Harga Paket Internet Termurah di Indonesia

Paket internet saat ini sudah masuk kebutuhan pokok rata-rata masyarakat Indonesia. Mulai dari pelajar, petani, ibu rumah tangga, driver ojek online hingga pekerja profesional selalu memanfaatkannya. Nah, agar jatah bulanan tidak jebol, perlu mengetahui tuh harga paket internet termurah di Indonesia.

Daftar provider internet di Indonesia

Provider Internet Terbaik di Indonesia

Hingga saat ini terdapat empat internet provider terbaik di Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap wilayah.

Ada kalanya di tempat tertentu memiliki sinyal yang bagus. Tapi di tempat lain malah tidak mendapat sinyal sama sekali atau minim sinyal.

Ada kalanya, harga paket internet terbaik sangat murah di wilayah tertentu. Namun di tempat lain malah semakin mahal. Ada juga yang mengalami kenaikan harga paket internet terbaik meski setiap bulan selalu berlangganan.

Empat provider internet terbaik di Indonesia yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison (yang sudah bergabung dengan operator Three), serta Smart Telecom (Smartfren).

Jumlah Pelanggan Internet Provider di Indonesia

Ada data menarik dari laporan keuangan terkini masing-masing provider internet terbaik di Indonesia. Berhubung semua internet provider merupakan perusahaan terbuka (kecuali Telkomsel yang menjadi anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk/TLKM), laporan keuangan bisa dicari dengan gampang melalui situs perusahaan/laporan keuangan.

Hingga semester I-2023 atau Juni 2023, jumlah pelanggan internet provider di Indonesia mencapai 349,26 juta orang. Jumlah tersebut turun dibanding Juni 2022 yang saat itu mencapai 352,51 juta orang.

Jumlah tersebut juga belum dapat menyamai posisi pada saat Juni 2017. Saat itu jumlah pelanggan internet provider di Indonesia mencapai 371,55 juta orang.

Jumlah pelanggan operator seluler di Indonesia 2017-2023

Belum diketahui penyebab penurunan drastis jumlah pelanggan internet provider tersebut di Indonesia. Apakah memang harga paket internet termurah di Indonesia sekarang menjadi tidak murah? Apakah terjadi penurunan daya beli sehingga provider internet makin berusaha untuk konsolidasi. Atau perusahaan makin malas ekspansi karena proyek BTS aja dikorupsi. Eaaaaa.

Terakhir Indosat Ooredoo merger dengan PT Hutchison 3 Indonesia yang berganti nama menjadi Indosat Ooredoo Hutchison. Meski kedua merek masih mempertahankan merek internet Mentari, IM3, dan Three.

Terakhir Smartfren diminta merger dengan salah satu provider internet terbaik di Indonesia. XL Axiata dulu pernah berminat meminang. Namun induk XL di Malaysia, Axiata Berhard tidak menyetujui. Bisa jadi harga penawaran terlalu mahal atau tidak memberikan dampak positif bagi perusahaan. Who knows ya.

Harga Paket Internet Termurah di Indonesia

Sebagai pekerja yang memanfaatkan paket internet untuk koneksi, kita harus pintar-pintar memilah harga paket internet termurah di Indonesia. Jangan sampai sinyal putus pas beraktivitas. Udah bayar mahal ternyata paket internet bikin kepala panas.

Kita pasti sering donk ngalamin lagi Zoom eh tiba-tiba buffering. Sinyal putus, sehingga aktivitas video conference makin terganggu.

By the way, harga paket internet termurah di Indonesia ini dapat berubah secara berkala ya. Namun, saya dapat memberikan perkiraan umum tentang jenis paket internet yang biasanya ditawarkan oleh operator di Indonesia.

Harga paket internet bisa sangat bervariasi tergantung pada kuota data, kecepatan, masa aktif, dan penawaran khusus. Untuk mengetahui harga paket internet yang paling akurat dan terkini, saya sarankan kalian mengunjungi situs web resmi masing-masing operator atau menghubungi layanan pelanggan mereka. Ini akan memberi kalian informasi yang paling up-to-date tentang harga dan pilihan paket internet yang tersedia.

Harga paker internet termurah di Indonesia

Namun, aku tidak memasukkan harga paket internet termurah di Indonesia dari provider Smartfren ya. Di kotaku, belum ada sinyal dari provider ini. Kalo pun ada, kadang suka putus nyambung. Hehe. Dan nggak sukanya, harga paket internet termurah di Indonesia diatur berdasakan jam/pemakaian untuk aplikasi tertentu.

Emang sih di XL juga masih memakai syarat seperti itu. Namun masih dapat digunakan karena kuota diatur berdasarkan kuota utama dan kuota daerah. Bisa saja jumlah kuota berbeda tergantung lokasi ya.

