4 Manfaat Menyiapkan Dana Darurat Bagi UMKM

Pandemi COVID-19 tuh ngasih pembelajaran banyak banget buat kehidupan kita. Bagaimana nggak, banyak bisnis bahkan karier terdampak. Bahkan banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya dan bangkrut bisnisnya. Jadi kita perlu mengetahui manfaat menyiapkan dana darurat bagi UMKM biar nggak kesulitan di masa depan.

Dana darurat bagi UMKM

Pentingnya Menyiapkan Dana Darurat

Manfaat menyiapkan dana darurat emang bukan hanya buat kehidupan pribadi sih. Buat UMKM pun juga perlu mempersiapkan. Soalnya buat keberlangsungan bisnis ke depan. Dana darurat atau bisa juga disebut dana cadangan adalah sesuatu yang sangat penting agar bisa bertahan di saat-saat mendesak. 

Jangan sampai bisnis kita malah hanya bertahan sebulan. Abis itu malah kelimpungan cari utangan agar bisnisnya mampu bertahan. Duh, jangan sampe deh ya. 

Emang sih nggak ada patokan berapa banyak kita harus menyiapkan dana darurat. Namun dari beragam saran perencana keuangan, kita tuh wajib menyiapkan dana darurat minimal 6 kali penghasilan per bulan. Itu pun untuk yang single alias masih jomblo.

Lantas berapa banyak dana darurat yang perlu dipersiapkan bagi yang sudah berkeluarga? Rata-rata perencana keuangan sih sepakat kalau kita tuh wajib menyiapkan minimal 12 kali penghasilan per bulan. Syukur kalau bisa mempersiapkan lebih. Jadi dana darurat kita lebih banyak. Amit-amit deh kalo ada sesuatu, kita masih bisa hidup dari dana cadangan tersebut.

UMKM Minim Siapkan Dana Darurat

Tentu kita ketahui kalau struktur perekonomian Indonesia tuh ditopang dari sektor konsumsi. Selama masyarakat masih mau mengeluarkan duit buat belanja, ekonomi Indonesia ya bakal tumbuh.

Makanya pemerintah Indonesia saat COVID-19 lalu tidak me-lock down perekonomian. Kalau sampe pemerintah nge-lock down aktivitas masyarakat, ya tentu saja biaya yang harus dikeluarkan pemerintah tentu sangat besar. 

UMKM penopang perekonomian Indonesia

Bukan hanya menyiapkan dana kesehatan tapi harus memberi makan ke seluruh masyarakat terdampak. Iya, kalau masyarakat punya tabungan banyak dan bisa menimbun makanan di rumah. Kalau nggak ada duit dan nggak bisa menimbun makanan, bisa mati tuh orang-orang yak.

Nah belajar dari kasus COVID-19 kemarin, ternyata UMKM kita sudah mulai mengerti tentang manfaat menyiapkan dana cadangan buat UMKM. Bahkan Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau PPN/Bappenas menyebutkan, sekitar 30% UMKM berencana untuk mengatur dana cadangan. 

Dana cadangan tersebut disisihkan setiap tahun. Biasanya digunakan untuk menutup kemungkinan kerugian suatu usaha di masa mendatang. 

Namun sayangnya, masih banyak pelaku UMKM yang belum sadar akan pentingnya perencanaan dalam pengelolaan keuangan bisnisnya.

Berita baiknya, berdasarkan riset yang dilakukan oleh OCBC dalam Business Fitness Index tahun 2023, sebanyak 50% UMKM telah mengalokasikan dana darurat untuk mendukung kegiatan operasional.

Masalahnya, rata-rata UMKM Indonesia yang memiliki dana darurat hanya dapat mendukung kegiatan operasional bisnisnya selama 1-4 bulan.

Padahal mengetahui manfaat mempersiapkan dana darurat bagi UMKM merupakan hal penting yang mampu meningkatkan pemenuhan dan pengelolaan kondisi keuangan usaha. Salah satunya dalam perencanaan untuk mendapatkan dana pinjaman tunai dalam keadaan cadangan.

Manfaat Menyiapkan Dana Darurat Bagi UMKM

Lalu, kenapa sih pelaku bisnis harus mengetahui manfaat menyiapkan dana darurat bagi UMKM? Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan jika memiliki dana darurat dalam kelangsungan bisnis. Yuk disimak!

Mengantisipasi Kejadian Tidak Terduga

Tidak ada yang bisa memprediksi kejadian-kejadian yang akan terjadi di masa depan. Dana darurat sewaktu-waktu dapat digunakan ketika ada hal tak terduga, seperti bencana alam atau kerugian tak terprediksi lainnya. Apalagi jika kita sudah berkeluarga. Tentu harus mempersiapkan keuangan selepas pernikahan.

