Kontribusi Digitalisasi BRI dan BRI untuk Indonesia sebagai Pahlawan UMKM

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank terbesar milik pemerintah Indonesia. BRI telah hadir selama 128 tahun dan telah berkontribusi besar dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Salah satu fokus utama BRI adalah melayani segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Nah, bagaimana kontribusi Digitalisasi BRI dan BRI untuk Indonesia sebagai Pahlawan UMKM? 

BRI untuk Indonesia sebagai Pahlawan UMKM

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Buat yang belum tahu, UMKM tuh menyumbang lebih dari 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. 

BRI menyadari pentingnya peran UMKM dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, BRI berkomitmen untuk menjadi pahlawan UMKM.

Salah satu kontribusi BRI untuk Indonesia dengan telah memberikan berbagai layanan dan dukungan kepada UMKM, antara lain:

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR merupakan program kredit yang diperuntukkan bagi UMKM. BRI telah menyalurkan KUR hingga Rp 119,2 triliun per Agustus 2023. 

Tahun lalu, ayah dan adikku pernah mengajukan dan menerima KUR tersebut. Jumlah dana yang diajukan tidak terlalu besar karena untuk sewa sawah setahun saja. Kini sudah lunas dan giliran aku yang melanjutkan.

Kredit usaha rakyat BRI jadi pahlawan UMKM

Oktober lalu, aku dan bibiku giliran mengajukan KUR. Bibi mengajukan Rp 15 juta dan aku mengajukan Rp 10 juta. BRI mengenakan bunga 8% untuk pinjaman tersebut.

Dengan cicilan selama dua tahun, aku hanya membayar Rp 445 ribu dan bibi Rp 675 ribu. Artinya, dengan pinjamanku sebesar Rp 10 juta hanya membayar bunga Rp 800 ribu. Sangat ringan bagi UMKM yang perlu modal usaha.

Sebenarnya, petugas BRI (mantri BRI) sudah memberi tahu tidak perlu memakai jaminan tertentu. Asal usahanya jelas dan memiliki rekam jejak pembayaran bagus. Alias nggak pernah nunggak cicilan dan rumahnya bisa dilacak gampang.

Berbekal sertifikat rumah paman, akhirnya KUR tersebut berhasil cair. Bank hanya menahan untuk satu kali cicilan terakhir di rekening. Sisanya bisa digunakan sesuai peruntukan. 

Ah senangnya. Akhirnya aku bisa sewa dua lahan pertanian untuk setahun dan membeli tablet iPad untuk penunjang kerjaanku. Sungguh BRI untuk Indonesia memang menjadi pahlawan UMKM.

Layanan Perbankan Digital

BRI menyadari bahwa digitalisasi merupakan kunci untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM. Oleh karena itu, BRI telah melakukan transformasi digital untuk memberikan layanan yang lebih cepat, mudah, dan terjangkau kepada UMKM.

Salah satu inisiatif digitalisasi BRI untuk UMKM adalah BRImo. BRImo merupakan aplikasi perbankan digital yang menyediakan berbagai layanan perbankan, seperti transfer, pembayaran, dan pinjaman. BRImo dapat digunakan oleh UMKM untuk melakukan transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja.

Hingga kini, BRImo sebagai aplikasi perbankan digital BRI, telah digunakan oleh lebih dari 30 juta nasabah, termasuk UMKM.

Digitalisasi BRI lewat aplikasi BRImo

Aku termasuk salah satu yang memiliki dan mengaktifkannya. Berbekal iklan yang sering mejeng di televisi, aku tertarik mengaktifkan BRImo karena mudah bikinnya. Cukup berbekal ponsel dan kartu identitas diri, rekening BRI berhasil terdaftar tanpa perlu ke cabang.

Untuk setor uang hasil pertanian, bisa mengunjungi ATM BRI terdekat. Atau kalau tidak memungkinkan ke kota, bisa datang ke Agen BRILink. Cukup hanya membayar biaya Rp 5.000, kita bisa setor atau tarik tunai dengan gampang.

Soalnya, jarak terdekat antara rumah dan BRI Cabang Pare di dekat Kampung Inggris sekitar 5,8 kilometer. Perlu bensin dong kalo ke sana. Sedangkan ke Agen BRILink hanya kurang dari satu kilometer. Bisa irit di ongkos. Kecuali sambil jalan-jalan ke kota, sekalian beli es boba. Hehe.

Ini aku lagi ke customer service BRI Kantor Cabang Pare, Kediri untuk proses aplikasi BRImo-ku yang bermasalah. Karena belum selesai dengan hanya melalui call center, bisa jadi karena jaringan internet di desa kurang memadai, sehingga aku memilih ke kantor cabang BRI terdekat agar masalah lekas selesai. Sekalian jalan-jalan ke kota.

Pemberdayaan UMKM

BRI memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya. BRI juga mendukung UMKM untuk memasarkan produknya melalui berbagai platform digital.

Di wilayahku, baru sekadar pemberitahuan tentang sosialisasi KUR untuk petani. Sosialisasi ini meliputi cara mengajukan KUR hingga pelatihan memanfaatkan dana KUR untuk pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Digitalisasi BRI untuk UMKM

BRI juga mengembangkan berbagai platform digital untuk mendukung UMKM, antara lain:

BRI Digital UMKM 

BRI Digital UMKM merupakan platform digital yang menyediakan berbagai informasi dan layanan kepada UMKM, seperti pelatihan, pendampingan, dan pemasaran. 

BRI UMKM Go Online 

BRI UMKM Go Online merupakan program yang membantu UMKM untuk berjualan secara online. BRI memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk membuat website, mengelola media sosial, dan berjualan di e-commerce.

BACA JUGA:

  1. Nasib Petani di Tengah Ancaman Kekeringan
  2. Nasib Petani Kurang Diperhatikan
  3. Petani Indonesia Belum Sejahtera
  4. Jumlah Petani Menyusut

Kontribusi BRI untuk Indonesia

BRI tidak hanya fokus pada UMKM, tetapi juga pada seluruh masyarakat Indonesia. BRI memberikan berbagai layanan dan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, antara lain:

  • Pemberdayaan masyarakat: BRI memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuannya.
  • Pemberdayaan sosial: BRI memberikan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.
  • Pelestarian lingkungan: BRI berkomitmen untuk melestarikan lingkungan. BRI telah menanam lebih dari 100 juta pohon di seluruh Indonesia.

BRI percaya bahwa dengan memberikan layanan yang prima dan dukungan yang berkelanjutan, BRI dapat berkontribusi dalam memajukan Indonesia.

Berikut adalah beberapa contoh kontribusi BRI untuk Indonesia:

Peningkatan Jumlah UMKM Terlayani

BRI telah menyalurkan KUR hingga Rp 119,2 triliun per Agustus 2023. KUR merupakan program kredit yang diperuntukkan bagi UMKM. 

Dengan penyaluran KUR yang besar, BRI telah membantu meningkatkan jumlah UMKM yang terlayani dan meningkatkan akses UMKM terhadap pembiayaan.

KUR BRI untuk Indonesia jadi pahlawan UMKM

Peningkatan Produktivitas UMKM

BRI memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya. BRI juga mendukung UMKM untuk memasarkan produknya melalui berbagai platform digital. 

Dengan dukungan BRI, UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan daya saingnya.

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

BRI memberikan berbagai layanan dan dukungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, antara lain pelatihan, pendampingan, dan bantuan sosial. 

Salah satu pelatihan yang aku ikuti yakni silaturahmi dan sosialisasi KUR dari BRI untuk Indonesia. Saat itu, BRI Kantor Cabang Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur memberikan pengertian dan cara pengajuan KUR untuk tanaman pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Kita juga bisa menyampaikan keluh kesah petani kepada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kepung terkait metode tanam, pemupukan, pengolahan dan penjualan hasil panen, hingga memanfaatkan KUR perbankan, khususnya BRI sebagai modal usaha.

Sosialisasi KUR Petani dari BRI untuk Indonesia

Selain itu, kami selaku petani, terutama petani milenial mendapatkan pelatihan manajemen kelembagaan petani. Untuk mendapatkan bantuan dari lembaga, petani seharusnya membentuk gabungan kelompok petani (gapoktan).

Dengan membentuk gapoktan dan melembagakannya dalam bentuk badan hukum, gapoktan dapat mengajukan beragam bantuan, baik dari perbankan, swasta hingga partai politik. Selain itu, dengan kelembagaan ini akan menaikkan posisi tawar petani dalam kegiatan ekonomi sehingga dapat mengurangi kesenjangan dan kerugian yang dialami petani.

Pelatihan manajemen kelembagaan petani BPP Kecamatan Kepung

Apalagi dengan dukungan BRI, masyarakat dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuannya, serta mendapatkan bantuan sosial yang dibutuhkan.

