Persiapan Keuangan untuk Perempuan Baru Menikah

Sebagai suami, sudah sepatutnya memberikan nafkah lahir batin kepada istri. Namun saat sang suami tiba-tiba sakit, meninggal atau amit-amit deh minta cerai, sang istri sudah punya persiapan untuk kehidupan nanti. Lantas, bagaimana persiapan keuangan untuk perempuan baru menikah?

Meninggalkan Karier Demi Keluarga

Sebagai suami, jangan terlalu menuntut istri untuk selalu punya penghasilan (dalam hal bekerja di luar rumah ya). Suami memang berkewajiban untuk memenuhi nafkah lahir sekaligus batin untuk istri.

Jangan kehilangan skill cari uang

Tapi kalau emang bisa sama-sama bekerja, ya bersyukurlah. Namun imbasnya, suami jangan pernah menuntut untuk melakukan pekerjaan rumah tangga kepada istrinya. Akan lebih baik saling berkomunikasi untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Bisa dengan bergantian atau mempekerjakan pembantu.

Kebetulan aku melihat postingan status mbak Iim Fahima di X tentang persiapan keuangan untuk perempuan. Ada perempuan yang aku kenal cukup progresif. Suatu ketika menikah dan meninggalkan kariernya demi pasangan dan keluarga.

Ndilalah setelah sekian lama nikah, mereka berpisah. Si perempuan merasa habis-habisan, karena sudah mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya sekian belas tahun, lha kok dicerai.

Sekarang dia harus memulai karier lagi, melatih skill-nya lagi buat cari uang, sementara umurnya sudah nggak lagi muda. Tantangan Perempuan di Tempat Kerja emang berat. Lebih susah lagi persiapan keuangan untuk perempuan baru menikah ya.

Jangan Kehilangan Skill Cari Uang

Buat para perempuan yang memutuskan mundur dari kantor, silakan berhenti dari kantor tapi jangan sampe kehilangan skill cari uang dan persiapan keuangan untuk perempuan karena ini skill untuk bertahan hidup. Pasanganmu yang kamu jadikan sandaran, bisa mati, cerai, atau sakit. 

Buat para suami, penting untuk menyiapkan pasanganmu untuk tetap kuat dan berdaya. Karena suatu ketika kamu bisa sakit atau mati, dan istrimu harus mengambil alih nakhoda rumah, berjuang untuk hidupnya dan anak-anakmu. Mulai sekarang, persiapan keuangan untuk perempuan baru menikah harus segera dikomunikasikan.

Persiapan keuangan untuk perempuan baru menikah

Sebagai pertimbangan, data menunjukkan, rata-rata masa hidup perempuan memang lebih panjang dari laki-laki. World Population Prospects 2022 mencatat, angka harapan hidup perempuan di dunia mencapai 76 tahun, sementara laki-laki 70,8 tahun. Dan kerennya, perempuan mulai kuasai perusahaan dengan posisi penting loh.

Persiapan Keuangan untuk Perempuan Baru Menikah

Asah terus keahlian dan pergaulan. Kerja dari rumah atau kerja freelance atau apapun yang intinya bisa mendatangkan uang buatmu dan melatih skill-mu. Apalagi kalau sudah punya anak, tentu akan butuh uang lebih banyak. Perlu diketahui juga Cara Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak Sejak Dini tuh.

Misalnya buat kalian para istri yang suka banget belanja di Shopee, tentu nggak mau dong kena biaya-biaya lain untuk membayar barangmu. Kadang, promo sulit didapat meski udah berburu di group hunting promo. Atau saat top-up ShopeePay, malah kena biaya karena berbeda bank/dompet digital (e-wallet).

Biar duit kita nggak berkurang karena biaya yang nggak perlu tersebut, cobain deh daftar buka rekening Seabank. Tenang kok, Seabank resmi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Yang menarik dari Seabank, suku bunga tabungan yang dikasih tuh masih di atas suku bunga tabungan perbankan nasional. Seabank ngasih bunga tabungan sebesar 3,75% per tahun. Enaknya lagi, bunga tersebut akan diterima per hari.