Oh ya, semua harga paket internet termurah di Indonesia ini berdasarkan paket internet 30 hari ya. Paket kuota berdasarkan volume based. Artinya harga yang ditawarkan berdasarkan kuota utama yang harus dihabiskan dalam sebulan. Habis nggak habis, ya bakal hangus kalo nggak dipake dalam periode masa aktif.

BACA JUGA:

  1. Cara Mengetahui Provider Internet Tercepat di Daerah Anda
  2. Tips Memilih Internet Provider Rumah
  3. Tips Memilih Layanan Internet Cepat untuk Gamers
  4. Cara Cepat dan Mudah Langganan Internet
  5. Cara Cek Kuota Paket Internet Telkomsel

Bebas Nabung Kuota Tanpa Takut Hangus

Kesel nggak sih, kita udah beli paket internet sebulan tapi masih tersisa banyak? Misal kita beli 100GB, ternyata di akhir bulan masih tersisa 50GB.

Dikasih ke teman tidak bisa. Dihabiskan dalam beberapa hari juga tidak mungkin. Nyuruh orang sekampung pake tethering paket internet kita? Bisa aja sih. Tapi kalo lemot ya siap-siap aja digeruduk orang sekampung. Haha.

Nah, sekarang tuh udah ada paket internet LiveOn. Tenang, buat yang baru pertama dengar, kalian nggak salah baca. Ini tuh provider digital milik XL Axiata.

Persis kayak operator By.U milik Telkomsel yang harga paketannya lumayan murah. Namun lagi-lagi karena paketannya terlalu mahal buatku, dan anehnya sinyalnya malah lebih jelek dibanding Telkomsel, jadi nggak aku masukkan daftar ya. Nanti kalian cek dan bandingkan aja kalo emang harga paket internetnya kalian rasa termurah.

Balik lagi ke LiveOn. Kita tuh nggak perlu takut kuota internet hangus saat periode aktif habis. LiveOn bahkan memberikan keleluasaan untuk menabung kuota internet hingga 1000GB. Kok bisa?

Jadi kuota internet yang nggak abis bulan ini, bakal bisa diakumulasikan di bulan berikutnya. Tentu dengan membeli paket internet dengan kuota berapa pun ya.

Misal kuota internetku akhir September lalu tersisa 50GB, aku perpanjang di bulan Oktober dengan membeli paket 20GB. Maka kuota internetku di bulan Oktober menjadi 70GB. Hingga akhir Oktober tersisa 50GB, beli lagi di bulan November dengan paket 50GB, kuota akhir menjadi 100GB. Begitu terus sampai terkumpul 1000GB. Enak kan?

Masalahnya kuota hingga 1000GB ini nggak bisa ditukar dengan voucher atau uang rupiah ya kalo nggak habis. Jadi ya emang harus dihabiskan semampu kalian.

Cara Beli Paket Internet LiveOn

Cafa beli paket internet LiveOn gampang banget kok. Kalian tinggal beli di e-commerce ijo, oren, biru dan warna lainnya deh. Atau bisa juga mengunjungi sosmed/websitenya. Siapa tahu ada promo untuk pelanggan baru.

Cara membeli kartu perdana LiveOn

Enaknya, kita bisa memilih 30 nomor gratis sesuai selera. Jika belum menemukan nomor bagus di antara pilihan itu, tutup websitenya, ulang lagi pembelian dari awal. Otomatis nomor gratis akan tersedia yang baru. Ulangi sampe kalian menemukan nomor favorit/nomor cantik.

Asyiknya lagi, beli paket kartu perdana LiveOn ini gratis ongkos kirim loh. Jadi kalian tinggal bayar dan tunggu di rumah deh. Untuk mengaktifkannya, kita tinggal menyalakan di ponsel, isi profil (KTP dan Kartu Keluarga untuk aktivasi). Beres deh.

Cara Mendapatkan Kuota Internet Berlimpah Harga Murah

Nah harga paket internet termurah di Indonesia yang tertera di tabel tersebut sudah sesuai harga masing-masing provider ya, apalagi yang LiveOn. Meski terkesan mahal, ada cara untuk mengakali agar kita mendapatkan kuota berlimpah dengan harga murah.

Misal paket internet LiveOn habis pada 10 Oktober. Otomatis pada 11 Oktober sudah tidak bisa mengakses internet dong. Nah cek aja harga paket internet terbarunya. Biasanya ada paket promo dengan harga lebih murah.

Misal kuota paket internet 100GB dibanderol Rp 180.000. Tentu harga itu lebih mahal dong. Nah ada harga khusus Rp 125.000 jika membeli di saat paket internet tidak aktif atau masa aktif habis.

Cek juga promo di masing-masing toko e-commerce atau aplikasi dompet digital (e-wallet). Biasanya suka ada cashback atau potongan harga loh. Mayan kan?

Use my code: L27P2WLH to sign up for the Live.On plan and get FREE 10GB Bonus data after successful activation #KuotamuSesukamu

10GB KUOTA INTERNET GRATIS BUATMU

Share donk kalian pake provider apa dan berapa kuota internetnya per bulan. Habis nggak kuota tersebut dalam sebulan. Dan jangan lupa harganya ya. Siapa tahu kalian punya langganan harga paket internet termurah di Indonesia.

16 pemikiran pada “Harga Paket Internet Termurah di Indonesia”

  1. Saat ini, saya pakai wifi juga Mas. Jadi paket data itu saya pakai kalau pas pergi-pergi saja. Tapi memang, selalu banyak lebihnya. Rasanya sayang saja kalau hangus. Jadi bagus ini ya, ada paket inetrnet LiveON. jadi kuota yang tidak habis, tidak hangus dan bisa terus dipakai.

  2. Saya pengguna setia XL, biasanya langganan paket data yang harga 134 ribu, tapi saya dpt 60GB, belinya di toko oren. Itu ada tambahan bonus lagi, paket lokal. Habis ini mau nyoba yang LiveOn deh. bener-bener baru tahu saya Kak, BTW thanks infonya. Saya jadi dapat solusi untuk dapat paket data yang lebih murah. hehehe…..

  3. saat ini aku pakai XL pasca bayar paket silver, dapat 20GB, telp antar XL unlimited, telp antar operator 100 menit
    buat aku cukup sih kuota ini, sinyalnya juga kuat, pas dinas ke pacitan, sinyalnya juga kuat dibanding provider lain, lokasinya berbukit gitu, jadi waktu itu andalan hanya pakai hp saya aja

  4. Senangnya sih memang ketika kuota internet kita masih banyak, bisa terus dipakai bulan depan, ya berlangganan gitu ya.
    Makanya kalau daku gak hanya cari yang murah dan jangakauan luas aja, tapi yang bisa diperpanjang kuota yang tersisa buat bulan berikutnya hehe

  5. Dapat kabar kalau harga kuota tuh masih tergantung dengan wilayah, dan juga tergantung dengan pemakaian perbulannya. Tapi kalau lihat harga live on tuh muraah, 60ribuan doang udah dapat 20gb, jaringannya udah terjangkau di seluruh wilayah atau belum ya, pengin untuk gantiin modem di rumah. Lumayan bisa hemat

  6. Wah ternyata Live On berlimpah kuotanya. Memang jaman serba internet ini udah jadi kebutuhan utama soalnya buat penunjang aktifitas digital sehari-hari jg

  7. berhubung saya banyak menjadi freelance online jadi butuh jaringan internet yang stabil dan cepat. kebetulan punya beberapa smartphone jadi menggunakan beberapa provider juga sih, mana yang bisa dipake ya dipake

  8. jadi penasaran, kata orang2 sini sih paling kenceng tuh sinyalnya indosat, ngga nyala redup gitu hihi.. mau cobain yang kuota dikit dulu dehh, kalo cocok bisa lanjuuutt, thanks infonya ya kak

  9. Wah lumayan juga ya perkembangan dunia provider sekarang. Saling bersaing sih memang. Kalau aku pribadi punya 3 provider kak. Merah, biru sama orange. Tapi lucunya yang paling cepet kalau di tempatku si orange malah :D

  10. Sumpah baru denger ini aku ada LiveOn. Beneran murah ya. Eh emang semurah itu? Lancar gak? Dan katanya bisa akumulatif dan gak hangus. Gak ada nih di kuota internet yang lain.

  11. LiveOn fitur Data RollOver nya yang menarik. bisa akumulasi sisa kuota kalo nggak abis. pas banget buat aku yang biasanya sering nyisa paketan di akhir bulan. jadi sisa paketan gak hangus

  12. Nah, baru tau nih kalo ada LiveOn. Untukku 100GB sih udah capek banget makenya. Kalo masih sisa, biasanya kupake nonton seharian, atau download game, hehe..

  13. Aku tadi mikir lamaaa, LiveOn ini dari mana?
    Ternyata punyanya XL Axiata.

    Tapi ini gils banget sii.. GOKIL ABIISS..
    Baru tau bisa nabung kuota. Kebayang happynya aku waktu tau kuotaku tidak hangus dan malah terakumulasi di bulan berikutnya. Selain lebih hemat, juga pastinya lebih untung.

    Aku cek aah.. XL di daerahku bagus tyda…jaringannya?

  14. Berarti mesti ganti nomor seperti yang tertera ya kak? Selama ini aku masih nyaman dengan Telkomsel dan Indosat sih. Beli pulsa dan ambil paket. Jadi nggak repot ganti-ganti kartu lagi

Tinggalkan komentar