7 Cara Menyenangkan Belajar Matematika dengan Sinotif Bimbel Live Interaktif

Siapa yang sejak dulu paling sebel dengan pelajaran eksakta, terutama matematika? Kayaknya kita semua sama deh. Nah, bagaimana sih cara menyenangkan belajar matematika biar kita makin senang belajar hitung-hitungan ini dengan bantuan Sinotif Bimbel Live Interaktif?

Cara asyik belajar matematika dengan bimbel matematika Sinotif

Matematika Jadi Momok Siswa

Matematika sejak dulu dianggap sebagai momok menakutkan bagi siswa karena tidak diajarkan dengan menarik. Pendiri Surya Institute Prof Yohanes Surya PhD mengatakan, kendala dalam penyampaian matematika dari guru kepada siswa mengakibatkan mata pelajaran ini dianggap memberatkan anak-anak usia SD.

Oleh karena itu, perlu ada metode baru yang menjadikan belajar matematika lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Reformasi tersebut diperlukan sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

Jika matematika diajarkan dengan asyik dan menyenangkan, tentu tidak akan menjadi beban bagi anak-anak.”

Pendiri Surya Institute
Prof Yohanes Surya PhD

Apalagi menyimak pendidikan di Indonesia, khususnya matematika di sekolah, belum pernah memberikan hal membanggakan, baik untuk skala nasional maupun internasional. Walaupun di kancah Internasional secara individu siswa Indonesia ada yang berprestasi, namun hal itu bukan merupakan potret sesungguhnya dari pendidikan di Indonesia.

Rata-Rata Rendah Nilai Matematika Pelajar Indonesia

Ya, Indonesia masih jauh tertinggal oleh negara-negara lain. Lihat saja nilai matematika pelajar Indonesia yang hampir mustahil terlihat mendekati angka sempurna. Bahkan sebagian besar nilai matematika berada di bawah nilai rata-rata. 

Ketertinggalan siswa Indonesia dalam bidang matematika disebabkan metode pembelajaran yang kurang tepat. Sehingga bagi sebagian besar siswa di sekolah, khususnya Sekolah Dasar (SD), menganggap belajar matematika sama dengan berhadapan dengan hantu lantaran kesannya yang abstrak, rumit, membingungkan, tidak menyenangkan, dan membuat pusing kepala.

Menurut studi jangka panjang dari para peneliti di National Institute of Child Health and Human Development, anak-anak yang sebelumnya gagal meraih keterampilan matematika dasar di kelas pertamanya, akan mengalami perkembangan yang paling lambat dibandingkan teman-teman seusianya dalam hal pengetahuan sistem bilangan di sepanjang tahun sekolahnya.

Dimulai dengan buruknya pengetahuan sistem bilangan, maka menjadi indikasi yang menempatkan anak-anak sedemikian jauh di belakang, bahkan terlalu jauh bagi mereka untuk bisa mengejar ketertinggalan. Dan ini berdampak dalam kehidupan sosial ketika dia dewasa.

Anak sulit belajar matematika

Revisi Kurikulum Tak Berdampak

Guna memecah kebuntuan rendahnya kemampuan siswa Indonesia di bidang ini, tahun lalu pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merevisi kurikulum  menjadi kurikulum 2013. Khusus pada tingkat SD, pembelajaran matematika mengalami perubahan karena menggunakan pendekatan tematik integratif, yaitu mengintegrasikan beberapa mata pelajaran yang diikat dalam suatu tema. Sehingga siswa belajar secara terpadu menyeluruh.

Namun, sejak Pelaksanaan Kurikulum 2013 yang telah berjalan hampir 10 bulan (terhitung sejak 15 Juli 2013), matematika tetap menjadi momok menakutkan bagi siswa SD. Ditengarai, faktor penyebabnya adalah salah metode dalam proses pengajaran di sekolah. Ya, guru sebagai komponen utama pendidikan sering kali salah memperlakukan matematika. 

Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan sulitnya mengubah mindset dan kebiasaan guru mengajar di depan kelas menjadi kendala penerapan kurikulum baru 2013. Lantaran memiliki gaya mengajar dan pola pikir dalam mendidik yang cenderung tidak berubah, yakni berorientasi konten dan penyelesaian materi, sering kali siswa tidak diajak untuk berpikir lebih dalam mengenai proses, tetapi langsung menuju akhir, yakni menerapkan rumus untuk memecahkan soal.

