5 Tips Unggah Video Instagram Reels

Instagram Reels merupakan fitur dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek dan menarik. Fitur ini menjadi populer dan banyak digunakan oleh konten kreator karena memiliki manfaat yang cukup besar dalam meningkatkan jumlah pengikut dan interaksi pada akun Instagram. Bagaimana 5 tips unggah video Instagram Reels? Yuk simak bahasannya ya.

Proses pengambilan gambar video Instagram Reels

Manfaat Video Instagram Reels Bagi Konten Kreator

  1. Meningkatkan Jumlah Pengikut

Video Reels dapat membantu meningkatkan jumlah pengikut di akun Instagram. Dalam membuat video Reels, konten kreator dapat menampilkan kreativitas dan kemampuan mereka dalam membuat konten yang menarik. Hal ini dapat membuat pengunjung tertarik untuk mengikuti akun mereka dan memperbesar jangkauan konten yang telah dibuat.

  1. Meningkatkan Interaksi

Video Reels juga dapat meningkatkan interaksi pengguna pada akun Instagram. Dengan membuat konten yang menarik dan unik, pengguna akan lebih tertarik untuk memberikan like, comment, dan share pada video yang telah dibuat. Hal ini dapat meningkatkan interaksi antara pengguna dan konten kreator serta membuka peluang untuk kerjasama dan endorsement.

  1. Memperkenalkan Produk atau Layanan

Konten kreator dapat memanfaatkan video Reels dalam memperkenalkan produk atau layanan yang mereka tawarkan. Dalam video Reels, konten kreator bisa menampilkan produk atau layanan yang mereka tawarkan secara menarik dan kreatif. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran brand dan memperluas jangkauan produk atau layanan yang mereka tawarkan ke calon konsumen.

  1. Menambahkan Nilai Tambah pada Konten

Dalam membuat video Reels, konten kreator dapat menambahkan nilai tambah pada kontennya. Dengan menampilkan ide-ide kreatif dan inovatif, video Reels dapat membantu meningkatkan daya tarik dari konten yang telah dibuat. Hal ini tentu saja menambah nilai tambah pada konten dan membuatnya semakin menarik perhatian.

Konten kreator sedang streaming video Instagram Reels
  1. Mengembangkan Kreativitas

Video Reels juga dapat membantu konten kreator dalam mengembangkan kreativitas mereka. Dalam menggunakan fitur ini, konten kreator dapat mengeksplorasi berbagai macam ide dan konsep konten yang menarik. Hal ini tentu saja dapat membantu mengembangkan kreativitas dan kemampuan mereka dalam membuat konten yang menarik dan berkualitas.

  1. Mendapatkan Pengalaman Baru

Dalam membuat video Reels, konten kreator dapat mendapatkan pengalaman baru dalam membuat konten dan mengelola akun Instagram mereka. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mengembangkan karir sebagai konten kreator atau influencer di platform sosial media.

  1. Meningkatkan Personal/Brand Awareness

Video Reels dapat membantu meningkatkan awareness atau kesadaran merek pada calon konsumen. Dalam video Reels, konten kreator dapat menampilkan merek yang dimiliki secara kreatif dan menarik. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran brand dan memperluas jangkauan merek ke masyarakat luas.

  1. Mendapatkan Cuan

Untuk menghasilkan pendapatan dari Instagram Reels, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para kreator. Seperti dilansir dari situs review gadget Pricebook, salah satu cara bisa dengan menjual produk atau jasa melalui video yang mereka buat. Misalnya, jika seorang kreator memiliki bisnis pakaian, ia bisa menggunakan Instagram Reels untuk mempromosikan produknya dan menarik pembeli potensial.

Selain itu, para kreator juga dapat bermitra dengan merek untuk membuat kampanye iklan berbayar di Instagram Reels. Banyak merek saat ini mencari cara untuk mempromosikan produk mereka di media sosial, dan Instagram Reels dapat menjadi cara yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca juga:

Main Instagram Lebih Prestise?

Akun Palsu di Instagram Akan Dihapus

Tips Menggunakan Media Sosial

Dalam membuat video Reels, tentunya pengguna ingin agar video tersebut berhasil diupload dengan baik tanpa masalah teknis yang bisa mengganggu kualitas videonya. Namun, tidak jarang pengguna mengalami kesulitan saat mengupload video Reels, seperti gagal upload, lambat atau bahkan terputus di tengah jalan.

5 Tips Unggah Video Instagram Reels

  1. Pastikan Internet Cepat dan Stabil

Koneksi internet yang stabil sangat penting dalam proses upload video. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang cukup kuat dan stabil, seperti IndiHome agar video Reels dapat diupload dengan lancar dan tanpa hambatan. Jika koneksi melalui smartphone Anda tidak stabil, cobalah untuk mengganti ke jaringan Wi-Fi IndiHome dari Telkom Indonesia yang pastinya lebih cepat.

koneksi internet cepat jaringan Wi-Fi IndiHome dari Telkom Indonesia
  1. Gunakan Format Video yang Tepat

Pastikan format video yang Anda pilih sesuai dengan persyaratan Instagram Reels. Saat ini, Instagram hanya mendukung format video MP4 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dengan rasio aspek 9:16. Pastikan ukuran file video di bawah 30 MB untuk memastikan agar video dapat diupload dengan baik.

