Bisnis Online Makin Aman Dengan Payment Gateway Midtrans

Apa sih payment gateway Midtrans itu? Tahun ini aku punya resolusi membuka bisnis online (daring). Segala persiapan sudah aku lakukan, termasuk riset pasar, menyiapkan produk, kerja sama dengan jasa pengiriman, hingga memilih layanan sistem pembayaran Midtrans.

Saat ini bisnis online memang lagi booming. Terlebih di masa pandemi COVID-19, masyarakat lebih senang berbelanja daring.

Belanja makin praktis karena kita tak perlu keluar rumah. Untuk transaksi, sistem pembayaran (payment gateway) daring (online) makin beragam dan mudah. 

Perkembangan Sistem Pembayaran

Seiring perkembangan teknologi, sistem pembayaran makin berkembang. Dulu kita selalu transaksi jual beli pakai uang tunai. Lebih terpercaya karena ada proses pertukaran antara barang dan jasa sekaligus uang sebagai alat tukarnya.

Sekarang hampir mayoritas transaksi bisa dilakukan secara daring. Sistem pembayaran yang digunakan pun memakai sistem pembayaran transaksi online.

Sistem transaksi online ini bahkan bisa menekan penggunaan uang palsu yang selalu jadi masalah pengusaha dengan sistem pembayaran konvensional alias yang masih memakai uang tunai.

Sebagai pengusaha, kita juga harus mengikuti perkembangan zaman. Harus menyiapkan payment gateway yang mampu menerima segala jenis pembayaran yang dimiliki pelanggan.

Namun, kita tak perlu memiliki beragam jenis pembayaran tersebut. Cukup dengan sistem pembayaran Midtrans, akses ke segala sistem pembayaran transaksi online makin aman.

Payment Gateway Midtrans mempermudah pemilik bisnis online menerima segala metode jenis pembayaran nontunai

Apa itu Midtrans?

Midtrans ini sebuah perusahaan payment gateway yang memberikan akses metode pembayaran terlengkap untuk bisnis online. Midtrans mampu melayani segala jenis pembayaran nontunai, mulai dari dompet digital (e-wallet) seperti GoPay, ShopeePay, LinkAja, Dana, dan lainnya.

Selain itu juga melayani jenis pembayaran menggunakan uang elektronik (e-money), transfer bank, virtual account, kartu kredit bahkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) serta pembayaran di outlet minimarket.

Jadi dengan hanya memiliki payment gateway Midtrans, kita sebagai pengusaha pemula pun bisa menerima pembayaran dari segala metode pembayaran. 

Oh ya, perusahaan payment gateway Midtrans dulu dikenal sebagai Veritrans. Perusahaan tersebut berdiri pada tahun 2012. Bandung menjadi lokasi perdana sebagai kantornya. Sekaligus launching debit langsung pada 2013.

Pada 2016, Veritrans mengubah merek (rebranding) menjadi Midtrans. Saat itu, Midtrans sudah memiliki lebih dari 1.000 pelanggan dan 100 staf. 

Untuk ekspansinya, Midtrans melebarkan sayap ke Bali dan Yogyakarta. Sekaligus di tahun yang sama meluncurkan Aegis (sistem pendeteksi anomali) dan Payouts.

Pada 2017, Gojek mengakuisisi Midtrans serta merilis Selly, aplikasi keyboard jualan online milik Gojek yang bisa bantu para online seller untuk cek ongkir, buat invoice, membuat pesan Auto Text, dan masih banyak lagi.

Setahun kemudian, Gojek merilis GoPay dan pada 2020 meluncurkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), sebuah standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia.

Cara Kerja Payment Gateway

Cara kerja payment gateway Midtrans ini gampang kok. Meskipun demikian, sebagai pengusaha bisnis online juga harus mengetahui sistem agar mengetahui alurnya.

Biasanya, konsumen akan menerima beragam jenis sistem pembayaran setelah checkout pembelian. Setelah memilih sistem pembayaran, konsumen akan menerima surat elektronik (e-mail) sebagai bukti untuk segera melakukan pembayaran.

Pembayaran bisa dilakukan daring seperti menggunakan transfer bank, virtual account, e-wallet, e-money, QRIS, hingga kartu kredit. Konsumen pun juga bisa melakukan pembayaran melalui gerai minimarket. Setelah pembayaran dilakukan, konsumen akan menerima notifikasi bahwa pembayaran telah dilakukan. Tinggal tunggu barang datang deh. Itu teknis simpelnya.

