Ini 6 Mobil Tercepat di Dunia

Tidak semua orang memiliki kesempatan berada di belakang kemudi untuk mengendalikan mobil. Namun, semua orang bisa bermimpi memiliki kendaraan yang diidamkan.

Termasuk kalian bisa memimpikan bisa mengendarai lima mobil tercepat di dunia yang beredar saat ini.

Untuk bisa dibilang tercepat, kendaraan tersebut dihitung berdasarkan performa hingga harga. Berikut enam kendaraan tercepat di dunia tersebut:

Hennessey Venom F5

Hennessey menjadi produsen mobil yang mengklaim memiliki kecepatan tertinggi di dunia. Sebagai penerus Venom GT, Hennessey Performance Engineering merilis Venom F5 dengan kecepatan hingga 301 mph.

Hennessey Venom F5. Foto: Hennessey

Venom F5 memakai sasis dari carbon fiber dan ditenagai 1.600 horsepower. Hennessey memang belum melegitimasi klaimnya, tapi Venom F5 dilaporkan mampu berlari dari nol hingga 249 mph dan kembali ke nol hanya dalam waktu kurang dari 30 detik.

SSC Tuatara 

Manufaktur kendaraan asal Amerika Serikat ini cukup lama tak menelurkan produk baru. Tujuh tahun lalu, SSC merilis penerus suksesor Ultima Aero hypercar.

Saat itu, SSC mengklaim Tuatara selanjutnya mampu menghasilkan mobil dengan kecepatan 265 mph. Namun, saat SSC merilis kendaraan terbaru di ajang Concours dÉlegance tahun ini, ternyata mobil tersebut mampu menghasilkan kecepatan hingga 300 mph.

SSC Tuatara. Foto: wikipedia

Memakai mesin dari Nelson Racing Engine, Tuatara mampu ngebut dengan 1.750 horsepower saat menjalankan bahan bakar E85 (biodiesel).

Tenaga tersebut dialirkan ke roda belakang melalui gearbox manual dengan tujuh kecepatan otomatis. Tenaga sebesar ini dikombinasikan dengan bodi mobil aerodinamisnya sehingga SSC memasukkan jenis mobil tersebut ke buku sejarahnya.

Satu-satunya pertanyaan tersisa, yakni apakah Hennessey atau Koeningsegg menjadi yang pertama memproduksi mobil dengan kecepatan 300 mph.

Koenigsegg Agera RS

Jika Anda ingin bukti ada mobil yang dapat melaju cepat di dunia, Koenigsegg Agera RS jawabannya. Jika Hennessey Venom F5 mengklaim dapat melaju lebih dari 300 mph, Koenigsegg sebenarnya sudah menunjukkan Agera RS dapat menurunkan kecepatan tertinggi rata-rata 278 mph. Bagaimana cara produsen asal Swedia ini bisa segila itu?

Mobil Koenigsegg. Foto: Koenigsegg

Pada 4 November 2017, Departemen Perhubungan Nevada menutup jalan sepanjang 11 mil (17,70 kilometer) di luar Las Vegas. Koenigsegg muncul dengan Agera RS yang dimiliki pelanggan.

Pengemudi pabrik Koenigsegg Niklas Lilja mengendarai Agera RS dua putaran dengan kecepatan tinggi. Kecepatan rata-rata (termasuk satu putaran pada 285 mph) tercatat oleh Guinness Book of World Records.

Hennessey Venom GT

Saat Koenigsegg tercatat sebagai  pemanufaktur mobil dengan kecepatan tertinggi resmi baru, Hennessey kehilangan gelar itu. Hennessey Venom GT muncul untuk menjatuhkan Bugatti Veyron.

Pada 2014, Hennessey merilis supercar Frankenstein yang memiliki daya pacu 1.244 hp. Hingga saat itu, Hennessey sebagai rumah tuning yang mengkhususkan untuk memodifikasi mobil sport dan super memiliki bangunan mandiri pertama sebagai perusahaan.

hennessey venom gt. Foto: Top Speed

Dengan persetujuan dari Kennedy Space Center, Hennessey mencatat kecepatan tertinggi 270,4 mph. Meskipun Guinness Book of World Records menyetujui pencalonan mobil tersebut, Guinness Book telah menerima sedikit kritik.

