10 Tips Strategi Promosi Untuk UMKM Baru Berdiri

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga saat ini masih menjadi penopang perekonomian negara. Di saat negara lain mengalami krisis global, perekonomian Indonesia tetap bertahan. Alasannya, ada banyak UMKM lokal yang berdiri dan juga dibeli oleh orang lokal. Nah, agar UMKM kita makin banyak pelanggan, harus segera go digital. Lantas, bagaimana tips strategi promosi untuk UMKM baru berdiri agar usahanya langsung bisa kencang berlari?

Tips strategi promosi untuk UMKM baru berdiri

Kontribusi UMKM Terhadap Perekonomian

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementerian KUKM) pada tahun 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07% atau Rp 8.573,89 triliun.

Hingga periode tersebut, UMKM mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja. Selain itu, mampu menyerap hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia. Keren nggak tuh?

Oleh sebab itu, Indonesia punya potensi besar sebagai basis ekonomi nasional yang kuat. Apalagi jumlah UMKM di Indonesia sangat banyak dan daya serap tenaga kerjanya sangat besar.

Rencana UMKM Go Digital

Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mencanangkan program 30 juta UMKM go digital. Rencana tersebut harus terwujud pada tahun 2024 atau di akhir masa jabatan periode keduanya.

Hingga Maret 2023, UMKM yang sudah go digital menembus 21,8 juta. Berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), jumlah UMKM yang go digital (masuk platform e-commerce) sebelum pandemi saja sudah mencapai 12,8 juta. Target hingga akhir tahun ini akan mencapai 24 juta UMKM go digital.

Caranya, pemerintah sedang mendorong UMKM masuk klaster atau sentra-sentra khusus sehingga akan mudah dipantau. Hasil akhirnya, pemerintah mendorong UMKM masuk platform digital.

Tujuannya, agar UMKM tersebut tidak hanya menjadi pemain lokal, tapi juga bisa menjadi pemain global serta berorientasi ekspor.

Berdasarkan data UMKM, kontribusi ekspor UMKM naik dari 14,37% pada 2020 menjadi 15,69% pada 2021. Salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing UMKM dengan memanfaatkan peluang integrasi ke pasar global melalui Global Value Chain ( GVC) maupun Global E-Commerce (GEC). 

Integrasi UMKM ke GVC dapat dilakukan dalam bentuk ekspor tidak langsung melalui agregator domestik maupun perusahaan afiliasi asing.

Tips Strategi Promosi untuk UMKM Baru Berdiri

Pemerintah melalui sinergi beberapa kementerian memang membantu UMKM untuk go digital. Namun bantuan tersebut memang dirasa belum merata dan menyasar ke seluruh UMKM.

Untuk lebih memaksimalkan pencapaian pelanggan, strategi promosi untuk UMKM baru berdiri di antaranya dapat berupa:

Membangun Situs Online

Mulailah dengan memiliki situs web atau toko online yang user-friendly dan menarik. Pastikan informasi tentang produk atau layanan Anda lengkap

Manfaatkan Media Sosial

Buat dan kelola akun media sosial untuk bisnis di platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Posting secara teratur dan interaktif dengan pelanggan potensial

SEO (Search Engine Optimization)

Optimalkan situs web untuk mesin pencari agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Gunakan kata kunci yang relevan dalam konten kita

Iklan Online

Gunakan iklan berbayar seperti Google Ads atau iklan media sosial untuk meningkatkan eksposur bisnis kita

Email Marketing

Kumpulkan alamat email pelanggan dan kirimkan newsletter atau promosi reguler kepada mereka

Konten Berkualitas

Buat konten yang informatif dan bermanfaat, seperti blog, video, atau infografik yang relevan dengan bisnis kita

Kolaborasi dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer di media sosial yang relevan dengan produk kita agar dapat membantu mencapai audiens yang lebih besar

Berpartisipasi dalam Marketplace Online

Daftar produk Anda di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak

Gunakan Layanan Pesan

Berkomunikasi dengan pelanggan melalui layanan pesan seperti WhatsApp untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik

Analisis dan Pelacakan

Gunakan alat analitik untuk memantau kinerja kampanye digital kita dan melakukan perubahan jika diperlukan

Solusi Promosi Tanpa Ribet Sendiri

Setiap bisnis UMKM mungkin memiliki strategi yang berbeda tergantung pada jenis produk atau layanannya serta audiens target. Yang terpenting, selalu beradaptasi dengan perubahan tren digital dan terus belajar untuk meningkatkan strategi promosi Anda.

Nah banyak banget kan strategi promosi untuk UMKM baru berdiri ataupun yang sudah berdiri tapi ingin segera kencang berlari. Tentu kita nggak pengen repot dong mengurus strategi promosi sebanyak itu agar pelanggan tahu bahwa produk kita ada dan bagus untuk dikonsumsi.

Biar nggak ribet, serahkan semua ke ahlinya saja pada digital marketing agency yang sudah terpercaya di Indonesia. Emang ada? Ya ada dong.

Baca juga:

  1. Tips Memilih Digital Agency Terbaik Jakarta
  2. UMKM Harus Go Online
  3. UMKM Harus Go Online di E-Commerce
  4. Peluang Bisnis Online Tanpa Modal
  5. Keuntungan Bisnis Affiliate Influencer di Media Sosial

Alasan Harus Memakai Digital Marketing Agency

Menggunakan jasa digital agency Jakarta dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM yang kita dirikan. Beberapa alasan harus memakai digital marketing agency Jakarta, di antaranya termasuk:

Ahli di Bidangnya

Digital agency Indonesia memiliki tim yang terampil dan berpengetahuan luas tentang berbagai strategi pemasaran digital. Sehingga jasa digital agency Jakarta dapat menyusun strategi yang efektif dan relevan untuk produk atau jasa Anda

Fokus pada Bisnis Utama

Dengan mempercayakan tugas pemasaran kepada agensi digital di Indonesia, kita dapat fokus pada aspek inti bisnis tanpa harus khawatir tentang pelaksanaan dan pengelolaan kampanye pemasaran, yang biasanya sudah diurus digital marketing agency Indonesia. Itulah sebabnya menyerahkan tugas pemasaran kepada digital agency di Indonesia begitu penting.

Akses ke Sumber Daya

Kita mendapatkan akses ke alat, teknologi, dan sumber daya tambahan yang mungkin tidak dapat diakses secara mandiri. Biasanya digital agency Jakarta sudah memiliki alat analitik canggih atau perangkat lunak pemasaran terbaru. Makanya penting banget memilih digital agency Indonesia terpercaya dan terbaik

Pengalaman dan Pengetahuan Mendalam

Agensi digital di Jakarta memiliki pengalaman luas dalam mengelola kampanye pemasaran digital, yang memungkinkan agensi digital di Indonesia untuk mengenali tren terbaru dan menerapkan praktik terbaik untuk meningkatkan visibilitas bisnis kita.

Sehingga kita ngga perlu ribet untuk mengurus strategi promosi yang banyak itu. Sudah paling tepat menyerahkan urusan promosi dan marketing produk serta usaha kita pada agensi pemasaran digital di Jakarta

Penargetan yang Lebih Efektif

Dengan menggunakan data dan analitik yang canggih, digital agency Jakarta dapat membantu menargetkan audiens yang lebih spesifik dan relevan, meningkatkan potensi konversi dan retensi pelanggan

Namun, sebelum memilih agensi pemasaran digital di Jakarta, pastikan untuk melakukan riset menyeluruh, memahami biaya yang terlibat, dan memeriksa portofolio serta ulasan klien sebelumnya.

Redcomm Digital Marketing Indonesia

Memilih agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia yang sesuai dengan visi dan tujuan bisnis merupakan langkah penting untuk memastikan kesuksesan kampanye pemasaran kita.

Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut sudah membuktikan bahwa mereka menjadi digital marketing agency terbaik di Indonesia. Berkat penghargaan tersebut, kini agensi digital di Jakarta tersebut telah membantu lebih dari 500 merek terkemuka untuk bisa tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold Winner

Kerennya lagi, digital marketing agency Jakarta ini telah membantu UMKM hingga mampu menjadi perusahaan ternama. Bahkan digital marketing agency Indonesia tersebut mampu membawa UMKM dari berbagai industri tersebut memenangkan pasar, baik di Indonesia, Asia, bahkan dunia.

Mau tahu contoh klien Redcomm digital marketing agency Indonesia dengan 5x Gold Winner ini? Boleh kok di-spill

Klien digital marketing agency Redcomm

Jadi, Redcomm sebagai agensi terpercaya untuk digital marketing di Indonesia ini memiliki banyak klien. Seperti, kalian pernah tahu Mayora yang populer dengan produk Kopiko, Astor, Bengbeng, Choki-choki, Energen, Kopi Torabika ampe Teh Pucuk Harum?

Atau kalian sering belanja di Blibi yang segroup juga ama BCA? Pasti kalian pernah pakai jasanya kan? Atau punya rekening di BCA? 

Atau suka Pisang Sunpride yang super enak itu? Atau pake jasa Traveloka buat beli tiket jalan-jalan? Atau malah ngojek pake Grab? Atau suka chatting pakai Line? 

Kalian pake produk elektronik dari Samsung atau realme dengan kartu internet dari XL atau XL Prioritas atau bahkan Axis buat yang gaul? Atau suka ngemil pake keripik Qtela? 

Ah kalau disebutin merek yang ditangani Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut ini nggak bakalan abis deh. Soalnya masih ada merek Starbucks, TikTok, Coca-Cola, Indomie, Aqua, Tokopedia, Uniqlo, YouTubeGo, Astra, Unilever, DBS, Telkomsel, hingga Sosro dan Loreal. Semua merek-merek perusahaan tersebut yang sudah kalian kenal bukan?

Nah itulah fungsi menyerahkan sesuatu kepada ahlinya. Kalau urusan digital agency Indonesia terpercaya ya serahkan ke Redcomm aja.

18 pemikiran pada “10 Tips Strategi Promosi Untuk UMKM Baru Berdiri”

  1. WOW keren nih UMKM juga mesti go digital ya, biar nggak ketinggalan dengan perkembangan zaman. Ngomongin soal influencer, pebisnis perlu selektif dalam memilih influencer ya. Ya kalo nggak mau ribet dan terima beres, bisa hubungi digital agensi Redcomm. Pebisnis tinggal duduk manis memantau bisnisnya.

  2. umkm sekarang harus go digital biar survive dan makin luas jangkauan pasarnya, kalo masih blm melek digital, tenang aja karena ada agency digital marketing yang hebat siap bantuin kok

  3. Banyak juga ya merek ternama yang menggunakan jasa Redcomm. Berarti emang udah nggak diragukan lagi soal kemampuan mereka terkait digital agency marketing dong ya. Bisa buat produk baru yang benar-benar mulai dari 0 ya? Lumayan dah eksposur enya

  4. Saatnya UMKM naik kelas ya, Kak. Bukan hanya transformasi dari konvensional ke digital, tapi juga mengubah mindset dan siap berkolaborasi serta sineegi dalam mempromosikan produk ya

  5. Dengan pakai jasa digital marketing, urusan strategi dalam bidang pemasaran jadi lebih menjurus ya dan tepat sasaran.
    Apalagi ada Redcomm yang bisa membantu langkah tersebut untuk pelaku usaha lebih berkembang kagi

  6. Enaknya UMKM sekarang adalah banyaknya peluang yang bisa digunakan untuk mendukung kemajuan usahanya, termasuk dalam hal digital marketingnya.
    RedComm menjadi salah satu referensi digital marketing yang dapat diperhitungkan agar UMKM dapat naik kelas dengan banyak benefit yang ditawarkan

  7. Zaman digital gini memang harus pandai² ‘bergerak’ sih ya, khususnya buat UMKM. Mau memperluas jangkauan produk juga dipermudah banget sama Redcomm si ahlinya digital marketing.

  8. Waah, sudah banyak rupanya para UMKM go digital. Perkembangan yang bagus nih untuk menembus pasar yang lebih luas.

    Bahkan, kalau mau makin ramai, bisa bekerja sama dg digital marketing agency. Sehingga promosi lebih luas, dan masyarakat makin mengenal produknya.

  9. Tak salah dong ya, bagi mereka yang menggunakan jasa Redcomm sebagai jasa marketing digital. Melalui Campaign Asia Agency of the Year, Redcomm 5 tahun berturut-turut terbukti menjadi digital marketing agency terbaik di Indonesia.

  10. Maksimalin satu strategi aja lumayan susah sih jadi mending pake agen digital marketing biar kita fokus sama pengembangan produknya aja.

  11. Ternyata banyak juga ya brand besar yang menggunakan jasa digital agency-nya Redcomm. Memang ya kalau mau bisnisnya semakin lancar, bis amempertimbangkan untuk menggunakan jaga digital agency seperti ini.

  12. Zaman sekarang semua serba digital, jadi lebih mudah untuk promosi yang bisa menjangkau pasar yang luas. yang penting konsisten dan gak putus asa sih ya, karena kan tetep banyak tantangannya juga :’)

  13. setuju ini umkm harus go digital, perlu banget adanya digital marketing terencana untuk umkm. promosi harus terus jalan seiring produksi. promosi memang ga bisa langsung keliatan sih hasilnya, tapi akan membangun brand yang kuat kalau konsisten dijalankan.

  14. Digital agency bantu banget UMKM biar berkembang di era teknologi seperti sekarang mereka emang udah ahlinya dibidang digital marketing. Lebih praktis sih buat UMKM menggunakan jasa digital agency, jadi pelaku UMKM bisa fokus sama urusan produksi dan pemasaran

  15. Bisnis UMKM memang kekuatannya di testimoni dari para buyer secara langsung. Kalau puas, pasti deh bakalan balik dan ngajak temen. Tapi ini butuh waktu yang gak sebentar. Ada cara yang instan dan terbilang efektif, yakni dengan mempercayakan kepada Digital Marketing Agency. Karena sekarang semua berbasis digital, pasti bakalan lebih besar impactnya dan menjangkau lebih luas.

  16. Kayaknya kalau promosi sama influencer, terus di media sosial … aku udah lihat cukup banyak UMKM melakukannya. Tapi yang SEO itu gak yakin deh. Kayaknya banyak yg masih awam. Paling bener emang serahin ke digital marketing agency kayak RedComm. Gila sih RedComm udah nyabet penghargaan5 tahun berturut-turut di Campaign Asia Agency of the Year ya. Tjakep

Tinggalkan komentar