4 Tips Profit Taking Saat Momen Window Dressing

Tips profit taking saat momen Window Dressing perlu diketahui biar cuan nggak bikin pusing. Window dressing menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu para investor dan trader untuk profit taking jelang akhir tahun.

Di momen ini, perusahaan publik (emiten) dan manajer investasi biasanya mempercantik kinerja keuangan dan portofolio bisnis untuk memikat investor. Mereka memoles diri dengan mengalihkan sejumlah aset dari bagian yang memiliki kinerja buruk ke bagian yang lebih menguntungkan untuk memberikan kesan bahwa kinerja portofolio atau bisnis secara keseluruhan lebih baik.

Menariknya, secara historis window dressing ini juga menjadi katalis positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Belajar investasi saham untuk pemula dan window dressing

Siapkan Amunisi Sebelum Bertanding

Community Lead IPOT Angga Septianus mengatakan, window dressing menjadi momen angin segar bagi IHSG yang biasa terjadi pada kuartal IV atau akhir tahun. Atau biasanya terkadi mulai Oktober hingga Desember setiap tahunnya.

Pada periode ini, Manajer Investasi (MI) mempercantik isi portofolio kelolaannya dengan menambah bobot pada saham-saham yang berkinerja baik. “Tujuannya agar kinerja dari reksa dana yang dikelola juga mengalami kenaikan kinerja,” ujar Angga.

Menurut Angga, dalam 10 tahun terakhir IHSG hanya pernah ditutup melemah 1 kali dan terjadi di tahun 2022 dengan pelemahan 3,26% selama bulan Desember tersebut. Rata-rata penguatan IHSG di Desember sejak tahun 2014-2022 sebesar 2,84% dan yang tertinggi dibandingkan bulan lainnya.

Terkait sektor-sektor yang berpotensi terkerek momen window dressing 2023, kata Angga, saham-saham yang memiliki porsi besar pada produk reksa dana dari mayoritas Manajer Investasi dan berkinerja baik pada tahun ini menjadi saham yang layak dikoleksi, seperti saham sektor perbankan, ritel, properti dan otomotif.

BACA JUGA:

  1. Review Aplikasi Terbaru IPOT
  2. Waktu Tepat Investasi Reksadana
  3. Jadi Kaya Dari Reksadana

Tips Profit Taking Saat Momen Window Dressing

Lantas seperti apa tips profit taking saat momen window dressing 2023? Berikut ini tips tips profit taking saat momen window dressing yang wajib dipahami.

Cermati Rekam Jejak Fundamental Emiten

Investor atau trader sebaiknya memerhatikan rekam jejak (track record) saham-saham dengan fundamental yang konsisten baik. Berbicara soal fundamental ini, ia menyarankan untuk mencermati saham-saham blue chip. Saham blue chip mengacu pada saham dari perusahaan-perusahaan besar, mapan, dan biasanya terkemuka dalam industri mereka.

Saham blue chip sering dianggap sebagai investasi yang lebih stabil dan kurang berisiko dibandingkan dengan saham dari perusahaan yang lebih kecil atau yang memiliki profil risiko yang lebih tinggi.

“Secara fundamental saham blue chip cenderung memiliki catatan keuangan yang stabil dan kuat. Mereka sering memiliki pendapatan yang konsisten, pertumbuhan yang moderat dan keuntungan yang relatif aman dari fluktuasi pasar,” tandasnya.

Tips profit taking saat momen window dressinh [2

Sahamnya Sedang Uptrend

Saham uptrend merujuk pada saham yang sedang mengalami tren kenaikan atau pertumbuhan. Dalam konteks pasar saham, uptrend adalah pola pergerakan harga saham yang cenderung naik secara berkelanjutan dalam mingguan, bulanan atau tahunan.

“Ketika saham sedang uptrend, harga cenderung mengalami peningkatan yang berkelanjutan seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti kinerja positif perusahaan, pertumbuhan pendapatan, berita positif, tren industri yang kuat, atau sentimen positif di pasar,” tegasnya.

Kenaikan harga saham pada Desember selama 10 tahun terakhir

Miliki Saham Sebelum Periode Window Dressing

Biar bener-benar tidak ketinggalan kereta, ia menyarankan investor atau trader untuk memiliki saham yang berpotensi profit sebelum periode window dressing jelang akhir tahun November-Desember. Saat ini adalah saat yang tepat untuk mulai melirik saham-saham yang berpotensi profit tersebut

Profit taking tentunya dilakukan saat target yang diinginkan sesuai trading plan sudah tercapai,” tegasnya.

Ikuti Forum Investasi yang Kasih Bocoran Saham Terbaik

Salah satu forum investasi yang memberikan update terkini terkait saham-saham yang sedang ngehit dan berpotensi profit adalah IPOT Buzz. Forum yang bisa diikuti tanpa registrasi besutan PT Indo Premier Sekuritas ini juga memfasilitasi investor untuk terhubung dengan investor lain dan para ahli atau profesional untuk mendapatkan informasi terkini seputar investasi dan pasar modal Indonesia.

