10 Cara Mencapai Merdeka Finansial Sejak Dini

Bulan Agustus selalu identik dengan momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Banyak lomba digelar untuk memacu kebersamaan warga. Namun sebagai pribadi, kita juga harus mencermati. Apakah kini sudah menyiapkan cara mencapai merdeka finansial sejak dini?

Cara mencapai finansial freedom sejak dini

Cara Mencapai Merdeka Finansial Sejak Dini

Cara mencapai merdeka finansial sejak dini dapat dicapai dengan mengikuti beberapa langkah, antara lain:

Buat Rencana Keuangan

Buat rencana yang jelas mengenai tujuan keuangan Anda, termasuk tabungan, investasi, dan pengeluaran. Misalnya dalam 10 tahun lagi akan kuliah S2, menikah, menyekolahkan anak, pergi umrah, naik haji atau traveling bersama keluarga.

Kita bisa mengatur rencana keuangan tersebut sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan memaksakan sesuatu yang masih dalam angan tapi tak ada duit untuk melakukan.

Atur Anggaran

Buat anggaran bulanan yang sesuai dengan pendapatan Anda. Prioritaskan pengeluaran yang penting dan hindari pemborosan.

Biasanya emak-emak sesuai anjuran para perencana keuangan memisahkan jenis pengeluaran berdasarkan amplop. Misal kita menyediakan 5 amplop untuk kategori pengeluaran berbeda. Bisa untuk kebutuhan harian, bensin dan parkir, pulsa dan internet, jajan, investasi, sedekah dan lain sebagainya.

Atau kalau memakai bank digital, kalian bisa membuat kategori-kategori berdasarkan jenis pengeluaran. Sehingga bisa mudah mengontrol pemasukan dan pengeluaran.

Misalkan aku memakai Bank Neo Commerce (neobank). Di sini kalian bisa mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran sekaligus bikin rencana anggaran sesuai target bulanan.

Kode promo ajak teman neobank

Yang lebih seru kita bisa mendapatkan bunga lebih tinggi dibandingkan bank lain. Misalnya soal tabungan, kita bisa mendapatkan bunga 5% per tahun. Dan deposito hingga 7,5% per tahun.

Asyiknya lagi, kita bisa mendapatkan bonus hingga Rp 75 ribu dengan mengajak teman untuk buka rekening, topup saldo, hingga membuka deposito.

Atau berkesempatan mendapatkan saldo hingga Rp 250 ribu dengan mengajak teman membuka deposito. Asyik banget kan?

Hai, ada Rp30 rb buat kamu.
KLIK INI UNTUK AMBIL

Kurangi Utang

Usahakan untuk mengurangi dan melunasi utang secara bertahap. Hindari utang yang tidak perlu.

Utang memang tidak bisa dihindari dalam hidup kita. Namun usahakan segera melunasi jika berutang ke institusi atau bahkan tetangga.

Aku juga tidak munafik kok kalau soal utang. Masih ada cicilan kartu kredit untuk pembelian perangkat elektronik. Namun perangkat elektronik ini harus menghasilkan cuan. Sehingga cicilan ini harus mampu dibayar oleh gaji/upah kita selama bekerja menggunakan perangkat elektronik tersebut.

Cara pensiun muda sejak dini

Investasi

Pelajari tentang berbagai jenis investasi, seperti saham, obligasi, properti, atau bisnis. Investasi yang cerdas dapat membantu memperoleh pendapatan pasif.

Atau kalian yang berani ambil risiko tinggi bisa mencoba yang lagi tren, yakni aset kripto. Namun usahakan selalu memakai dana tersendiri ya. Jangan pakai dana untuk kebutuhan sehari-hari untuk membeli kripto. Apalagi harus pake pinjol.

Kembangkan Kemampuan

Teruslah belajar dan mengembangkan keterampilan yang dapat meningkatkan pendapatan Anda. Ini bisa membuka peluang baru.

Banyak platform aplikasi yang memiliki kelas khusus untuk menaikkan skills. Kalian bisa mencoba kursus online gratis mengatur keuangan dan lainnya untuk mendapatkan ketrampilan khusus yang akhirnya menaikkan pendapatanmu.

Strategi mencapai finansial freedom

Diversifikasi Pendapatan

Selain pekerjaan utama, cari cara untuk mendiversifikasi pendapatan, seperti bekerja paruh waktu, bisnis sampingan, atau investasi.

Misalnya aku masih terus nulis di berbagai platform. Ada juga bisnis sampingan mengelola lahan pertanian milik ayah. Beberapa aku sewa juga untuk mendapatkan income lebih. Untuk investasi, aku masih mengandalkan reksadana dan saham.

