5 Keuntungan Investasi ORI024

Masih takut investasi selain tabungan dan deposito? Tapi juga nggak mau investasi dengan imbal hasil sangat berisiko seperti saham? Yuk cobain investasi Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dengan imbal pasti. Berikut keuntungan investasi ORI024.

Penjualan SBN ORI024

Pemerintah telah resmi menjual Surat Berharga Negara (SBN) ORI024 Pada 9 Oktober 2023. ORI024 merupakan jenis obligasi yang diterbitkan pemerintah guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan Indonesia. 

Jadi ini tuh semacam pemerintah berutang kepada masyarakat Indonesia. Nah, buat imbal hasilnya (yield) atau bunganya dibayarkan per tahun dan bisa dirata-rata per bulannya.

BNI Sekuritas menjadi salah satu Mitra Distribusi (MiDis) yang menjual SBN tersebut. BNI Sekuritas terus berkomitmen memberikan investasi aman, mudah dan terjangkau bagi nasabah melalui platform BNI Sekuritas Innovative Online Trading Systems (BIONS).

Keuntungan investasi ORI024 melalui aplikasi BIONS

SVP Retail BNI Sekuritas Neniwati Kutiawan, mengatakan, penawaran ORI024 menjadi kesempatan istimewa bagi para nasabah untuk berinvestasi. Selain berkesempatan mendapat keuntungan, nasabah juga ikut berkontribusi membiayai Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan infrastruktur dan program penting lainnya di Indonesia.

Keuntungan Investasi ORI024

Keuntungan investasi ORI024 sangat beragam. Salah satunya menjadi alat diversifikasi portofolio investasi. Ingat pepatah yang sering digaungkan saat berinvestasi, kan? Jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang. Kalau pecah, kita nggak punya telur lagi. Alias duit kita bisa habis kalau turun.

Berikut keuntungan investasi ORI024:

Kupon Fixed Rate yang Menarik

ORI024 begitu menarik dibandingkan instrumen keuangan lainnya. Pemerintah menawarkan kupon fixed rate sebesar 6,10% per tahun untuk tipe ORI024-T3 (tenor 3 tahun) dan 6,35% per tahun untuk tipe ORI024-T6 (tenor 6 tahun). ORI024-T3 akan jatuh tempo pada tanggal 15 Oktober 2026, sementara ORI024-T6 akan jatuh tempo pada tanggal 15 Oktober 2029. 

Simulasi keuntungan investasi ORI024

Imbal hasil yang diberikan ini lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan maupun deposito rata-rata perbankan nasional. Rata-rata bunga deposito perbankan nasional sekitar 4,00% per tahun.

Simulasi perhitungan keuntungan investasi ORI024 dan deposito

Pajak Lebih Rendah

Pajak SBN hanya sekitar 10%, lebih sedikit dibandingkan pajak instrumen keuangan lain dengan risiko rendah seperti deposito yang sebesar 20%.

Semakin lama nasabah memegang obligasi ini (tenor yang lebih panjang), semakin tinggi tingkat kupon yang akan diperoleh dan kontribusi yang diberikan.

Iya sama kayak kita beli makanan atau minuman di restoran. Tentu ada pajak yang harus kita bayarkan. Jadi pajak ORI024 ini sama dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) makanan minuman sekitar 10%. Tapi pajak ini bukan ditambahkan ya, tapi dikurangin saat kita menjual/saat jatuh tempo nanti (pas mencairkan).

Investasi Terjangkau

Kita masih ada waktu kok untuk membeli ORI024 ini. Pemerintah memberikan tenggat waktu hingga 2 November 2023.

Nasabah dapat membeli investasi terjangkau ORI024 mulai dari Rp1 juta hingga maksimal Rp5 miliar untuk ORI024 bertenor 3 tahun dan maksimal Rp10 miliar untuk ORI024 bertenor 6 tahun.

Kontribusi Kepada Negara

Dana yang diperoleh dari penjualan ORI024 direncanakan untuk digunakan dalam pembiayaan berbagai kebutuhan keuangan negara. Pemerintah menargetkan dapat menjual ORI024 sekitar Rp 20 triliun. 

Mudah Diakses dan Lebih Hemat

ORI024 dapat dibeli secara mudah melalui BIONS. Jika membeli ORI024 melalui BNI Sekuritas, BIONS memberikan hadiah menarik hingga Rp 150 ribu.

Nasabah akan mendapatkan Rp 50 ribu apabila melakukan akumulasi pembelian ORI024-T3 dan ORI024-T6 sebesar Rp 100 juta – Rp 299 juta. Dan mendapatkan dana Rp 150 ribu apabila melakukan akumulasi pembelian ORI024-T3 dan ORI024-T6 mulai dari Rp 300 juta selama periode penawaran.

Disclaimer

Apapun jenis investasinya, pasti ada risiko. Termasuk investasi ORI024 ini. Memang investasi ORI024 memiliki risiko lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lain.

Keuntungan investasi ORI024

Risiko investasi ORI024 yakni dari risiko pasar seperti perubahan tingkat suku bunga dan nilai tukar yang dapat mempengaruhi potensi profit. Misalnya saat bunga acuan Bank Indonesia (BI) turun, imbal hasil ORI024 pun turun. Dan biasanya, saat bunga acuan BI naik, imbal hasil ORI024 pun disesuaikan.

Sehingga masabah harus tetap aktif memantau perkembangan setiap instrumen investasi melalui platform terpercaya seperti BIONS.

11 pemikiran pada “5 Keuntungan Investasi ORI024”

  1. Wah menarik nih. Masyarakat bisa ikutan investasi di ORIO24. Nominal paling rendah pun cukup terjangkau 1 juta saja. BTW, aman enggak nih??

  2. Wah imbal hasilnya tinggi banget ya sampai setengah dari deposito. Setiap investasi pasti ada resikonya sih ya, tapi resiko dari ORI024 masih terbilang rendah, jadi aman ya. Apalagi mudah diakses, memudahkan kalau mau pantau.

  3. Kalau bahas investasi, memang saya selalu terpikirnya adalah tabungan, deposito, dan emas. Ternyata obligasi juga patut untuk dipertimbangkan ya? Apalagi sekarang sudah ada BNI Sekuritas. Beli Obligasi Ritel Indonesia jadi lebih Mudah.

  4. waw, ternyata investasi jenis ini pajaknya lebih rendah ya. aku baru tahu. menariknya lagi risikonya juga lebih rendah ya. jadi cocok buat yang profile risikonya low hehe

  5. Kalau urusan investasi memang perlu memantau dengan teliti bagaimana pergerakan saham dan suku bunga dari BI sebagai acuan ya kak. Sehingga bisa antisipasi juga segala risiko yang ada, alias gak kaget tiba gitu

  6. Setelah pemerintah resmi menjual Surat Berharga Negara (SBN) ORI024 9 Oktober 2023 lalu semoga obligasi ini senyatabreal bisa mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Indonesia ya
    Saya masih awam sih soal obligasi ini. Tapi tetap berharap yg terbaik untuk semua

  7. Wah, ORI024 ini kayanya cocok banget buat nambahin portofolio investasi ya! Kupon rate-nya lumayan tinggi, pajaknya rendah, plus bisa bantu kontribusi ke negara juga. Temen-temen yang lagi cari investasi jangka menengah-panjang, nih, mungkin bisa coba liat ORI024. Thanks infonya!

Tinggalkan komentar