hasil kerja keras kita nggak menguap sia-sia gitu aja

  21. Jangan pakai wifi umum kalau bertransaksi e-banking. Iya banget, Mas. Ngeri-ngeri gimana gitu. Kalau pas lagi ngopi ke luar dan pakai wifi umum pun biasanya untuk browsing aja. Buka medsos pakai paket data sendiri.

  22. saat keuangan mulai membaik saatnya perbaiki cara pengelolaannya seperti menggunakan prinsip 50-30-20

  23. Daku setuju nih sama Tipsnya Kak Didik buat rutin evaluasi keuangan. Soalnya hal ini suka terlewatkan oleh daku. Serasanya ya, kalau udah rutin menabung maka bakal aman aja dah keuangan, padahal mah belum tentu ya.
    Harus diperhatikan juga, arus kas keluar buat apa aja. Dan bagian ini yang mesti ballance dilakukan

  24. harus tahu banget cara mengelola keuangan dengan baik agar tidak besar pasak dari pada tiang, sebaliknya manajemen finansial terus stabil bahkan bisa mengambil benefit dengan ditabung misalnya

  25. Bikin rencana keuangan secara rutin dan realitas itu berguna banget lho. Saya juga melakukannya. Jadi, lama kelamaan akan terpasang di mindset kita gitu.

  26. Adanya internet banking ini sangat membantu ya mas
    Kita jadi lebih mudah dalam mengelola keuangan

  27. Setujuu mentalitas ini ngefek banget ke pengaturan keuangan jugaa ya ngga sih.. ini yg kita kadang ngga kepikirannn

  28. PR-ku tuh disiplin. Aku belum bisa disiplin nabung maupun investasi. Pengeluaran juga, masih mudah tergoda buat belanja. Padahal kalau pengen perencanaan keuangan berhasil ya harusnya disiplin sih…

  29. Memiliki skill mengelola keuangan tentu saja menjadi kebanggaan ya sehingga bisa merencanakan hal yang baik di masa depan. Beruntung sekarang dah banyak akses internet yang mendukung teknologi untuk mengelola keuangan engan baik

  30. Jd keingetan, dulu pas awal2 pakai2 mba going gampang banget habis uang ya karena ga terkontrol belanja online saking mudahnya bertransaksi. Alhamdulillah kini sudah sadar dan bs mengendalikan diri buat belanja online semenjak mulai belajar mengelola keuangan.

  31. Memang ya, mengelola keuangan dengan baik memang bukan perkara mudah. Saya juga kadang kesulitan dalam mengatur keuangannya sendiri, sehingga terkadang keluar masuk uang tak jelas arahnya. Harus belajar lagi, nih.

  32. Makasih kak sharingnya. Sy juga pakai layanan ebanking untuk mempermudah cek mutasi. Btw pakai wifi publik itu gak aman ya, jd takut meskipun bisa gratis ya lebih baik bayar tp data aman

  33. Mengatur keuangan memang nggak mudah. Membuat perencanaan keuangan itu harus. Biar nggak keteteran.

  34. Woah sepemikiran kita kak,
    cara mengelola keuangan yg baik itu kita awali dengan membuat anggaran untuk jangka pendek atau panjang, jadi harus disiapkan sedini mungkin.

Tinggalkan komentar