10 Kuliner Enak di Batam

Batam selama ini hanya dikenal sebagai tempat barang elektronik murah. Beragam ponsel, laptop, atau barang elektronik lain dapat dengan mudah dan murah ditemukan di sana.

Untuk mencapai Batam, beragam maskapai penerbangan juga sudah melayani rute langsung ke sana. Rencana perjalanan harus segera diatur agar mendapatkan tiket pesawat murah.

Sesampainya di Batam tentu tak akan puas jika tak mencari kudapan dan kulineran. Yuk cari tahu 10 kuliner enak di Batam.

Luti Gendang

Kuliner ini menjadi sajian pembuka atau camilan di kedai yang menjual mie Tarempa. Tampilannya seperti roti goreng yang diisi abon ikan tuna.

Luti Gendang. Foto: Harian Nasional

Rasanya gurih dan lembut sehingga cocok untuk kudapan atau bisa juga menjadi salah stau oleh-oleh khas Batam.

Siput Gonggong

Menu ini wajib dicoba kalau kalian datang ke Batam. Kabarnya, siput ini mampu menandingi escargo, hidangan keong yang terkenal asal Prancis. Keren banget ga tuh?

Hidangan wajib kuliner mania ini banyak ditemukan di setiap sudut kota. Cara memakannya pun unik, cukup menggunakan tusuk gigi, daging siput gonggong tersebut langsung bisa ditarik keluar dan dinikmati. Jika suka pedas, bisa menambahkan sambal agar makin ketagihan.

Siput Gonggong. Foto: IDN Times

Saking terkenalnya, siput gonggong dijadikan ikon Kepulauan Bangka Belitung. Patung tiruan cangkang siput tersebut bisa ditemukan mulai dari Bandara Dipati Amir Pangkalpinang sampai Bangka.

Kapis

Menu ini mirip Gonggong tapi lidah kita akan terbiasa, khususnya yang biasa makan kerang laut. Namun, ukuran kerang ini lumayan besar.

Kapis. Foto: Pinterest

Menu ini selalu disajikan dengan sambal. Restoran yang direkomendasikan untuk mencicipi menu ini di Restoran Jawa-Melayu di Piayu Laut.

Bilis Molen atau Kue Bilis

Kalau kalian suka molen, kudapan ini mirip kue tersebut. Namun, molen yang dimaksud ini bukan berisi pisang, melainkan bilis (ikan teri dalam bahasa setempat).

Bilis molen. Foto: Resep Nusantara

Ukurannya yang hanya seukuran jempol bikin camilan tersebut cocok menemani perjalanan ke destinasi wisata.

Citarasanya juga gurih dan sangat pas sebagai kudapan saat bersantai ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Bisa juga menyantapnya dengan nasi dan lauk lain.

Nasi Lemak

Beda dengan nasi lemak lain, di Batam lebih memadukan campuran santan, jahe, daun pandan, dan sereh sehingga aroma nasi makin wangi dan menggugah selera.

Nasi Lemak Batam. Foto: Pinterest

Menu ini biasa disajikan dengan bumbu cabai merah dengan tambahan ikan atau sotong. Biar makin enak, sepotong ayam goreng atau sebutir telur, baik omelet yang diiris tipis atau telur rebus yang masih berbentuk bulat bisa menjadi pilihan.

Mie Lendir

Hayo..jangan berpikiran kotor ya saat mendengar menu itu. Hehehe..Menu ini wajib dicoba saat sarapan di Batam. Isi menu tersebut terdiri dari mie kuning, dilengkapi irisan telur, tauge, irisan cabai, bawang goreng, hingga seledri.

Mie Lendir. Foto: Tribun News

Menu khas Tanjungpinang ini punya kuah kental coklat yang berasal dari campuran kacang tanah dan ubi jalar. Rempah yang dicampurkan berupa jahe, bawang putih, bawang merah, dan lengkuas. Semuanya menghasilkan rasa manis dan gurih kental seperti lendir dengan mie lembut.