Keuntungan saham bisa berupa capital gain (nilai kenaikan harga saham). Atau berupa dividen yang biasanya dibagi setiap tahun.

Tabungan Darurat

Simpan dana darurat yang cukup untuk mengatasi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya kesehatan.

Nah ini penting banget buat kita yang mau cara mencapai merdeka finansial sejak dini. Usahakan memiliki tabungan darurat. Ada yang bilang 9x pendapatan bulanan untuk yang masih single. Dan 12x pendapatan bulanan untuk yang sudah berkeluarga.

Tentu angka lebih banyak akan lebih baik. Hal ini menunjukkan kesiapan dana darurat kita dalam mempersiapkan cara merdeka finansial sejak dini mungkin.

Hindari Gaya Hidup Mewah

Hindari gaya hidup yang melebihi kemampuan finansial Anda. Fokus pada hal-hal yang penting dan bernilai jangka panjang.

Aku jadi ingat dulu suka nongki di gerai kopi ternama. Sebulan bisa Rp 1-2 juta untuk nongkrong di sana. Sampe dikasih hadiah diary khusus bagi yang membelanjakan hingga jumlah tertentu. Aku ingat pernah 2x mendapatkan diary itu. Dan sampe sekarang nggak aku apa-apain sih wkwk.

Coba kalo duit itu ditabung/deposito. Mungkin sudah punya Samsung Galaxy Tab S9+ deh sekarang. Haha.

Rencanakan Pensiun

Mulailah merencanakan masa pensiun Anda dengan menyisihkan dana dalam program pensiun atau rencana investasi jangka panjang.

Aku sekarang sudah mulai enjoy hidup di desa. Bisa bahagia menemani orangtua yang sudah ku tinggal sejak lulus SMA.
Soal pekerjaan, sudah bisa menerima dengan kerjaan remote. Untungnya masih ada teman dari ibu kota yang ngasih kerjaan sambilan dan bisa dikerjakan di rumah. Enaknya hidup di desa berpenghasilan kota. Haha.

Sambil menyeruput kopi di pagi hari, eh tiba-tiba ada dividen masuk dari investasi saham yang udah kita beli. Nikmatnya.

Konsultasi dengan Ahli Keuangan

Jika diperlukan, konsultasikan rencana finansial Anda dengan ahli keuangan yang dapat memberikan nasihat dan panduan. Banyak perencana keuangan yang memberikan masukan khusus soal cara mencapai merdeka finansial sejak dini ini.

Cara mencapai merdeka finansial sejak dini

Ingatlah bahwa cara mencapai merdeka finansial sejak dini ini memerlukan waktu, disiplin, dan komitmen untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan Anda. Tetap bahagia menjalani proses dan menikmati setiap perjalanannya.

Bagaimana cara mencapai merdeka finansial sejak dini versi kamu. Sharing yuk!

33 pemikiran pada “10 Cara Mencapai Merdeka Finansial Sejak Dini”

  1. Memang harusnya sih rencanakan keuangan sejak dini supaya bisa capai merdeka finansial di masa depan. Apalagi, kalo ada Neo Bank yg mendukung bukan cuma buat nabung, tapi juga mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran sekaligus bikin rencana anggaran sesuai target bulannya. Jadi bisa dikontrol.

  2. Setiap orang pastinya ingin merdeka finansial ya, Mas. Saya pun juga. Hanya masih berada di posisi generasi sandwich hehehe. Makanya memang harus dimulai sejak dini, agar bisa memutus mata rantai GS. Nah, salah satu poinnya memang harus sudah direncanakan. Terus hindari keinginan. Karena kalau keinginan dituruti, tidak ada habisnya. Akhirnya jatuhnya berutang.

  3. Mulai belajar nih tentang pasif income juga. Dimana buat usaha kecil-kecilan, terus yang jalankan keluarga. Lumayan hasilnya buat bulanan. Terus dimanfaatkan lagi buat investasi lainnya

  4. Untuk menuju financial freedom kita memang kudu disiplin mengatur keuangan dan jangan banyak utang.

    Kalau perlu harus menambah income agar pos-pos investasi terpenuhi dengan tepat.

  5. Belajar tentang keuangan tentunya gak akan pernah usai, karena terus berkembang mengikuti jaman ya. Dengan begitu bis makin mahir dalam urusan kelola keuangan.
    Maka, bukan tidak mungkin merdeka finansial akan diraih.

  6. Yuk, bisa merdeka finansial selama bisa mengatur uang dengan tepat. Apalagi terbebas dari hutang, biar uang bisa kita alokasikan ke investasi.