Cara Menyenangkan Belajar Matematika

Banyak metode yang bisa digunakan agar anak menyukai dan mudah mengerjakan soal Matematika. Salah satunya melalui metode yang gampang, asyik, dan menyenangkan. Metode inovatif ini membuat siapa pun dapat belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan. Karena dalam mengerjakan soal-soal matematika itu tidak harus menghapal rumus-rumus matematika.

Selain itu, waktu yang digunakan juga lebih efisien. Apabila menggunakan rumus konvensional, soal-soal matematika umumnya baru dapat diselesaikan oleh siswa dalam waktu yang cukup lama.

Tapi dengan metode tertentu, siswa dapat menyelesaikan soal-soal dalam waktu yang relatif lebih cepat.

BACA JUGA:

  1. Cara Menyiasati Mahalnya Biaya Kuliah di Luar Negeri
  2. Kursus Data Science
  3. Aplikasi Ini Asah Otakmu dan Anakmu
  4. Makin Produktif Dengan Windows Microsoft Office

Cara menyenangkan belajar matematika tidak hanya pengajaran menghitung cepat dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Namun cara menyenangkan belajar matematika juga harus mengerti tentang bilangan itu sendiri hingga konsep dasar matematika juga geometri.

Ditambah dengan buku-buku dan alat peraga, belajar matematika dengan teknik yang menyenangkan membuat anak makin betah. 

Ada beberapa cara yang dapat membuat belajar matematika menjadi lebih menyenangkan:

Mainkan Game Matematika

Cara menyenangkan belajar matematika bisa dengan menggunakan permainan matematika, aplikasi, atau permainan papan yang mengajarkan konsep matematika secara interaktif. Metode ini dianggap bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

Banyak banget cara menyenangkan belajar matematika dengan memainkan game matematika. Misalnya via aplikasi. Sekarang tuh banyak sekali aplikasi di PlayStore/AppStore yang memakai teori matematika secara sederhana.

Sejak kecil, anak-anak mulai diperkenalkan game matematika tersebut agar mereka mulai menyukai dari dini.

Gunakan Alat Visual

Cara menyenangkan belajar matematika dengan menggunakan alat-alat visual seperti gambar, diagram, atau model matematika untuk membantu memahami konsep yang sulit.

Belajar matematika dengan alat peraga

Terlibat dalam Proyek Matematika

Cobalah mengerjakan proyek matematika yang praktis, seperti membangun model atau menghitung sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Ini dapat membuat matematika terasa lebih relevan.

Kerjakan Soal Latihan dengan Teman

Belajar bersama teman bisa membuat belajar matematika menjadi lebih menyenangkan. Anda dapat memecahkan soal-soal bersama dan membantu satu sama lain.

Temukan Aplikasi Pembelajaran Matematika

Ada banyak aplikasi mobile yang dirancang untuk membantu belajar matematika dengan cara yang menarik. Cobalah beberapa aplikasi tersebut untuk melihat mana yang sesuai dengan gaya belajar Anda.

Terapkan Belajar Berdasarkan Minat

Coba kaitkan konsep matematika dengan minat Anda. Misalnya, jika Anda suka olahraga, coba pelajari statistik yang terkait dengan olahraga.

Ikut Bimbel Live Interaktif

Ada banyak kursus bimbel live interaktif yang dirancang khusus untuk membuat matematika lebih menarik dan interaktif. Cobalah mencari kursus yang sesuai dengan tingkat pemahaman Anda.

Sinotif Bimbel Live Interaktif

Misalnya di Sinotif. Tempat bimbingan belajar spesialis eksakta, yang secara khusus bergerak di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia ini resmi berdiri 25 Maret 2000. Sejak pandemi di tahun 2020, Bimbel Matematika ini bertransformasi menjadi bimbingan belajar online dengan konsep Bimbel Live Interaktif.

Cara menyenangkan bimbel matematika dengan Sinotif Bimbel Live Interaktif

Hingga saat ini, Sinotif Bimbel Live Interaktif sukses membimbing lebih dari 30.000 siswa dari seluruh Indonesia loh. Selama lebih dari 20 tahun, Sinotif Bimbel Live Interaktif terus mengembangkan diri dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa dari berbagai sekolah nasional dan internasional. Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan sampai mahasiswa semester awal di universitas.

Dengan metode online live interaktif, Sinotif Bimbel Live Interaktif menawarkan pengalaman belajar “Online Rasa Tatap Muka” dengan berbagai pilihan program yang sesuai kebutuhan dan target masing-masing siswa.

Sinotif Bimbel Live Interaktif paham bahwa setiap anak tumbuh dengan keunikan masing-masing. Keunikan tersebut membawa mereka tumbuh dengan kebutuhan berbeda, begitu pun dalam belajar Bimbel Matematika.

