Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Kasus seorang selebriti senior Tanah Air yang sempat kesulitan mengurus asuransi kesehatan miliknya kini menjadi sorotan. Kondisi tersebut membuka mata kita betapa pentingnya mengenali asuransi kesehatan untuk lansia. Oleh karena itu penting banget mengetahui tips memilih asuransi kesehatan untuk lansia berikut ini.

Perlindungan Khusus untuk Lansia

Seperti diketahui, asuransi kesehatan untuk lansia penting dimiliki, terutama bagi mereka yang berusia lanjut. Asuransi kesehatan untuk lansia diciptakan khusus untuk melindungi mereka dari biaya perawatan medis yang tinggi, hingga usia lanjut atau membutuhkan perawatan intensif terkait kondisi kesehatan mereka. 

Sebagai proteksi kesehatan khusus, asuransi kesehatan untuk lansia harus dapat memberikan layanan kesehatan terbaik. Sebab, para lansia umumnya telah mengalami beragam gangguan kesehatan, mulai dari penyakit jantung, hipertensi, hingga diabetes. 

Asuransi kesehatan untuk lansia

Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Sebelum mendaftar asuransi kesehatan untuk lansia, maka penting bagi Anda memahami betul polis asuransinya. Dengan begitu, tidak kesulitan saat memakainya atau mengalami penolakan saat mengajukan klaim.

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi kesehatan untuk lansia memberikan jaminan perlindungan atas berbagai risiko kesehatan yang dialami para orangtua berusia di atas 60 tahun. Tak hanya asuransi kesehatan saja, tersedia proteksi lainnya, yaitu asuransi jiwa untuk mereka. 

Dengan catatan, tertanggung dengan rentang usia sampai 65 tahun dan bisa diperpanjang hingga 99 tahun. Namun, sesuai polis asuransi yang dipilih, ya!

BACA JUGA:

  1. 2 Perbedaan Asuransi Kesehatan Agar Tak Salah Beli
  2. 9 Perbedaan Membeli Asuransi Online dan Agen Asuransi
  3. 6 Tips Memilih Asuransi Haji Terbaik
  4. 6 Cara Menghindari Penipuan Asuransi
  5. Jangan Tertipu Asuransi Unit Link

Faktor Penting Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan jika ingin memiliki premi asuransi kesehatan lansia. Mulai dari usia peserta, kondisi kesehatan, jangkauan hingga manfaat yang dibutuhkan. 

Menawarkan premi yang lebih tinggi  mereka yang lebih muda, semakin tua usia tertanggung, maka semakin tinggi pula premi yang harus dibayarkan. Bukan tanpa alasan, semakin tinggi usia tertanggung, maka risiko masalah kesehatan dan kematian juga semakin besar.

Tak hanya itu saja, jika tertanggung mempunyai riwayat penyakit hingga masalah kesehatan keturunan keluarga seperti jantung, diabetes, kanker, dan sebagainya, maka harus memilih polis asuransi mencakup perawatan penyakit tersebut. 

Seperti halnya polis asuransi lain, nilai premi yang dipilih turut menentukan manfaat yang diperoleh. Sebagai gambaran, premi asuransi kesehatan untuk lansia mulai dari Rp500 ribu sampai puluhan juta rupiah per bulan. 

Adapun jenis asuransi kesehatan lansia terdiri dari asuransi dengan premi tinggi, proteksi dengan manfaat lebih sedikit, hingga produk perlindungan dengan masa tunggu lebih lama bagi orangtua yang memiliki kondisi kesehatan pre-existing (pra-eksisiting). 

Asuransi kesehatan lansia dengan pre-existing condition merupakan jenis asuransi kesehatan yang mencakup perlindungan untuk kondisi medis atau kesehatan yang sudah ada sebelumnya sebelum lansia membeli polis asuransi tersebut. Biasanya premi asuransi ini lebih tinggi dan ada batasan klaim terkait kondisi pre-existing yang dimiliki.

Cara klaim asuransi kesehatan untuk lansia

Cara Klaim Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Cara klaim asuransi kesehatan untuk lansia bisa berbeda-beda, tergantung perusahaan asuransi dan ketentuan polis yang dimiliki. 

Namun, secara umum, langkah-langkah klaim asuransi kesehatan untuk lansia adalah sebagai berikut:

Diagnosa dan Perawatan Medis

Apabila lansia memerlukan perawatan medis, maka harus mengunjungi dokter atau rumah sakit terlebih dahulu untuk mendapat diagnosa dan perawatan yang dibutuhkan.

Kumpulkan Dokumen Medis

Pasien lansia harus mengumpulkan semua dokumen terkait, termasuk resep, hasil tes medis, dan rincian biaya perawatan.

Mengajukan Klaim

Setelah perawatan selesai, pasien lansia dapat mengajukan klaim asuransi dengan mengisi formulir klaim yang diberikan perusahaan asuransi dan melampirkan semua dokumen pendukung.

Evaluasi Klaim

Perusahaan asuransi akan mengevaluasi klaim tersebut untuk melakukan verifikasi terkait polis yang dimiliki, apakah kondisi atau perawatan medis masuk dalam ketentuan polis.

Pembayaran Klaim

Jika klaim disetujui, perusahaan asuransi akan membayarkan biaya perawatan medis sesuai dengan ketentuan polis.

Tips memilih asuransi kesehatan untuk lansia

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Berikut ini adalah tips buat Anda yang ingin memiliki asuransi kesehatan untuk lansia:

Cari Polis Khusus Lansia

Pilihlah asuransi kesehatan yang khusus menyediakan perlindungan untuk lansia, dan menawarkan cakupan medis sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perhatikan Cakupan yang Diberikan 

Pastikan polis mencakup perawatan medis yang paling dibutuhkan oleh lansia, seperti rawat inap, pemeriksaan rutin, dan perawatan penyakit kronis.

Pertimbangkan Memilih Asuransi Pre-existing Condition

Jika lansia memiliki kondisi pra-eksisiting, cari tahu apakah polis asuransi yang dipilih mencakup kondisi tersebut atau ada batasan tertentu yang perlu diperhatikan.

Evaluasi Besaran Premi dan Manfaatnya

Bandingkan premi yang harus dibayar dengan manfaat yang ditawarkan oleh polis asuransi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keseimbangan yang tepat antara biaya yang dikeluarkan, dan manfaat yang diterima.

Baca Dengan Cermat Isi Polis Asuransi 

Pastikan membaca dan memahami semua ketentuan, pengecualian, dan batasan dalam polis asuransi sebelum membelinya.

Tanyakan Agensi Asuransi yang Anda Pilih

Jika ada ketidakjelasan atau pertanyaan mengenai polis asuransi yang dipilih, jangan ragu komunikasikan dengan agen asuransi atau perwakilan perusahaan.

Evaluasi Reputasi Perusahaan Asuransi yang Dipilih 

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan telah terbukti membayar klaim dengan cepat dan sesuai.

Ingatlah, setiap orang memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda-beda. Karena itu, pastikan memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan, preferensi, dan kemampuan finansial lansia.

18 pemikiran pada “Asuransi Kesehatan untuk Lansia”

  1. Asuransi kesehatan ini sangat penting ya, Mas. termasuk untuk lansia juga. Jadi menikmati masa tua bisa lebih tenang. Makanya dari sekarang, yang muda pun sudah bisa mempersiapkan asuransi lansia.

  2. Mungkin akan lebih baik kalau kita semua punya asuransi kesehatan untuk lansia. Entah karena sakit atau karena nggak ada wali yang bisa menanggung semua biaya.

  3. Lansia tentu memiliki banyak masalah kesehatan, untuk membuat hidup lebih pasti dan berkualitas, penting banget sih untuk membeli asuransi kesehatan yang sesuai. Jadi aman kalau ada masalah kesehatan yang terjadi

  4. Soal polis asuransi ini kadang suka kelewat. Padahal penting juga dipelajari sebelum memutuskan mau asuransi yang mana. Apalagi ini kebutuhannya untuk lansia, yang pastinya pendampingnya kudu paham juga.

  5. Kalo lansia gini harga preminya mahal ngga ya mas? heheh.. soalnya pengalaman suamiku yang umur 35an aja udah mahal banget premi per bulannya >.< apalagi dia sampe 10 tahun gitu huhu.. cuman keuntungannya harganya flat sihh

  6. Milih asuransi itu menurut aku gampang gampang susah, kita harus jeli juga sih, baca dengan teliti isi polis. Sedih hlo kalau denger berita tentang susahnya klaim asuransi, padahal tiap bulan keluar uang

  7. apa pun asuransinya pastikan sanggup hingga akhir bayar polisnya
    supaya kalau ada apa apa bisa mudah prosesnya
    jangan menyesal di hari tua

  8. wah kalo ada polis khusus lansia sebaiknya segera ambil deh utk org tua kita, tapi sih alangkah baiknya kita bikinin polis tuh jauh2 hari krn pasti harganya jauuuuuh lbh ramah di kantong

  9. Menyadari bahwa premi biasanya akan lebih tinggi bagi lansia dan mereka dengan kondisi kesehatan yang sudah ada (pre-existing condition) adalah penting dalam merencanakan perlindungan kesehatan di usia lanjut. Harus diingat bahwa premi asuransi berbanding lurus dengan jumlah dan luasnya manfaat yang diberikan.

  10. bagus juga ya asuransi kesehatan untuk lansia. ortu dan mertua sudah mulai sakit, mereka sering ada keluhan di tulang belakang dan lutut. sepertinya asuransi ini bisa membantu ya, apalagi pengobatan mereka butuh beberapa kali kedatangan dan juga ada terapi.

  11. Memilih asuransi apalagi yang ditujukan untuk lansia ini banyak sekali manfaatnya. Inginnya ketika meng-cover biaya kesehatan, bisa jadi kemudahan kalau di perjalanan membayar premi asuransi butuh klaim pengobatan dengan cepat.
    Jadi sebaiknya bener-bener jeli saat menentukan asuransi yang dipercaya. Dan kebantu banget sama tips memilih Asuransi Kesehatan untuk lansia. Haturnuhun.

  12. Orang tua rawan sakit emang. Apalagi lansia. Jadi asuransi kesehatan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan orang tua

  13. Sata fikir penting banget memikirkan asuransi untuk lansia dari sekarang. Untuk diri sendiri saat tua nanti, juga untuk orang tua kita saat memasuki lansia. setidaknya itu jauh lebih baik daripada kita pusing memikirkan orang tua lansia yang notabene mudah sakit-sakitan..

Tinggalkan komentar