  7. ya Allah bener banget mas, butuh waktu, komitmen dan konsistensi. Karena kalo cuma diterapkan 3-4 bulan hmmm selanjutnya auto loss tuh nyesel kemudian, pernah ngalamin. Valid sih!

  8. Menabung di Neo Bank langsung dapet saldo 30 ribu ini lumayan banget.
    Jadi menabung online dan menjalani kehidupan yang sederhana dengan pengaturan keuangan yang rapi bisa membuat kita merdeka finansial. Yang kebayang adalah banyak impian keuangan yang bisa terwujud di masa muda dan aman dari segi finansial untuk masa tua.

  9. merdeka finansial ini yang aku idamkan saat dulu pertama kali bekerja. dulu aku belum tau gimana caranya, jadi saat pertama kali kerja, langsung kalap xD uang begitu menggoda memang ya :D

  10. selain itu, perlu praktekin juga. kayak misalkan membuat rencana keuangan. Nggak hanya sekedar dalam rencana saja. tapi kita praktekin tuh apa yang kita atur dalam rencana. biar nggak sia-sia atau malah berakhir boncos. nggak merdeka juga nanti finansial kita. hehehe

  11. Gimana rasanya nabung di bank digital, Mas? Apakah aman? Penarikan dananya susah nggak? Neo Bank kayaknya lumayan bagus fasilitasnya, bisa mecah pos keuangan.

  12. Sesuai yang saya sering baca, memang soal finansial ini harus segera diatur, biar segera merdeka finansial sejak dini. Akhirnya di hari tua bisa bahagia. Bisa terbebas menjadi generasi sandwich. Kuncinya harus mendisiplinkan diri memang, Mas. Salah satunya tidak bergaya hidup mewah. penuhi kebutuhan, bukan keinginan.

  13. Tapi emang bener sih tips ini. Mulai dari mempersiapkan dana darurat, investasi hingga menghindari gaya hidup yang nggak penting. Fokus kepada tujuan.

  14. Hindari utang ini penting banget lho. Biar pendapatan kita bisa stabil, dan mudah untuk mengaturnya. Karena kalau ada utang, wajib banget itu harus diprioritaskan untuk dibayarkan.

  15. Lengkap banget Kak tipsnya, tapi sedihnya, belum ada satupun yang saya lakukan. Baru sebatas membatasi hutang cuman, ini pun baru-baru ini. Duh, pantesan keuangan saya berantakan.

  16. Buat rencana keuangan dan goals yang jelas tuh wajib lho jadi kita tahu mau ke mana arahnya. Mencatat pemasukan dan pengeluaran juga sangat penting buat mengecek kesehatan finansial. Bisa nyobain pake Bank Neo Commerce nih buat bikin rencana anggaran sesuai target bulanan.

  17. andai aku tahu semua tips ini dari zaman sekolaah hiks. pasti sekarang udah leha-leha haha. tapi, yasudah mari kita usahakan saja semampunya. yuk, bisa merdeka finansial segera yuk~

  18. Soal finansial ini memang harus direncanakan sejak usia muda ya, tidak hanya menabung tapi juga investasi, sehingga pada usia tertentu sudah memetik hasilnya dan mencapai merdeka finansial.

  19. Kalau udah urusan finansial jangan pernah berhenti belajar.
    Harus terus menambah pengetahuan keuangan sambil menerapkannya.
    Sebab urusan keuangan ini sebenarnya kunci ada di konsistensinya kita menerapkan bagaimana agar bisa financial freedom ya

  20. Asik banget nih, ajak teman buka rekening Bank Neo, bisa dpaat 75 rb. Ini benar-benar merdeka nih. Makin banyak ajak orang, bisa nambah saldo terus nih.

  21. Perencanaan keuangan sejak dini memang perlu banget…kalau perlu bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian.

    Aku inget banget awal kerja nikah banyak hemat trs puasa demi cicilan spt rumah, motor mobil tabungan supaya gak berat ketija anak2 sudah pd butuh biaya gedhe.

    Okee banget nih penawaran menabung di bank Neo…

  22. Kursus online gratis mengatur keuangan ini buatku jadi secercah harapan banget yaa..
    Soalnya sangat gak bagus sekali mengatur keuangan dan hihi.. sering jajan gajelas.
    Gimana pengen bisa merdeka finansial cobak yaa…

  23. Saya lagi dalam tahap pengen merdeka finansial sejak dini nih. Tapi masih ada hutang yang harus diselesaikan. Bismillah mau lunasin hutang dan gak hutang lagu. Memperbanyak tabungan, bikin tabungan darurat lagi dan investasi. Mohon doanya ya kak. Aaamiin

Tinggalkan komentar