Makin Produktif Dengan Windows Microsoft Office

Siapa bilang aplikasi Windows Microsoft Office cuma buat ngetik, bikin hitungan, atau mempersiapkan slide presentasi doank? Wah, kayaknya kalian harus baca ini deh. Banyak fitur terbaru Microsoft Office yang bikin kalian makin terbantu untuk produktif.

Mencoba fitur baru Microsoft Office 2019. Foto: Didik Purwanto
Mencoba fitur baru Microsoft Office 2019. Foto: Didik Purwanto
Mencoba fitur baru Microsoft Office 2019. Foto: Didik Purwanto

Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia Hadi Gunawan bilang, pabrikan laptop sekarang sudah memproduksi perangkat modern yang mampu menggantikan beberapa fungsi alat. Salah satunya, dulu kita mencatat di notebook (buku kertas).

“Namun dua tahun terakhir, saya tidak pernah memakai buku kertas lagi. Semua catatan saya di komputer (PC) modern dengan aplikasi Microsoft Office,” kata Hadi saat acara Microsoft Blogger Gathering, “Supercharged Productivity with Modern PC” yang digelar Microsoft Indonesia di HiveWorks Co-Work & Cafe, Jakarta, Jumat (27/9).

Dia mengibaratkan modern PC dengan sistem operasi serta aplikasinya seperti makan di restoran cepat saji. Zaman sekarang memang menuntut serba cepat. Tak mampu cepat, semua pasti tergilas.

Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia Hadi Gunawan saat presentasi di Jakarta, Jumat (27/9). Foto: Didik Purwanto
Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia Hadi Gunawan saat presentasi di Jakarta, Jumat (27/9). Foto: Didik Purwanto

Hadi bilang saat membeli makanan di restoran cepat saji, burger ini seperti modern PC (sebagai perangkatnya), minuman soda sebagai sistem operasi (OS), dan french fries sebagai aplikasinya.

“Harapannya, semua bisa kenyang makan di restoran cepat saji. Begitu juga saat memakai Windows Microsoft Office. Kita akan puas (mendapatkan pengalaman memakai Microsoft Office dengan modern PC) dan berujung produktif dalam pekerjaan,” ujar Hadi.

Channel Marketing Lead Microsoft Indonesia Indra Raharjo saat memberikan sambutan Blogger Gathering di Jakarta, Jumat (27/9). Foto: Didik Purwanto

Paket Terbaru Microsoft Office

Seperti restoran cepat saji, Microsoft pun punya paketan menu Office Home and Student serta Microsoft Office 365. Tentu saja, paketan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Hadi bilang, paketan Office for Home Student (OHS) punya aplikasi inti Office yang klasik seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Di sini kita tidak bisa mendapatkan aplikasi tambahan, hanya bisa dipakai di satu perangkat, instalasi di PC/Mac, tidak memiliki penyimpanan tambahan, dukungan hanya instalasi, dan hanya satu kali pembayaran. Paketan ini biasanya cocok untuk pelajar hingga mahasiswa.

Bagi profesional, pekerjaan kita akan semakin terbantu dengan fitur-fitur terbaru di Microsoft Office 365. Di sini, kita akan mendapatkan aplikasi premium Office, termasuk aplikasi tambahan Microsoft Outlook, Publisher, hingga Microsoft Access.

Meski juga hanya dipakai 1 pengguna, Microsoft Office 365 ini bisa digunakan di laptop berbasis Windows, Mac, perangkat ponsel maupun tablet berbasis iOS dan Android. Duh lengkap banget deh.

Microsoft Office 365 mendukung beberapa perangkat baik PC, tablet, Mac, ponsel berbasis iOS maupun Android. Foto: Didik Purwanto

Jadi, saat kita mengubah data tersebut di ponsel Android, data itu otomatis juga berubah di PC, Mac, maupun tablet. Bahkan di ponsel iPhone sekalipun karena semua terintegrasi. Kita tak perlu repot membawa banyak gawai untuk mengurus pekerjaan kita yang sudah bikin super pusing kepala sayHahaha..

Grafik penjelasan alasan harus memakai Microsoft Office. Grafik oleh Andreas Hartandi

Canggihnya lagi, dengan sistem berlangganan tahunan atau lebih, kita bisa mendapatkan tambahan penyimpanan komputasi awan (cloud) OneDrive sebesar 1 terabyte (TB). Gila ngga tuh?

“Hari gini kan sudah tidak zaman membawa harddisk (HDD). Selain rawan rusak dan data hilang, data di HDD bisa rawan terkena virus atau mallware,” kata Hadi.

Grafik penjelasan beda kinerja sistem HDD dan SSD. Grafik oleh Andreas Hartandi

Kelebihan Microsoft Office 365

Di Microsoft Office 365, banyak fitur yang bisa dimaksimalkan oleh profesional. Pekerjaan kita juga bakal banyak terbantu. Yuk kita ulas satu per satu fitur terbarunya.

  • Zoom

Bagi yang sering presentasi ke klien, kita bisa membuat hanya SATU slide di PowerPoint. Cara ini menghemat waktu kita dalam mengerjakan slide per slide dalam presentasi kita.

Fitur Zoom di Microsoft Office 365. Foto: Dokumen Microsoft
Fitur Zoom di Microsoft Office 365. Foto: Dokumen Microsoft
  • Dark Theme

Seperti di ponsel atau laptop, fitur ini menyuguhkan tema gelap di sebuah aplikasi Office, baik Word, Excel, PowerPoint, hingga Outlook. Fitur ini berguna bagi mata kita yang disesuaikan dengan kondisi cahaya.

Fitur Dark Theme memungkinkan pengguna menyesuaikan layar dengan kondisi mata. Foto: Didik Purwanto

“Misalnya kita sudah mengantuk atau tidak ingin silau karena layar terlalu terang, kita bisa membuat tema gelap di aplikasi Office kita. Asal jangan malah ngorok aja,” kata Hadi.

  • Calender

Jelang akhir tahun begini, biasanya kita repot cari kalender baru. Padahal kita bisa dengan mudah membuat sendiri dan dengan desain sendiri. Uniknya lagi, kita bisa mengerjakan itu dalam 2 DETIK. Iya benar hanya 2 detik.

Yang mengesankan, banyak ribuan template yang bisa kita pilih sesuai keinginan. Dengan kayak gini, kita bisa menghemat waktu, biaya, tenaga, dan pikiran kan?

Selain itu, kita bisa membuat jadwal absen karyawan dengan gampang. Menambahkan pola-polanya, mengubah hari, hingga penyesuaian per karyawan.

Fitur Calender yang memudahkan pengguna membuat jadwal absensi karyawan. Foto: Didik Purwanto
  • Smart Lookup

Fitur ini sangat cocok bagi blogger atau penulis atau seseorang yang membutuhkan fitur multitasking tanpa perlu membuka aplikasi lain. Misalnya, kita akan menerjemahkan beberapa paragraf artikel. Cara klasiknya, kita copy (salin) naskah, buka Google Translate, lalu tempel (paste). Setelah itu, kita baru lihat artinya, hingga menulis lagi di Word atau Notepad.

Fitur Smart Lookup untuk melihat terjemahan tanpa membuka aplikasi Translate. Foto: Didik Purwanto

Dengan fitur Smart Lookup, kita bisa langsung melihat arti terjemahan kata dalam satu layar yang sama, bahkan hanya sekali pencet.

  • Ink Math Assistant

Bagi yang kesulitan menyelesaikan soal Matematika, fitur ini bakal makin berguna. Aplikasi di OneNote ini bakal memecahkan soal matematika dalam waktu singkat. Tidak hanya hasilnya, langkah-langkah penyelesaian soal itu juga bakal diberikan.

Fitur ini cocok bagi orangtua yang bingung membantu pekerjaan rumah bagi anak. Mungkin juga sudah lupa cara menyelesaikan soal itu karena sudah lampau. Dengan fitur ini, kita seolah jadi pelajar paling cerdas.

Fitur Ink Math Assistant yang membantu penyelesaian soal matematika. Foto: Dokumen Microsoft
Menyelesaikan soal matematika menjadi menyenangkan. Foto: Dokumen Microsoft

Ingat, jangan dikasih tahu fitur ini ke anak. Nanti dia tidak belajar sendiri, malah komputer yang menyelesaikannya secara pribadi. Lebih cepat dan akurat lagi.

  • Designer

Buat pemanis saat presentasi, kita bisa menata dan menentukan gambar atau infografik dalam slide PowerPoint. Kita bisa secara mudah memilih gambar atau desain untuk ditampilkan dalam slide presentasi.

Fitur Designer di PowerPoint Office 365. Foto: Dokumen Microsoft
  • Morph

Beda dengan gambar fitur Designer yang hanya 2 dimensi, Morph akan menyediakan gambar dengan efek 3 dimensi. Kita bisa memasukkan gambar dinosaurus bergerak, diam, atau bahkan berlari. Atau gambar ikan, mata satu, bisa bergerak, atau bahkan diberi tato. Semua sesuai kreasi kita.

Fitur Morph dengan gambar 3 dimensi. Foto: Didik Purwanto
Fitur Morph dengan gambar 3 dimensi. Foto: Didik Purwanto

Buat blogger, fitur ini layak dicoba karena bisa dimasukkan dalam body text di blog. Kita bisa menyimpan file dokumen tersebut dalam format MP4 loor. Nanti kita tinggal unggah ke blog seperti layaknya memasukkan video.

Nah, mulai penasaran kan?

Electronic Software Delivery (ESD)

Hadi bilang semua fitur-fitur di atas hanya didapatkan pada Microsoft Office 365 yang asli atau orisinal, bukan bajakan ya.

Product Marketing Synnex Metrodata Indonesia Christianto Rasli saat paparan di Jakarta, Jumat (27/9). Foto: Didik Purwanto

Product Marketing Synnex Metrodata Indonesia Christianto Rasli bilang, pembelian perangkat lunak (software) saat ini makin gampang, tak perlu repot ke toko atau macet-macetan di tengah jalan.

Microsoft memiliki sistem Electronic Software Delivery (ESD) yang membuat proses pembelian software Microsoft Office 365 dan Microsoft Office Home and Student 2019 lebih mudah, lebih hemat, barang selalu tersedia, dan pengiriman dijamin aman.

“Selain itu, kita bisa selalu memperbarui software secara gampang (up to date), pengiriman lebih cepat, dan tanpa biaya pengiriman,” kata Christianto.

Microsoft Indonesia bekerja sama dengan JD.id dalam penjualan software tersebut secara ESD. Caranya, kita bisa membuka aplikasi JD.id, buka menu kategori, buka computer, office & peripherals, perangkat lunak, dan operating systems.

Tampilan e-commerce JDid untuk penjualan Microsoft Office. Dokumen: Didik Purwanto
Tampilan e-commerce JDid untuk penjualan Microsoft Office. Dokumen: Didik Purwanto

“Pelanggan akan dapat software asli tanpa media fisik (box). ESD merupakan solusi aman untuk bertransaksi online dan cepat,” ujar Christianto.

Di sana akan banyak pilihan paket penjualan Microsoft Office 365 dan Microsoft Office Home and Student 2019. Harganya dipatok mulai Rp 679 ribu. Wah murah banget loh. Ini untuk paketan setahun.

Setelah menyelesaikan transaksi pembelian, pelanggan akan mendapatkan kunci produk. Kita tinggal aktivasi software di perangkat kita tanpa perlu repot ke mana-mana.

Kalau pakai yang ori, data kita pasti dijamin aman. Malu donk pakai bajakan.

Blogger berfoto bersama selepas paparan dari Microsoft Indonesia. Foto: Dokumen Microsoft Indonesia

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (3)

  • Wow!
    Ini bisa ngebantu orang gaptek macam saya. Kalau lihat harganya, terjangkau banget karena aolikasinya banyak begitu.

    Btw, reviewnya lengkap banget. Detail.

  • Waaah, saya baru tau nih kak. Dan gak nyangka hanrganya terjangkau banget ya.

    So pasti malu donk pakai yg bajakan

    • Iya, murah padahal. Namun orang lebih suka beli bajakan sih. Perlu banyak edukasi sebenarnya soal keamanan software bajakan ini. Ntar kl datang hilang, pada protes deh.