OPPO F11, Desain Ciamik Kamera Apik

Ponsel pintar (smartphone) dengan desain menarik nan-apik kian banyak bertebaran. Namun, OPPO F11 menawarkan penampilan berbeda dengan sederet kemewahan. Apa saja? Yuk simak.

OPPO F11, ponsel, OPPO, smartphone

Ponsel OPPO F11 berdesain glossy sehingga memberikan kesan mewah dan elegan. Foto: Bayu Indra Kahuripan

DESAIN OPPO F11

Ponsel ini mempunyai bentang 6,53 inci dengan resolusi IPS LCD dan model layar berponi tetesan air (waterdrop screen). Meski punya poni, layar OPPO F11 dengan aspek rasio 19,5:9 ini sangat nyaman untuk menonton video, foto (dengan kamera belakang maupun kamera depan) atau hanya bersosmed ria.

Menikmati fitur hiburan di ponsel OPPO F11 bukan halangan. Layarnya yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass pun tahan guncangan, apalagi terkena cakaran tangan mantan. Eaaa..

Dari tampilan bodi belakang, OPPO F11 dibalut tampilan elegan. Dua warna menjadi pilihan, Fluorite Purple dan Marble Green. Aku sengaja memilih hijau karena jarang dimiliki orang lain. Bagi cowok, warna ini masih tampak maskulin.

Namun, ini bukan hijau biasa loh. Tampilannya yang mengkilat memberi kesan sepintas warna hijau di bagian atas. Di bagian bawah, warna hitam membalut separuh bodi sehingga muncul gradasi perpaduan kedua warna ini.

Masih di bodi belakang, OPPO F11 menyematkan dua kamera dengan aksen emas melingkarinya secara vertikal. Di bawahnya, terpatri lampu LED flash dan fitur pemindai sidik jari (fingerprint sensor). Logo OPPO dengan torehan warna emas serta desaigned by OPPO tertulis rapi secara jelas di bawahnya.

Di sisi bawah bodi, tersedia colokan jack audio 3,5 mm, microphone, colokan catu daya (charger), dan speaker. Tombol power dengan aksen hijau di tengah terpatri di sisi bagian kanan. Di sisi kiri bodi, tersedia tombol volume dan slot kartu SIM dengan model hybrid (bisa dua kartu SIM sekaligus atau satu kartu SIM dan satu memori eksternal).

Buat ditenteng, OPPO F11 sangat nyaman dalam genggaman. Warna gradasinya makin mentereng, memberi kesan seperti bukan ponsel murahan. Karena mengkilat, bodi belakang ini sering menyisakan sidik jari. Untungnya, OPPO sudah menyertakan jelly case warna bening agar mempertahankan kecantikan bodi belakang tanpa bekas jari tangan.

Buat mejeng, kilauan bodinya sangat memukau. Diletakkan di atas meja, OPPO F11 tak akan disangka ponsel kelas menengah dengan fitur melimpah dan desain mewah.

OPPO F11, ponsel, OPPO, smartphone

OPPO F11 dibekali RAM 4GB dan ROM 128GB. Foto: Bayu Indra Kahuripan

PERFORMA OOPO F11

OPPO F11 dibekali RAM 4GB dan ROM 128GB. Tak puas dengan ROM itu, bisa ditambah lagi dengan kartu memori eksternal berkapasitas maksimal 256GB.

Kok bisa segede itu? Maklum saja, kualitas kamera OPPO F11 juga gede. Dengan kameranya yang apik, tentu kita akan doyan foto, selfie, bikin video atau menyimpan film berkapasitas besar. Menikmati konten hiburan di genggaman OPPO F11 pun semakin meriah.

Jeroannya menjalankan sistem operasi ColorOS 6 berbasis Android 9 Pie. Tampilannya bersih dan gampang dioperasikan.

Yang paling kusuka dari sistem operasi khas OPPO, yakni fitur penangkap gambar (screen capture) yang hanya perlu menyapukan tiga jari dari atas ke bawah layar.

Lebih praktis lagi, OPPO F11 juga memiliki fitur khusus dengan menyapu dari kanan layar, berupa tombok khusus kamera, screenshot, screen recorder, pesan (message), atau aplikasi lainnya yang bisa dipilih sebagai jalan pintas. Enam aplikasi bisa dipilih khusus sebagai jalur pintas ini.

Kerennya lagi, OPPO F11 mempunyai fitur assistive ball. Gunanya, untuk navigasi. Jadi kita tidak perlu menekan home atau back di bawah layar. Fitur ini cocok digunakan dalam mode satu tangan.

Dari dapur pacunya, OPPO F11 dibekali chipset MediaTek Helio P70. Di kelas menengah, ponsel ini terbilang gegas untuk bermain game. Permainan game berat seperti PUBG mampu dimainkan secara apik dengan grafik menengah.

OPPO F11, ponsel, OPPO, smartphone

Hasil kamera OPPO F11 memberikan detail objek dengan warna yang akurat sesuai asli, Foto: Didik Purwanto

BATERAI OPPO F11

OPPO F11 dibekali baterai berkapasitas 4.020 mAh. Kapasitas tersebut terbilang besar untuk menghidupi bentang layar lebar ini.

Dengan kapasitas baterai besar, OPPO F11 tidak khawatir kehabisan gaya. Bagi yang sering bepergian, tidak perlu bawa powerbank karena ponsel ini sangat hemat daya.

Bagiku yang sering update media sosial, ngobrol di grup WhatsApp yang super banyak, chat di Telegram, update foto dan video di Instagram, hingga streaming video di YouTube atau layanan streaming film, OPPO F11 bisa melibasnya.

Aktivitasku yang banyak mengandalkan ponsel setiap hari, tidak perlu risau karena kehabisan baterai. Dengan segudang aktivitas tadi, ponsel bisa bertahan lebih dari seharian. Kalau habis, cukup colokkan catu daya (charger) OPPO F11 berkapasitas 5 volt 4 ampere ini.

Asyiknya, OPPO F11 mengadopsi catu daya super cepat VOOC 3.0 flash charge. Untuk pengisian penuh dari 0% sampai 100%, hanya butuh sekitar 80 menit. Keren, kan?

HASIL KAMERA OPPO F11

Ponsel OPPO selalu terbilang wah untuk kualitas kameranya. Di lini OPPO F11, kamera depan dibekali resolusi 16MP dengan bukaan f/2.0. Kamera depannya ini ditaruh di sisi poni bagian depan layar.

OPPO F11, ponsel, OPPO, smartphone

Hasil kamera depan OPPO F11 memberikan efek wide lens sehingga lebih lebar mengambil gambar. Foto: Bayu Indra Kahuripan

Kamera belakangnya disematkan resolusi 48MP dengan bukaan f/1.79 dan kamera kedua dengan resolusi 5MP serta bukaan f/2.4.

Dengan bukaan kecil itu, OPPO F11 mampu menangkap gambar meski dalam keadaan gelap. Caranya, tinggal aktifkan fitur ultra night mode di bagian kamera. Saat membuka fitur kamera, tekan tombol tiga baris di sisi kiri, pilih mode malam.

OPPO F11, ponsel, OPPO, smartphone

Hasil kamera depan OPPO F11 dengan mode malam, memberikan detail lebih jelas. Foto: Didik Purwanto

Untuk memotret dalam keadaan gelap, kita perlu sekitar 4 detik untuk membidiknya. Usahakan dalam posisi stabil, jangan goyang.

Beda saat memotret dengan mode auto, objek yang dibidik dengan mode malam memberikan kesan lebih mendetail. Warna yang dikeluarkan juga lebih pekat dan tegas.

Saat mengaktifkan fitur kecerdasan buatan (Artificial intelligence/AI), gambar juga tampak lebih detail dan lebih terang. Caranya, buka fitur kamera. Di bagian setting pojok kanan atas layar, tekan dan pilih aktifkan pengenalan scene AI. Ada 23 pilihan mode AI di fitur ini.

Buat yang ingin mempercantik wajah tanpa ke salon, OPPO F11 sudah dibekali fitur beauty. Fitur Dazzle Color Mode juga bikin wajah atau pemandangan terlihat lebih detail dengan saturasi warna yang enak di mata.

OPPO F11, ponsel, OPPO, smartphone

Hasil kamera belakang OPPO F11 yang mampu membidik objek dengan sudut pandang lebih lebar. Foto: Didik Purwanto

Asyiknya lagi, pengguna bisa menyematkan watermark (tanda air) di bagian pengaturan (setting) saat membuka fitur kamera. Di sisi kanan atas layar, tekan dan aktifkan tanda airnya. Isi dengan nama yang kalian inginkan. Asyik, bukan?

KESIMPULAN OPPO F11

Desain ciamik OPPO F11 bikin ponsel ini naik kelas. Dibanderol Rp 3,999 juta, fitur ponsel di kelas menengah ini  tak kalah dengan ponsel flagship. Malah pengguna diuntungkan karena desain ponsel flagship diterapkan di ponsel kelas menengah ini. Salut OPPO.

Buat pencari kamera berponsel, OPPO F11 mampu diandalkan di setiap suasana, bahkan di kondisi gelap. Pose di segala kondisi, sudah bukan halangan lagi.

OPPO F11 adalah smartphone yang  trendi, stylish, dan kekinian. Untuk itulah, OPPO F11 dibalut desain ciamik dengan fitur serba apik, dan bikin penggunanya makin dilirik. Asyik.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek di sini.

OPPO F11, ponsel, OPPO, smartphone

Hasil kamera OPPO F11 yang mampu membidik objek dengan detail mumpuni. Cocok untuk street photography. Foto: Didik Purwanto

 

Share This :

10 comments to “OPPO F11, Desain Ciamik Kamera Apik”
  1. oppo yah terus-terusan ngasih pilihan hp yang berkualitas dengan harga terjangkau, yang terbaru ini bikin makin mupeng aja deh, apalagi kalau ibu2 kaya aq yang demen foto2, hihihi

  2. Dari mulai RAM, Kamera, Sama pefromanya oke juga sepertinya si oppo ini. Yang paling penting si batrenya tahan lama biar dibawa ke mana aja gak khawatir batre cepet abis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *