Review Samsung Galaxy Note 5: Ponsel Mewah Fitur Melimpah

Banyak yang penasaran dengan review Samsung Galaxy Note 5. Soalnya ponsel kini tak hanya berfungsi sebagai telepon atau sekadar pesan singkat. Sederet fitur telah menjadi senjata andalan produsen ponsel sehingga memudahkan aktivitas kita sehari-hari.

Samsung yang kini menjadi raja ponsel dunia telah memerkenalkan andalan terbaru, Samsung Galaxy Note 5. Seperti apa ketangguhan ponsel tersebut? Yuk kita ulas.

Review Samsung Galaxy Note 5

DESAIN

Ponsel ini memiliki desain minimalis tapi tetap menawan. Meski layarnya agak besar (mencapai 5,7 inch), ponsel tersebut mantap dalam genggaman dan masih ringan saat menentengnya. Samsung mengerti keinginan pelanggan karena menyajikan desain yang mampu memudahkan tangan memegangnya.

Ini karena desain Galaxy Note 5 dibuat secara melengkung sehingga nyaman di genggaman. Desainnya sangat ergonomis sehingga tak khawatir jatuh.

Yang paling revolusioner, Samsung merancang Galaxy Note 5 berbahan logam dengan balutan kaca, bukan dengan bahan plastik. Kalau kepepet tak punya cermin, ponsel ini juga bisa digunakan untuk berkaca. Hahaha..(ini saking kinclong di layarnya).

Konstruksi bezel logam di sekeliling ponsel menambahkan kesan mewah, konstruksi solid, dan terlihat eye catching alias menarik dilihat mata.

Dari sisi estetika, ponsel ini terlihat lebih ramping dari sebelumnya (6,03 x 3,00 x 0,30 inci vs 6,04 x 3,09 x 0,33 inci). Dari sisi berat, Galaxy Note 5 hanya berbobot 171 gram dibandingkan Galaxy Note 5 berbobot 176 gram. Ketipisannya mencapai 7,6 mm, lebih tipis 0,9 mm dari pendahulunya.

Samsung membekali ponsel ini dengan slot microUSB 2,0 sekaligus fitur pengisian daya tanpa kabel (wireless charging), sensor detak jantung hingga sensor sidik jari (finger print) untuk mengakses ponsel. Fitur terakhir memudahkan pengguna karena selama ini keluarga Galaxy Note memiliki fitur membuka ponsel dengan menyapukan tangan di layar, khususnya di Galaxy Note 4.

Agar lebih tipis, Samsung kali ini meniadakan slot kartu MicroSD untuk ekspansi penyimpanan dan membenamkan baterai internal. Jadi Samsung memilih desainnya unibodi. Intinya, Samsung Galaxy Note 5 tampil lebih premium, lebih ramping, dan lebih ringan.

SPESIFIKASI

Sebagai pemain terdepan, Samsung membekali phablet premium generasi kelima dari keluarga Galaxy Note tersebut dengan spesifikasi mumpuni.

Dari dapur pacu, Galaxy Note 5 membekali dengan prosesor octa core 64 bit (empat inti berjalan di 2,1 GHz dan empat inti berjalan di 1,5 GHz). Dengan RAM 4GB, ponsel ini menjanjikan kecepatan tinggi, tanpa lag saat multitasking sekalipun. Hingga kini, sangat jarang vendor yang menyertakan RAM dengan ukuran tersebut. Rata-rata vendor ponsel masih memakai RAM 2GB.

Chip prosesornya menggunakan Exynos 7420 terbaru berukuran 14nm, mirip dengan yang dipakai di lini Galaxy S6. Angka tersebut di atas menunjukkan prosesor berkualitas tinggi dan menjanjikan aplikasi bisa berjalan sempurna.

