14 Tips Jual Beli Mobil Bekas Secara Online

Jual beli mobil bekas secara online memang tidak gampang. Perlu ketelitian biar kita mendapatkan mobil bekas yang dibutuhkan. Lantas bagaimana tips jual beli mobil bekas secara online yang aman?

Jual beli mobil bekas secara aman

Tips Jual Beli Mobil Bekas Secara Online

Penelitian

Teliti tentang harga pasar mobil yang ingin Anda jual atau beli untuk mendapatkan gambaran yang realistis. Kita bisa membandingkan di berbagai tempat atau berbagai platform jual beli mobil bekas secara online.

Deskripsi yang Jelas

Buat deskripsi yang rinci dan jelas tentang mobil, termasuk kondisi, sejarah perawatan, dan fitur-fiturnya. Ini akan memudahkan pembeli mendapatkan mobil bekas yang didambakan. Kita sebagai penjual pun tidak akan terlalu repot membalas atau mendapatkan pesan singkat karena ketidakjelasan kondisi mobil bekas yang ditawarkan.

Foto Berkualitas

Unggah foto-foto berkualitas tinggi yang menunjukkan mobil bekas dari berbagai sudut. Foto yang berkualitas ini akan memudahkan pembeli mendapatkan gambaran jual beli mobil bekas secara online dengan baik.

Kontak yang Jelas

Sediakan informasi kontak yang valid agar calon pembeli atau penjual dapat menghubungi Anda dengan mudah. Kontak di sini dapar berupa nomor ponsel yang langsung terhubung dengan layanan pesan instan yang kini marak dipakai setiap orang. Misalnya WhatsApp atau Telegram.

Dapat juga berupa nomor ponsel biasa yang akan memudahkan pembeli menelpon dengan pulsa yang ada, bukan melalui jaringan internet. Hal ini juga akan memudahkan terutama bagi pembeli yang mau jual beli mobil bekas secara online dan memiliki sinyal buruk di kotanya.

Verifikasi Identitas

Pastikan untuk memverifikasi identitas calon pembeli atau penjual sebelum melakukan transaksi. Kartu identitas ini akan memudahkan pelacakan saat terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Cek juga kontak yang tertera pada aplikasi khusus cek telepon agar kita tidak tertipu oleh sindikat khusus.

Tips jual beli mobil bekas secara online

Bertemu Secara Aman

Jika memungkinkan, selalu pertemukan diri Anda dengan calon pembeli atau penjual di tempat umum dan aman. Bertemu langsung ini akan memudahkan kita dalam pengecekan kondisi jual beli mobil bekas secara online.

Jadi kita tidak akan tertipu dengan hanya melihat foto di internet atau platform jual beli mobil bekas secara online.

Cek Fisik Mobil

Jika Anda calon pembeli, periksa fisik mobil secara menyeluruh atau minta bantuan ahli. Biasakan membawa teman/saudara yang mengerti seluk-beluk mobil bekas agar tidak terjadi penipuan dalam memilih mobil bekas impian.

Selain itu, membawa rekan ini akan memastikan kelayakan mobil bekas untuk dapat dipakai dalam jangka waktu tertentu/kondisi mobil bekas masih dalam keadaan laik jalan/tidak turun mesin.

Uji Jalan

Lakukan uji jalan untuk memastikan mobil berfungsi dengan baik. Kita dapat mengetes kendaraan tersebut sambil membawa rekan/si pemilik kendaraan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Negosiasi dengan Bijak

Jangan ragu untuk bernegosiasi, tetapi tetaplah realistis dengan tawaran dan penawaran Anda. Negosiasi ini pasti terkait dengan harga. Sesuaikan dengan kondisi pasar harga mobil bekas. Atau sesuaikan dengan kondisi mobil bekas tersebut.

Jangan sampai kita menawar dengan harga tinggi untuk mobil bekas yang masih ada cacatnya. Atau terlalu rendah untuk pasaran harga mobil bekas yang masih terlalu tinggi.

BACA JUGA:

  1. Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas
  2. Cara Balik Nama Kendaraan Bekas
  3. Cara Mudah Kredit Mobil
  4. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor
  5. 15 Tahun Bersama Honda

Periksa Dokumen

Pastikan semua dokumen kendaraan, seperti STNK dan BPKB, lengkap dan sah. Syukur kalau bisa memastikan data tersebut sesuai dengan yang tertera dalam kendaraan.

Pembayaran Aman

Gunakan metode pembayaran yang aman dan cermati potensi penipuan. Bisa dengan transfer mobile banking kalau penjual memiliki akses. Sehingga mereka langsung dapat melihat saldo rekening saat itu juga.

Jika membawa uang tunai, pastikan keamanan saat membawa uang tersebut. Jangan sampai terkena pencuri/jambret saat berkendara.

Kontrak Jual Beli

Jika memungkinkan, buat kontrak jual beli yang mencakup semua detail transaksi. Proses ini memang akan memakan waktu dan sedikit ribet. Tapi hal ini akan memperingan kita kalau seandainya ada masalah di kemudian hari.

Kalau perlu, cantumkan klausul tertentu yang sama-sama menguntungkan kedua pihak. Intinya masih ada garansi dari penjual kalau seandainya ada sesuatu dan lain hal.

Simpati dan Kejujuran

Berlaku dengan simpati dan jujur ​​selama proses jual beli. Jangan mengada-ada sesuatu yang tidak ada. Intinya, jangan menutupi sesuatu yang jelek jika memang barang yang kita jual jelek. Atau sebaliknya.

Baca Syarat dan Ketentuan

Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan platform serta hak dan kewajiban Anda dalam transaksi. Hal ini terjadi saat Anda membeli dalam platform jual beli mobil bekas secara online.