Mie Tarempa

Sekilas menu ini mirip mie biasa dan mie Aceh, tapi daging dari ikan tongkol akan menjadi pembeda sebagai salah satu topingnya. Selain itu, mie yang digunakan lebih tebal dan kenyal.

Tarempa merupakan nama daerah di Kabupaten Anambas, kawasan pesisir yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

Mie Tarempa. Foto: DetikTravel

Bumbu rempahnya juga sangat khas dengan Tarempa sehingga sajiannya makin punya kekhasan dibandingkan daerah lain.

Banyak rumah makan mie Tarempa di Batam. Namun, yang paling laris di kawasan Sei Panas, khususnya di Jalan Laksamana Bintan, Kompleks Ruko Graha Mas.

Mie Sagu

Menu khas masyarakat Selat Panjang di Pulau Tebing Tinggi ini mengolah tepung sagu yang direbus dengan air hangat. Cara mengolah mie ini bisa digoreng atau goreng basah. Mie ini lebih kenyal dibandingkan mie biasa.

Mie Sagu. Foto: Nature Vegetarian Restaurant

Kebanyakan masyarakat memasak mie sagu tersebut menggunakan ebi kering. Namun, ada juga yang sering menambahkan dengan taburan tauge, telur, bakso ikan atau potongan ikan lain.

Bingka Bakar

Menu ini selalu menjadi bahan oleh-oleh saat ke Batam. Kalian bisa menemukan buah tangan khas Melayu berbentuk bunga tersebut di Nayadam sampai Nagoya Center.

Bingka Bakar. Foto: Pariwisata oleh-oleh Batam

Rasa kue yang bisa dipilih yakni rosella, moccacino, wijen, pandan, sweet corn, blackforret, hingga pandan keju. Harga oleh-oleh ini sekitar Rp 20 ribu.

Sop Ikan Batam

Walau beragam kafe atau warung di Jakarta sudah menyajikan menu ini, rasanya tak asyik kalau tak langsung mencicipi sop ikan kakap tersebut langsung di kota asalnya.

Menu ini bisa juga berisikan potongan ikan tenggiri putih yang disajikan dengan kuah bening dari bawang putih dan ebi sangrai. Sebagai pemanis ditambah irisan sawi putih dna tomat muda. Sop ini kadang hanya dipesan hanya sop ikan saja, atau dengan tambahan berupa sotong dan sayuran lain.

Sop Ikan Batam. Foto: Money.id

Makanan khas ini cocok banget dinikmati saat hujan demi menghangatkan badan. Rasanya yang segar meski agak sedikit asam menjadikan kuliner tersebut salah satu pilihan saat ke Batam.

Ngomong-ngomong ke Batam, biar tenang harus segera mempersiapkan rencana perjalanan. Apalagi sebentar lagi akan ada Natal dan Tahun Baru, tentu harga tiket pesawat akan melambung.

Biar murah, coba cek tiket pesawat ke Batam mulai dari sekarang. Sekalian juga bisa pesan hotel. Siapa tahu dapat harga menawan, biar kita bisa senang-senang untuk liburan dan kulineran.

Di Pegipegi, kita bisa pesan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api, baik via situs web atau aplikasi gratis di ponsel Android dan iOS.

Setiap bulan, Pegipegi selalu ngasih promo pembelian loh. Bulan ini lagi promo diskon tiket hingga setengah harga, diskon hingga Rp 1,2 juta, dan diskon hingga Rp 700 ribu melalui pembayaran bank tertentu hingga 7 Januari 2019.

Masih kurang? Pegipegi ngasih diskon tiket pesawat hingga Rp 600 ribu untuk semua maskapai dan semua rute. Ada juga traver fair maskapai AirAsia sebesar 20 persen.

Diskon hotel hingga Rp 1,2 juta plus voucher hotel juga ada kok. Begitu juga diskon Rp 25 ribu untuk tiket kereta dan diskon tiket pesawat hingga Rp 300 ribu dan diskon tiket hotel hingga 25 persen, khusus di Palembang.

Masih mau lagi? Cek aja promonya di aplikasi Pegipegi. Cepetan, sebelum kehabisan. Selamat liburan dan kulineran.

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover