Tips Memilih Asuransi Mobil

Kecelakaan mobil bisa terjadi setiap hari. Meski tidak mengharapkan kecelakaan terjadi, lebih baik antisipasi diri dengan mengansuransikan mobil dan diri pribadi.

Banyak perusahaan asuransi menawarkan premi asuransi mobil dengan beragam trik agar kita tertarik. Namun, kita juga harus teliti. Jangan sampai salah beli.

Honda HR-V. Foto: Honda Jatinegara

Berikut tips memilih asuransi mobil yang tepat:

  • Premi

Beragam perusahaan asuransi mobil tentu banyak menawarkan premi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi. Umumnya, mereka menawarkan secara tahunan. Namun, sebagai pembeli atau konsumen asuransi mobil Honda HRV harus teliti. Perhatikan manfaat premi tersebut. Apakah dengan membayar premi tinggi memberikan banyak manfaat. Begitu juga sebaliknya.

  • Pertanggungan

Biaya yang harus dibayarkan ke perusahaan asuransi mobil memang tidak murah. Namun, harus dilihat apakah premi tersebut menguntungkan bagi konsumen atau tidak. Konsumen harus mengecek apakah asuransi mobil tersebut menanggung seluruh risiko (all-risk) atau hanya kehilangan saja (total loss only/TLO). Biasanya, premi untuk all-risk akan lebih tinggi dibandingkan premi TLO. Cek juga apakah asuransi mobil tersebut berlaku seumur hidup atau akan hangus saat tidak dipergunakan sama sekali. Konsumen harus teliti soal ini.

  • Produk

Membeli sebuah produk atau jasa, tentu akan melihat pelayanannya. Terkait asuransi mobil, bisa melihat layanan asuransinya, apakah menyediakan layanan darurat, call center, mobil derek dan sebagainya. Ini penting saat kita mengalami kecelakaan atau kerugian, entah kemalingan, kebanjiran, atau bencana lainnya.

  • Jaringan

Bagi yang sering bermobilitas dengan kendaraan, asuransi mobil sudah pasti menjadi kebutuhan. Pastikan layanan asuransi mobil memiliki jaringan luas, terutama kantor cabang di sebuah kota. Apalagi kalau kita sering ke luar kota. Saat terjadi klaim, kita tidak perlu menunggu lama untuk memperbaiki kendaraan. Jangan sampai saat kita mendapatkan kecelakaan atau kerugian di suatu tempat, tetapi perusahaan asuransi mobil tersebut tidak memiliki cabang di sana. Akhirnya malah ke bengkel terdekat dan harus mengeluarkan uang lagi. Tentu Anda tidak bisa berhemat, bukan?

  • Kredibilitas

Kini makin banyak perusahaan asuransi mobil berdiri. Bagi konsumen, tentu makin menguntungkan karena banyak pilihan. Namun, makin banyak, tentu makin memusingkan untuk memilih, bukan? Pastikan asuransi mobil Honda HRV yang dipilih memiliki kredibilitas tinggi. Jangan sampai memilih perusahaan asuransi mobil dengan premi murah, tetapi perusahaannya tidak jelas. Kerugian tidak bisa diklaim karena perusahaan bangkrut dalam setahun atau tidak memiliki rekanan bengkel di daerah. Kredibilitas di sini juga bisa dilihat dari perusahaan induknya, khususnya perusahaan asuransi mobil tersebut memiliki keuangan yang sehat atau tidak, menguntungkan atau tidak.

  • Kepo

Jangan ragu untuk bertanya ke teman, saudara, kenalan atau siapa pun yang memiliki mobil tentang perlindungan asuransi mobilnya. Cek juga di media sosial, bagaimana respon perusahaan asuransi menanggapi keluhan pelanggan. Apakah banyak klaim terselesaikan atau malah sebaliknya banyak hujatan? Berawal dari kekepoan ini bikin kita mawas diri. Bukan hanya kita yang diuntungkan, tentunya ini soal keuangan. Jangan sampai salah pilih ya..

Namun, tenang saja. Cara memilih asuransi mobil Honda HRV kini makin mudah karena ada Futuready. Apa itu?

Asuransi futuready. Foto: Futuready.com

Futuready bukanlah produk asuransi tapi merupakan supermarket asuransi daring (online). Perusahaan ini menjual beragam produk asuransi dari aneka provider.

So, di sini kalian bisa mencari, membandingkan, sekaligus membeli produk asuransi yang sudah berlisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready menjadi broker asuransi online pertama yang memegang lisensi resmi dari OJK dengan nomor KEP-518/NB.1/2015 tanggal 18 Juni 2015.

Futuready menjual asuransi perjalanan dari AXA, AXA Mandiri, Simas Net, Adira, Lippo, MNC, Tokio Marine, hingga Malacca.

Futuready juga memiliki asuransi mobil dari AXA, ACA, Simas Net, Adira, Avrist, hingga Malacca.  Selain itu, Futuready juga menyediakan beragam asuransi kesehatan dan kecelakaan dari bermacam provider.

Kredibilitas Futuready tidak perlu dipermasalahkan karena perusahaan ini bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia berbasis di Den Haag, Belanda.

Kalau sudah banyak informasi tentang asuransi mobil di satu tempat seperti ini, kenapa mesti ragu lagi beli jasa di Futuready?

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (2)

  • yaaahhh kita yang merencanakan tuhan juga yang menentukan
    pengen juga sih yang namanya asuransi
    tapi saya lebih suka yang namanya investasi

    • Ini dua hal berbeda. Tergantung preferensi pengguna. Ada produk yang menggabungkan keduanya, tapi ada juga yang suka produk terpisah.