Resep Membuat Lontong Opor Ayam Komplit

Idul Fitri tak lengkap rasanya bila tak membuat lontong opor ayam. Suasana Lebaran bakal terasa lebih nikmat dengan menu tersebut. Resep membuat lontong opor ayam komplit yang mudah dibuat akan menemani Lebaran kalian agar terasa lebih menyenangkan.

Bicara lontong opor dan ketupat, dalam tulisan kali ini aku akan memberikan resep membuat lontong opor ayam komplit dan kari ayam ketupat. Resepnya bisa dilihat sebagai berikut ya:

Resep Membuat Lontong Opor Ayam Komplit

Menu Lontong Opor Ayam:

  • 10 buah lontong
  • Opor Ayam
  • Sambal goreng kentang ati
  • Telur Bacem
  • Bawang merah goreng

Bahan Lontong Opor

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 8-10 bagian
  • 2 serai, geprek
  • 4 daun salam
  • 7 daun jaruk
  • Minyak untuk menumis secukupnya
  • 500 cc santan kental ( dari 1 butir kelapa)
  • 1000 cc santan kental encer (sisa perasan santan kental)
  • Garam, kaldu bubuk, dan gula secukupnya
Lontong opor ayam

Bumbu Halus

  • 15 bawang merah
  • 10 bawang putih
  • 1,5 sendok makan biji ketumbar
  • 2 sendok teh biji merica
  • 1 sendok makan jintan
  • 1/2 butir pala
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 3-4 cm kunyit tua

Cara Memasak Resep Lontong Opor Ayam Komplit

  • Yang pertama tumis bumbu halus sampai matang. Lalu tambahkan santan encer, serai, daun jeruk dan daun salam.
  • Setelah mendidih, masukkan ayam. Lalu tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk. Masak ayam sampai empuk. Kamu bisa tambahkan air lagi jika kuah menyusut.
  • Masukkan santan kental. Aduk-aduk selama 10 menit supaya santan tidak pecah. Matikan api.
Resep Membuat Lontong Opor Ayam Komplit

Bahan Sambal Goreng Kentang Ati

  • 1 kg kentang, dipotong dadu, digoreng
  • 300 gram hati sapi, rebus sampai empuk, potong dadu
  • 30 cabai rawit merah
  • 1 batang serai, memarkan
  • 7 lembar daun salam, ikat
  • 1 liter santan dari 1/3 butir kelapa
  • Garam, kaldu bubuk

Bumbu Halus

  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cabai merah besar
  • 9 cabai merah keriting
  • 10 cabai rawit merah
  • 1 buah tomat ukuran kecil
  • 1 sendok makan gula jawa
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm jahe

Cara Memasak

  • Tumis bumbu halus hingga matang.
  • Lalu masukkan santan, serai, daun salam, garam, serta kaldu bubuk.  Masak hingga bumbu mengental.
  • Setelah itu masukkan hati sapi dan kentang. Lalu aduk-aduk sampai bumbu kering dan menyerap.
  • Siap disajikan.

Bahan Telur Bacem

  • 10 telur ayam rebus, kuliti cangkangnya
  •  5 daun salam
  • 1 serai, memarkan
  • 200 gram gula jawa/kecap manis
  • 1 sendok teh asam jawa 
  • 2 liter air
  • Garam secukupnya

Bumbu dihaluskan

  • 8 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 5 kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar halus
  • 1/2 sendok teh lada halus
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm jahe

Cara Memasak:

  • Langkah yang pertama rebus telur bersama bumbu dan bahan lainnya menggunakan api kecil.
  • Rebus paling paling cepat 2 jam sampai air menyusut.

Kari Ayam Ketupat

Bahan – Bahan yang Diperlukan:

  • 1 ekor ayam kampung muda
  • Kentang yang sudah dipotong kotak
  • 400 cc santan kental
  • 600 cc santan encer
  • Minyak

Bumbu Halus:

  • 1 ruas kunyit
  • 2 batang sereh ambil putihnya
  • 7 butir kemiri
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh jintan
  • ¼ sendok teh adas
  • 1 sendok makan air asam
  • 7 siung bawang putih
  • 15 siung bawang merah
  • 4 buah cabe merah besar buang bijinya
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas

Bahan Pelengkap

  • Sejempol gula merah
  • Gula pasir secukupnya
  • Penyedap
  • Bawang goreng sebagai taburan
  • Acar mentimun
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm kayu manis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 butir cengkeh

Cara Memasak

  • Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus sampai harum.
  • Tambahkan kayu manis, daun salam, daun jeruk, cengkeh dan masukkan santan encer, lalu aduk sampai rata.
  • Setelah itu, masukkan potongan ayam, aduk rata lagi, lalu biarkan sampai mendidih serta daging berubah empuk.
  • Kecilkan api kompor saat sedang diaduk supaya ayam meresap merata.
  • Saat mendekati matang masukkan santan kental, gula, garam, penyedap dan air asam.
  • Aduk kembali sampai mendidih dan kuah berubah kental.
  • Masukkan potongan kentang goreng lalu aduk kembali sampai tercampur rata.
  • Taburi kari yang sudah matang dengan bawang goreng atau berikan acar mentimun.
Kari ayam

Bagaimana? Mudah banget kan resep membuat lontong opor ayam komplit dan kari ayam ketupat. Mari rayakan hari istimewa dengan hidangan sederhana tetapi menyenangkan hati semua. Maaf lahir batin ya teman-teman.

21 pemikiran pada “Resep Membuat Lontong Opor Ayam Komplit”

  1. Wah, resep membuat lontong opor ayam ini lengkap banget
    Bahan bahannya mudah ditemukan, cara memasaknya juga nggak repot
    Pas buat di recook saat lebaran

  2. Kalau liat resepnya sepertinya gampang yaa buat lontong opor ayam. Walaupun saya sendiri jarang banget makan lontong opor ayam, tapi bisalah nanti dicoba

  3. Makasih Kak Didik. Lebaran emang kudu makan lontong opor plus sambal goreng ati yaa. Ini bumbunya komplit banget. Kapan2 coba ahh, kayaknya sedap.

  4. Aduh… duh.. langsung ngiler ini hahaha. Dan memang lebaran kurang lengkap tanpa opor ayam. Pastinya ada sambal goreng ati kentang dan telur bacem. terus harus ada kerupuk udang juga hehehe. Dijamin semakin istimewa lebarannya.

  5. Ramadhan dah mau berakhir, lebaran sebentar lagi hadir. Salah satu menu idul fitri lontong opor ayam. Ini pas banget dapat resep yang komplit, bisa segera di share ke istri biar persiapan masak opor ayam komplit

  6. Wah iyaaa…telur bacem. Ntar bikin ah… Kalau opor ayam udah pasti siap buat Lebaran. Sambel goreng hati, hum…hati sapinya belum tentu dapet sih.
    Jadi ya telur aja deh…
    Makasih resepnya…

  7. hmm yummy, saya suka saya suka opor ayam, wkwkwk, saya lebih sering pakai bumbu jadi sih Kak kalau masak, jadinya gini deh ga tahu bumbu aslinya apa aja, jadi tahu sekarang bumbunya setelah baca artikel, bisa buat sendiri bumbunya nih kalau masak opor lagi

  8. Opor ayam dan sambal goreng kentang adalah salah dua menu wajib ada yang saya sediakan saat lebaran tiba. Tanpa opor, apalah artinya lebaran, jiaaahhh… Apalagi ditambahl sambal + emping. Kurang lebih nggak beda jauh kayak opor buatan saya di rumah. Mantap nih resepnya. Very nice info

  9. Bener banget. Lebaran nggak akan lengkap tanpa lontong opor. apa bikin lontong opor saja ya nanti pas lebaran. Biasanya cuma makan di rumah bibi. Emakku bikin rendang. Hehehe…

  10. Lebaran dengan menu opor dan ada lontongnya pula jadi makin berkesan. Soalnya kuah opor itu rasanya gurih dan sedap buat disantal pas hari Raya. Eh, tapi di luar lebaran pun juga jadi hidangan yang nikmat ya

  11. Aku tim lontong opor ayam komplit.
    Ibukku gak pernah absen masak opor setiap lebaran. Bener-bener suasana yang aku rindukan banget. Dan ka Ditto… kalo kita pulkam ke rumah saudara nenek yang di kampung banget, biasanya pas kita dateng, langsung dipotongin ayam kampung dan dimasak opor jugaa..
    Rasanya sumpah beda daripada ayam kampung yang biasa kita beli di pasar atau supermarket di kota. Ini ayamnyaaaa.. fresh, ada manis-manisnya gituu…

  12. ini bisa jadi ide makanan untuk menyambut lebaran sekaligus open house nanti. semua resep sudah dijelaskan dengan lengkap, tinggal dieksekusi aja dan boleh nyoba masak dulu sedikit buat try yah

  13. Waaa udah ada menu lontong opor ayam jadi berasa banget makin deket sama vibes lebaran hihi.. tapi di keluargaku kalo lebaran justru suka bikin bakso daripada opor ayam wkwkwk

  14. Wah resep lontong opor ayamnya bermnafaat banget pastinya mas Didik karena bisa buat masak lebaran nanti, duh lihatnya aja kayak kebayang enak banget dah berasa dilidah ini mah, menggoda banget

  15. Wah ini pas banget buat menyambut lebaran, saya jadi pengen bikin sambel goreng atinya sama lontong opornya yang lengkap di rumah. Semangat resepnya Kak nanti mau saya cobain pas mudik

  16. waah resepnya banyak dan lengkap nih, bisa diekseksui. apalagi ini mah masaknya gampang ya. paling suka sih opor dan sambal goreng kentang. tapi si opor tanpa santan, mengingat keluarga kami alergi santan. jadi diganti susu tapi harus UHT. rasanya gak kalah nikmat looh.

Tinggalkan komentar