  1. Perhatikan Panjang Durasi Video

Instagram Reels hanya memperbolehkan durasi video maksimal 60 detik. Namun, jika Anda ingin mengupload video yang lebih panjang, pastikan untuk memotong atau membagi video menjadi beberapa bagian terpisah agar dapat diupload secara terpisah.

5 tips unggah video Instagram Reels
  1. Gunakan Fitur Edit Video

Instagram menyediakan fitur edit video yang dapat membantu Anda membuat video Reels yang lebih menarik dan unik. Cobalah untuk mengedit video sebelum menguploadnya agar dapat memaksimalkan kualitas video dan meningkatkan daya tariknya.

  1. Perhatikan Konten yang Dapat Diterima oleh Instagram

Pastikan konten video yang Anda buat sesuai dengan persyaratan Instagram. Hindari konten yang melanggar hak cipta, vulgar, atau kasar. Konten semacam itu dapat menyebabkan video Reels Anda ditolak oleh Instagram dan bahkan akun Anda dapat dihapus.

29 pemikiran pada “5 Tips Unggah Video Instagram Reels”

  1. Kehadiran Reels Instagram ini tidak hanya semakin mengembangkan kreativitas ya, Mas, tapi juga berbagai keuntungan bisa didapatkan. Dari promo produk, dapat menambah followers, termasuk mendapatkan cuan. Jadi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

  2. iyaa kak kalau reels itu jangkauannya lebih luas ya daripada konten foto biasa dan viewernya bisa ratusan, bahkan ribuan. makasih tipsnya, berguna banget untuk newbie kayak aku.

  3. Instagram Reels kini jadi salah satu favorit para konten kreator, ya selain tik tok dan youtube short. Dengan optimasi yang benar, video instagram reels ngebantu banget buat para konten kreator lebih berdaya, apalagi dengan dukungan internet cepat dan stabil, ya

  4. Iya lho, kalau jaringan internet lagi tersendat tuh, video yang diunggah buat postingan reels tuh suka lambat tayangnya. Sudah begitu, misalnya nggak jeli merhatiin si upload-an udah beneran selesai sempurna atau belum, jadinya tampilan videonya jadi nggak tajam. Emang penting sih pakai provider internet yang jaringannya terjamin lancar biar lekas kelar dan hasil penayangannya pun maksimal.

  5. Memang butuh internet yang stabil dan pastinya cepat buat upload video di reels. Apalagi kalau yang full 90 detik dengan resolusi yang tinggi 60fps maka kunciannya ada di jaringan internet.

  6. Saya udah terapin untuk rajin membagikan video reels instagram, hasilnya sama seperti yang mas bilang, interaksi dan jumlah pengikut jadi bertambah dengan signifikan.

  7. Instagram sekarang banyak perubahan. Saya tadi kebingungan mencari cara copy url dari reels. Punya saya itu klik share tapi gak muncul pilihan copy url nya

  8. Wah aku tampaknya perlu memperhatikan durasi nih. Soale videoku kebanykan lebih dr 60 detik hiks . Aku juga lebih suka reels karena jangkaunya lebih banyak

  9. IG Reels memang memanrik untuk publikasi contentct, apalagi dengan adanya audio dilengkapi tanda panah, bikin jangkauan makin luas juga. Pastinya internet cepat kudu jadi senjata buat upload reels, meskipun kapasitas kecil, kalau internet stabil akan lebih nyaman

  10. Nyeselin lho pas mau unggah video ke reels Instagram, trus internetnya nggak mendukung dan makan waktu lama. Makanya bersyukur banget sih di rumah juga udah pake IndiHome dari Telkom Indonesia yang dukung banget untuk bikin konten video reels di Instagram

  11. ternyata banyak ya mnfaatnya membuat video reels intagram, saya selama ini maish banyak foto aja sih, sesekali aja buat reel.

  12. Sekarang ini emang Instagram lagi mengutamakan video sik ya. Reach foto feed aja kalah sama reel hahaha, tapi emang lebih efektif sih foto bergerak gitu apalagi kalau yang diunggah versi HD, makin seruuu. Cuma ya emang kalau mau unggahan berkualitas, jaringan internetnya ya kudu kencengg

  13. Sekarang ini kalau buka Instagram, jujur aja aku lebih suka nonton video reels sih dari pada lihat foto2 gitu.
    Dan upload video reels memang butuh akses internet cepat dan stabil, aku pernah loh upload video reels tuh lama banget gegara akses internetnya.

Tinggalkan komentar