Bagian pengolahan grafis, Galaxy Note 5 memakai Mali-T760 GPU MP8 yang memberikan penampilan ponsel dengan resolusi Quad-HD. Dari skor AnTuTu, Galaxy Note 5 memiliki skor tertinggi mencapai 67.207 mengalahkan vendor lainnya. Bahkan meski uji dengan Vellamo Metal, Vellamo Browser, Sunspider, GFXBench, Basemark, hingga Geekbench 3, Galaxy Note 5 masih teratas.

Dari sisi layar, Galaxy Note memiliki bentang 5,7 inci Quad High Definition (HD) Super AMOLED berukuran 2.560 x 1.440 piksel. Sangat lega digunakan untuk menonton video, membaca buku elektronik (e-book), koran elektronik (e-paper) atau hanya sekadar media sosial. Untuk memotret, layar tersebut memberi kesan lega hingga mampu menangkap objek lebih banyak. Intinya, layar ponsel ini terlihat lebih tajam dan detailnya sangat tinggi.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5

Tingkat kerapatan layarnya sudah mencapai 518 part per inch (PPI). Ukuran tersebut paling tinggi di antara vendor papan atas lainnya. Dengan kerapatan tersebut, objek yang terlihat di layar akan terlihat sempurna, detail, hingga menyerupai pandangan mata saat melihat objek secara langsung.

INTERFACE DAN FUNGSI

Samsung Galaxy Note 5 memiliki antarmuka (interface) TouchWiz terbaru, mirip dengan antarmuka perangkat terbaru sebelumnya, Galaxy S6. Di sini, Samsung menyamakan khususnya efek parallax, tema yang bisa diunduh, mode satu tangan, hingga multi window untuk multi tasking. Fitur terakhir ini susah ditemukan di perangkat Android atau sistem operasi lain.

Antarmuka Samsung Galaxy Note 5

Memakai sistem operasi Android Lollipop, tata letak aplikasi terlihat sederhana dengan jenis huruf (font) yang ringkas dan warna-warna cerah dan berani.

S PEN

Stylus terbaru bikinan Samsung ini menawarkan mekanisme auto eject alias bisa muncul hanya dengan tekanan. Saat kita menekan stylus ke dalam, S Pen tersebut akan dengan cepat keluar. Setelah selesai menggunakan, pena tersebut langsung dengan mudah masuk kembali. Asal jangan terbalik ya..

S Pen Samsung Galaxy Note 5

Pena ajaib di sisi kanan bawah ponsel ini memiliki fitur menulis di layar yang sedang mati (Off-Screen Memo). Kok bisa? Itulah yang ditawarkan Galaxy Note 5. Fitur ini memberi kemudahan penggunanya saat menemukan ide atau ingin mencatat agenda tanpa harus menyalakan ponsel terlebih dahulu. Ide fitur ini bisa dibilang sangat brilian, khususnya pengguna yang menginginkan serba cepat.

note di layar 55f8b207ad92738b0a07bc0f

Selain itu, S Pen memiliki fitur Air Command yang memungkinkan akses fitur cepat ke beberapa aplikasi seperti action memo, smart select (memilih bagian penting di layar untuk cropping atau memilih bagian tertentu), screen white, S Note, akses ke media sosial atau lainnya).

aircommand 55f8b1a67497734411d00e26

Menariknya, catatan penting bisa ditulis menggunakan S Pen di layar atau menambah tulisan di foto secara cepat. Tanpa perlu aplikasi tambahan lagi. Ini lagi-lagi fitur yang sangat cerdas.

Untuk menangkap screen shot di halaman web yang panjang, S Pen mampu melakukannya dengan fitur Scroll Capture. Ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menandai hal yang penting dan ingin mengirimkan ke teman atau relasi Anda. Atau ingin mengambil bagian penting di situs web.

Fitur SideSync 4.0 memungkinkan untuk membantu menyingkronkan Samsung Galaxy Note 5 dengan komputer secara langsung. Misal ketika kita sedang fokus bekerja, tapi harus membalas pesan dari layar komputer tersebut. Dengan fitur ini, kita bisa membalas pesan dari layar komputer tersebut. Memindahkan dokumen juga dapat dengan drag and drop.