Kalau mau melihat lebih jauh soal payment gateway, di antara beragam aktivitas tersebut ternyata banyak sekali proses yang terjadi.

Misalnya, setelah konsumen memutuskan checkout dan melakukan pembayaran, sistem akan meneruskan melalui koneksi internet ke sumber payment gateway.

Sistem itu akan meneruskan informasi ke prosesor pembayaran dari bank yang digunakan penjual. Barulah prosesor pembayaran meneruskan informasi transaksi yang diterima ke asosiasi. 

Asosiasi ini terkait kartu mana yang digunakan dalam pembayaran, apakah jenis Mastercard atau Visa. Yuk cek yuk, bank yang kita gunakan memakai jaringan Mastercard atau Visa. Atau malah lainnya.

Setelah itu, bank akan menerima permintaan yang diajukan dan mengirim balasan ke prosesor beserta kode khususnya. Kode ini nantinya yang akan memperlihatkan jumlah transaksi hingga transaksi online tersebut berhasil atau tidak. 

Terakhir, sistem akan meneruskan pembayaran ke payment gateway lagi, untuk diteruskan ke rekening penjual sekaligus pemegang kartu. Begitupun sebaliknya ya.

Ribet juga ya aslinya. Padahal, kalau kita checkout di e-commerce, prosesnya nggak sampai 5 detik. Keren banget nih buat yang sering ikutan flash sale di e-commerce. Bisa auto ngebut dapat barang saling rebut. 

Cara pembayaran menggunakan payment gateway Midtrans

Cara Pembayaran Menggunakan Midtrans

Pembayaran menjadi salah satu fungsi paling penting dalam dunia usaha. Biar usaha makin berkembang, sistem pembayaran harus dibikin matang.

Untuk mendukung cashless society sebagai program pemerintah, sistem pembayaran, termasuk transaksi online (daring) perlu dipermudah.

Sama seperti kebanyakan payment gateway lainnya, Midtrans menawarkan pilihan pembayaran, seperti kartu kredit, kartu debit, dan transfer bank. Transaksi kartu debit dilakukan bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia, seperti Bank Mandiri, BRI, hingga BCA.

Untuk layanan dompet digital (e-wallet), Midtrans juga menyediakan pembayaran melalui GoPay, ShopeePay, atau pun QRIS yang dapat menerima pembayaran dari semua e-wallet.

Untuk menambah variasi sistem pembayaran, Midtrans juga bermitra dengan konter langsung, seperti Indomaret dan Alfa Group. 

Beda dengan payment gateway lain, Midtrans menyediakan 24 metode pembayaran. Semua terintegrasi dalam satu layanan payment gateway ini.  

Kita sebagai pemilik bisnis, bisa mencetak QR code atau link pembayaran transaksi online maupun transaksi offline yang dilakukan konsumen. Konsumen akan dengan mudah melakukan pembayaran melalui cara tersebut, dengan beragam sistem pembayaran yang dimilikinya.

Sebagai pemilik bisnis, kita bisa membuat Payment Link di mana saja melalui web dashboard Midtrans. Payment Link tersebut bisa dibagikan melalui WhatsApp atau media sosial hingga SMS atau e-mail sesuai kebutuhan pembeli. Enaknya lagi, notifikasi pembayaran akan diterima secara langsung, tanpa jeda. 

Jadi, Midtrans ini menjembatani pemilik usaha yang akan menerima atau bahkan melakukan pembayaran kepada konsumen atau klien dalam satu aplikasi, dengan beragam jenis pembayaran.

Kan, ngga asyik donk kalo kita transaksi selalu bertanya, ada rekening BCA atau Mandiri? “Wah ngga ada nih kak. Kita hanya punya GoPay.”

Nah, kalau konsumen tidak punya GoPay, kita bisa kehilangan pelanggan. Padahal, sistem pembayaran Midtrans mampu menerima jenis pembayaran dengan sistem pembayaran apa pun (baik kartu kredit, kartu debit, virtual account, e-wallet, hingga e-money).

Cara Registrasi dan Aktivasi Midtrans

Zaman sudah semakin canggih. Semua transaksi kini sudah beralih, dari sistem pembayaran manual melalui uang tunai (cash) menjadi nontunai.

Cara registrasi Midtrans sangat gampang dan pemilik usaha harus menyiapkan beberapa dokumen bisnis pendukung guna melengkapi pendaftaran. 

Kenapa dokumen ini diperlukan? Tentu saja karena Midtrans ingin menyuguhkan layanan payment gateway teraman yang bisa digunakan oleh semua pemilik bisnis.

Apalagi, Midtrans punya kelebihan berupa keamanan data perusahaan. Jadi, data pribadi atau perusahaan atau UMKM kita dijamin aman. 

Apabila nanti tiba-tiba ada transaksi tampak mencurigakan atau berisiko penipuan, Midtrans akan menahan transaksi tersebut. Midtrans akan langsung menghubungi mitra kerja (usaha kita) melalui telepon. 

Nah, untuk registrasi, sama seperti di aplikasi lain. Kita harus mengisi data diri pribadi, nama dan alamat toko, serta deskripsi toko. Masukkan nomor kontak sekaligus website toko agar kredibilitas toko makin meningkat.

Untuk verifikasi, pemilik bisnis harus mengunggah kartu tanda penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor telepon serta memberikan alamat surat elektronik (e-mail) untuk aktivasi.

Jangan lupa memasukkan rekening untuk menerima dan melakukan pembayaran, baik dari konsumen atau klien kita. 

Agar tampak lebih personal, kita dapat mengubah warna tampilan, hingga mengunggah logo usaha. 

Biaya Transaksi Payment Gateway Midtrans

Biaya transaksi payment gateway Midtrans gratis untuk pengaturan. Midtrans hanya mengenakan biaya untuk setiap transaksi online yang dilakukan. Namun, biaya ini hanya dikenakan untuk setiap transaksi online yang berhasil. Jika terjadi gangguan, sistem pembayaran pasti akan dibatalkan.

Khusus transfer bank, Midtrans mengenakan biaya (fee) melalui virtual account BCA, BNI, BRI, PermataBank, Bank Mandiri, ATM Bersama, baik berjaringan ALTO maupun Prima sebesar Rp 4.000 per transaksi. 

Untuk konsumen yang melakukan pembayaran melalui GoPay, Midtrans mengenakan biaya 2 persen dari total transaksi. Biaya berbeda akan berlaku untuk perusahaan gaming dan produk digital.

Untuk pembayaran menggunakan ShopeePay, biayanya 1,5 persen per transaksi. Pembayaran via kartu kredit (Visa, Mastercard, JCB, dan America Express) 2,9 persen ditambah Rp 2.000 per transaksi.

Untuk pembayaran melalui Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, dan Dan+Dan) Rp 5.000 per transaksi.

Pembayaran Direct Debit melalui OCTO Clicks, BRImo, dan Danamon Online Banking kena biaya Rp 5.000 per transaksi. Untuk pembayaran memakai BCA KlikPay kena biaya Rp 2.200 per transaksi. Untuk Akulaku kena biaya 1,7 persen per transaksi.

Khusus pembayaran melalui QRIS, biaya yang dikenakan hanya 0,7 persen dari nilai transaksi. Oh ya, yang dikenakan biaya ini pemilik usaha ya, bukan konsumen. 

Kirim dan Cairkan Dana Sekaligus dengan Payouts

Buat pemilik bisnis, biasanya suka ribet kalau harus membayar tagihan ke klien. Apalagi jumlah klien tidak hanya satu, tapi ribuan. 

Bayangkan kita harus melakukan pembayaran ke ribuan klien tersebut. Bisa selesai berapa hari atau bahkan minggu tuh?

Buat pemilik bisnis UMKM, tidak usah khawatir. Midtrans memiliki fitur Payouts. Cara ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengirim dan mencairkan dana (disbursement) dari klien secara otomatis, baik hanya satu akun atau bahkan ribuan akun sekaligus.

Dengan Payouts ini, kita bisa mengatur profil klien yang akan menerima fitur tersebut. Apakah diatur untuk menerima pembayaran dan pencairan otomatis atau hanya pencairan saja.

Jenis pembayaran juga bisa diatur. Apakah untuk pengembalian dana, pembayaran ke vendor, distribusi dana pinjaman hingga pembayaran insentif dan komisi karyawan. 

Kita juga bisa mengatur pesan untuk klien terkait dana yang dikirimkan atau diterima tersebut. 

Keamanan Payment Gateway Midtrans

Keamanan Payment Gateway Midtrans

Keamanan sistem pembayaran menjadi kredibilitas yang dipertaruhkan perusahaan. Jika perusahaan menggunakan payment gateway terpercaya, klien pasti menganggap transaksi pasti aman (secure). 

Tak akan ada kecurigaan atau pun kekhawatiran bahwa transaksi bodong atau penipuan di kedua pihak. 

Midtrans telah terdaftar dan memegang lisensi Bank Indonesia sejak 2018. Lisensi ini menetapkan ketentuan dan syarat bagi perusahaan payment gateway dalam menyediakan layanan pembayaran.

Midtrans juga telah terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Untuk standar keamanan, Midtrans telah memenuhi Advanced Encryption Standard/AES, standar enkripsi yang didirikan oleh US National Institute of Standards and Technology. AES menggunakan algoritma terkini untuk melindungi informasi digital.

Standar enkripsi itu pertama kali digunakan Pemerintah Amerika Serikat. Lalu digunakan di seluruh dunia.

Standar berkembang menjadi enkripsi AES-256 yang memastikan data sensitif konsumen terlindungi dari pencurian serta akses yang tidak terotorisasi. Perlindungan data transaksi ini supaya pelanggan hingga pebisnis juga merasa tenang dalam bertransaksi.

Midtrans juga memegang lisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS). Lisensi ini diterbitkan PCI Security Standard Council, yang menyatakan sistem Midtrans memenuhi standar keamanan data yang tinggi.

Midtrans pun memiliki sertifikasi ISO/IEC 27001. Standar internasional ini yang mengharuskan Midtrans mendirikan, menjalankan, mempertahankan, dan memajukan keamanan sistem manajemen informasinya.

Intinya, payment gateway memudahkan dan menguntungkan bisnis e-commerce, baik dari sisi pembeli maupun penjualnya. Jadi, tertarik untuk mencoba payment gateway Midtrans beserta fitur-fitur canggihnya? Semoga bermanfaat, ya!

92 pemikiran pada “Bisnis Online Makin Aman Dengan Payment Gateway Midtrans”

  1. Keren yah, perkembangan duni digital yg pesat di Indonesia menjadi semua lapisan industri dan bisnis berbondong-bondong beralih ke digital termasuk UMKM.

  2. Waaah asyik ini, kebetulan sedang kepingin jualan online, bisa banget ya berari pake midtrans yang enggak perlu punya banyak rekening, tapi bisa menerima pembayaran dari rekening apa saja. Terima kasih informasinya lengkap banget, mas!

  3. Saya belum terlalu mengerti sih pembayaran dg Midtrans ini tapi sepertinya dr ulasan di atas untuk pengusaha keuntungannya banyak metode pembayaran yg terintegrasi dg Midtrans ya jadi bisa menjangkau banyak konsumen lagi

  4. Bisnis Online makin aman dengan sistem pembayaran Midtrans ya mas
    Aku kemarin juga sudah mencoba membuat invoice blogger pakai Midtrans

  5. Wah menarik sekali, kebetulan saya sedang ngurus beberapa small business. Jadi sebaiknya mempelajari lebih jauh dan mencoba Midtrans ini. Makasih infonya kak.

  6. sekarang, dimana-mana menggunakan payment gateway karena lebih praktis dan mudah. Aku pun sering bertransaksi menggunakan payment gateway; tfer dan bayar-bayar

  7. Jaman now apa-apa sudah online, UMKM juga harus beradaptasi kalau pengen usahanya maju, midtrans ini sangat membantu sekali ya.

  8. Berterima kasih banyak pada inovasi pembayaran payment gateway seperti yang dikelola Midtrans ini. Sehingga kita saat ini bisa belanja dengan mudah dan aman

  9. Keren ya sekarang transaksi online makin mudah dengan adanya payment gateway. Semoga lebih banyak masyarakat indonesia yang familiar dengan tipe transaksi ini ya..

  10. Sebagai konsumen aku suka sebel kalau belanja pilihan bayarnya enggak banyak atau bahkan bayarnya susah. makanya memikirkan payment gateway sebelum buka bisnis online ini penting banget. Karena kemudahan cara membayar juga bisa menentukan tingkat kepuasan pelanggan. semangat mas didik!

  11. Payment Gateway ini memang membantu urusan transaksi.
    Jadi misalnya gak punya Bank A, maka tetap bisa dilakukan transaksi pembayaran berkat adanya payment gateway ini

  12. Midtrans ini ngebantu banget ya untuk transaksi antara konsumen dan penjual. Proses jual beli jadi lebih mudah deh jadinua

  13. adanya Payment Gateaway dari Midtrans ini pasti sangat membantu UMKM yang punya kebutuhan yang mampu menampung segala jenis pembayaran dari ragam konsumen

  14. Aku belum pernah menggunakan Midtrans Kak, tapi beberapa merchant di dekat tempat tinggalku menerima pembayaran menggunakan Midtrans. Setelah baca artikel. ini, kayaknya aku jadi tertarik untuk mencoba menggunakan Midtrans.

  15. Pasti terbantu banget pelaku bisnis dengan adanya Midtrans ya mas soalnya mampu melayani segala jenis pembayaran nontunai. Kan sekarang konsumen sukanya nyari yang mudah. Pembayaran rerata menggunakan non tunai semua. Apalagi untuk bisnis online

  16. Pasti terbantu banget pelaku bisnis dengan adanya Midtrans ya mas soalnya mampu melayani segala jenis pembayaran nontunai. Kan sekarang konsumen sukanya nyari yang mudah. Pembayaran rerata menggunakan non tunai semua. Apalagi untuk bisnis online.

  17. wah payment gateway midtrans ini bisa scale up bisnisnya UMKM juga nih ya, membantu pedagang sekaligus menyamankan pembeli juga, jadi bisa makin berkembang nih usaha UMKM

  18. Midtrans ini memang trusted banget yaa untuk keperluan transaksi keuangan, apalagi di jaman serba digital kaya sekarang ini

  19. Kok nyaman banget yaa.. gak ada biaya transaksi saat menggunakan payment gateway Midtrans. Jadi pilihan banget saat memiliki usaha menggunakan alat pembayaran yang serba lengkap, jadi saling memudahkan.

  20. Wajar sih pelanggan Midtrans udah lebih dari 1000, karena payment gateway sangat membantu para penggunanya dalam transaksi keuangan

  21. Hehehe… Baca kata flash sale di e-commerce mah auto inget saldo di rekenig ya kak.

    Ternyata sistem pembayaran yang bikin sat set sat set kalau belanja online itu namanya payment gateway ya.

    Apalagi Midtrans ini menjembatani pemilik usaha yang akan menerima atau bahkan melakukan pembayaran kepada konsumen atau klien dalam satu aplikasi, dengan beragam jenis pembayaran. Kereeeeen

  22. Midtrans membuat para pelaku bisnis online semakin mudah melakukan transaksi keuangan ya mas
    Aman banget KLO pake Midtrans ini

  23. Metode pembayaran makin maju dan memudahkan aja ya. Yg paling saya soroti sih pastinya soal keamanannya, dan buat Midtrans ini oke banget sistemnya.

  24. adanya aplikasi midtrans ini pastinya sangat membantu bagi pelaku bisnis ya dalam memberikan layanan pembayaran bagi konsumennya. konsumen jadi memiliki banyak pilihan dalam melakukan pembayaran

  25. ada payment gateway midtrans tentunya mempermudah transaksi keuangan antara penjual dan pembeli di e-commerce yang sama-sama bikin nyaman dan aman

  26. Yang saya sukai dari Midtrans itu adalah payment link nya. Jadi memudahkan penjual dalam mengontrol penghasilan begitupun pembeli dalam memilih metode pembayaran. Sama-sama diberikan kemudahan.

  27. Bagus banget ketika punya rencana buka usaha bisnis online, lalu sudah mempersiapkan semuanya termasuk sistem pembayaran gateway dengan Midtrans. Semoga semua rencana dan bisnisnya sukses selalu ya

  28. Semoga dengan adanya perusahaan payment gateway Midtrans ini, semakin bisnis yang terbantu terutama bisnis online. Soalnya zaman sekarang emang lebih enak transaksi non tunai. Apalagi di masa pandemi begini

  29. Sempat ganti nama ya.
    Tapi malah menurut daku, dengan nama Midtrans ini jadi mudah diingat sebagai payment gateway.

  30. Sistem pembayaran ini paling penting sih. Kalo konsumen dikecewakan di pembayarannya malah berabe lagi urusan kita, selain urusan barang dan jasa yg kita tawarkan ya.

  31. Sistem transaksi online ini sekarang memudahkan banget yah buat yang mau buka usaha juga. Sistem pembayaran scashless sebenernya bisa banget menekan peredaran uang palsu dan cocok buat kondisi pandemi yang mengharuskan di rumah aja. Keren banget sih Midtrans menyediakan 24 metode pembayaran.

  32. Bener kak. Istilahnya, pebisnis online memudahkan segala jenis pembayaran dgn metode apapun, ckp dgn sistem Midtrans ini. Konsumen mau pake transfer, virtual account, kartu kredit, channel minimarket pun bisa. Konsumen sih ngga perlu nambah biaya. Biaya hanya dikenakan bagi pebisnis online dr transaksi yg berhasil aja kok.

  33. Penggunaan payment gateway ini memang memudahkan seller dan pembeli juga ya, Kak. Apalagi sisi keamanannya pun terjaga dengan baik.
    Kadang emang suka rada sebel kalo pilihan pembayarannya gak lengkap kalo transaksi tuh. Jadi bakalan makin nyaman transasksi pakai Midtrans ini.

  34. Ternyata pakai midtrans ini anti ribet-ribet club ya kak. Kita bisa bayar dimana aja karena melalui online.

    Pakai sistem pembayaran ini kedua belak pihak, mulai dari penjual dan pembeli pasti diuntungkan.

  35. Payment gateway ini bener-bener memudahkan dan menguntungkan para pemilik bisnis e-commerce sih. Jadi penasaran pengen nyobain berbagai fitur dan keuntungan kalau pakai payment gateway Midtrans ini.

  36. Menguntungkan banget menggunakan payment gateway Midtrans ini, baik utk yg punya bisnis juga utk konsumen.
    Memanfaatkan rekening yg sudah ada, bisa tersedia banyak pilihan pembayaran.

  37. Zaman now, saat jualan online, sistem pembayaran yang mudah dan beragam, memang jadi pilihan orang belanja di tempat itu ya, Mas. Jadi sebagai penjual, kita harus memudahkan hal itu. Saya pun di kelas kurcaci pos menerapkan hal itu. Saat teman akan membayar uang kelas, bisa lewat transfer bank atau beragam e wallet.

  38. rata-rata, di banyak outlet pun online shop udah pakai payment gateway seperti midtrans ya. Mudah dan praktis disaat-saat pandemi.

  39. Ahaha…aku banget itu, Mas.
    “Ada BCA, Mbak?”
    “Nggak ada. Saya pakai Mandiri dan GoPay aja.”
    Pelajari Payment Gateway ini lagi ah. Kalau memungkinkan, mau nyoba pakai juga.

  40. midtrans mah udah aku sering lihat nih kalau melakukan pembayran pesawat dan transfer yang. emang terpercaya banget ya midtrans ini

  41. kece banget nih payment gateway Midtrans. bisa ngebantu transaksi online jadi lebih mudah bagi pembeli dan pedagang online. Sistem transaksi yang sangat mudah dan membantu

  42. Sekarang zamannya memang serba online. Apalagi sejak pandemi, apa-apa jadi beralih ke daring. Termasuk dalam urusan transaksi. Namun ada untungnya juga ya karena sudah pasti lebih praktis dan mudah. Apalagi sekarang sudah ada payment gateway Mindtras yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis dalam urusan transaksi

  43. Di saat semua pembayaran menggunakan cashless, uda paling nyaman menggunakan payment gateway Midtrans. Sangat dibutuhkan apalagi untuk penyedia jasa atau barang yang memiliki berbagai macam klien.

  44. pengusaha online apalagi yang udah mulai meningkat salesnya perlu banget nih pake midttans nih. mempermudah konsumen melakukan pembayaran juga menjangkau konsumen lebih banyak. kalau pilihan metode pembayaran lebih banyak biasanya konsumen lebih setia sih ya dan nyaman.

  45. Nah ya bener, zaman sekarang nggak zamannya lagi ya transaksi keuangan harus sama akun keuangannya. Kalau penjualnya cuma mau transaksi pakai akun keuangan tertentu aja, bisa-bisa yang awalnya mau beli, jadi mundur deh.

  46. Nah ya bener, sekarang nggak zamannya lagi ya transaksi keuangan harus sama akun keuangannya. Kalau penjualnya cuma mau transaksi pakai akun keuangan tertentu aja, bisa-bisa yang awalnya mau beli, jadi mundur deh.

  47. Wah baru denger nih tentang midtrans, akses metode pembayarannya juga lengkap ya mas.. cocok banget buat yang punya bisnis online yaaa

Tinggalkan komentar