Pertama, sebagian besar catatan kecepatan tertinggi diambil dari rata-rata dua putaran dalam arah yang berlawanan (seperti yang dilakukan Koenigsegg dengan Agera RS).

Selain itu, Venom GT kendaraan yang diproduksi lebih murah. Beberapa orang mempertanyakan apakah layak untuk dihitung di antara mobil-mobil seri lainnya.

Bugatti Veyron Super Sport

Sebelum Hennessey dan Koenigsegg terjun ke industri mobil dengan kecepatan tertinggi, Bugatti mendominasi kategori tercepat di dunia. Tidak seperti pesaingannya, Bugatti mendapat manfaat dari cadangan uang tunai yang besar dari perusahaan induknya, Volkswagen.

Investasi waktu dan sumber daya yang luar biasa menghasilkan Bugatti Veyron pada tahun 2005. Veyron yang bernilai US$ 1,7 juta (sekitar Rp 23,8 miliar) menggunakan mesin quad-turbocharged, W16 untuk menghasilkan tenaga 1.001 hp.

Bugatti Veyron. Foto: Bugatti

Meski mengesankan, Veyron 250 mph segera dikalahkan oleh 256 mph SSC Ultimate Aero. Bugatti kembali dengan Veyron Super Sport yang memiliki tenaga 1.200 hp dan serangkaian perbaikan aerodinamis sehingga membantu Super Sport mencapai kecepatan tertinggi 268 mph untuk berjalan di trek uji coba Ehra-Lessein Volkswagen.

Bugatti juga mengembangkan versi convertible, yang dijuluki Grand Sport Vitesse, yang masih memegang rekor mobil produksi terbuka tercepat di 254 mph.

Bugatti Chiron

Bugatti membutuhkan waktu satu dekade untuk mengembangkan penerus Veyron. Selama waktu itu, rekor kecepatan tertinggi berpindah tangan beberapa kali.

Banyak yang mengantisipasi Bugatti Chiron senilai US$ 2,7 juta (sekitar Rp 37,8 miliar) akan segera merebut kembali mahkota sebagai mobil tercepat, tetapi ternyata tidak sesuai rencana.

Dengan daya pacu 1.500 hp, Chiron memiliki banyak daya tembak, tetapi kecepatan puncaknya hanya 261 mph, jauh dari Veyron Super Sport.

Apakah Bugatti menyerah? Tidak juga. Daya 261 mph yang dimiliki Chiron tidak terbatas pada drag, tetapi lebih terbatas secara elektronik.

Bugatti Chiron. Foto: Car and Driver

Jika bukan karena aerodinamika, keselamatan, atau keterbatasan mekanis, mengapa membatasi penerus Veyron? Bugatti dilaporkan membuat edisi khusus Chiron di tengah-tengah Super Sport.

Model mendatang ini akan menjadi penantang serius bagi Hennessey dan Koenigsegg untuk rekor mobil dengan kecepatan tertinggi. Dengan kata lain, kita akan segera melihat Bugatti di bagian atas daftar ini, jadi tunggu saja!

Sambil mengkhayal memiliki mobil tercepat di dunia, kenapa tidak mencoba mencari mobil yang sesuai budgetkita.

Jika tidak memiliki budget untuk membeli mobil baru, ternyata mengangankan mobil bekas tapi berkualitas bisa menjadi pilihan.

Di sini, kalian bisa melihat ribuan calon pembeli dan penjual dari seluruh nusantara. Selain itu, gratis tanpa biaya apa pun untuk membeli atau bahkan menjual stok mobil bekas berkualitasnya.

Jika tak memiliki uang tunai, pembelian secara kredit pun jadi. Di sini, jual beli mobil bekas bisa cepat, harga kompetitif, dan mobil dirawat dengan baik.

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover