Traveloka Xperience Bikin Otak Makin Keren

Traveloka Xperience

Kalau buka aplikasi Traveloka, kita selalu ingat liburan. Maunya senang-senang buat ngabisin uang. Namun abis liburan, kita pasti kelimpungan karena keabisan uang. Mau tahu caranya biar ngga keabisan uang tapi kita tetap bisa liburan? Cobain Traveloka Xperience yuk, sayang!

Traveloka Xperience memberikan pengalaman seru dalam membeli tiket. Teks: Didik Purwanto

Tetap Traveling Tanpa Pening

Iseng-iseng aku buka Instagram Jouska, sebuah perusahaan konsultan keuangan independen. Dalam sebuah caption di fotonya bilang, mending boros, menikmati hidup, tapi ngga punya tabungan sama sekali. Atau mending hemat, tapi investasinya salah?

Atau lagi lihat-lihat Instagram lantas pengen liburan. Cek-cek kalender, cari tiket dan hotel di Traveloka, ngayalin itinerary, waktunya bayar, ternyata kartu ditolak. Bye-bye liburan.

Pasti banyak di antara kalian yang mengalami hal demikian. Sudah berkhayal bisa liburan panjang di destinasi wisata terkenal, eh ternyata bernasib sial. Ada yang keabisan tabungan atau terpaksa ngutang demi gengsi bisa liburan ke luar negeri.

Liburan ke tempat wisata populer atau lokasi instagramable tentu menjadi impian. Namun, tidak semua orang bisa mewujudkannya karena butuh perjuangan.

Nah, kebetulan bulan depan Jouska bikin event Jouska Talks di Jakarta. Konsultan keuangan independen itu juga menggelar event serupa di beberapa kota lain di Indonesia.

Buku The Principles of Personal Finance dari Jouska. Foto: Dokumen Carousell

Seperti yang saya baca dari buku “The Principles of Personal Finance”, Jouska akan membeberkan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan versinya, seperti saat masih single, mulai berpacaran, hingga akan dan selepas menikah. Tentunya pengelolaan keuangan itu akan berbeda setiap orang berdasarkan profil risikonya.

Mungkin saat single, kita bisa bebas traveling sesuai keinginan. Namun saat sudah punya momongan, tentu hal itu tidak bisa diutamakan.

Nah, yang bikin aku penasaran, apakah mungkin kita tetap bisa liburan tanpa mengorbankan banyak tabungan?

Traveloka Xperience

Lipat Gandakan Aset

Dari yang aku baca-baca dan pernah mengikuti talkshow dari Aakar Abyasa Fidzuno (salah satu pendiri Jouska), ternyata perlu menumbuhkan aset untuk melipatgandakan kekayaan. Caranya, bisa membeli produk investasi berupa deposito, obligasi (surat utang), reksadana, emas, atau saham.

Pendiri Jouska Aakar Abyasa Fidzuno saat memberikan penjelasan tentang produk investasi kepada generasi milenial di Jakarta, Sabtu (24/10). Foto: Didik Purwanto

Kalau cuma mengandalkan tabungan, duit kita bukan bertambah malah berkurang. Bayangkan saja, bunga tabungan hanya 5 persen per tahun. Belum lagi biaya layanan sekitar Rp 15 ribu per bulan.

Misal kita menabung Rp 1 juta. Dalam setahun, uang itu hanya bertambah Rp 50 ribu. Itu pun belum dipotong pajak 20 persen. Bunga yang kita terima hanya Rp 40 ribu per tahun. Artinya, kita hanya terima bunga Rp 3.000-an per bulan. Waduh, buat bayar parkir saja kurang tuh!

Untungnya, atas saran Jouska, aku sudah mulai berinvestasi di reksadana, saham, dan emas untuk melipatgandakan kekayaan. Maklum, kalau beli properti perlu duit banyak. Kalau ingin menjual, tidak bisa langsung besok laku.

Siapa tahu, dengan investasi di portofolio tersebut, duitnya nanti bisa melonjak. Kita juga tak usah pening memikirkan uang untuk traveling. Bisa ambil untung (gain) dari produk investasi tersebut.

Salah satunya, aku investasi di saham Bank BCA dan Indofood (produsen mie itu loh). Dari kedua saham itu, aku sudah cuan 25 persen dan 35 persen hanya kurang dari setahun. Misal aku punya 1 lot BCA di harga Rp 24.630 per saham. Kini harga sahamnya sudah Rp 30.900 per saham. Untungnya sekitar Rp 600 ribuan. Itu kalau cuma 1 lot. Kalau punya 10 lot atau lebih? Tinggal kalikan saja.

Belajar Keuangan Semakin Fun

Dari hasil komentar di situs Traveloka, pelanggan dimudahkan dalam memesan tiket event Joska Talks tersebut. Belajar keuangan jadi semakin fun!