Karena itulah, Sinotif Bimbel Live Interaktif tersebut hadir dengan menawarkan layanan belajar sesuai kebutuhan masing-masing anak. Sinotif Bimbel Live Interaktif selalu berupaya agar setiap anak mendapat layanan yang tepat dan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan di sekolahnya. Sehingga orangtua merasa tenang dan dapat fokus pada aktivitasnya.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Jadi cobalah beberapa metode ini dan temukan yang paling sesuai dengan Anda.

Yang terpenting, jangan takut untuk bertanya atau mencari bantuan jika Anda menghadapi kesulitan dalam memahami konsep matematika tertentu.

36 pemikiran pada “7 Cara Menyenangkan Belajar Matematika dengan Sinotif Bimbel Live Interaktif”

  1. Kenapa gitu ya, keknya kalo denger Matematika tuh rasanya killer banget, haha.. Dan memang sih, cara ngajarnya juga harus menyenangkan, kalo ditambah gurunya juga killer, jadi Matimatian namanya, xixixi. Untung ada SINOTIF nih ya, belajar Matematika jadi lebih mudah dan menyenangkan.

  2. Sepertinya sekarang lebih interaktif ketika belajar matematika daripada dulu saat aku sekolah karena pembelajarannya nggak monoton, bikin anak-anak makin memahami dan hadirnya sinotif yg belajarnya interaktif diharapkan anak-anak bisa menyukai matematika

  3. aku justru suka matematika dari SD hehehe. tp, emang matematika tuh bikin banyak org ketar-ketir hihi. emang perlu cara yang menarik ya buat bikin anak tertarik sama matematika

  4. Saya juga mengakui lemah di matematika, Mas. Makanya nilai matematika saya standar saja. Dan setuju sekali, perlu ada metode cara belajar matematika yang nyaman, tidak membosankan, tapi bisa cepat ditangkap. Dan bagus sekali ini bimbel matematikan dengan love interaktif.

  5. Saya tipenya mudah penasaran jadi kalo satu soal gak nemu jawabannya bakal dicari terus. Terus kalo nyerah, juga penasaran kok bisa orang lain bisa ngerjain padahal gak ada contohnya. Ternyata pada punya buku yg lain atau ternyata ikut les

  6. Dulu aku pernah jadi anak yang kesulitan belajar matematika karena guruku waktu itu nggak asyik ngajarnya. Waktu naik ke kelas 5 SD, nilai mtk ku baru bagus karena gurunya asyik. Alhamdulillah sekarang ada Sinotif ini yang metodenya asyik ya

  7. Sangat memudahkan untuk anak-anak jaman now biar belajar eksaktanya makin mengasikkan bareng Sinotif ya kak.

    Apalagi ternyata belajarnya juga bisa by online, sehingga bisa menyesuaikan juga dengan waktu si anak tersebut

  8. Aku dulu matematika ya lumayan suka, tapi Fisika sama Kimia yang enggak suka karena menurut aku sulit. Sebenarnya matematika itu menyenangkan…

  9. Belajar matematika langsung sama ahlinya nih, di Sinotif. Apalagi ada bimbel live interaktif, jadi anak bisa lebih paham tentang pelajaran matematika.

  10. Pas banget anakku juga butuh ini
    Saya sedikit kewalahan bimbing karena ada adeknya yang juga butuh perhatian
    Semoga dengan Sinotif jadi lebih terbantu

  11. Gak heran siih… matematika jadi pelajaran yan ditakutin, biasanya dari gurunya aja uda ada kesan galack. Huhuhu.. Tapi ini zamannku. Zaman anak sekarang belajar kudu interaktif dan bisa banget menyenangkan bersama Bimbel Sinotif.

  12. sejak jamanku sekolah sampai sekarang adikku yang sekolah, masalah e tetap sama ya. matematika jadi pelajaran paling nyebelin. hehehe

    tapi emang sih. kalau cara belajarnya interaktif pasti lebih menyenangkan.

  13. Bener banget, Matematika itu selalu jadi “momok” sejak SD. Terasa banget sulitnya dibandingkan dengan pelajaran lainnya. Kalau nggak ada yang bimbing auto menyerah pastinya. Untung sekarang sudah ada Sinotif ya. jadi lebih terarah gitu

  14. Iya Kak, seharusnya belajar matematika itu menyenangkan ya. Misalnya dengan dibikin game. Jadi anak lebih paham prosesnya, bukan sekadar tahu hasilnya.

    Sinotif ini bimbel online kan? Praktis kalau online gini karena bisa belajar via gadget.

  15. Sekarang ikut bimbel lebih dimudahkan ya, mas. beda sama zaman saya, ikut bimbel offline, terkadang capek juga sepulang sekolah.
    Ini Sinotif sudah menerapkan metode belajar live interaktif, jadi serasa kelas tatap muka.

  16. Kayanya semua pernah punya masa-masa sebel ama Mat deh. Dan emang bener kalo negara ini nilainya juga masih ketinggalan jauh ama negara2 tetangga sih. Cara ngakalinnya ya salah satunya bikin game lewat matematika ya atau bisa bimbel di Sinotif tempat spesialis matematika yang bikin belajar makin fun.

  17. Pelajaran matematika jadi mata pelajaran yang menyenangkan kalau ikutan bimbel live interaktif Sinotif ini ya kak. Coba tau dari dulu, aku pasti ikutan kelasnya. Nanti rekomendasikan pada sepupu yang juga agak-agak dengan matpel Matetematika.

  18. pakai alat visual, belajar jadi mudah untuk diserap,
    apalagi kalau pelajaran itu adalah matematika sepertinya harus deh, soalnya di sini kan juga suka ada soal cerita gitu.

    Namun, biar lebih mantul lagi skill dengan matematika nya, memang lebih baik ikut tambahan belajar bareng sinotif nih, yang punya teknik asik belajarnya ya

  19. Hiks, aku banget nih yang kurang suka dengan mata pelajaran satu ini, apalagi gurunya kiler…duhh…materi sama sekali nggak masuk. Nah, untuk pelajaran yang tergolong sulit memang harus ada trik, biar siswa suka dengan pelajaran tersebut. Untung sekarang ada Sinotif Bimbel, jadi belajar matematika menjadi semakin menyenangkan.

  20. Matematika jadi momok. Benar-benar realita bagi anak sekolah, apalagi kalausl sudha masuk pelajaran Bab yang banyak rumus. Ampun dah. Btw dengan bimbel interaktif ini pasti akan memudahkan anak dalam belajar

  21. Pernah suka banget sama matematika pas SMP karena gurunya sangat keren menjelaskan dan jadi paham sampai seneng banget setiap ngerjain tugasnya. Nilainya pun selalu bagus waktu itu.
    Pengajar-pengajar keren di Sinotif yang bisa menghadirkan suasana pembelajaran yang fun pasti membawa vibe positif pada setiap anak yang belajar dan itu pasti menjadi penyemangat dan juga menjadikan matematika menjadi pembelajaran yang menyenangkan

  22. Matematika itu adalah salah satu mata pelajaran yang paling sering ngasih nilai merah di rapot. Termasuk di rapotku juga semasa kecil. Tapi seiring berjalannya waktu, sadar juga kalau ilmu matematika itu sebenarnya menyenangkan kalau cara pembelajarannya juga nggak bikin siswa tertekan.

  23. Bener, saya pun akui waktu sekolah matematika itu jadi pelajaran yang ditakutkan. Haha … Padahal sekarang semua ilmunya dipakai dan dibutuhkan ya
    Andai jaman saya sudah ada semacam bimbingan belajar kaya Sinotif ini. Mungkin bakalan bisa fokus belajar mate nya

  24. Betul tuh kak Dea, rasanya matematika suka jadi beban yg menakutkan bagi anak² yah. Solusinya memang kudu nyobain Sinotif nih, biar belajar matematika makin menyenangkan.

  25. sinotif nih memang bagus sih setelah baca2 tentang metode belajarnya, tenaga pengajarnya plus anak2 juga suka belajar secara online ya zaman now

  26. Sinotif ini memang andalan ya untuk bantu belajar matematika. Biar gak njelimet lagi dan matematika serasa mudah

  27. tertarik banget dengan Sinotif Bimbel Live Interaktif untuk anak saya yang lemah di matematika. kurikulum 2013 menurut saya agak berat buat anak jaman sekarang, terlebih gak ada buku paket dimana setiap ngerjain PR, ortunya yang bingung. terpaksa tanya mba google dan itupun belum tentu langsung paham

  28. Jadi solusi bagi anak-anak yang takut akan pelajaran hitung-hitungan.
    Belajar menyenangkan bisa diperoleh di Sinotif Bimbel Live Interaktif. Dengan metode kekinian yang mudah diterima anak generasi alpha, maka pendekatan pemahaman sebuah ilmu bisa lebih mantap.

Tinggalkan komentar