Tips Beli Rumah Murah di Bandung

Sama halnya dengan kota-kota lain di Indonesia, membeli rumah murah di Bandung kian hari terasa semakin sulit saja.

Tingginya harga rumah tapak, serta kurangnya ketersediaan rumah murah di Bandung, membuat banyak orang memutuskan untuk mengontrak rumah daripada membeli rumah pribadi.

Ingin Membeli Rumah Murah di Bandung Lakukan Over Kredit Rumah

Ingin Membeli Rumah Murah di Bandung Lakukan Over Kredit Rumah. Foto: CNBC.com

Enggak salah, jika kamu lebih memilih mengontrak rumah, yang penting hal tersebut sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

Apabila kamu yang masih ingin memiliki sebuah rumah murah di Bandung, kamu tetap bisa mewujudkan mimpi tersebut kok, caranya dengan membeli over kredit rumah.

Dengan over kredit rumah, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit daripada kamu membeli sebuah rumah baru.

Lantas, apa sih itu over kredit rumah? Kenapa dengan over kredit rumah biayanya jadi lebih murah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita simak penjabaran selanjutnya di bawah ini ya.

Apa itu over kredit rumah?

apa itu over kredit rumah

Simulasi over kredit rumah. Foto: (Moneymax)

 

Sebelum kamu melakukan over kredit rumah murah di Bandung, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu, apa itu over kredit rumah?

Singkatnya, over kredit rumah adalah proses pengalihan kredit rumah dari pihak debitur lama ke pihak debitur baru.

contohnya, jika kamu membeli rumah murah di Bandung menggunakan KPR dengan jangka waktu selama 20 tahun. Tetapi, pada tahun ke 10 kamu ingin menjual rumah tersebut kepada orang lain.

Maka, pembeli rumahmu nantinya dapat membeli rumahmu dengan skeman serta harga yang telah kalian sepakati bersama.

Bisa dengan membayar sejumlah uang yang kamu minta sebagai penjual, ditambah dengan sisa biaya kredit rumah, yang tujuannya agar kamu sebagai pemilik rumah dapat melunasi rumah tersebut.

Atau, pembeli dapat membayar seharga yang kamu minta, kemudian meneruskan sendiri kredit rumah tersebut sampai selesai.

Intinya, dalam melakukan over kredit rumah, kita akan menggantikan pembayaran angsuran orang lain yang rumahnya kita beli.

Selain cara di atas, ada dua cara lain yang dapat kamu melalukan untuk over kredit rumah murah di Bandung, yang akan saya jabarkan di poin berikutnya.

Cara over kredit rumah

Di Bandung sendiri, terdapat banyak sekali rumah yang dijual dengan cara over kredit. Alasannya bisa beragam, ada yang tidak mampu membayar cicilan, sampai alasan ingin melakukan pindah rumah.

Namun, sebelum kamu memutuskan membeli rumah murah di Bandung tersebut, ada beberapa cara yang penting untuk diperhatikan dalam melakukan over kredit rumah.

Hal ini penting, sebab cara kamu melakukan over kredit rumah dapat mempengaruhi legalitas dokumen rumah yang telah kamu beli.

Jangan sampai, pada saat ingin mengambil sertifikat rumah di bank, kamu mengalami kendala legalitas dari rumah tersebut.

Oleh sebab itu, berikut dua cara over kredit rumah secara aman.

 

  • Lakukan langsung melalui bank
Cara Over Kredit Rumah, Lakukan langsung di bank

Cara Over Kredit Rumah, Lakukan langsung di bank Foto: Lendgreen.com

Cara over kredit rumah murah di Bandung yang satu ini merupakan cara yang paling aman dan resmi untuk dilakukan.

Prosesnya adalah, penjual dan pembeli rumah mendatangi bank untuk melakukan proses over kredit rumah.

Selanjutnya pihak bank akan melakukan analisa terhadap kemampuan finansial pembeli yang akan meneruskan angsuran rumah tersebut.

Apabila disetujui, maka debitur baru rumah tersebut akan beralih ke tangan pembeli, kemudian ia akan diminta untuk menandatangani perjanjian kredit baru, beserta akta jual beli dan SKMHT.

Perlu diingat, bahwa proses ini mungkin membutuhkan sejumlah dana, mulai dari biaya over kredit rumah, biaya notaris, asuransi, serta biaya-biaya lain yang diperlukan.

 

  • Over kredit rumah melalui notaris
Over kredit rumah melalui notaris

Over kredit rumah melalui notaris. Foto: Gorham Savings Bank

Jika biaya over kredit rumah melalui bank dirasa sangat berbelit-belit dan membutuhkan banyak biaya, kamu bisa melakukan over kredit rumah melalui notaris.

Cara ini memang lebih murah dan lebih cepat dibandingkan over kredit rumah melalui bank. Selain itu, cara ini juga termasuk aman secara hukum, karena dilaksanakan di hadapan pejabat yang berwenang.

Dalam melalukan over kredit rumah melalui notaris, nantinya penjual dan pembeli rumah diwajibkan menyertakan beberapa dokumen oleh notaris, antara lain:

  • Fotokopi perjanjian kredit
  • Fotokopi sertifikat rumah (yang berstempel resmi dari bank)
  • Fotokopi IMB
  • Fotokopi PBB yang sudah dibayar
  • Fotokopi bukti pembayaran angsuran
  • Buku tabungan dengan nomor rekening yang diperuntukan sebagai pembayaran angsuran
  • Data diri penjual dan pembeli, seperti KTP, KK, buku nikah, dan sebagainya

Setelah melengkapi segala dokumen yang diminta oleh notaris, selanjutnya notaris akan membuat akta jual beli atas pengalihan hak dan kewajiban dari rumah tersebut, seperti melunasi angsuran dan mengambil sertifikat rumah.

Kemudian, pihak penjual juga membuat surat pernyataan atau pemberitahuan yang ditujukan kepada pihak bank, yang maksudnya untuk memberitahukan bahwa telah terjadi alih kewajiban dan hak atas kredit dari rumah tersebut.

Saya sarankan, jangan pernah melakukan over kredit rumah di bawah tangan, atau tanpa sepengetahuan pihak terkait dan berwenang melakukan over kredit rumah.

Pasalnya, over kredit yang dilakukan di bawah tangan dapat berisiko terhadap legalitas dan keamanan jual beli rumah over kredit tersebut.

 

Rekomendasi rumah murah di Bandung

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, banyak sekali rumah murah di Bandung yang dijual secara over kredit.

Tidak sulit untuk mencari rumah-rumah tersebut. Jika kamu berminat, berikut ini saya akan memberikan rekomendasi rumah murah di Bandung yang dapat kamu beli secara over kredit.

 

  • Rumah murah di Bandung kawasan Mandalajati

 

Rumah murah di Bandung kawasan Mandalajati

Rumah murah di Bandung kawasan Mandalajati. Foto: 99.co/id

Rekomendasi rumah murah di Bandung pertama merupakan sebuah rumah di kawasan Jatihandap, Mandalajati, Bandung.

Dibangun di atas lahan seluas 135 meter persegi, dengan luas bangunan 60 meter persegi, rumah minimalis ini dilengkapi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan halaman yang cukup luas.

Karena menggunakan skema over kredit, rumah yang satu ini dibanderol dengan harga Rp160 juta, dengan cicilan Rp6 juta-an.

 

  • Rumah murah di Bandung kawasan Soreang
Rumah murah di Bandung kawasan Soreang

Rumah murah di Bandung kawasan Soreang. Foto: 99.co/id

Selanjutnya, rekomendasi rumah murah di Bandung yang satu ini terletak di sebuah perumahan bernama Seroja Home Residence 2, Sekarwangi, Soreang, Bandung.

Memiliki tipe rumah 45/115, rumah ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang tamu yang luas, dapur, carport, serta sebuah halaman kecil di depan rumah.

Untuk harganya sendiri, pemilik rumah mematok harga sebesar Rp140 juta, dengan biaya cicilan Rp5 juta per bulan selama 20 tahun. Saat ini, rumah murah di Bandung ini telah diangsur selama 12 bulan.

 

  • Rumah murah di Bandung kawasan Cileunyi
Rumah murah di Bandung kawasan Cileunyi

Rumah murah di Bandung kawasan Cileunyi. Foto: 99.co/id

Rekomendasi rumah murah di Bandung terakhir yang dapat dibeli dengan skema over kredit adalah sebuah rumah di kawasan Cinunuk, Cileunyi, Bandung.

Angsuran rumah ini sendiri sudah berjalan selama 12 bulan, dengan sisa cicilan 19 tahun. Pemilik rumah sendiri mematok hara Rp125 juta, dengan cicilan Rp5,2 juta-an per bulannya.

Untuk kamu yang berminat untuk over kredit rumah murah di Bandung ini, rumah tersebut memiliki lahan seluas 108 meter persegi, dengan luas bangunan 60 meter persegi.

Serta, dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarg, dapur, carport, dan taman kecil di depan rumahnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait ketiga rumah murah di Bandung di atas, kamu dapat mengunjungi situs jual beli rumah terbesar dan terpercaya di tanah air, 99.co Indonesia.

Semoga tulisan saya kali ini bermanfaat untuk kita semua.

Selamat membeli rumah murah!

Share This :

2 comments to “Tips Beli Rumah Murah di Bandung”
  1. Yap, over kredit bisa jadi salah satu solusi dapat property murah. Kalau saya sih pernahnya over kredit mobil. Jadi hanya ganti DP, sedangkan cicilan yang sudah jalan 7 bulan dikasih bonus sama pemilik sebelumnya.

  2. Wah ini cuma di Bandung aja yah rumah murahnya? Ngga ada di Makassar mas? Hehe. Kemarin abis musibah di Palu saya sama keluarga nyari2 rumah di Makassar biar bisa tinggal di Makassar. Makanya suka cari artikel kayak gini. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *