Belum Paham Modal Ventura? Yuk Cari Tahu Maknanya

Untuk Anda yang tidak akrab dengan dunia bisnis atau perusahaan rintisan memang terasa asing dengan istilah yang satu ini.

Dalam dunia startup, modal ventura merupakan modal yang diberikan kepada perusahaan rintisan dalam berbagai tahapan yang berbeda. Mari pahami lebih lanjut pada pembahasan berikut ini!

Modal ventura

Apa Itu Modal Ventura?

Modal ventura merupakan merupakan jenis pembiayaan atau investasi yang diberikan oleh investor kepada perusahaan startup tertentu. Dana atau modal ventura ini biasanya berbentuk pembiayaan dan penyertaan modal ke dalam perusahaan swasta yang kemudian dijadikan sebagai rekan atau pasangan usaha dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Modal yang diberikan biasanya berbentuk uang tunai yang bisa ditukarkan ke dalam sejumlah saham dan bisa ditukarkan kembali ke perusahaan tersebut sebagai pasangan usaha tersebut.

Ventura berasal dari kata venture yang berarti sesuatu yang mengandung resiko tinggi sehingga investasi ini termasuk dalam resiko tinggi dengan nilai imbal balik yang cukup tinggi pula.

Saat menawarkan dana investasi, biasanya investor akan yang bergabung untuk memberikan dana ventura biasanya tahu bahwa perusahaan yang didanai tersebut memiliki risiko yang tinggi dan tidak memiliki syarat standar perusahaan terbuka untuk mendapatkan modal pinjaman dari perbankan seperti startup.

Seperti yang kita ketahui sangat sedikit sekali perusahaan startup yang mendapatkan pinjaman dari bank karena risikonya yang cukup tinggi sehingga modal ventura ini sering dijadikan pilihan utama.

Apa Dasar Hukum Modal Ventura di Indonesia?

Modal ventura merupakan hal yang legal dengan dasar hukum yang jelas di Indonesia meski masih terbilang baru. Modal ventura ini diatur dalam KEPPRES No.61 Tahun 1998 yang menjelaskan tentang lembaga pembiayaan ventura tersebut.

Didukung juga dengan keputusan dari Kementerian Keuangan atau KEPKEMENKEU yang tercantum dalam No.125/KMK.013/1998 yang menjelaskan tentang ketentuan dan tata cara pelaksanaan dari lembaga pembiayaan terkait.

Presentasi dalam modal ventura

Jenis Modal Ventura

Ada banyak sekali jenis modal ventura jika dilihat berdasarkan cara pemberian bantuan dan cara penghimpunan dana serta kepemilikan.

Berdasarkan Cara Pemberian Dana

Bantuan dana yang diberikan oleh perusahaan pasang usaha atau investor biasanya dapat diberikan dalam dua jenis yakni bantuan manajemen dan finansial.

Single tier approach

Perusahaan akan menghimpun berbagi dana dan mengelola dana tersebut untuk diinvestasikan dalam bentuk penyertaan modal di perusahaan pasang usaha.

Two tier approach

Disini modal akan dikelola oleh dua badan usaha terpisah yakni satu perusahaan sebagai penyedia dana dan yang satunya berperan sebagai pengelola yang bertugas mengelola dana dari fund company.

Berdasarkan Cara Penghimpunan

Dana perusahaan yang diperoleh dengan berbagai cara terbagi menjadi dua jenis yakni:

Leverage venture capital

Leverage venture capital biasanya berasal daari suatu perusahaan modal ventura namun dihimpun dalam bentuk pinjaman dari berbagai pihak.

Equity venture capital

Equity venture capital yang sumber dananya berasal dari suatu perusahaan modal dan sebagian besar dananya dihimpun dari modal sendiri.

Berdasarkan Kepemilikan

Kepemilikan ini menunjukkan pengaruh yang berbeda terhadap suatu modal.

Private venture capital company

Sesuai dengan namanya, biasanya perusahaan ini masih bersifat private dan bellum menjual sahamnya di bursa efek.

Public venture capital company

Perusahaan jenis ini merupakan jenis perusahaan modal ventura yang telah menjual sahamnya di bursa efek.

Bank affiliate venture company

Perusahaan jenis ini biasanya didirikan oleh beberapa bank yang mengalami surplus dana atau memiiliki misi khusus dalam hal venture capital.

Conglomerate venture capital

Jenis perusahaan ini merupakan jenis perusahaan yang sudah didirikan oleh beberapa perusahaan.

Kesepakatan modal ventura

Manfaat Modal Ventura

Modal ventura memiliki banyak sekali manfaat untuk perusahaan rintisan atau startup seperti berikut ini!

1. Meningkatkan potensial bisnis

Salah satu manfaat utama dari modal ventura ini adalah mampu meningkatkan potensial bisnis yang sedang dikembangkan. Perusahaan yang sudah diberikan suntikan dan akan menjadi investor bukan sebagai penggalang dana saja melainkan juga berperan sebagai partner.

Investor akan menjadi rekan bisnis yang membantu dalam banyak hal seperti pengembangan ide, inovasi, dan hal-hal yang mampu menjadikan bisnis semakin berkembang lebih baik lagi kedepannya.

Oleh sebab itu, biasanya investor akan turut serta dalam mengembangkan ide dan kegiatan perusahaan yang bisa meningkatkan potensi usaha kedepannya.

2. Pemasaran produk menjadi lebih mudah

Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh setiap perusahaan rintisan adalah pemasaran produk yang tidak berjalan dengan baik karena keterbatasan dana. Dengan adanya modal ventura ini, maka kredibilitas perusahaan akan meningkat dan akan memperolhe citra yang lebih baik sehingga akan berdampaka pada pemasaran produk dan jasa yang mereka kembangkan.

3. Kepercayaan dari bank

Manfaat lainnya dari adanya modal ventura ini adalah mudah mendapatkan kepercayaan dari bank. Perusahaan rintisan yang baru saja didirikan biasanya akan sulit mendapatkan kepercayaan dari bank karena dinilai masih belum memiliki manajemen yang efektif dan stabil.

Bank biasanya tidak akan meminjamkan uang kepada perusahaan rintisan baru karena resikonya yang tinggi dan dinilai masih belum bisa membayar cicilan dan bisa saja mengalami kebangkrutan.

4.Manajemen yang baik

Suudah pasti jika perusahaan rintisan yang mendapatkan bantuan dana dari perusahaan venture capital capital tidak hanya dibantu dari sisi dana melainkan juga sisi manajemen yang baik untuk perusahaan rintisan tersebut.

Perusahaan bisa saja meminimalisir biaya produk dan pemasaran sehingga perusahaan bisa meningkatkan rentabilitas ke depannya.

Venture Capital

Contoh Perusahaan Venture Capital Populer Indonesia

1. Alpha JWC Ventures

Perusahaan venture capital ini sudah didirikan sejak tahun 2015 lalu yang memang fokus di Indonesia. perusahaan venture capital ini sudah melakukan investasi di banyak perusahaan startup terkemuka baik di Indonesia dan Asia Tenggara seperti Kredivo, Bobobox, dan Kopi Kenangan.

2. SGInnovate

SGInnovate merupakan perusahaan venture capital yang berfokus pada perusahaan Deep Tech dan bertujuan untuk mengatasi masalah global yang menantang belakangan ini. Sudah didirikan sejak tahun 2016 yang kini sudah memiliki lebih dari 80 perusahaan portfolio.

3. Sequoia Capital

Sequoia capital merupakan perusahaan venture capital dengan modal ventuura teratas di dunia yang berinvestasi pada startup dengan tahap perkembangan dan tahap selanjutnya. Pada tahun 2018, perusahaan ini meluncurkan startup awal yang berfokus di India dan Asia Tenggara dan sempat mendanai 11 startup Asia Tenggara pada tahun 2019.

14 pemikiran pada “Belum Paham Modal Ventura? Yuk Cari Tahu Maknanya”

  1. wow, aku baru tahu. adanya modal ventura gini pasti memudahkan para pebisnis ya. manfaat modal ventura juga banyak banget untuk bisnis itu sendiri. menarik

  2. Belum terlalu paham dengan permodelan Venture Capital ini, tapi udah sering denger sih, ngebaca artikel ini muali sedikit memahami tapi masih tipis tipis. perlu waktu untuk memahami lebih dalam sebelum memutuskan join

  3. Cukup menarik sih. Tapi, kalau risikonya cukup tinggi, keknya memang harus paham betul supaya nggak salah ambil langkah buat perkembangan startup nya. Apalagi manfaat modal ventura juga banyak banget. Bisa jadi peluang juga kan ya.

  4. Ini khusus di perusahaan start up ya Mas? atau di perusahaan lain bisa?

    Untung udah ada payung hukumnya ya, jadi baik yang memberi modal maupun menerima modal ventura lebih aman dan lega.

  5. Kalau ngomongin modal ventura ini, risikonya memang tinggi ya Bang. Apalagi jenis perusahaan yang menjadi partner biasanya start up yang notabene baru memulai usaha.

  6. Baca ini nambah insight baru soal finansial. Aku sama sekali gatau soal Ventura ini. Cuma modal ventura ini emang bakalan berguna bagi perusahaan rintisan yg baru memulai. Apalagi ternyata manfaatnya juga cukup banyak. Gak cuma menyediakan modal, tapi bisa membantu perusahaan rintisan untuk berkembang juga jadinya.

  7. Untuk yang berkecimpung di dunia bisnis kudu banget ini mempelajari modal Ventura ini, karena banyak juga manfaatnya dalam mensupport bisnis ya.

    Semoga dengan hal ini perusahaan rintisan yang ada tetap bertahan ya

  8. Oalah, jadi Ventura ini dari Keta venture ya… Dulu tuh sering dalam pelajaran sekolah istilah joint venture. Nah disini maksudnya itu kali ya

  9. Modal ventura cocok banget bagi yang mau buka usaha baru. perusahaan kasih modal tapi dapet saham di bisnisnya. Resikonya gede sih, tapi kalo sukses hasilnya juga gede.\

  10. Bisnis itu intinya kepercayaan.
    Kalau sama-sama bisa memegang kepercayaan, maka ideal banget menggunakan modal ventura untuk memajukan bisnis yang dijalani.

  11. wohoo! cukup detail ya ini penjelasannya tentang ventura, sejujurnya aku ga begitu paham dengan pemodalan dan bisnis xD makasih pencerahannya mas ^^

Tinggalkan komentar