realme XT, Ponsel Super Kamera Xpert

Vendor ponsel realme tahun ini gencar ekspansi, salah satunya dengan meluncurkan ponsel berkamera beresolusi tinggi, realme XT. Resolusi kamera belakangnya mencapai 64MP.

Sebagai pendatang baru, gebrakan sub brand OPPO ini memang bikin produsen lama cemburu. Bagaimana tidak, dalam setahun perjalanannya, realme sudah di posisi lima peraih pangsa pasar ponsel terbesar di Indonesia.

realme XT
Jajaran petinggi realme memperkenalkan realme XT di Jakarta, Rabu (23/10). Foto: Didik Purwanto

Berdasarkan riset IDC, realme di posisi 5 dengan pangsa pasar 6,1 persen di kuartal II-2019. Nilai itu meningkat dari 1,4 persen di kuartal II-2019. Samsung, OPPO, Vivo, dan Xiaomi berada di atasnya. Ambisinya, mampu mengalahkan Xiaomi dalam waktu dekat. Kita tunggu saja gebrakannya lagi.

Kamera 64MP Quad Camera Xpert

realme XT
Ponsel realme XT. Foto by: Onno Sembunglango

Seperti berita yang sudah banyak beredar, realme memang menyuguhkan fitur ini untuk bersaing di pasar. Kamera beresolusi 64MP ini mampu mengambil foto dengan ukuran 9216×6912 piksel. Namun ini hanya berlaku untuk kamera belakang ya.

Empat kamera realme XT ini juga dilengkapi dengan lensa ultra-wide angle, lensa ultra-macro dan lensa potret. Hasilnya sangat mengagumkan. Kualitasnya begitu terang dengan detail yang jelas.

Di lini ultra-wide, realme XT memiliki sudut pandang 119 derajat. Fitur ini cocok untuk membidik objek luas tanpa perlu mundur untuk memotretnya. Dalam sekali jepret, bidang objek bisa terlihat luas sehingga mampu merekam banyak panorama dalam satu bidikan.

Di sektor mikro, realme XT mampu membidik dengan jarak pemotretan 4cm untuk memberikan detail yang ciamik. Namun, hasil bidikan akan lebih bagus saat kondisi terang.

Fotografi Terbaik

Ternyata realme juga menggaet fotografer National Geographic Aaron Huey sebagai realme Chief Photography Director untuk urusan kamera. Dia bertindak sebagai pemberi saran dan pandangan tentang menyetel kamera agar berkualitas bagus untuk membidik objek, termasuk lautan, gunung, hutan, dan lansekap kota.

Di kamera depan, realme XT dibekali dengan resolusi 16MP. Resolusi ini masih terbilang tinggi untuk kamera di kelasnya. Hasil bidikannya sangat bagus, apalagi menyalakan fitur beauty-nya. Dijamin tanpa perlu ke salon untuk dapat wajah kinclong bak model. Jika tak ingin wajak permak khas perangkat lunak, tinggal matikan saja.

Di sektor kamera ini, realme memang menyempurnakan dibandingkan versi sebelumnya. Sensornya diperbaiki dengan bukaan lebih besar. Hasilnya, memang ciamik untuk fotografi malam.

Dengan beragam sensor yang disematkan, kualitas kamera realme XT mampu disandingkan dengan ponsel flagship.

Jika ingin memiliki banyak efek, realme XT juga membekali dengan mode Chroma Boost. Dengan bantuan kecerdasan buatan (AI), realme XT akan membantu objek lebih detail hingga lebih cerah.

Nyaman di Genggaman

Dengan bentang layar FHD 6,4 inci, realme XT masih enak dipegang satu tangan. Tubuhnya dibalut polycarbonate super kinclong.

Pilihan warna bodi pearl white dan pearl blue bikin realme XT makin bersinar, apalagi di tengah terpaan cahaya. Buat nongkrong atau digenggam, makin bikin pemiliknya percaya diri bahwa ponselnya berharga mahal, padahal ini kelas menengah.

