2 Alasan Harus Investasi Bitcoin ETF

Investasi aset kripto sudah meluas meski di banyak negara masih belum menyetujui aset fluktuatif ini. Untuk mengurangi risiko fluktuasi, beberapa perusahaan manajemen aset dunia sedang merancang keberadaan investasi aset Bitcoin ETF. Ini 2 alasan harus investasi Bitcoin ETF saat aturan Bitcoin ETF diputuskan.

Saat ini beberapa perusahaan manajemen aset dunia, seperti Blackrock dan Fidelity tengah mengajukan berkas perdagangan Bitcoin Exchange-Traded Fund (ETF) Spot ke Securities Exchange Commision (SEC). Jika disetujui maka ini akan menjadi babak baru mengenai investasi aset kripto dan menjadi katalis positif terhadap harga Bitcoin.

Apa itu Bitcoin ETF?

Apa itu Bitcoin ETF?

Financial Expert Ajaib Kripto Panji Yudha mengatakan, ETF adalah instrumen investasi yang bergerak dengan nilai aset dasar. Aset dasar ETF dapat berupa komoditas, saham, obligasi atau campuran dari berbagai aset tersebut. 

ETF memungkinkan setiap investor dalam mencoba memasuki suatu pasar tanpa risiko untuk membeli langsung aset tersebut karena semua dikelola oleh broker.

Sementara Bitcoin Exchange Traded Funds merupakan instrumen investasi dengan menggunakan nilai Bitcoin sebagai aset dasar. Investor dapat terekspos dengan Bitcoin tanpa ada risiko kehilangan seed phrase (password untuk mengakses) dompet bitcoin.

“Untuk alasan ini, investor mungkin melihat Bitcoin ETF sebagai cara yang lebih sederhana dan mengurangi risiko untuk berinvestasi,” kata Panji Yudha.

BACA JUGA:

  1. 2 Prediksi Aset Kripto Tahun Ini
  2. 2 Cara Menghindari Bull Trap Crypto
  3. Prediksi Aset Kripto 2022
  4. Belajar Investasi Saham Untuk Pemula
  5. Tips Untung Investasi Bitcoin

Alasan Harus Investasi Bitcoin ETF

Menurut Panji, alasan harus investasi Bitcoin ETF ada dua. Kita harus mengerti aset investasi Bitcoin ETF ini berbeda dengan aset kripto seperti biasanya.

Pertama, kita dapat meminimalisasi masalah keamanan investasi aset kripto. Hingga saat ini investasi aset kripto memang mengandalkan keamanan tinggi. Bukan berarti investasi lain tidak aman, tapi aset kripto termasuk nantinya Bitcoin ETF akan lebih aman.

Perbedaan utama Bitcoin ETF dengan Bitcoin adalah tidak ada kekhawatiran kehilangan dalam penyimpanan Bitcoin seperti insulasi dan keamanan. Karena dana yang diinvestasikan oleh investor dalam Bitcoin ETF terikat pada harga, bukan aset digital.

Di Indonesia, investasi ETF ini sudah marak. Namun masih berbasis aset saham perusahaan-perusahaan yang masuk LQ-45 (45 perusahaan terdaftar yang berkualitas di Bursa Efek Indonesia/BEI) atau berbasis obligasi dari perusahaan yang melantai di BEI.

Kedua, kini otoritas bursa Amerika Serikat (ini kayak Otoritas Jasa Keuangan/OJK di Indonesia gitu loh, termasuk Bappebti yang di bawah Kementerian Perdagangan) sedang membahas aturan tentang Bitcoin ETF.

Mereka sedang membahas termasuk minimalisasi masalah gangguan keamanan Bitcoin ETF hingga menekan instabilitas pasar terutama dari Bitcoin.

Investasi aset Bitcoin ETF

Cara Kerja Bitcoin ETF

Berbeda dengan pasar aset kripto yang beroperasi 24 jam, Bitcoin ETF akan diperdagangkan di bursa saham seperti NYSE (New York Stock Exchange) atau TSX (Toronto Stock Exchange) atau bursa komoditas dan dikelola oleh perusahaan manajemen aset. 

Menurut Panji, Bitcoin ETF adalah sekuritas yang berisikan berbagai aset yang berkaitan dengan Bitcoin dan diperjualbelikan di bursa tradisional, bukan di bursa kripto.

Keberadaan Bitcoin ETF bertujuan untuk memberikan akses bagi para investor yang ragu untuk memiliki Bitcoin sepenuhnya.

Financial Expert Ajaib Kripto Panji Yudha

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kata Panji, ETF memungkinkan investor memiliki akses ke aset tertentu, dalam hal ini Bitcoin, tanpa harus memilikinya.

Panji menjelaskan, jika disetujui SEC maka kehadiran Bitcoin ETF akan berpotensi meningkatkan permintaan Bitcoin. Hal ini sekaligus menjadi alasan harus investasi Bitcoin ETF sehingga menarik minat investor institusional yang ingin masuk ke pasar aset kripto. 

Alasan harus investasi Bitcoin ETF

Diversifikasi Portofolio Investor

Bitcoin ETF juga memberikan peluang untuk melakukan diversifikasi aset. Karena ETF dapat terdiri dari beberapa aset, seperti bitcoin, saham, dan obligasi. Sehingga tentunya komposisi aset ini dapat mengurangi risiko dan diversifikasi portofolio investor. Keuangan investor tidak akan terganggu jika memiliki lebih dari satu aset investasi.

“Secara jangka panjang, pasar aset kripto akan semakin berkembang dan maju karena banyaknya orang yang menjadikan aset kripto untuk investasi,” kata Panji.

18 pemikiran pada “2 Alasan Harus Investasi Bitcoin ETF”

  1. Perkembangan bitcoin makin hari makin lebih dikenal masyarakat, bahkan masyarakat awam pun sudah mulai tau apa itu bitcoin. Tapi untuk terjun langsung berinvestasi, memang butuh informasi yang selengkap mungkin agar siap terjun didalamnya dengan segala resiko dan benefit yang bisa didapatkan

  2. investasi bitcoin sepertinya sedang diminati dan kudu banget dipelajari sebelum terjun kesana supaya bisa tahu keuntungan dan kerugian yang bisa didapat. kalau udah tahu kan bakalan aman banget yesss

  3. Wah ke depan boleh nih aku menjadikan Bitcoin sebagai investasi, tampaknya lebih menguntungkan dan no worry karena keamanan yang sangat terjaga.

  4. Ternyata ilmu soal berinvestasi dalam rupa bitcoin itu banyak dan luas sekali ya. Saya baru kenal nih jadi masih awam sekali. Lumayan dapat pengetahuan baru setelah berkunjung ke sini.

  5. aku tuh masih belum bgtu paham sama bitcoin. dan agak nggak berani juga ya coba-coba sama uang hehe. maklum orangnya low risk. kayaknya aku lebih cocok di RDPU aja hehe

  6. Kudu belajar perlahan nih, soalnya ternyata ada bedanya ya antara jual beli bitcoin di bursa tradisional dan di bursa kripto, yang ditandai melalui perbedaan antara Bitcoin dengan Bitcoin ETF.
    Kalau ingin terjun soal investasi ini, harus mendalami dan banyak ikuti perkembangan berita terbaru ya kak

  7. Saat mau investasi memang yang perlu dipegang erat adalah mencari di informasi terlebih dahulu khususnya legalitasnya. Sehingga bisa benar-benar investasi secara nyata. Kalau masalah bitcoin saya belum paham sih mas. Meskipun demikian tetap pengen tahu lebih juga.

  8. kalau bitcoin mulai diperjualbelikan di pasar saham konvensional, berarti btc udah mulai diakui sebagai salah satu celah investasi pontensial ya. menarik nih karena masih banyak yang ragu dan gak yakin dengan btc. mungkin suatu saat nanti btc bisa diakui seutuhnya.

  9. Membutuhkan diskusi yang panjang mengenai investasi Bitcoin beserta karakteristiknya. Tapi dengan keamanan dan kepemilikan yang terjamin ketika Investasi Bitcoin ETF, ini sudah tepat sekali untuk dijadikan instrumen investasi masa depan.

  10. Ilmu baru soal kripto. menggiurkan memang Bitcoin ini. Tapi harus paham dulu baru investasi.

  11. Ternyata investasi dalam Bitcoin ETF itu punya keuntungan yang kuat ya, salah satunya keamanan investasi aset kripto dapat diminimalisir karena dana investor terikat pada harga, bukan aset digital itu sendiri.

  12. Bisa jadi pilihan banget bitcoin ETF ini untuk mereka yg ingin investasi tapi gak sepenuhnya di kripto ya. Baru tau infonya, dan menarik banget untuk dicari tau lebih lanjut. Modalnya masih di bawah harga bitcoin berarti ya.

  13. waktu itu saya pernah sih hampir mau beli investasi bitcoin etf ini cm masih maju mundur cantik, skrg stlh baca reviewnya di sini, bismillah lah yaa yakin, mulai aja dulu, kalo gak kan gak tau

Tinggalkan komentar