5 Keunggulan Kartu Kredit Dibanding Kartu Debit

Mungkin belum banyak yang mengetahui, penggunaan kartu kredit ternyata lebih aman dibandingkan memakai kartu debit. Memang akan lebih sulit di awal, terutama saat pendaftaran/pengajuan. Namun setelah memiliki satu kartu kredit, penawaran dari berbagai macam bank akan berdatangan. Tentu menawarkan beragam diskon produk/jasa yang bisa kita manfaatkan. Keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit bisa kalian ketahui di bawah ini ya.

Sejarah Kartu Kredit di Indonesia

Bagi yang belum mengetahui, ternyata sejarah kartu kredit di Indonesia bermula pada tahun 1989. Saat itu, Bank Central Asia (BCA) memperkenalkan kartu kredit pertama di negara tersebut, yang disebut Kartu Kredit BCA. 

Lantas tahun 1997, Bank Mandiri juga memperkenalkan kartu kreditnya sendiri.

Pada awalnya, kartu kredit hanya tersedia untuk sejumlah kecil masyarakat yang memiliki penghasilan tinggi. Namun, seiring perkembangan ekonomi dan perbankan di Indonesia, penggunaan kartu kredit menjadi lebih umum di kalangan masyarakat.

Keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit

Seiring perjalanan waktu, berbagai bank dan lembaga keuangan mulai menawarkan berbagai jenis kartu kredit dengan berbagai fitur dan manfaat tambahan. Penggunaan kartu kredit di Indonesia terus berkembang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesadaran akan manfaat menggunakan kartu kredit.

Saat ini, kartu kredit telah menjadi salah satu alat pembayaran yang umum digunakan di Indonesia, dengan banyaknya pilihan kartu kredit dari berbagai bank dan lembaga keuangan, serta berbagai promosi dan manfaat yang ditawarkan kepada pemegang kartu.

Nilai Transaksi Kartu Kredit di Indonesia

Berdasarkan penggunaannya, ternyata kartu kredit masih menjadi bisnis yang menjanjikan bagi perbankan. Bagi nasabah, penggunaan kartu kredit lebih memudahkan dalam transaksi. Tentunya, pemakaian kartu kredit lebih aman.

Mengacu pada data Bank Indonesia, nilai transaksi kartu kredit di sepanjang 2023 mencapai Rp 405,33 triliun. Nilai tersebut naik 25,25 persen secara tahunan. Sedangkan volume transaksi naik 14,83 persen (yoy) menjadi 393,62 transaksi.

Beragam jenis kartu debit di Indonesia

Tahun ini, sudah mulai terjadi lonjakan kenaikan transaksi kartu kredit di Indonesia. Kenaikan mulai terasa pada Ramadan kali ini, terutama dari sisi volume transaksi. Hingga 26 Maret 2024 terjadi lonjakan volume transaksi mencapai 32,18 juta kali. Pencapaian itu naik dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 29,18 juta kali transaksi. Dan hanya selisih tipis pada pencapaian pada Januari 2024 sebesar 32,18 juta kali transaksi.

Untuk nilai transaksinya, pada Maret 204 hingga periode yang sama ini mencapai Rp 34,37 triliun. Naik dibandingkan Februari 2024 sebesar Rp 31,19 triliun dan Rp 32,03 triliun pada Januari 2024.

Hingga 2023, jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia mencapai 17,73 juta kartu. Naik jika dibandingkan pada 2022 sebesar 17,20 juta kartu.

Penerbit kartu kredit pada periode tersebut mencapai 29 perusahaan, yang terdiri atas 24 bank umum, 1 bank syariah, dan 4 lembaga selain bank.

Nilai Transaksi Kartu Debit di Indonesia

Secara jumlah transaksi dan nilai, penggunaan kartu debit memang lebih tinggi dibandingkan penggunaan kartu kredit. Volume transaksi kartu debit pada 2023 mencapai 7,6 miliar kali transaksi, naik dibandingkan 7,55 miliar kali transaksi pada keseluruhan 20222.

Secara nilai transaksi, penggunaan kartu debit di Indonesia pada 2023 mencapai Rp 7.805,6 triliun. Namun jumlah tersebut turun dibandingkan keseluruhan tahun 2022 yang mencapai Rp 7.921,62 triliun.

Hingga Januari 2024, volume transaksi kartu debit di Indonesia mencapai 583,02 juta kali. Nilai transaksinya mencapai Rp 593,43 triliun, menurun dibandingkan Desember 2023 sebesar Rp 686,72 triliun.

Jenis kartu debit di Indonesia

Penggunaan kartu debit tersebut secara nilai meliputi penarikan kartu ATM (debit) sebesar Rp 362,8 triliun, transaksi di merchant belanja Rp 44,6 triliun, transfer intrabank (dalam bank yang sama) Rp 120,06 triliun, dan transfer interbank (beda bank) sebesar Rp 65,95 triliun.

Oh ya, jumlah kartu ATM di Indonesia hingga Januari 2024 mencapai 3,73 juta unit dan 292,53 juta kartu ATM dan kartu debit. 

Meski terkesan sama, ternyata kartu ATM tersebut tidak dihubungkan dengan mobile banking. Khusus kartu debit, sudah terkoneksi dengan mobile banking sehingga bisa transaksi melalui mesin electronic data capture (EDC).

Keunggulan Kartu Kredit Dibanding Kartu Debit

Keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit yakni

Perlindungan Pembelian

Keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit yakni sering kali menawarkan perlindungan tambahan, seperti jaminan uang kembali atau asuransi barang rusak atau dicuri. Manfaat ini yang tidak selalu tersedia dengan kartu debit.

Rewards dan Manfaat

Banyak keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit yang menawarkan program hadiah seperti cashback, poin, atau diskon di berbagai merchant. Manfaat ini yang tidak biasanya tersedia dengan kartu debit.

Aku dulu pernah mendapatkan poin hingga Rp 2 juta dalam sebulan. Uangnya aku gunakan untuk membeli ponsel dan ku jual lagi deh. Cuannya dobel. Hehe.

Note: Aku dulu makelar pembelian barang di e-commerce bagi teman-teman di kantor. Jadi semacam tukang kredit lah. Haha. Tiap bulan abis gajian, aku selalu muter ke ruangan untuk menagih utang mereka. Wkwkwk. Ide bisnis menguntungkan kan buat anak muda.

Fleksibilitas Pembayaran

Dengan keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit, Anda memiliki opsi untuk membayar tagihan secara penuh atau dalam pembayaran minimum. Cara ini memberi Anda fleksibilitas dalam pengeluaran bulanan, yang tidak selalu dimiliki dengan kartu debit yang langsung mengurangi saldo rekening Anda.

Misal kita ingin membeli ponsel di Tokopedia senilai Rp 10 juta. Kita bisa membayar tagihan tersebut secara penuh pada bulan depan. Atau dapat mencicil sesuai periode yang diinginkan. Contoh periode 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Akibat jadi top spender di Tokopedia, dulu sampai Tokopedia mengundangku ke kantornya. Duh senangnya.

Berkunjung ke kantor Tokopedia

Pembiayaan

Kartu kredit juga dapat digunakan untuk pinjaman jangka pendek dalam bentuk pembelian yang dapat dibayar secara bulanan. Keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit ini tentunya yang bisa bermanfaat dalam situasi darurat atau untuk memanfaatkan kesempatan pembelian tertentu.

Misal tarik tunai kartu kredit. Misalkan di BCA, ada program tarik tunai kartu kredit. Saya pernah melakukan cara ini terutama saat gaji belum tiba namun kebutuhan uang sedang mendesak. 

Untuk utang orang tua, saudara/teman kan kadang ada risih, tidak ingin mengganggu. Cara ini lebih aman asalkan kita mampu membayar tagihan pada bulan berikutnya. Tentu ini ada bunganya ya

Skor Kredit

Keunggulan kartu kredit dibanding kartu debit terutama pada penggunaan kartu kredit dengan bijak akan dapat membantu membangun atau meningkatkan skor kredit Anda. Skor ini akan penting untuk mendapatkan pinjaman di masa depan. Terutama saat kita ingin mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) hingga kredit usaha rakyat (KUR). Sementara kartu debit tidak memengaruhi skor kredit.

Meskipun ada banyak keuntungan menggunakan kartu kredit, penting untuk menggunakan dengan bijak dan membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari bunga dan utang yang tidak terkendali.

Kalau kalian, tim yang memakai kartu kredit atau kartu debit untuk transaksi? Kasih alasannya dong.

18 pemikiran pada “5 Keunggulan Kartu Kredit Dibanding Kartu Debit”

  1. Ada benernya nih. Kalau tahu cara pakai CC, pasti aman lah ya buat segala transaksi.

    Wih keren Mas Dik pernah ke Tokped. Dan itu untungnya temenĀ² kantor pada baik semua yah mau bayar tepat waktu, xixixi..

  2. Weitss iya lho dulu kayanya yang pake CC cuma masyarakat menengah ke atas, sekarang bisa lebih mudah ya pengajuannya. Dan tentu saja lebih banyak keunggulannya dan lebih aman.
    Penggunaan kartu kredit lebih memudahkan dalam transaksi juga. Asal tetap bijak dalam penggunaannya.

  3. Keuntungan kartu kredit buat aku kalau kepepet engga bawa uang…wkwkwk…Tapi smp sekarang aku engga paham fitur paylater sih. Yawda setiap tagihan dibayar lunas aja…
    Tapi jarang sih pakai CC, jadi belum diulik nih, yg cara bayar 3x tanpa bunga tuh…

  4. Makelar pembelian e-commerce maksudnya barang dibeli pake CC dengan bunga 0% lalu dijual lagi dengan di-up harganya, gitu Kak? Emang ada banyak keuntungan pake CC ya tapi aku masih belum berani apply.

  5. Yup, sepakat. Enaknya kartu kredit bila digunakan terus menerus akan mendapatkan poin, penawaran diskon, dan sebagainya. Tapi ingat juga, jangan sampai telat bayar. Ini bahaya, hehe…

  6. Aku sih lebih pada kartu debit, karena kalau kartu kredit kita jadi ngerasa banyak duit, padahal sebenarnya ga. Meskipun penasaran juga masih dengan kartu kredit, tapi cukup di debit aja.

  7. Pakai kartu kredit tentunya harus bijak-bijak supaya nggak menimbulkan masalah di kemudian hari, Terus terang, aku pribadi belum ingin pakai kartu kredit karena pengalaman masa lalu masih menyisakan sedikit trauma.

  8. Bila digunakan secara bijak, pastinya ini bermanfaat ya dalam pemenuhan kebutuhan yang terbilang urgent, yang penting jangan lupakan jatuh temponya. Walau demikian daku tetep lebih nyaman dengan kartu debit sih, menahan diri biar gak mudah boros hehe

  9. wah ga nyangka banget ternyata BCA pelopor lahirnya kartu kredit di Indonesia ya, sekarang semakin banyak ya yang mengeluarkan kartu kredit. Saya pernah punya beberapa sekarang udah ga punya, dulu pas rajin traveling wajib punya untuk kegiatan transaksi saat di luar negeri

  10. Katanya kredift sometimes memang menguntungkan yaa kak, lebih murah juga kadang jatohnya hihi. tp sampe skrg aku belum berani punya CC huhuhu takut lepas kontrol wkwkwkw

  11. Saya tim menggunakan kartu debit, Kak. Soalnya saya sering panik kalau merasa ada kewajiban/utang yang belum dilunasi. Jadi, memang gak cocok menggunakan kartu kredit, hwkwkwkwkkk..

  12. Saya termasuk tim pengguna kartu debit, tapi pas udah baca kelebihan dari kartu kredit ini jika dibandingkan dengan kartu debit, lumayan mupeng juga.. :)
    Jadi bahan pertimbangan nih buat apply

  13. Kok aku jadi tertarik mau buka kartu kredit ya. soalnya semakin baca-baca, ternyata pakai kartu kredit selama pemakaiannya dilakukan secara bijak, menguntungkan juga ya.

  14. Ka Ditto juara banget.
    Ide bisnisnya ada aja yaa.. Dengan memberikan keleluasaan orang lain menggunakan CC ka Ditto, jadi sama-sama untung.

    Aku baru tau pelopor CC di Indonesia tuh BCA.
    Luar biasa.. dia bertahan selama beberapa tahun. Dan di film-film jadul memang CC ini menunjukkan betapa sultannya mereka gitu yaa..

  15. eh ternyata kartu kredit itu sejarahnya di Indonesia berawal dari BCA.. baru tau :D aku baru menjadi pengguna kartu debit nih.. ternyata ada beberapa value kartu kredit daripada kartu debit ya..

Tinggalkan komentar