Misal nih, kalian nabung Rp 1 juta. Kalian akan dapat Rp 103 per hari alias Rp 3.090 per bulan (dengan ilustrasi 30 hari sebulan ya). Oh ya, Seabank nggak ngenain biaya pemeliharaan rekening atau ATM kok. Jadi duit kita akan bertambah terus.

Cara membuka rekening tabungan Seabank

Lebih asyik lagi kalau kalian punya uang dingin. Kalian bisa menaruh uang di deposito Seabank. Bunga deposito di Seabank mencapai 6% per tahun. Enaknya, tidak akan ada potongan pajak kalau kalian depositokan di bawah Rp 7,5 juta. Kalau di atas itu, pajak 20% sih, sama dengan perbankan lain.

Tenor deposito di Seabank hanya 3 bulan, dan 6 bulan. Jadi misal kalian deposito Rp 1 juta untuk 6 bulan, kalian akan dapat bunga sekitar Rp 30.082 atau bunga Rp 13.712 untuk tenor 3 bulan. Mayan kan daripada duit buat hura-hura.

Bonus Rp10.000 UNTUKMU hanya dengan menabung Rp 50.000 dan ditahan 3 hari! 
Daftar akun SeaBank dengan no HP menggunakan kode referral-ku: NJCPVJ. S&K berlaku.

KLIK DI SINI UNTUK KLAIM BONUS

Mulai sekarang, diskusi dengan pasangan tentang persiapan keuangan untuk perempuan baru menikah. Lantas bagi tugas agar bukan satu orang saja yang maju, tapi kalian sebagai pasangan harus maju bersama, kuat bersama. 

Karena pada satu titik, kita semua harus kokoh berdiri di kaki sendiri.

“Rejeki kan urusan Allah, ngapain dipikirin sekarang”

“Hidup kok yang dipikirin duit mulu”

Ya kalo itu mindsetmu, postingan ini bukan buat kamu.

19 pemikiran pada “Persiapan Keuangan untuk Perempuan Baru Menikah”

  1. Iyaa perempuan wajib menyiapkan finansialnya sendiri untuk menghadapi tiap kemungkinan terburuk. Wahh saya blm pernah pake akun seabank. Lebih hemat ya kalau untuk shopping di shopee.

  2. Ini lumayan banget ya. Bukan cuma perempuan doang yang butuh tambahan penghasilan dari uang dingin seperti ini. Tetapi para pria juga. Entar mau cobain juga ah.

  3. Bener nih. Seabank tuh ngasih bunga per hari. Semisal kita nggak ada kerjaan terus nengokin saldo di Seabank tiap hari juga seneng. Ada tambahan dana.

  4. Noted nih buat wanita single yang akan melangkah ke pelaminan, jdi punya gambaran sih. E..tapi gak hanya wanitanya aja, yang prianya pun juga karena ada masukan juga di artikel ini buat kaum pria. Komunikasikan dan dengan persiapan juga ya buat pengelolaan keuangan kala menjalani kehidupan berumahtangga

  5. Saya sering membaca, kalau para perempuan harus mempunyai penghasilan sendiri. Dan anggapan itu tidak salah memang. Apalagi berkaca dari, amit-amit kalau suami sakit dan tidak bisa bekerja, meninggal atau cerai.
    Setuju sekali soal perempuan bisa tidak kerja kantoran atau keluar kerja saat menikah, tapi peluang usaha atau kerja di rumah sangat terbuka.

  6. Ini bener banget, Kak. Terus kudu hati-hati juga pilih pasangan. Di sini ada perempuan sudah jadi tulang punggung keluarga dapat bonus membiayai + merawat lansia-lansia keluarga suami. Suaminya ngapain dong? Nyari ani-ani + ngeluh kok istri kerja gak bisa bikin kaya

  7. Duit memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh duit! Pengen banget bilang gitu ke orang yang males kerja tapi hobi nyindir orang yang kerja.