Rata-rata memberikan komentar bagus dalam penyelenggaraan acara itu dan tiketnya dijual di Traveloka. Kita jadi punya pengalaman lain saat membeli tiket di Traveloka Xperience.

Karena tiketnya cuma Rp 500 ribu, aku langsung pesan satu. Biasanya, tiket seminar seperti ini selalu sold out sebelum acara berlangsung. Aku ngga mau donk ketinggalan #XperienceSeru seperti ini.

Nantinya, kita juga akan mendapatkan poin setelah pembelian tiket apapun di Traveloka. Poin tersebut bisa ditukar dengan potongan pembelian tiket apapun di Traveloka. Asyik sekali ya berbelanja tiket di Traveloka.

Traveloka Xperience

Cara Pesan Traveloka Xperience

Bulan kemarin aku baru cek aplikasi Traveloka. Ternyata sudah banyak yang baru ya di sana. Tampilan antarmuka (user interface) halamannya makin segar. Fitur navigasinya kian pintar. Makin enak buat kita berselancar. Tiba-tiba kita disuruh bayar karena promonya emang menggiurkan.

Aku cukup kaget karena Traveloka menambah kategori untuk penjualan tiketnya. Tidak hanya transportasi (pesawat, kereta, hingga sewa mobil), tapi kita bakalan dapat #XperienceSeru buat atraksi, movie, events, beauty & spa, playground, tours, food & drinks, hingga classes & workshop. Makin lengkap saja pengalaman membeli tiket di Traveloka Xperience.

Untuk tiket seminar, pilih bagian events. Di situ juga banyak events tidak hanya seminar kok, tapi juga konser musik yang berlangsung di Tanah Air.

Cara pembelian tiketnya pun gampang. Tinggal isi data diri secara lengkap. Misal nama, surat elektronik (e-mail), nomor telepon, kartu identitas, hingga nomor telepon.

Traveloka Xperience

Setelah lengkap, kita bisa lanjut ke metode pembayaran, mulai dari kartu debit, kartu kredit, transfer bank, minimarket (Alfamart & Indomaret), hingga e-banking.

Menariknya, jika memiliki kupon dari penyelenggara atau dari Traveloka langsung, kita bisa mendapatkan potongan harga. Begitu juga kita bisa menggunakan poin yang telah kita peroleh sebelumnya untuk kembali mendapatkan potongan harga.

Beres proses pembayaran, kita akan mendapatkan data pemesanan via e-mail. Pastikan jumlah yang ditransfer atau dibayarkan sesuai dengan arahan. Biasanya akan ada kode unik di belakang jumlah pembayaran untuk membedakan dengan pemesan lain.

Saat semua beres, tiket elektronik akan dikirimkan kembali ke e-mail. Kita langsung bisa memindai (scan) atau cetak tiket saat datang ke acara yang sudah dipesan. Begitu saja. Gampang dan cepat.

Sudah siap otak makin keren dengan #XperienceSeru di Traveloka Xperience yang makin beken? Yuk cobain, friends!

Traveloka Xperience. Teks: Didik Purwanto

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (9)

  • Ngomongin keuangan ini menarik banget, ya. Aku kadang insecure sendiri, dari kecil jarang banget mengenal hal-hal kayak gini. Jouska hebat banget, konsultan keuangan independen yang nolongin banget rang orang macam saya yang nggak melek literasi keuangan.

  • wah, ternyata banyak juga yang bisa didapatkan dari traveloka xperience ini . ga nyangka inovasinya bagus banget

  • Waaah.... Jouska ada bukunya juga? Biasanya cuma pantengin IG story nya doang sih....

  • Keren nih kak Didik, liburannya yang bisa nambah wawasan tentang keuangan. Asik juga kalo beli tiket untuk seminar keuangan di Traveloka Xperience ya, bisa dapat harga beda. Dan bener sih kalo enggak pesen tiket dulu pasti udah sold out

    • Iya, aku baru tahu ternyata Traveloka Xperience jual tiket seminar. Keren lagi acaranya. Kapan lagi bisa ikutan acara yang bikin otak keren kayak gini?

  • Wehhh, kak Didik cethaarr banget.
    Emang bener euy, walopun hobi traveling, kita jangan sampe boncosss kondisi finansialnya ya
    thanks to Traveloka Xperience and Jouska :D

    • Pasti itu mbak. Hura-hura boleh aja, asal jangan lupa kita masih punya masa depan yang tetap perlu uang.

  • Aku pilih yang pertama tuh. Boros menikmati hidup hihihi.. Tapi sekarang ada traveloka xperience, ya. Jadi soal biaya menikmati hidup pun bisa ditekan.

    • Hati-hati ya..promonya Traveloka Xperience itu menggiurkan banget loh.