BRI untuk Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan layanan dan dukungan yang terbaik bagi UMKM dan masyarakat Indonesia. BRI percaya bahwa dengan kontribusinya, BRI untuk Indonesia dengan digitalisasi BRI dapat berperan sebagai Pahlawan UMKM sekaligus membantu memajukan Indonesia.

Kalian sudah mendapatkan manfaat apa saja dengan kehadiran digitalisasi BRI dan BRI untuk Indonesia ini? Share yuk.

37 pemikiran pada “Kontribusi Digitalisasi BRI dan BRI untuk Indonesia sebagai Pahlawan UMKM”

  1. Bantuan BRI terhadap UMKM di tempat saya juga banyak sekali peningkatan nya apalagi setelah masuk masa pandemi. Kalau tidak ada ukuran tangan BRI, sepertinya UMKM makin kolaps. Beruntung banget pokoknya jadi gak heran kalau bri dianggap pahlawan bagi UMKM

  2. iya bener banget kak saya juga sering dengar tentang BRI yang memiliki bunga sangat rendah
    lumayan banyak juga orang yang saya kenal meminjam uang di BANK BRI

  3. BRI emang mantap sih, aku juga nasabah lama BRI dan sangat terbantu dengan adanya aplikasi BRImo, transaksi bisnis juga semakin fleksibel

  4. Luar biasa ya BRI ini. Budget untuk KUR aja bisa tembus ratusan triliun. Angka sebanyak ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk mengajukan pinjaman kepada BRI. Terbukti, dari sini aja BRI sudah banyak membantu kebutuhan masyarakat. Makanya tidak heran deh kalo BRI ini disebut juga pahlawan UMKM, karena biasanya para peminjam itu berasal dari kalangan masyarakat menengah ke bawah atau yang memiliki UMKM, tapi terbentur dengan modal untuk usaha.

  5. Eeh beneran ya Kak. Kalo udh pernah punya track record pinjaman yg bagus, ga usah pake agunan? Bunga KUR juga ringan banget. BRI bener2 bank yg merakyat.

  6. Kontribusi lembaga perbankan yang satu ini memang luar biasa ya buat para pelaku usaha, dan juga masyarakat.
    UMKM jadi makin semangat dalam berniaga maupun meluaskan pangsa pasarnya, terlebih ada program pelatihan juga lagi. Keren support system dari BRI ini untuk Indonesia

  7. Bagi UMKM, permasalahan modal tentu jadi penting, dengan adanya bantuan KUR dari BRI tentu akan sangat memudahkan sekali. BRI juga bertransformasi dengan cepat sehingga segalanya sudah serba online sehingga mudah di akses

  8. Mas, itu bunga 8% untuk all in pinjaman ya ternyata? Jadi sampai lunas ya kena satu kali bunga itu saja? Bukan 8% per bulan kah? Klo ternyata cuma 1x saja, ya berarti ringan banget dan bisa jadi solusi untuk pebisnis UMKM mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha

  9. Bener banget kak. Sebenarnya bunga atau biaya selama ga memberatkan itu ga masalah kok bagi UMKM. Yang penting pinjaman cepat cair. Sehingga pengusaha lekas bisa memutar modal tsb utk usaha. Dapat penghasilan dr usaha, utk bayar utang dan bunga pinjaman tsb.

  10. Bener sekali kak. Pemberian modal tanpa pendampingan ya sama saja. Nanti malah peminjam ga bisa balikin utangnya donk kalo ga mampu mengatur. BRI ini selalu membantu dr hulu sampe hilirnya.

  11. BRImo emang sat set sih. Enak banget dipakenya. Buat masuk pun bisa pake fingerprint. Dan seringnya, fingerprint-ku ga pernah ada yg bs berhasil buat login aplikasi, bahkan utk absen kantor sekalipun. Di BRImo malah aman2 aja. Bukan berarti kalo BRImo gampang dijebol ya. Buktinya kan aman2 aja tuh dana nasabah BRI.

  12. Ikut seneng kak kalo terbantu dengan BRI, apalagi dr program KUR-nya. Emang KUR ini dari pemerintah. Perbankan milik pemerintah dan swasta sebagai penyalurnya. Dan setiap tahun, BRI selalu dapat jatah penyaluran terbesar.

  13. Salah satu syarat dapat pinjaman emg udh pny rekam jejak bagus sih di credit scoring. Makanya bibiku tuh aman2 aja buat minta pinjaman lagi. Aku sih sebenarnya mau utang sendiri, tapi takut ribet (krn KTP-ku masih DKI Jakarta sih), ya udh nebeng pake bibi aja. Yg penting setoran amaan. Hehe.

  14. Benar sekali kak. Animo masyarakat buat meminjam ini emang masih tinggi. Yang penting ekonomi bergerak dan semua bisa mencukupi kebutuhannya, BRI akan selalu ada. Terbukti pinjamannya selalu tinggi setiap tahun. Ga hanya di UMKM sih tapi juga di beragam jenis pinjamannya. Tp BRI emang lebih dikenal sbg bank-nya wong cilik, alias pahlawan UMKM.

  15. pelatihan dan pendampingan untuk UMKM ini emang penting banget dan pastinya manfaatnya begitu terasa. karena aku merasakan kalau punya usaha itu memang perlu banyak belajar dan butuh mentor

  16. Aku inget KUR BRI karena memang saat pandemi ini perekonomian bener-bener terpuruk sii..
    Semua pemilik usaha butuh banget dana yang mudah dan kalau bisa tanpa bunga. Dan BRI sangat membantu UMKM dengan bunganya yang terbilang ringan, sehingga roda perekonomian tetap bisa berjalan.

    Semoga BRI tetap menjadi bank terpercaya di tengah masyarakat Indonesia.

  17. keren banget emang BRI ini, dia jadi salah satu bank yang puaaaling banyak gelontorin dana untuk bantuin support UMKM, aku taunya pas ada program incubator itu kak. Asli sih, jadi terbantu kan UMKM di Indonesia pasca pandemi

  18. Wah, kece nih BRI punya BRImo, udah nyoba langsung dong. Emang bener, bikin rekening dan aktivasi BRImo gampang banget, apalagi diiklanin di TV. Bisa setor tunai di Agen BRILink juga, praktis buat yang jaraknya jauh dari cabang BRI. Penggunaan BRImo bikin transaksi perbankan jadi lebih simpel, gak perlu ribet ke kantor cabang terus. Lumayan deh buat UMKM yang butuh layanan cepat dan praktis kayak gini.

  19. dan beberapa waktu lalu orang tuaku juga ngajuin KUR di BRI. syaratnya gak ribet dan bunganya pun juga sangat rendah, cocok banget untuk modal buat usaha

  20. Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun BRI telah bermetamorfosa menyesuaikan dengan zaman yang serba digital dan memang layak disebut sebagai pahlawan UMKM dengan banyak terbantunya teman-teman yang terjun di bidang usaha mikro

  21. Salut dengan BRI yang jaringannya luas banget sampai ke pelosok desa, benar-benar membantu masyarakat pedesaan, selain itu pinjaman yang diberikan ke UMKM ini bunganya kecil sehingga tidak mencekik masyarakat

  22. Pahlawan UMKM yang wokeh ya, karena memahami dan sangat mendukung pelaku usaha untuk meningkatkan bisnisnya. Terlebih disediakan juga pelatihan yang kekinian, makin ciamik membantu pelaku usaha buat maju

  23. Peran dan kontribusi BRI terhadap kemajuan UMKM semakin riil lagi ya. JIka sebelumnya dengan adanya KUR, saat ini ada lagi layanan BRI Digital. Tentunya akan semakin menguatkan UMKM juga ini. Khususnya dalam kemudahan transaksi. Patut bagi BRI untuk mendapatkan apresiasi atas apa yang dilakukan untuk masyarakat dan UMKM

  24. BRI ini sudah menjalani perjalanan panjang ya, Mas. Dan Desember ini akan memasuki usia 128 tahun. Makanya layanan dan pelayanannnya juga oke. salah satunya KUR itu yang sangat membantu. pinjam 10 juta, bunga hanya 800 ribu. Pastinya BRI sudah banyak membantu ultra mikro dan UMKM juga.

  25. Pantesan yaa kak BRI iniii didapuk sebagai bank yang ramah banget ke UMKM. Selain kasih bantuan untuk usaha, tapi jugaa ngga berhenti di situ yaa, pemberdayaan ini ngga hanya kasih makanan gt loh ke ikan, tp juga kasih kailnyaa. Keren emang BRI!

  26. aku pengguna BRI, tapi baru tau ada BRI UMKM Go Online. wah menarik banget ini programnya karena ada pelatihan dan pendampingan UMKM untuk ngembangin soft skill digital marketing.

Tinggalkan komentar