Hal ini dapat menjadi kendala bagi usaha kecil untuk naik kelas, karena memerlukan waktu yang lebih lama. Adanya dana darurat atau dana cadangan dapat membantu UMKM untuk tetap membayar kebutuhan operasional dan memberikan gaji untuk karyawan-karyawan yang mendukung kelangsungan bisnis.

Dana darurat mampu menjadi jaring pengaman bagi UMKM, karena dapat dimanfaatkan sebagai penyelamat ketika suatu bisnis sedang dilanda masalah bahkan krisis. Dana darurat dapat menjadi penopang suatu usaha sehingga dapat tetap berjalan dan tidak bangkrut.

Tidak Bergantung Pada Utang

Dalam kebutuhan mendesak, pelaku UMKM harus mampu mengatasinya dengan dana siap pakai yang akan digunakan. Namun, pelaku UMKM yang tidak memiliki dana cadangan mau tidak mau harus melakukan pinjaman agar bisa tetap memproduksi barang dan jasa. 

Dana darurat dapat membantu pebisnis sehingga tidak harus berutang kepada pihak lain, terutama pinjaman online yang kini marak. Selain itu, pebisnis yang mengetahui manfaat menyiapkan dana darurat bagi UMKM dapat memiliki cukup modal untuk tetap beroperasi selama beberapa waktu ke depan.

Melindungi Investasi

Investasi yang dimaksud di sini yaitu investasi yang dimiliki bisnismu dan investasi yang sudah ditanamkan untuk bisnismu. Dengan memiliki dana darurat, suatu usaha tentunya mampu menghadapi masalah ketika sewaktu-waktu mengalami situasi sulit. 

Manfaat menyiapkan dana darurat bagi UMKM

Hal ini membuat suatu usaha tidak perlu menjual dan menggadaikan aset-aset yang sudah dimiliki. Sehingga otomatis investasi yang sudah diinvestasikan dapat terlindungi. 

Selain itu, investasi yang sudah ditanamkan ke usahamu masih bisa terus beroperasi dan menghasilkan pemasukan.

Memberikan Peace of Mind

Dengan tahu manfaat menyiapkan dana darurat bagi UMKM, kalian akan memiliki rasa lebih tenang dalam menjalankan bisnis. Karena fokus kita bukan hanya sekadar bagaimana caranya mencari uang agar bisa menanggung beban operasional semata.

Dengan begitu, pebisnis bisa fokus pada inovasi yang bisa terus membawa bisnis mereka untuk semakin kuat dan semakin berkembang.

So, banyak sekali keuntungan yang bisa UMKM dapatkan jika mengetahui manfaat menyiapkan dana darurat bagi UMKM dalam berbisnis, bukan? Kalau kalian punya bisnis dan bingung ingin memulai dari mana, jangan khawatir! Kalian bisa cek situs www.ruangmenyala.com untuk artikel dan kelas-kelas berisi tips dan trik yang bisa membantumu agar bisnis kamu bisa terus #NaikLevel!

28 pemikiran pada “4 Manfaat Menyiapkan Dana Darurat Bagi UMKM”

  1. Pentingnya dana darurat emang buat mencegah kebutuhan lain diluar dugaan sih, Bisnis UMKM harus mempersipakan semacam cas untuk menghindari hal yang tak terduga itu

  2. Setuju banget, nih.
    Btw gak cuma umkm aja yang butuh dana darurat.
    Kehidupan keluarga juga harus punya dana darurat minimal 3-4x jumlah pengeluaran bulanan.
    Ini yang sekarang jadi PR banget buat saya sekeluarga, untuk menyiapkan dana darurat sampai 4x jumlah pengeluaran bulanan ternyata gampang2 susah. Sering tergoda memakainya untuk keperluan lain sebelum genap mencukupi sampai 4x pengeluaran, hahaha.

  3. Berasa banget, Maaas. Aku jualan buku secara online dan buka jastip. Pas pandemi kemarin terasa banget babak belurnya. Alhamdulillah, pas pandemi ada gudang buku yang buka terbatas dengan berbagai SK. Jadi sedikit bisa bernapas karena bisa jastip dari sana. Sekarang baru pelan-pelan bangkit lagi.

  4. menyiapkan dana darurat ini memang harus dalam segala hal ya, Mas. termasuk bagi pelaku UMKM. Karena namanya usaha, pasti ada turun naiknya. jadi harus ada uang jaga-jaga. Seperti yang saya garis bawahi, jangan sampai usaha bertahan 1-2 bulan, lalu mencari utangan. Nah, kalau sudah berutang, itu bisa menambah masalah baru juga.

  5. UMKM emang penting banget sih menyiapkan dana darurat, apalagi buat mengantisipasi kejadian tak terduga. Adanya dana darurat bisa membantu UMKM membayar kebutuhan operasional dan memberikan gaji karyawan agar bisnis terus berjalan. Tentu aja biar ngga bergantung sama utang juga kan.