SideSync Galaxy Note 5

REVIEW KONEKTIVITAS GALAXY NOTE 5

Samsung Galaxy Note 5 sudah dibekali konektivitas internet 4G LTE. Di Indonesia, operator besar sudah mulai menggelar jaringan internet super cepat tersebut. Kecepatan unduhan hingga mencapai 620 Mbps. Fitur lainnya seperti Wi-Fi, Near Field Communication (NFC), Bluetooth 4.2, GPS, Glonass, dan sistem Beidou.

KAMERA SAMSUNG GALAXY NOTE 5

Ini menjadi salah satu fitur di ponsel pintar. Samsung Galaxy Note 5 sudah membekali kamera utama 16 MP dengan optical image stabilization (OIS) dan kamera depan 5 MP. Bukaan kameranya mencapai f/1.9 yang memungkinkan lebih banyak cahaya bisa masuk dan menghasilkan gambar cerah.

Di sini juga sudah dibekali mode kamera otomatis dan manual pro. Fitur terakhir memungkinkan pengguna bisa mengontrol kecepatan rana serta mendukung foto berformat RAW. Ada juga tombol pintas Quick Launch dengan menekan tombol home dua kali sebagai penanda memulasi aplikasi kamera. Kereeeen.

Mode kamera lainnya yaitu HDR, Panorama, Selective Focus, Slow Motion, Gerak Cepat, dan Virtual Shot.

Kamera Galaxy Note 5

Fitur Video Collage

Menariknya lagi, ada fitur Video Collage yang memungkinkan pengambilan gambar secara multi angle. Dari sisi kualitas gambar, Galaxy Note 5 memberikan hasil foto yang luar biasa dengan rincian berlimpah, kaya warna, dan memiliki dynamic range yang lebar. Menangkap gambar juga bisa dengan cepat. Untuk mengurangi gambar yang kabur atau bergetar (blur) bisa dibantu dengan fitur OIS tadi. Memotret saat malam atau siang hari pun tak masalah karena ada fitur LED flash untuk menambah cahaya.

Video Call Dengan Samsung Galaxy Note 5

Bila ingin memaksimalkan mode kamera Pro, kita bisa mengatur kecepatan rana hingga ISO. Gambar yang diambil dengan kecepatan rana terpanjang (10 detik) menghasilkan warna lebih cerah dan lebih rinci.

Mode HDR juga bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan gambar netral dan eksposur tinggi.

Bagi yang doyan selfie, Galaxy Note 5 akan menjadi ponsel yang memberi pengalaman berarti, khususnya yang ingin langsung mengedit foto dan langsung mengirimkan ke media sosial atau membagikan ke ponsel lain.

Kamera Selfie Galaxy Note 5

Dari lini video, Galaxy Note 5 memiliki resolusi yang kaya, yaitu 3840 x 2160 UHD, 2560 x 1440 qHD hingga mendukung penangkapan gambar 60 frame per detik (fps). Jika ingin memaksimalkan video beresolusi terbaik, gunakan rekaman UHD. Fitur OIS akan memaksimalkan ponsel sehingga kita bisa merekam video auto fokus yang pas. Stabilitas gambar video yang blur pun bisa dengan fitur steady video. Dari sisi kemudahan, mengoperasikan kamera pada Galaxy Note 5 yang terbilang gampang.

Ada juga fitur Live Broadcast yang memungkinkan kita bisa berkirim langsung ke kerabat atau keluarga.

Live broadcast Galaxy Note 5

MULTIMEDIA

Galaxy Note 5 menyediakan fitur audio berkualitas tinggi, editing foto serta video dan memberikan pengalaman yang kaya saat menonton film atau video.

Untuk pemutar musiknya, Samsung memberikan pengalaman yang sederhana dengan tampilan lebih bersih dari sebelumnya. Nuansanya terkesan lebih ramping. Audionya meski digeber dengan volume tinggi masih memberikan ketajaman suara, khususnya saat mendengarkan melalui speaker.