Biar aman, periksa satu per satu syarat dan ketentuannya. Meski terkesan ribet, hal ini akan memudahkan kita dalam pelaporan di kemudian hari. Khususnya jika ada sesuatu kerusakan/kesalahan yang tidak disengaja/diketahui dari pembeli.

Platform Terpercaya

Gunakan platform jual beli mobil bekas secara online yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Jual Beli Mobil Bekas Secara Online di Broom.id

Broom.id, startup digital yang memberdayakan ekosistem showroom mobil bekas di Indonesia. Broomhive secara konsisten turut memberdayakan ekosistem industri jual beli mobil bekas secara online di Indonesia.

Jual beli mobil bekas secara online

Etalase mobil bekas Broomhive 100% merupakan kendaraan yang dititipkan oleh berbagai mitra showroom. Melalui kehadiran Broomhive, showroom bisa mendapatkan akses ke berbagai calon konsumen potensial di seluruh Indonesia sehingga diharapkan dapat mempercepat perputaran bisnisnya.

Promo Merdeka Layanan Broom.id

Seiring dengan perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, Broom.id menawarkan Promo Merdeka yang memberikan manfaat lebih bagi mitra showroom dengan layanan Buyback.

Mitra showroom dapat menjual sementara inventaris mereka kepada Broom untuk mempercepat putaran bisnis dengan mendapatkan insentif cashback sebesar Rp 500 ribu.

Lewat “Promo Merdeka” ini, Broom menyediakan potongan harga hingga Rp 17 juta untuk pembelian mobil bekas pilihan yang terpajang di Bursa Mobil Broomhive. Serta angsuran maupun bunga yang sangat ringan.

Di luar itu, konsumen juga berhak mendapatkan manfaat after sales hingga Rp 8 juta dari mitra Broom. 

Bagi konsumen yang melakukan pembelian atau penjualan mobil melalui Broom selama GIIAS 2023, mereka berkesempatan mendapatkan insentif tambahan berupa voucher senilai Rp 5 juta untuk pembelian mobil bekas dan voucher e-wallet senilai Rp 2 juta kepada para pengunjung GIIAS yang tertarik untuk melakukan jual mobil.

CEO Broom.id Pandu Adi Laras berharap dapat mengenalkan produk dan layanan unggulan kepada audiens dan pasar yang semakin luas. Hal ini dalam rangka menawarkan cara-cara berbisnis yang inovatif bagi pihak showroom. “Selain itu memberikan lebih banyak kemudahan bagi pengguna akhir,” ujar Pandu.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan bijak saat melakukan jual beli mobil bekas secara online ya.

18 pemikiran pada “14 Tips Jual Beli Mobil Bekas Secara Online”

  1. bener juga nih, nyari yang terpercaya tuh wajib banget ya, apalagi kalau kita awam soal kendaraan. pernah banget ngerasa tertipu beli kendaraan karena ya asal aja nyari di online huhu

  2. Makin mudah jual beli mobil via Broom ya. Dan banyak keuntungannya. Btw mau nambahin poin Mas. Kalau terima uang cash hasil penjualan mobil sebaiknya bawa alat detektor uang biar ketahuan uangnya asli atau palsu.

  3. sekarang kalo mau beli mobil bekas harus benar-benar cek dulu secara keseluruhan biar gak terjadi masalah fatal di kemudian hari. Dan Broom.id ini sepertinya sangat membantu mencari dan membandingkan berbagai mobil bekas yang ada di Indonesia dengan mudah

  4. Membeli mobil bekas memang membutuhkan kehati-hatian. Kalau salah pilih bisa membuat kita rugi karena mobil yang kita beli bsia saja mobil bekas yang tidak sehat. Lebih baik mencari menggunakan aplikasi yang betuk-betul terpercaya.

  5. Jual beli mobil bekas memang sekarang ini banyak dilakukan secara online. Tapi memang wajib bertemu pembeli dan penjual, sekaligus untuk mengecek kendaraan dan surat-surat kendaraan juga. Penting juga memilih platform jual beli mobil yang terpecaya.

  6. Kontaknya udah ada,
    gambarnya udah oke,
    Eh tapi deskripsinya kurang, memang bakalan bikin runyam sih urusan jual beli mobil bekas.
    Di situlah perlu ketelitian ya, biar mencantumkan deskripsi sejelas mungkin. Kan adakalanya malas juga buat kepo langsung lewat chat atau DM

  7. Broom.id yang udah terpercaya ini bikin kita transaksi jual beli gak takut kena tipu. Memang sebelum membeli harus udah bisa memastikan kondisi kendaraan nya ya

  8. wah kebetulan banget saudara sedang cari-cari mobil bekas Mas Didik, nemu ini bisa jadi rekomendasi dan kebetulan sedang promo juga ya Mas, lumayan besar juga lagi ya voucher sama hadiahnya

  9. Woooah sekarang beli mobil bekas bisa secara online di Broom.id ya ka. Sat set dong jadinya. Mana banyak keuntungannya pula kalau beli selama GIIAS 2023 ya.

  10. Kalau kita udah semua kondisi mobil, nanti bisa negosiasi harga dengan lebih baik disesuaikan dengan kondisi mobil ya kak.. Nah di broom.id bisa jadi rekomendasi nih buat jual beli mobil bekas

  11. Besok Ahad, suami ngidam mo ke GIIAS.
    Ini memang ajang yang gak pernah beliau lewatin dari tahun ke tahun sii.. Ternyata, jual beli mobil bekas tuh bisa semudah itu di zaman sekarang ya.. Karena uda kenal sama Broom.id

    Bisa aku rekomendasiin ke masku nih..
    Ada mobil peninggalan Bapak rahimahullah yang jarang dipakai..
    Nuhun, kak Didik.

Tinggalkan komentar