  6. Gak hanya masyarakat umum aja ya yang dianjurkan untuk memiliki dana darurat, bagi pelaku usaha apalagi UMKM jadi hal yang penting juga.
    Setuju daku, biar saat lagi minim dana pada pengelola bisnis mereka gak kebingungan atau malah mencari solusi lewat utang, tetapi bisa memanfaatkan dana darurat yang udah dipersiapkan

  7. Baru sekarang aku baca loh, ada UMKM menyiapkan dana darurat. Selama ini mindsetnya kan dana darurat buat keluarga.
    Tapi perlu yah, kan ada pasang-surut ya kalau berbisnis. Jangan sampai mandeg, gara-gara kehabisan modal kan…

  8. Bener banget nih kita harus siapkan dana darurat untuk UMKM karena kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi. Keuangan juga jadi berantakan saat pandemi. Bener-bener kejadian yang tidak terduga.

  9. Dana darurat bagi pelaku usaha UMKM, khususnya pelaku usaha kuliner memang harus ada, tujuannya saat membutuhkan modal besar kita ga perlu pinjam sana-sini untuk belanja kebutuhan bahan. Apalagi kalau ad apesanan di luar dugaan kita dalam jumlah besar. Kalau ada dana darurat masih bisa dimanfaatkan sebagai modal tambahan

  10. Mengenai dana darurat ini apalagi untuk sebuah bisnis, pasti membutuhkan perhitungan yang serba ketat ya..
    Karena kalau tidak, bakalan ada di masa krisis.
    Semoga pandemi berakhir dan perlahan UMKM bisa bangkit menjadi lebih kuat dari sebelum pandemi melanda. Aamiin~

  11. Tapi emang bener sih, konsep dana darurat belum semua UMKM memahaminya. Barulah pas pandemi kemarin, sudah mulai banyak beralih konsep dan pemikirian akan pentingnya dana darurat. Dibalik bencana selalu saja ada yang bisa dipelajari. Sukses buat UMKM Indonesia

  12. Dana darurat ini sangat penting bagi umkm agar bisnis bisa terus jalan. Memang bisa berhutang tp resikonya tetep besar. Apalagi bunga pinjaman skrng ngeriii.

  13. Bahkan dalam dunia bisnis pun memang sebaiknya nggak banyak bergantung pada utang sih ya. Tentu demi bisnis yang dijalani pun memberikan ketenangan hati bagi si pengusahanya. Ternyata nggak hanya kehidupan personal saja yang membutuhkan dana darurat, tapi UMKM juga.

  14. aku rasa dana darurat buat UMKM emang penting ya, karena sekelas keuangan keluarga aja kita perlu nyiapin apalai bisnis. Dan aku baru tahu alo fakta umumnya dana darurat di UMKKM juga sama kayak kondisi rumah yakni bertahan 1-4 bulan saja.

    wah artikel ini bisa aku share ke kakakku yg menjalankann UMKM nih

  15. Waaah iya, harusnya pelaku UMKM emang menyediakan dana darurat supaya kalau terjadi kejadian tak terduga kayak covid kemarin ada dana cadangan sehingga enggak menganggu kegiatan operasional

  16. setuju banget nih ms, dengan adanya dana darurat apalagi pemilik UMKM bisa lebih prepare jika suatu saat ada hal kepepet yang memang dibutuhkan dan tidak bisa ditunda lagi,

  17. Memang dana darurat ini penting ya kak untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan, apalagi jika harus menambah hutang. Bikin hati TDK tenang. Semoga UMKM kita bisa terus berkembang denga manajemen yg baik.

  18. kalau dari kaca mata pelaku UMKM, sebetulnya bukan gak mau menyiapkan dana darurat sih tapi karena terbentur pembagian margin usaha. apalagi buat yang usahanya masih kecil dengan margin yang hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, ini jadi kendala juga. tapi bukan berarti tanpa solusi, ya sebisa mungkin menyisihkan margin meski gak banyak buat dana darurat

  19. kalau untuk UMKM ini minimal dana daruratnya berapa ya kak? memang penting banget sih punya dana darurat ini apalagi kalau punya karyawan duh ada rezeki orang yang harus ditanggung makanya harus selalu ada dana darurat ya umkm ini

  20. Nggak cm individu atau keluarga aja yg butuh dana darurat, UMKM ternyata jg butuh ya.. Biar klo tiba2 butuh dana, nggak bingung nyari pinjaman. Misalnya kayak covid dulu, bnyk UMKM yg langsung bangkrut. Klo misalnya ada dana darurat mungkin masih ada jeda waktu untuk memikirkan solusi lain.

  21. Dana darurat ini memang penting banget ya apalagi buat UMKM karena seperti yang udah dijelaskan di atas kita nggak tahu kondisi yang bakal terjadi ke depannya gimana jadi sebaiknya memang sediakan payung sebelum hujan untuk mengantisipasi hal2 yang tak terduga.

Tinggalkan komentar