Cara Tepat Menghitung Budget Liburan Secara Hemat

Musim liburan akhir tahun sudah dekat, nih! Untuk kamu yang hobi travelling atau simply ingin healing, pasti sudah mulai memikirkan dan membuat perencanaan. Nah, pertanyaan awal yang mungkin muncul adalah, mana ya yang lebih baik, destinasi liburan yang disesuaikan dengan budget, atau budget yang menyesuaikan rencana liburan? Yuk cari tahu cara tepat menghitung budget liburan secara hemat.

Cara tepat menghitung budget liburan secara hemat

Liburan Tak Perlu Mahal

Liburan yang cerdas tidak perlu menguras kantong kamu, kok. Hanya perlu rencana yang tepat untuk mencapai maximum healing, dan kesehatan finansial tetap terjaga.

Pasalnya, menurut riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2023, sebanyak 35% anak muda Indonesia pernah melakukan pengeluaran besar yang impulsive (seperti travelling, nonton konser). Masalahnya, sekitar 35% di antaranya menggunakan dana darurat. Parah banget ya kalo sampe ada dana darurat yang kepake. Mungkin saking kebelet healing akibat stres kerjaan ya darling. Hehe.

Akibatnya, sebanyak 12% anak muda masih memiliki pengeluaran yang melebihi pendapatan. Ya wajar sih. Anak zaman now kan lebih memperhatian experience dibanding harus saving atau investasi demi masa depan. Benar nggak

Menetapkan destinasi dulu, atau budget dulu? Sebenarnya keduanya bisa saja dilakukan, dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita bahas lebih lanjut yuk!

BACA JUGA:

  1. Tips Liburan Raja Ampat Papua
  2. Liburan Keren Safari Prigen
  3. Salah Kaprah Tren Flexing Bagi Anak Muda
  4. 7 Resort di Canggu Bali

Ketika Budget Nenyesuaikan Destinasi Liburan

Kalau kamu adalah orang yang destination-oriented, atau kamu memang memiliki tempat impian untuk dikunjungi, tentunya destinasi menjadi hal yang pertama kamu tetapkan dan budget akan menyesuaikan.

Keuntungan dari cara tepat menghitung budget liburan secara hemat seperti ini adalah kamu bisa lebih leluasa dalam memilih tempat liburan.

Setelah destinasi ditetapkan, kamu akan memiliki gambaran tentang berapa budget yang harus kamu siapkan. Tentunya, ini akan mempermudah kamu dalam menabung atau menyisihkan uang, karena sudah ada target atau life goals yang ingin kamu capai.

Tapi, waktu yang kamu butuhkan bisa jadi lebih lama karena harus memiliki budget di angka tertentu. Bisa jadi kamu punya rencana healing dari sekarang, tapi baru bisa berangkat berbulan-bulan kemudian. Tapi, untuk pengalaman healing yang tak terlupakan, what’s a little sacrifice, right? Makanya perlu cari cara tepat menghitung budget liburan secara tepat mulai sekarang.

Cara tepat menghitung budget liburan

Ketika Destinasi Liburan Menyesuaikan Budget

Kalau kamu adalah tipe orang yang lebih mengutamakan experience dibanding lokasi, atau kamu sudah merasa benar-benar butuh rekreasi, cara tepat menghitung budget liburan secara hemat adalah kamu bisa menyesuaikan budget dengan destinasi liburan kamu. Dengan begitu, kamu bisa membuat proyeksi, tempat mana yang bisa kamu kunjungi dengan budget yang sudah kamu miliki.

Keuntungan dari perencanaan ini tentunya kamu bisa cepat berangkat liburan. Karena budgetnya sudah ada, kamu bisa langsung beli tiket dan berangkat mungkin dalam hitungan hari. Tapi, tentunya tujuan kamu akan lebih terbatas, karena tidak semua destinasi yang kamu inginkan akan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Tapi, semua perjalanan adalah pengalaman baru, kan? Untuk kamu yang experience-oriented, perencanaan seperti ini bisa banget jadi pilihan kamu.

Saatnya Cari Cara Tepat Menghitung Budget Liburan Secara Hemat

Nah, setelah mengetahui pertimbangan cara tepat menghitung budget liburan secara hemat tersebut, saatnya mengambil keputusan mana yang sesuai buat kamu.

Terlepas dari itu, tentunya menabung adalah salah satu step awal yang bisa kamu lakukan, karena jangan sampai healing mengganggu kesehatan finansial kamu.

Buat rencana yang sedetail mungkin, agar proyeksi liburan kamu lebih terukur dan terarah. Kamu bisa catat dan kelola sendiri rencana kamu, atau bisa juga dengan menggunakan layanan perbankan, seperti Fitur Life Goals yang ada di ONe Mobile Bank OCBC NISP.

Fitur Life Goals di One Mobile Bank OCBC NISP

Kamu bisa menghitung dan mensimulasikan berapa lama kamu harus menabung untuk bisa mengunjungi destinasi impian kamu. 

Jadi, mau healing kemana nih, guys? Dengan perencanaan yang tepat, healing kamu bisa terus jalan, dan kesehatan finansial tetap aman.

Selamat merencanakan liburan, ya! 

###

32 pemikiran pada “Cara Tepat Menghitung Budget Liburan Secara Hemat”

  1. Lumayan ya fiturnya, jadi bisa menghitung budget untuk liburan. Soalnya mau gak mau budget liburan tuh gak sedikit ya Bang kalau lokasinya lumayan jauh hehe

  2. Wahh bener liburan yang menyesuaikan dengan budget. Bukannya budget yang dipaksakan untuk liburan mahal dan ujung2nya bangkrut.

    Fitur aplikasinya keren banget nih.

  3. Kalau saya sesuai sikonnya saja, mas Didik. Misalnya, saat saya ingin liburan ke Makassar, saya memang menabung dulu. Tapi kalau sekarang ingin liburan, saya sesuaikan keuangan saja. Banyak kok tempat bagus, menyenangkan, tapi irit bajet. Yang penting refreshing dulu. Jangan sampai memaksakan diri, sampai ahrus memakai dana darurat. Nantinya akan kejadian, lebih besar pengeluaran dari pendapatan. Apalagi sampai berhutang dulu, untuk sekadar liburan.

  4. tipikal backpacker ini ya hehe biasanya kalo backpackeran itu emang budget dipres banget. jadi inget waktu saya masih mahasiswa itu sangat rinci dalam menghitung keperluan traveling soalnya biar ga boncos banyak di perjalanan

  5. nah ini solusi lain untuk tetep bisa seneng2 tanpa harus nyesel belakangan karena kehabisan dana akhir bulan xD saya baru tau ada fitur aplikasi yang bisa menghitung dan mensimulasikan budget liburan kita. nice share mas dik ;)

  6. Tapi emang bener sih, apapun perencanaannya harus bisa menyesuaikan budget yang dimiliki. Jika budgetnya belum terpenuhi mending tunda dulu, daripada tekor

  7. Aku sih saat ini pengen bangeeeet healing ke Mekkaah buat umroh hehe. kayaknya pas nih kalo ada perhitungan dan perencanaan yang tepat kayak gini, cobain instal aah

  8. Kalo dana darurat dipake buat liburan, bisa oke bisa nggak.
    Okenya ya kalau langsung diganti itu dananya, karena walaupun duit sendiri ya kan harus begitu falsafahnya apa yang dipinjam dibalikan hehe.
    Nggak okenya, ya kelupaan buat ganti.

    Padahal bener, dirancang dulu ya kak bujet liburannya mau ke mana dan berapa lama.
    Jangan karena pas lagi ada promo, eh dipake dana yang ada, daaaaannn lupa ganti dananya.

  9. Bener banget. Liburan gak harus mahal. Cari saja tempat yang budgetnya minim tapi udah menyenangkan. Aku gitu sih kalau ngajak anak anak. Yg penting ada mainan anak anaknya udah bagus itu.

  10. Wah keren ya OCBC saya baru tahu ada fitur hitung untuk tabungan traveling begini, bagus banget, cocok banget buat saua yang hobi traveling biar tahu detailannya berapa yang harus ditabung

  11. Kalau saya sih sepertinya tipe yang kedua. Nggak terlalu maksa liburan harus ke destinasi tertentu. Yang penting ada budget dan itu cukup. Jadi tinggal disesuaikan saja. Nah, bagus banget nih fitur life goals-nya One mobile bank OCBC NISP bisa bantu kita merencanakan waktu buat liburan ya

  12. Fiturnya OCBC kekinian banget nih. Ngebantu menghitung budget untuk liburan juga. Mending begini sih, daripada menggunakan dana darurat untuk liburan, yang sebenarnya nggak perlu-perlu banget.

  13. setujuuu. liburan emang nggak perlu mahal. tinggal disesuaiin aja dengan budgetnya. kalo lagi tanggal tua, ya yang deket-deket aja. atau melipir ke tempat wisata dalam kota yang gratis kayak perpustakaan atau alun-alun misalnya haha

  14. Liburan mau kemana, cuss.. matangkan dulu perencanaannya ya, biar itinerary yang dibuat tersampaikan semua dan gak ada kendala yang namanya boncos dalam perjalanan.

  15. memang perlu banget niy Mas Didik untuk membuat atau menyusun budget sebelum liburan agar semuanya terkendali, saya sering banget on the spot, alhasil budget bengkak karena buat budgetnya kaaran aja, ga detail. bagus ya dengan adanya fitur penghitung budget ini jadi kita ga kebablasan

  16. Jadi kalau budget mepet mending liburan di dalam kota yg murah2 aja ya mas? Kenyataannya banyak yg maksa buat liburan hanya gara2 FOMO. Jadinya bongkar celengan bahkan pake p*yl*er..sedihnya

  17. Liburan natal dan tahun baru sebentar lagi. Dan memang libur akhir tahun ini sangat dinanti, karena waktunya bisa lebih panjang ya, Mas. Makanya kalau menurut saya, memang pilih liburan yang sesuai bajet. Karena kalau bajet yang mengikuti keinginan liburan, bisa membengkak dananya.

  18. Akutu kalau bikin rencana budget liburam suka gak teliti, malah lebih teliti suami.
    hehe, jadi aku urun ide aja bakalan kemana aja, trus mau apa plan A dan B, jadi bagian tung-itung mah, biar suami yag lebih jago.
    Tapi dengan adanya perencanaan begini, beneran jadi kebayang gambaran besarnya, kita perlu menabung berapa dan jangan lupa buat biaya tak terduga.

  19. Wah, tipsnya mantul nih! Emang sih, liburan tuh penting buat refreshing, tapi kalo ga siapin budgetnya bener-bener bisa bikin dompet kering kerontang, hahaha. Keren juga ya ada fitur dari bank yang bisa bantu kita planning buat liburan. Gue sih biasanya pake metode tradisional, catet di buku, tapi kayaknya mau coba tuh fitur dari OCBC NISP.

Tinggalkan komentar