“Konten-konten yang selama ini beredar eksklusif di forum dan group-group tertutup, kini sudah bisa didapatkan di IPOT Buzz tanpa registrasi dengan #PakeAjaDulu IPOT. Sementara itu, buat investor dan trader yang belum berani transaksi langsung, bisa mensimulasikannya dengan fitur Simulasi Investasi. Fitur simulasi ini juga tanpa registrasi,” pungkasnya.

Fitur Simulasi Investasi dan Forum IPOT Buzz

Simulasi adalah fitur simulasi untuk jual-beli saham di IPOT yang akan membuat pengguna merasakan secara langsung transaksi jual-beli saham secara real-time tanpa harus takut kehilangan uang. Calon investor hingga investor berpengalaman bisa belajar dan menguji strategi investasi dengan dukungan 14 fitur unggulan yang dibuka untuk publik tanpa harus registrasi yakni fitur Chart, Fundamental, Activities, Order Book, Corp. Actions, Broker Summary, Done Summary, Done Detail, Company Profile, Statistic, Snapshot, Price Alert, Target Price dan News Research.

Forum IPOT Buzz

Sementara itu, IPOT Buzz adalah forum informasi investasi yang memfasilitasi semua investor untuk saling terhubung dengan sesama investor dan sumber profesional guna mendapatkan informasi terkini. Informasi ini akan memudahkan investor dalam pengambilan keputusan transaksi di pasar modal secara bertanggung jawab.

16 pemikiran pada “4 Tips Profit Taking Saat Momen Window Dressing”

  1. aku baru tahu ada istilah window dressing ini. ternyata bisa juga ya mempercantik portofolio. kalo main saham emang harus selalu update ya biar nggak ketinggalan informasi saham yang menarik untuk dibeli. adanya IPOT Buzz ini pasti ngebantu banget para investor buat saling terhubung dan diskusi

  2. Kalau mau investasinya menguntungkan kudu update ilmu terus-menerus ya Mas. Salah satunya dengan join grup IPOT Buzz.

    Mau profit taking juga ada ilmunya agar menguntungkan.

    BTW udah berapa lama investasi saham, Mas?

  3. Ohh momen Window Dressing emang paling dinantikan yaa apalagi buat profit taking. Penting juga menilik rekam jejak saham2 bluechip.
    Emang pada banyak yang melirik saham blue chip karena emang stabil dan kurang berisiko. Keuntungannya juga menjanjikan yaa.

  4. Saya baru tahu ada momen Window Dressing ini, Mas Didik. Bisa saya ibaratnya, seperti seorang perempuan yang akan hadir di sebuah acara. Makanya dia berdandan berpenampilan maksimal untuk memikat para pria ya, Mas hehehe.
    Dan setelah pandemi, dunia perbankan, ritel, properti dan otomotif juga sudah mengeliat lagi ya, Mas. Dan justru saham di sektor inilah yang akan jadi incaran.

  5. Kalau berbicara investasi masih awam banget rasanya saya kak. Tapi sangat berterima kasih atassharing dan ilmunya. Semoga bisa diterapkan nanti ya. Kalau ada yang nanya kan bisa juga kali ya saya share tulisan ini hehe

  6. Kalau mau main saham gitu, kita kudu melek banget, ya. Kapan harus beli saham, dan kapan momen penting untuk menjualnya atau mempertahankannya.

    Jelang window dressing 2023 ini kudu siap-siap pilih saham mana nih..biar pas window dressing harga melejit.

  7. rekam jejak ini memang perlu, sebelum memutuskan buat membeli saham.
    Terlebih buat yang ingin investisasinya secara berkelanjutan,
    karena kan kalau rekam jejaknya oke, bisa lanjut investasinya untuk jangka panjang.
    Hal yang seperti ini kudu diingat ya, khususnya biar bisa dapat proft takingnya

  8. Ternyata, penggunaan IPOT Buzz ini gak gratis. Hehehe, tapi selama legal dan aman, maka recommended sih ya.. Apalagi manfaatnya bisa terkoneksi secara aktif dengan expert, manajer investasi, influencer dan high value person lainnya.

  9. Astra dan Semen Indonesia tuh seringnya stabil banget ya. Hmm, jadi ikutan belajar nih tentang saham. Apalagi sekarang ada IPOT Buzz dengan berbagai fiturnya yang bikin calon investor bisa menguji strategi investasi yang mau dilakukan. Ini bakal bantu banget + bisa meminimalkan risiko loss.

  10. Mantap nih IPOT Buzz, dengan adanya IPOT Buzz ini investor jadi bisa mendapatkan informasi investasi yang nantinya akan memengaruhi pengambilan keputusan transaksi di pasar modal secara bertanggung jawab.

Tinggalkan komentar