Bagaimana Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?

Pernahkah Anda mendengar seseorang dapat menebak orang hamil dengan melihat wajahnya?

Percaya tidak percaya, ada beberapa orang yang dapat melihat seseorang hamil atau tidak dengan mengamati raut wajahnya. Hal ini bisa saja benar. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat mengubah beberapa bagian pada wajah yang dapat diamati. Terkadang ibu hamil tidak menyadarinya.

Perubahan pada wajah yang terjadi pada ibu hamil ini biasanya ada yang dapat membuat kulit wajah menjadi cerah. Namun ada juga yang menjadi masalah.

Simak penjelasannya di bawah ini.

Melasma

Munculnya flek hitam atau melasma biasa menjadi masalah kult yang dapat terjadi pada orang Hamil. Melasma dapat muncul pada beberapa bagian wajah seperti pada bagian dahi, pipi dan leher.

cara mengatasi melasma

Melasma ini bukan sesuatu yang berbahaya. Usahakan untuk mencegah melasma menjadi lebih parah dengan selalu menggunakan tabir surya atau sun screen ketika keluar dari rumah untuk menghindari paparan sinar matahari.

Umumnya melasma akan hilang sendiri seusai masa kehamilan dan melahirkan sehingga tidak usah khawatir. Namun, apabila diperlukan ibu hamil dapat melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Wajah Bengkak

Perubahan selanjutnya yang terlihat adalah terjadinya pembengkakan pada wajah. Pembengkakan pada bagian tubuh ketika hamil disebabkan karena penambahan cairan yang ada pada tubuh.

wajah bengkak saat hamil

Selain pembengkakan pada wajah, pada bagian tubuh lainnya juga dapat mengalami pembengkakan seperti pada bagian tangan dan kaki. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi pembengkakan pada bagian tubuh ini adalah dengan mengurangi asupan garam serta dapat mengompres bagian tubuh yang bengkak dengan air dingin.

Kulit Wajah Memerah

Perubahan pada raut wajah lainnya yang dapat dilihat adalah kulit wajah yang terlihat lebih memerah. Kulit wajah yang memerah ini disebabkan karena kenaikan berat badan pada saat masa kehamilan.

wajah memerah saat hamil

Peningkatan berat badan pada ibu hamil menyebabkan peningkatan tekanan darah. Salah satunya berefek pada peningkatan tekanan darah pada bagian wajah yang akan menyebabkan wajah menjadi terlihat memerah. Biasanya kondisi wajah memerah ini akan menghilang ketika sudah melahirkan.

Jerawat

Perubahan hormon pada ibu hamil dapat menyebabkan munculnya permasalaha kulit. Salah satunya adalah munculnya jerawat. Peningkatan hormon androgen di dalam tubuh menyebabkan peningkatan sebum atau zat minyak pada ibu hamil menjadi meningkat.

menghilangkan jerawat saat hamil

Peningkatan zat minyak pada kulit wajah akan memberikan efek tersumbatnya pori-pori yang ada pada wajah. Dan akan berakibat pada munculnya jerawat. Penggunaan skincare yang yang aman pada ibu hamil dapat membantu menangani permasalahan jerawat ini. Biasanya jerawat juga akan berkurang ketika hormon di dalam tubuh sudah kembali normal dan stabil.

Bintik Hitam pada Wajah dan Tahi Lalat

Perubahan hormon ibu hamil selain menyebabkan munculnya jerawat juga dapat meyebabkan munculnya bintik hitam seperti melasma dan menggelapnya tahi lalat pada ibu hamil. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan kadar hormon progesterone dan estrogen di dalam tubuh ibu hamil. Perubahan hormon ini mempengaruhi sel melamin yang berperan pada pigmentasi kulit.

bintik hitam wajah pada ibu hamil

Menggelapnya tahi lalat ini dapat berlangsung lama hingga melahirkan meski perubahan ini tidak akan membahayakan bagi janin di dalam kandungan.

Itulah ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Jika memang perubahan atau permasalahan pada wajah muncul dan dirasa menganggu, ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Satu pemikiran pada “Bagaimana Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah?”

  1. Memang sebagian besar orang hamil mengalami masalah kulit seperti di atas karena perubahan hormon. Tapi saya bersyukur selama hamil malah kulit jadi lebih cerah dan halus.

Tinggalkan komentar