Di bodi bagian depan sudah disematkan layar Super AMOLED dengan proteksi gorilla glass 5. Layar ini biasanya digunakan untuk ponsel flagship.

Kamera depannya yang masih nongol di bagian atas layar membuat ponsel ini memiliki rasio layar terhadap body sekitar 91,9 persen. Namun jangan khawatir, letak kamera depan bak dewdrop tak akan mengganggu hiburan menonton video atau bermain game. Saat malam hari, pengguna juga bisa menyalakan mode malam sehingga makin nyaman untuk beraktivitas di kondisi cahaya redup. Mata tidak akan cepat lelah.

Sensor In-Display Fingerprint Tercepat

Sensor pemindai jari ini biasanya disematkan pada ponsel kelas atas atau flagship. Namun realme sengaja memboyong di seri ini. Sensor Goodix 4.0 mampu membuka kunci layar lebih cepat.

realme XT
Ponsel realme XT memiliki sistem peminda sidik jari di depan layar dengan kecepatan tinggi. Foto: Didik Purwanto

Berapa sih kecepatannya? realme mengklaim sekitar 334 ms. Ini tidak ada satu detik loh untuk membuka ponsel dengan pemindai sidik jari di layar. Jadi kita tidak perlu repot menekan tombol home, power, atau ketuk layar.

Kecepatan dan Performa

Ponsel ini dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 712 dengan fabrikasi 10nm berkecepatan 2,3GHz. Dengan otak tersebut, kinerja ponsel lebih tinggi 10 persen dan 35 persen untuk kinerja grafik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Urusan grafik diserahkan kepada Qualcomm Adreno 616 GPU sehingga visual dan rendering gambar 3D makin terlihat nyata.

Modem Snapdragon X15 juga akan membantu realme XT mengunduh dokumen atau file lebih cepat.

Buat main game, ponsel ini juga sudah menyematkan Hyperboost 2.0 dan Game Boost 2.0 sehingga menurunkan jeda waktu game hingga 73,7 persen. Ini bikin game yang dimainkan di realme XT tanpa lag.

Kapasitas Baterai

Sama seperti induknya, realme juga membekali seri ini dengan sistem pengisian cepat VOOC Flash Charge 3.0 sebesar 20 watt. Dengan kapasitas 4.000 mAh, ponsel ini akan terisi penuh dalam 80 menit.

Teknologi tersebut juga bikin realme XT lebih dingin meski sedang di-charging.

Fitur Tambahan

Bagi yang suka multitasking, realme XT memiliki fitur Clone Apps yang memungkinkan pengguna bisa punya dua aplikasi sekaligus dalam satu ponsel.

Harga realme XT

Ponsel ini memiliki dua varian. Untuk RAM 4GB + memori 128GB dijual Rp 4 juta dan varian 8GB+128GB seharga Rp 4,5 juta. Khusus flash sale pada 31 Oktober akan dijual Rp 3,8 juta untuk varian 4GB+128GB di Shopee dan website resmi realme.

Saat flash sale, akan ada bonus tambahan cashback Rp 200 ribu, kartu perdana Smartfren, dan headphone Sennheiser.

realme Buds Wireless

Bagi yang ingin kekinian, realme juga membuat aksesori tambahan, realme Buds Wireless. Aksesori dengan pilihan warna hitam-kuning, hijau, dan oranye ini memiliki fitur driver bass boost 11,2 mm, tahan cipratan air atau terkena keringat.

Dengan sekali pengisian baterai, realme Buds Wireless ini mampu bertahan hingga 12 jam. Sistem pairingnya juga cepat melalui koneksi Bluetooth.

Menariknya lagi, kualitas suara realme Buds Wireless ini sudah disetel DJ Alan Walker. Tahu donk dia siapa? Salah satu DJ top dunia saat ini akan menjadi peneliti dan pengembang sekaligus realme Chief Earbuds Officer.

Berapa sih buat meminang aksesoris ini? Cuma Rp 500 ribu saja donk. Wah harus segera diserbu nih sebelum keabisan.

realme XT
Bersama blogger tekno ikut peluncuran ponsel realme XT. Foto: Didik Purwanto

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *