Astra Financial Service Mitra Keuangan Termanis

Penyedia jasa keuangan di Indonesia makin berlimpah, khususnya di GIIAS 2019. Sayangnya, bukan menyelesaikan kasus tapi malah menimbulkan masalah.

Tengok saja rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) di perbankan dan rasio pembiayaan bermasalah (non-performing finance/NPF) di perusahaan pembiayaan.

Semakin besar NPL, maka semakin jelek kondisi penyaluran kredit atau pembiayaannya. Begitu juga sebaliknya.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Mei 2019, NPL gross perbankan sebesar 2,61 persen, meningkat tipis dari April 2019 sebesar 2,57 persen. NPL net di level 1,18 persen atau naik dari 1,15 persen. NPL gross pada Maret 2,51 persen dan NPL net 1,12 persen.

OJK sebagai regulator perbankan dan non-perbankan (pasar modal, perusahaan pembiayaan, asuransi jiwa, asuransi umum) terus mendorong lembaga keuangan dan non-keuangan di bawahnya agar menjaga rasio NPL dan NPF tersebut.

Hal ini diperlukan agar industri perbankan dan non-bank tumbuh secara sehat dan berdampak baik bagi perekonomian.

Salah satu cara untuk menjaga agar rasio NPL dan NPF tetap terjaga yakni menyediakan solusi satu pintu dalam penyediaan kebutuhan masyarakat.

Contoh gampangnya nih, kita akan beli mobil baru atau bekas. Tentu kita akan datang ke showroom mobil untuk melihat mobil yang diinginkan.

Saat tidak punya uang tunai (cash), tentu kita memilih kredit motor atau kredit mobil donk. Saat butuh cicilan, kita bisa datang ke perbankan atau perusahaan pembiayaan.

Beres soal cicilan, kita tentu memproteksi diri, baik kendaraannya maupun orangnya. Jika semua terproteksi, tentu semua aman dan tenang. Kita mengejar rezeki juga nyaman. Bukan begitu, kan?

Masalahnya, semua urusan menjadi repot jika kita memilih penyedia jasa keuangan tersebut berbeda, mulai dari dealer mobil, perusahaan pembiayaan, perbankan, hingga perusahaan asuransinya.

Setiap bulan kita harus datang ke perusahaan tersebut untuk mengurus pembayaran. Memang sih sekarang zamannya e-banking, tapi tentu saja merepotkan.

Nah, bagaimana kalau ada layanan yang cukup satu pintu tapi mampu mengurus itu semua?

Hah? emang ada? Selama ini ya emang harus datang ke perusahaan berbeda. Apalagi untuk mengejar promo diskon atau cashback. Maklum zaman sekarang produk tak akan laku tanpa promo diskon-diskonan.

Eittttzzz…sudah tahu Astra Financial Service, belum?

PENGETAHUAN TENTANG ASTRA FINANCIAL

Ini tuh salah satu divisi dari PT Astra International Tbk (ASII). Perusahaan ini memiliki tujuh lini bisnis, yakni otomotif, layanan keuangan, alat berat, pertambangan, konstruksi, energi, agribisnis, infrastruktur dan logistik, informasi dan teknologi, serta properti.

Nah, Astra Financial ini masuk dalam divisi layanan keuangan milik PT Astra International Tbk (ASII) tersebut. Bisnis layanan keuangan Astra International sendiri sudah berdiri sejak tahun 1982. Wah..lebih tua dari umurku loh. Lama juga ya..

Dengan mampu eksis hingga sekarang menandakan layanan keuangan tersebut dipercaya nasabah atau pelanggannya.

Buktinya lagi, Astra Financial kini memiliki 11 entitas dalam tujuh divisi di bawahnya. Nih aku sebutkan ya biar semua jelas. Biar bukan dikira perusahaan bodong.

⁃           Perbankan (PermataBank)

⁃           Pembiayaan (Astra Credit Companies/ACC, Federal International Finance/FIF, Toyota Astra Finance/TAF, Surya Artha Nusantara Finance, dan Komatsu Astra Finance)

⁃           Asuransi umum (Asuransi Astra)

⁃           Asuransi jiwa (Astra Life)

⁃           Venture Capital (Astra Ventura)

⁃           Perusahaan teknologi keuangan (Astra Welab Digital Artha)

⁃           Dana pensiun (Dana Pensiun Artha)

Hingga akhir Juni 2018, Astra Financial memiliki total aset Rp 284 triliun, yang didukung 32.534 karyawan dan 2.344 jaringan di seluruh Indonesia.

Dengan jaringan yang luas itu, kita akan merasa aman dan nyaman kalau membeli produknya. Semua urusan beres.

Nah, apa kaitannya NPL tadi dengan Astra Financial? Apa kaitannya juga kalau aku mau kredit mobil? Emang dapat diskon kalau beli di Astra Financial?

Sabar bosss..

Aku akan jelasin pelan-pelan ya biar semua jelas dan tuntas.

Sejak 18 Juli hingga 28 Juli ini, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) sedang ada acara pameran mobil baru GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Tahun ini sudah menjadi tahun ke-27 kali loh ajang GIIAS tersebut.

Kebetulan sekali, Astra Financial tahun ini menjadi Sponsor Platinum di GIIAS 2019. Banyak kegiatan pameran otomotif, termasuk promo diskon di GIIAS ini.

Mau tahu apa saja promo diskonnya? Yuk cekidot. #SenyumAstraFinancial

PENAWARAN KHUSUS GIIAS dari ASTRA FINANCIAL:

⁃           Booth Astra Financial (Hall 2 GIIAS 2019)

Di sini kalian bisa mengikuti kegiatan seru “I Care, I Share” di booth utama Astra Financial di GIIAS 2019.

Kalian bisa menulis tujuan keuangan (financial goals) di GIIAS melalui permainan digital. Setiap goal yang kalian tulis melalui permainan tersebut akan dikonversikan dalam bentuk donasi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di Tangerang.

Nah, kalian bisa melihat salah satu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan Astra International di sini.

Putra bungsu Presiden RI, Kaesang Pangarep sudah turut ikutan “menulis” financial goals lewat games digital ini. Kalian mau ikutan juga ke GIIAS?

Serunya lagi, kalian bisa melihat sekaligus ikut bermain game lain di GIIAS 2019 ini. Kalau beruntung, kalian akan mendapatkan merchandise ekslusif dari Astra Financial. Asyiiik..

⁃           Booth ACC dan TAF (Nusantara Hall GIIAS 2019)

Mau iPhone XS atau Apple Watch? Kuy datang ke GIIAS, khususnya ke booth Astra Credit Companies/ACC dan Toyota Astra Finance/TAF di Nusantara Hall.

Dua perusahaan pembiayaan Astra Financial ini ngasih Bunga Spesial mulai dari 0 persen dengan tenor 1 tahun dan uang muka (down payment/DP) 25 persen, serta angsuran pertama dibayar di muka ya. Ini untuk setiap Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Menariknya lagi, ada potongan Rp 1 juta biaya admin. Hari gini ngga dimanfaatin? Rugiii..Makanya lekas ke GIIAS di ICE BSD.

Perusahaan ACC ini sudah berpengalaman dalam pembiayaan automotif (mobil baru dan bekas) sejak 1982. Hingga kini sudah memiliki 75 kantor cabang di Indonesia. Banyak juga loh.

TAF menjadi perusahaan kredit mobil 0% sejak 2006. Kalian yang mau membeli kredit mobil Toyota, Daihatsu, dan Lexus, pembiayaan investasi dan modal kerja, bisa mencari informasi di booth TAF atau di 36 kantor cabangnya juga. Ajang pameran GIIAS ini emang komplit menyediakan kredit mobil murah sesuai kebutuhan kita.

⁃           Booth Federal International Finance/FIFGroup (Hall 9 GIIAS 2019)

Di GIIAS 2019 ini, kita juga bisa melihat pameran otomotif sepeda motor. Bagi yang tidak punya duit cash, bisa cari kredit motor ke booth FIFGROUP.

Selama GIIAS 2019, ada program bunga 0 persen dengan tenor setahun dan DP mulai dari 20 persen. Namun DP itu hanya berlaku untuk sepeda motor Honda Vario dan Honda Beat Series aja ya.

Kalian juga bisa hemat angsuran hingga Rp 3,5 juta dengan kredit di FIFGROUP. Wah, menang banyak kita. Hehehe..

Pengajuan Big Bike (melalui FIF) di GIIAS tersebut juga bisa mendapat hadiah langsung iPhone XS, Apple Watch, dan hadiah lainnya. Ada lagi Lucky Draw Helm & Jaket keren di booth FIFGROUP. Kuy meluncur ke GIIAS.

⁃           Booth PermataBank (Hall 7 GIIAS 2019)

Sudah punya rekening bank, belum? Ayo donk bikin rekening juga di PermataBank kayak aku.

Menabung di PermataME dari PermataBank banyak keunggulan. Foto: Didik Purwanto

Di GIIAS 2019 ini, kalian bisa dapat Cashback 10 persen hingga Rp 500 ribu per bulan, Cashback 100 persen untuk transaksi pertama, dan Gratis Tarik tunai di semua ATM Bank mana saja. Ini kalau kalian membuka rekening Permata Tabungan Bebas ya.

Bagi yang belum punya kartu kredit, yuk sekalian bikin Astra World PermataCard. Dengan kartu itu, kalian bisa mendapatkan Cashback 10 persen di SPBU dan Cashback hingga Rp 500 ribu untuk aplikasi yang disetujui dan telah bertransaksi . Asyiknyaaa…Yuk segera buka tabungan PermataBank di GIIAS 2019.

⁃           Booth Asuransi Astra (Hall 10 GIIAS 2019)

Kalian yang datang ke booth GIIAS ini akan mendapatkan Gratis Gift Set untuk 150 pembeli tunai pertama asuransi komprehensif Garda Oto.

Sebagai informasi, produk Asuransi Astra meliputi Garda Oto, Garda Motor, Garda Medika, HappyOne.id, asuransi komersil dan syariah. Bagi yang belum tahu HappyOne.id, bisa dicek di sini.

           Booth Astra Life (Hall 3 GIIAS 2019)

Mau ketemu Hamish Daud? Kuy meluncur ke GIIAS. Suami penyanyi Raisa ini bakal ngasih ilmu soal pentingnya berasuransi loh.

Bagi yang membeli asuransi jiwa individu saat di pameran GIIAS, Astra Life akan memberikan special cashback dan perlindungan jiwa untuk kredit kendaraan khusus nasabah TAF dan ACC.

Special Cashback dan customer rewards juga diberikan untuk pembelian produk Asuransi Jiwa saat pameran GIIAS.

Kurang menarik lagi apa coba?

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (ketiga depan dari kanan) bersama petinggi Astra International di ICE BSD, Tangerang, Kamis (18/7). Foto: Bloggercrony

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat peluncuran Astra Financial di gelaran GIIAS 2019 meminta lembaga jasa keuangan, terutama Astra Financial mampu menciptakan pembiayaan menarik bagi masyarakat. Harapannya, masyarakat semakin mudah dalam membeli kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

“Saya ikut memberi dorongan agar pertumbuhan industri automotif tinggi. Masyarakat bisa mendapatkan akses pembayaran sehingga memperluas ekonomi kita,” ujar Wimboh seperti dikutip dari Kompas.com.

Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin bilang, Astra Financial kali kedua menjadi sponsor utama GIIAS. Perusahaan akan menawarkan berbagai program menarik saat pameran GIIAS ini. “Ini sesuai komitmen untuk memajukan industri automotif nasional,” katanya saat peresmian Astra Financial di GIIAS 2019.

Dengan solusi layanan keuangan secara menyeluruh dan terintegrasi dari Astra Financial, bukan tidak mungkin rasio kredit bermasalah (NPL) dan rasio pembiayaan bermasalah (NPF) akan menurun.

Tentunya, masing-masing divisi perusahaan di bawah Astra Financial memiliki mekanisme tertentu sesuai ketentuan regulator (OJK) dalam menjaga kredit atau pembiayaannya.

Setidaknya, dengan layanan satu pintu untuk semua jenis layanan keuangan dari Astra Financial akan bikin hidup kita makin nyaman dan semakin dimudahkan.

Astra Financial Service emang Mitra Keuangan Termanis.

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (18)

  • Astra Financial memang terkece ya mas. Keren loh sudah kedua kalinya menjadi sponsor utama GIIAS. Bisa banget astra financial jadi pilihan dalam pembiayaan kendaraan ;)

  • Iyaaa...
    Kemarin pas di GIIAS juga main ke booth Astra Financials.
    Dan yang di booth hall utama, kan besar banget tuuh...sempet dijelasin banyak hal tentang Permata Bank.

    Nyesel banget gak jadi nasabah Permata Bank saat acara.

  • Kalau ada pelayanan yang lebih cepat dan nyaman ya kenapa tidak, apalagi kalau banyak promo dan bonus menarik, hahaha

  • Seru banget penawaran-penawaran yang ada di GIIAS. Ah, andai deket, aku dateng deh.

  • Astra Financial nih memiliki beberapa jasa lembaga keuangan ya, saya pernah pakai JLK yang FIF buat pembiayaan motor

  • Sepertinya dunia pinjam meminjam dah jd habit org Indonesia yak. Meskipun banyak yg kredit macet tapi aku salut sama Astra finance ini tetap solid dalam hal pembiayaan

  • penawaran yg disediakan Astra Financial di GIIAS bisa banget direkomendasikan ke keluarga ataupun teman2 yg tertarik membeli mobil baru.. sangat menguntungkan!

  • Eventnya adanya setahun sekali ya GIIAS ini kak. Ak penhen bisa menyaksikan langsung keseruannya. Memgenal astra lebih dekat apalagi banyak booth yang menyediakan hadiah hahaha

  • Kmren pas di GIIAS banyak penawaran pas di booth astra financial seperti bisa kredit mobil dan banyak hadiahnya

  • Berarti aku cocok tuh mas pake astra financial, kan akunya manis terus pake yang manis ea.......tapi memang diakui kalau prduk astra termasuk financialnya keren