5 Ide Renovasi Rumah Jelang Lebaran

Jelang Lebaran selalu menjadi momen bagi masyarakat untuk berbenah rumah. Tak hanya sekadar mempercantik hunian, tapi juga menjadi sarana keimanan karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Ide renovasi rumah jelang Lebaran yang bagaimana sih yang menjadi sebagian dari iman?

Alasan Harus Renovasi Rumah

Tren renovasi rumah jelang Lebaran biasanya sudah terjadi turun temurun sejak dulu. Entah hanya membersihkan rumah hingga merombak rumah secara keseluruhan jelang Lebaran.

Tentunya renovasi rumah secara besar-besaran tidak dapat dilakukan mendadak. Ada waktu cukup panjang untuk merenovasi rumah agar sesuai kebutuhan dan keinginan pemilik rumah. Apalagi jika memiliki dana berlimpah sehingga renovasi rumah dapat dilakukan secara mewah.

Tips mempercantik rumah jelang Lebaran

Namun sejak pandemi COVID-2019, tren renovasi rumah jelang Lebaran cukup berubah. Masyarakat tidak hanya sekadar merenovasi rumah secara fisik, tapi juga bisa berarti menyesuaikan dengan gaya hidup.

Bahkan masyarakat saat ini cenderung mengakomodasi perkembangan zaman. Misalnya dengan menyesuaikan seiring kemajuan teknologi rumah pintar.

Selain itu juga tuntutan pengaruh gerakan lakukan sendiri (Do It Yourself/DIY). Sebuah tuntutan merenovasi rumah, termasuk hanya membersihkan rumah dengan cara sendiri, baik dilakukan bersama keluarga atau pun memakai tukang.

Baca Juga:

  1. Tips Membangun Rumah Idaman Sesuai Impian
  2. Cara Menjaga Kualitas Udara di Rumah
  3. Tips Membeli Rumah Meski Gaji Rendah
  4. Tips Mudah Dekorasi Rumah
  5. Ide Percantik Interior Design Rumah Minimalis Sebelum Lebaran

Renovasi Rumah Sesuai Gaya Hidup

Sejak pandemi lalu, tren bekerja pun mulai berubah. Meski bekerja dari kantor (work from office/WFO) kembali diberlakukan, namun masih ada masyarakat yang lebih membudidayakan kerja dari rumah (work from home/WFH) atau kerja dari mana saja (work from anywhere/WFA).

Perubahan pola kerja dari rumah ‘work from home’ atau ‘flexible working’ mengakibatkan peningkatan kebutuhan akan ruang kerja yang efisien dan nyaman di dalam rumah. Selain itu, kebutuhan akan ruang belajar bagi anak-anak yang homeschooling juga meningkat. Area rekreasi untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan waktu santai pun semakin menjadi prioritas. 

Perubahan gaya hidup inilah yang mendorong banyak orang memutuskan untuk merenovasi rumah mereka agar sesuai dengan kebutuhan fungsional dan juga estetika yang diinginkan.

Co-CEO dan Co-Founder Gravel Georgi Ferdwindra Putra mengatakan, kebutuhan fungsi yang cenderung spesifik, seperti ruang kerja, ruang belajar, area rekreasi, tak jarang membutuhkan perombakan. “Banyak yang mulai mengatur ulang tata letak rumah mereka bahkan melakukan renovasi untuk memenuhi kebutuhan ini,” ujar Georgi.

Kemajuan Teknologi Rumah Pintar

Tidak hanya itu, kemajuan teknologi rumah pintar dan kesadaran akan keberlanjutan juga turut mempengaruhi konsumen dalam proses renovasi rumah. Teknologi rumah pintar menawarkan kenyamanan sekaligus mendukung efisiensi energi dan pengelolaan sumber daya.

Inovasi-inovasi seperti lampu yang dapat dikendalikan secara otomatis atau perangkat pengatur suhu ruangan yang cerdas menjadi daya tarik bagi mereka yang ingin memperbaiki rumah mereka dengan teknologi terkini. Ditambah lagi, kesadaran lingkungan juga mendorong banyak orang mencari bahan bangunan ramah lingkungan dan solusi yang dapat mengurangi dampak lingkungan dari renovasi mereka.

Konswp Rumah pintar untuk lebaran

Tren Do It Yourself

Satu lagi tren yang terus muncul di Lebaran kali ini, yaitu home improvement DIY (Do It Yourself) yang ramai di media sosial. Hal ini mendorong semangat masyarakat untuk mencoba hal-hal baru dan menciptakan estetika yang mereka lihat secara online dalam ruang mereka sendiri. Mulai dari proyek kecil seperti penataan ulang pada ruangan hingga renovasi besar seperti pembangunan ulang ruang tamu. 

Co-CEO dan Co-Founder Gravel Fredy Yanto mengatakan, inspirasi DIY melalui platform-platform seperti YouTube, Instagram, TikTok dan Pinterest, memang sangat menarik. Terbukti, semakin banyak konsumen aplikasi Gravel yang melakukan renovasi yang terinspirasi dari tren DIY ini.

“Kami di Gravel selalu siap membantu mewujudkan dan menghidupkan inspirasi mereka di setiap hunian.”

Dengan 3 tren ini membuktikan bahwa masyarakat semakin menyadari pentingnya menciptakan lingkungan rumah yang nyaman, efisien, dan sesuai dengan gaya hidup mereka.

Renovasi rumah bukan lagi sekadar tentang memperbaiki, tetapi juga tentang menciptakan ruang yang mencerminkan kepribadian dan kebutuhan individu, sekaligus mengikuti perkembangan teknologi dan tren sosial yang terus berubah.

Co-CEO dan Co-Founder Gravel Fredy Yant

Ide Renovasi Rumah Jelang Lebaran

Tren renovasi rumah menjelang Lebaran di Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Beberapa tren ide renovasi rumah jelang Lebaran yang umum terjadi adalah:

Pembenahan Interior

Banyak orang memanfaatkan momentum Lebaran untuk melakukan pembenahan interior rumah mereka. Seperti perbaikan cat, penggantian furnitur, atau penambahan dekorasi baru untuk menciptakan suasana yang lebih segar dan menyambut suasana Lebaran.

Renovasi Ruang Tamu dan Ruang Makan

Ruang tamu dan ruang makan sering menjadi fokus utama ide renovasi rumah jelang Lebaran. Hal ini karena kedua ruangan ini sering menjadi tempat untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman selama perayaan Lebaran.

Ruang makan ide renovasi rumah jelang Lebaran

Pembaruan Dapur

Dapur juga sering menjadi titik fokus tren ide renovasi rumah jelang Lebaran. Terutama karena akan digunakan untuk mempersiapkan hidangan khas Lebaran.

Tren ide renovasi rumah jelang Lebaran termasuk pembaruan peralatan dapur, penambahan penyimpanan, atau peningkatan tata letak untuk meningkatkan efisiensi ruang.

Peningkatan Eksterior Rumah

Beberapa orang juga memilih untuk melakukan ide renovasi rumah jelang Lebaran pada bagian eksterior rumah mereka. Seperti pengecatan ulang, penambahan taman atau landscaping, atau perbaikan atap dan dinding luar hingga pagar.

Pengecatan rumah ide renovasi rumah jelang Lebaran

Pembaharuan Ruang Santai Outdoor

Ruang santai outdoor, seperti taman atau teras, juga sering menjadi fokus ide renovasi rumah jelang Lebaran. Hal ini karena banyak keluarga mengadakan acara bersama di luar rumah selama perayaan Lebaran.

Lantas ide renovasi rumah jelang Lebaran seperti apa versi kalian? Lebaran sebentar lagi nih. Jangan sampai belum mempersiapkan sejak dini. Nanti malah repot sembari mempersiapkan camilan hingga pakaian Lebaran.

Konsep ruang outdoor untuk Lebaran

Atau kalian tim yang santai-santai aja jelang Lebaran? Yang penting ibadah Ramadan sudah maksimal serta zakat dan sedekah terus optimal.

30 pemikiran pada “5 Ide Renovasi Rumah Jelang Lebaran”

  1. Beres-beres rumah sih rencananya aku. Banyak banget barang lama yg harus dipilah, mau dijual, dihibahkan, atau dibuang aja. Kalau udah lega, baru deh mikir lagi, mau renov atau dicat ulang aja… Semangaaat!!…

  2. Sepertinya kalau sudah mendekati hari raya , banyak bagian rumah yang perlu renovasi dan sentuhan ulang supaya memberikan nuansa dan semangat baru. Jika sudah dirapikan seperti ini rasanya ada semangat baru yang kembali hadir

  3. Dana yang kuat bisa menjadkan rumah yag hebat. hehehe
    aku juga pengen banget renovasi rumahku yang ada di Kuningan, secara lama ga ditinggalain, sekarang ambruk hiks,, harus aku planning lagi nih terutama dana hehe

  4. Renovasi rumah banyak dilakukan orang, khususnya menjelang ramadhan. Biasanya bagian yang direnovasi kebanyakan ruang tamu. Kalau ga renovasi, paling tidak tampil baru dengan warna cat rumah yang baru, kekinian.

  5. Tren dandanin rumah menjelang lebaran memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia ya. Ketika lebaran tiba, rumah sudah pada kinclong. Ada yang sekadar cuma ngecet doang hingga renovasi besar-besaran. Sekarang enak ya, mau liat contoh desain interior atau eksterior rumah cukup lewat medsos aja.

  6. Rumah memang makin menyenangkan jika direnovasi dan dipercantik di sana-sini. Apalagi jika lebaran tiba, pasti ingin rumah jadi lebih cantik.

  7. Selain mempersiapkan kue-kue menjelang lebaran, ada juga orang yang memilih renovasi rumah di bulan Ramadan. Bukan tanpa alasan, salah satunya agar nanti acara silaturahmi keluarga di hari raya menjadi lebih nyaman dengan rumah yang baru di renov, ya

  8. Saat tinggal di Makassar, ada tradisi menyambut lebaran, tapi tidak harus diikuti. Jadi bukan renovasi rumah, yang pastinya membutuhkan dana besar. tapi lebih pada serba baru. Misalnya pagar dan rumah dicat baru. Tirai dan toples juga baru.

  9. kalau melihat rumah dengan teknologi masa kini bikin mupeng memang
    karena terhubung dengan smartphone jadinya memudahkan dalam pemantauan ya.
    sehingga tatkala bersilaturahmi, pengunjung pun nyaman datang berkunjung

  10. Aku juga lagi ada wacan renov rumah nih menjelang lebaran. Kayanya mau renov ruang tamu dulu, pan mau terima tamu yang mau silaturahim pasti banyak. Heheh.
    Dapur juga wajib direnov buat menambah penyimpanan barang. Apalagi buat mempersiapkan hidangan khas lebaran.

  11. Aku sedang membenahi ruang kerja dan ruang baca di rumah supaya lebih rapi dan nyaman, Mas. Sebenernya bukan karena mau Lebaran sih, tapi karena dapat duitnya baru sekarang. Lumayan bangeeeet, aku jadi bisa merakit rak besi setinggi 1,5 meter :))

  12. Terkadang kita nggak terlibat langsung sama pembangunan rumah. Jadi, kadang memang perlu renovasi saat ingin menyesuaikan lagi dengan gaya hidup kita. Apalagi kalau kita tinggal di rumah peninggalan kakek.

    Idenya oke nih.

  13. Renovasi rumah menjelang lebaran memang harus dicicil sih biar nggak mepet waktu lebaran. Aku biasanya perbaikan cet rumah, haha. Biar cet rumah juga bagus buat foto tapi pengen juga pakai rumah pintar biar makin nyaman di rumah, hehe.

  14. Haha sepertinya saya bagian yang emang santai santai saja nih kalau soal renovasi rumah. Ya secara bukan rumah sendiri jadi agak gimana gitu ya kalau mau merombak itu. Mau dibikin betah takut nanti harus pindah. Kan sayang. Jadinya saya ya ikut saja menyadari diri kalau saya hanya numpang. Meski ada uang saya juga di bangunan yang sedang ditempati ini …

  15. Saya adalah tim yang santai soal renovasi rumah, kecuali sudah rusak seperti atap bocor, kusen rusak, atau tembok mulai rusak, baru deh kepikiran buat renovasi.

    Nah, jelang lebaran memang cocok banget buat renov karena dapat THR, hihihi.

  16. Lebaran bisa jadi momen waktunya renov rumah juga ya, Mas, hehe.. Kalo pun masih belum bisa renov, biasanya ganti cat warna tembok aja kali ya.

  17. Biasanya di rumah kalau lebaran gini renovasinya ruang tamu dan ruang makan yang direnov sama ada tanbahan interior biasanya tapi ga begitu banyak, entah bagaimana sepertinya sudah menjadi budaya meski masih bagus ya direnov aja gitu

  18. Sepertinya banyak juga ya yang menggunakan lebaaran sebagai momen renovasi rumah hehe.. mungkin karena di hari raya akan banyak keluarga dan tetangga yang datang ya, jadi ingin rumahnya lebih nyaman :)

  19. Idul Fitri kan jadi ajang banyak menerima tamu ya, jadi memang banyak sih yang sepanjang Ramadan yang tergerak untuk merenovasi rumah. Dan iya banget lho. Aku pun suka aja gitu ngikutin segala rupa DIY untuk bikin rumah makin nyaman di berbagai platform medsos. Tapi aku sih baru intip doang. Realisasi bergerak untuk mulainya belum nampak nih hilalnya. Hihihi ….

  20. Kalau untuk renovasi rumah sih, emang tiap tahun. Dan dana untuk hal ini memang harus ada. Terkadang sebuah bangunan jika kena air hujan itu juga, kondisinya terkadang berjamur.

  21. Baruu banget aku ngedesain dapurku sendiri dan iya benerr jadi lebih puas dan semangat masak hihi..
    Soon pengen renov untuk lantai dua biar bisa jadi laundry room >.<

  22. wah, kirain di kampung-kampung aja yg kalau mau lebaran rumahnya di renov semua, di cat ulang hihi.. tapi seru jg sih, biar dapat nuansa baru ya, apalagi kalau cuma asetahun sekali mah, gpp :)

  23. Saya termasuk tim yang santai-santai jelang Lebaran, soalnya bakalan mudik juga. Jadi, gak perlu repot renovasi rumah sendiri menyambut Lebaran, hwkwkwkwkk…

  24. Saya termasuk tipe yang santai-santai aja menjelang lebaran. Paling lebih ke bersihin rumah supaya lebih nyaman di hari raya nanti. Kalau renovasi kadang gak perlu nunggu lebaran, kalau memang harus direnovasi ya, langsung eksekusi hehehe

  25. Renov rumah harus dipikirkan dgn matang. Kalau ngasal bisa-bisa biaya membengkak. Kalau diriku sih, tim bersih2 dan beresin rumah saja. Kalau renov, tergantung kebutuhan dan budget. Ga harus menjelang lebaran, kecuali memang urgent.

  26. Aku termasuk tim yang santai-santi untuk urusan renovasi rumah. Yang penting rumah bersih dan nyaman sudah siap untuk menyambut tamu..

  27. renovasi rumah jelang Lebaran itu udah jadi salah satu tradisi juga sih ya, apalagi kalau rumahnya emang jadi ‘markas utama’ saat berkumpul di Hari Raya, pasti bakalan dipercantik sana sini dong ya.
    tren DIY ini emang lagi happening banget sih ya, apalagi banyak inspirasi yang bisa kita dapatkan dari sosmed :)

Tinggalkan komentar