    Btw, Seabank beneran aman, ya? Aku udah sebulanan ini mikir mau buka rekening di sana tapi masih belum fix juga.

  8. Skill cari cuan buat perempuan penting banget memang. Apalagi, setelah menikah, bakal banyak yg jadi ‘korban’ buat ditahan dulu aja belinya, haha..

    Etapi, ini untungnya ada Seabank ya, dan baru tau juga kalo bisa deposito di sini. Bikin penasaran deh, hihihi..

  9. Wah, bener nih pentingnya mempersiapkan keuangan untuk yang baru menikah. Harus tetap bisa menghasilkan uang dan juga menabung. Di era saat ini mendapatkan cuan itu banyak jalan, so jangan kehabisan ide untuk terus produktif dan mencuan bersama pasangan, ya.

  10. setelah menikah memang kita sebagai perempuan tetap harus mandiri secara keuangan ya Mas, saya sangat setuju, dna pastinya kalau sudah menikah kebutuhan juga akan semakin meningkat jadi wajib banget memperhitungkan dengan matang termasuk biaya-biaya yang harusnya ga kelaur misalnya saat transfer jadi wjaib cari bank yang kalau transfer gratis hehehe wajib banget

  11. Pastinya jangan salah kaprah karena tabungan diri itu harus jadi tabungan kita
    Kalau mau saving sendiri juga butuh persetejuannya suami
    Semoga dimudahkan dalam keuangan selalu

  12. quote endingnya nanceb banget kak, hihihi. emang iya rezeki urusan Allah, tapi kalo gak usaha ya sama aja boong ya. bisa tuh usahanya di mulai dengan buka rekening seabank. udah sering liat offeringnya tiap mau CO di shopee, wkwkwkwk. udah tau kelebihannya nih, auto buka rek seabank deh. lumayan bunganya, bisa buat jajan lagi di shopee, eh, hahaha

  13. Aku setuju kalau sebagai wanita tetap harus punya skill menghasilkan uang, meskipun tanggungan hidup sudah ditanggung suami. Maksudnya tetap harus upgrade skill lah selama jadi istri. Lalu, bisa investasi atau nabung pake sea bank ini ya untuk dana darurat

  14. Wah, baru tahu kalau Seabank juga ada deposito dengan variasi bunga macem-macem ya. sampai 6% pula. Hmm, menarik nih biasanya mentok 5% sih. brb buka tabungan Seabank ah

  15. Sejujurnya yaa.. aku berasal dari keluarga zaman dulu yang konvensional banget.
    Yang berpendapat kalau perempuan, ya dirumah.

    Tapi sejak benera menikah dan merasakan nikmatnya untuk tetap bisa menekuni hal yang aku suka, aku jadi berpikir lebih realistis bahwa perempuan bisa saja mengalami berbagai macam hal dan tanggungjawabnya tetep ada anak-anak.

    Setuju banget untuk bisa mandiri secara finansial.
    Dan menabung untuk masa depan bersama Seabank, ini menarik. Menarik karena bunganya harian. Juara banget yaa..

    Ka Didik kalo uda nulis mengenai keuangan, deep banget.
    Bikin pembaca jadi berefleksi… “Iya juga yaa..”

  16. Aku juga pake Seabank karena tergiur promo gratis ongkkirnya Shopee. Hihihii. Lumayan juga buat nabung-nabung di Seabank ini yaaaa

  17. Memang penting banget nih persiapan keuangan bagi permpuan yang baru menikah. Karena dalam menikah, perempuan juga harus cakap mengelola keuangan. Jika uang dari pasangan kurang, ya bisa membantunya.

  18. Waah asikk nih nabung di Seabank, lumayan lhoo sejuta dapat 103 tiap harinya, kalo dibuat sebulan, setahun, 10 tahun lumayan bangettt1

  19. Masalah keuangan ini memang harus didiskusikan dengan pasangan. Apalagi baru nikah. Rawan banget soalnya. Harus terbuka

Tinggalkan komentar