Bila mendengarkan melalui headphone, hasilnya tetap gemilang. Audio 0.609V masih memberikan audio yang tajam meski bervolume tinggi. Fitur SoundAlive memberikan kontrol kualitas sesuai keinginan kita.

Yang menarik, Galaxy Note 5 memiliki opsi UHQ Upscaler di menu pengaturan. Samsung terlihat meningkatkan kualitas audionya dan mendorong pengalaman mendengarkan menjadi lebih jelas.

Saat menonton video, pengguna juga bisa mengatur kontras dan saturasi warna. Bagi yang senang multitasking, Samsung juga menyediakan fitur multi window yang memungkinkan menonton sambil melakukan hal lainnya, misal menulis catatan, membalas pesan, atau malah browsing berita. Semuanya bisa di dalam satu layar.

Bila ingin memerbesar, pengguna bisa mencubit layar untuk mendapat pengalaman zoom digital. Fitur ini tak hanya di foto, tapi juga di video. Wow.

Alat editing foto semuanya ada di ponsel ini, baik memotong (cropping), filter, efek, kolase, hingga menambahkan tulisan atau gambar tertentu.

Fitur lainnya seperti Samsung Pay yang menjadikan ponsel kita layaknya dompet berjalan. Fitur ini belum banyak berguna dan marak di Tanah Air. Ke depan, fitur ini sangat menarik bila dikembangkan.

BATERAI

Samsung Galaxy Note 5 dibenamkan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Selepas diisi penuh, ponsel ini mampu bertahan sekitar sembilan jam 11 menit. Memang kapasitas baterainya lebih rendah dari Galaxy Note 4 sekitar 3.220 mAh, tapi tak memengaruhi produktivitas pengguna memakai ponsel ini.

Galaxy Note 5 memiliki fitur pengisian cepat (faster charging) 90 menit, sekitar 33 persen lebih cepat dibandingkan model pendahulu dan 2,5 kali lebih cepat dari ponsel kompetitor (iPhone 6).

Bila tak ingin colok mencolok, Galaxy Note 5 sudah memiliki fitur wireless charging. Tenang saja, kapasitas baterai tetap penuh meski menggunakan metode pengisian daya cara baru ini.

Desain Galaxy Note 5

KESIMPULAN REVIEW SAMSUNG GALAXY NOTE 5

Samsung Galaxy Note 5 memiliki spesifikasi tangguh dan siap bersaing dengan ponsel lain. Fitur S Pen bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi pengguna. Kita tidak akan menemukan fitur ini di ponsel lain.

Dari desain, Samsung merombak ponselnya dari berjenis plastik menjadi logam berbalut kaca sehingga tampil lebih elegan dan memberi kesan premium.

Namun banyak yang mengeluhkan ketiadaan slot memori eksternal. Kita tidak dapat melepas baterai hingga ketiadaan fitur IR Blaster.

Dari sisi harga, ponsel ini di Indonesia melenggang sekitar Rp 10 juta. Namun dengan segudang fitur, ponsel dengan harga tersebut layak tebus.

Kelebihan:
– Desain lebih premium
– Lebih tipis dan ringan dari suksesor sebelumnya
– Fitur S Pen yang lebih mumpuni
– Kualitas foto dan video yang bagus
– Baterai berkapasitas besar, meski lebih kecil dari Galaxy Note 4
– Fitur pengisian daya lebih cepat
– Sensor sidik jari untuk membuka ponsel
– Pilihan warna ponsel: black sapphire, gold platinum, white pearl, dan silver titanium

Kekurangan:
– Baterai tak bisa dilepas
– Ketiadaan slot memori eksternal dan hanya menyediakan memori internal 32GB
– Ketiadaan fitur IR blaster
– Ponsel terkesan licin karena berbalut logam atau kaca

Sumber foto: Phone Arena, Samsung

 

Tinggalkan komentar