Tips Pilih Pelumas Motor Berkualitas

Sepeda motor kini sudah menjadi kendaraan wajib, apalagi di kota besar. Jenis kendaraan tersebut mampu digunakan untuk manuver di tengah kemacetan jalan.

Masalahnya, tidak semua pengguna motor memperhatikan kebutuhan standar jenis kendaraan tersebut. Pengguna asal memakai, isi bensin, jangan sampai angin ban kurang, itu saja.

Kendall Oil

Model menunjukkan pelumas Kendall Motorcycle di Jakarta, Kamis (22/3). Foto: Didik Purwanto

 

Padahal ada hal krusial yang harus dijaga, misalnya terkait pelumas (oli). Hal satu ini kebanyakan diabaikan pengguna.

Kalau sepeda motor rusak atau asap knalpot mengebul, barulah kita kerepotan. Akhirnya, kita habis biaya besar untuk service motor, hanya karena jarang ganti pelumas.

Berikut tips memilih pelumas motor berkualitas:

– Kekentalan pelumas

Pemilihan pelumas untuk motor juga harus memperhatikan bungkus olinya. Biasanya tercantum SAE 10W-40, SAE 15w-50, dan kode lainnya pada kemasan.

SAE di sini suatu pembeda kelas oli mesin berdasarkan tingkat sifat dan kekentalan. SAE bukan ukuran mutu kualitas oli tapi kekentalan oli.

SAE rendah tidak identik dengan mutu lebih baik dibandingkan oli kental, tapi lebih berkaitan dengan kemampuan oli motor tersebut beradaptasi dengan suhu rendah dan tinggi.

Semakin rendah angka di depan W, tingkat keencerannya semakin tinggi, meski bukan berarti oli encer motor semakin bagus digunakan. Ini juga tergantung lingkungan.

Jika motor Anda di lingkungan suhu dingin, disarankan menggunakan oli dengan tingkat beku tinggi, misalnya 10W-40 atau bisa juga SAE 15W-50.

Untuk daerah panas, misalnya di Jakarta, motor yang sering digunakan untuk stop dan go (karena sering macet), lebih baik menggunakan tingkat beku rendah atau sedang, misalnya 15W-40 atau 20W-40.

– Karakteristik motor

Memilih pelumas motor bukan dari tingkat kekentalan atau keenceran saja, tapi juga pada karakteristik atau sifat motor tersebut.

Biasanya motor punya karakteristik berbeda, tergantung pabrikan. Misalnya, motor matic mempunyai kinerja lebih berat dibandingkan motor bebek atau motor sport, sehingga disarankan memakai oli lebih encer, seperti 10W-40 agar kinerja mesin tidak terlalu berat sehingga tarikan lebih ringan dan irit bahan bakar.

– Beli di bengkel resmi

Jangan membeli pelumas motor di pinggir jalan atau bengkel yang tidak jelas. Takutnya, pelumas tersebut abal-abal, diisi oli bekas. Siapa tahu, kan?

Belilah pelumas yang asli meski harga sedikit lebih mahal sehingga lebih awet daripada murah tapi tidak asli sehingga bisa merusak komponen motor.

Nah, Phillips 66 sebagai salah satu produsen pelumas terbesar di dunia merilis tiga varian pelumas sintetis untuk sepeda motor dan kendaraan all-terrain-vehicle (ATV).

Phillips 66 masuk pasar Indonesia dengan produk Kendall Motorcycle Oil bekerja sama dengan mitra resmi PT Kendali Andalan Sempurna (KAS).

Produk tersebut 4T Full Synthetic MA SAE 10W-40 dan 4T Semi-Synthetic MA SAE 10W-40 untuk sepeda motor 4-tak dan ATV, serta 4T Semi-Synthetic MB SAE 10W-30 untuk sepeda motor matic.

Tiga varian pelumas sintetis untuk sepeda motor dan kendaraan all-terrain-vehicle (ATV) dari Kendall Oil, merek pelumas Phillips 66. Foto: Didik Purwanto

 

Siapa sih Phillips 66?

Perusahaan ini bermarkas di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Pada 2014, Phillips 66 masuk daftar Fortune 500, daftar peringkat perusahaan berdasarkan pendapatan kotornya yang dibuat majalah Fortune setiap tahun.

Pada tahun tersebut, Phillips 66 di peringkat 6 dengan pendapatan sekitar US$ 161,17 juta, keuntungan US$ 3.726 dan memiliki 50 persen saham di Chevron Phillips Chemical Company LLC.

Berarti ini perusahaan kelas atas donk! Jadi wajar kalau Phillips 66 juga masuk pasar Indonesia.

International Sales Director Phillips 66 Julie Thompson mengatakan, Asia Tenggara, khususnya Indonesia menjadi pasar penting bagi perusahaan.

Kebutuhan pelumas mesin untuk kendaraan roda dua di Indonesia terus meningkat. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Januari 2018, penjualan sepeda motor mencapai 482.537 unit, naik 66.541 unit dari 415.995 unit pada Desember 2017.

“Jelas Indonesia pasar penting bagi kami. Bahkan kami menargetkan bisa menjual 1 juta galon (sekitar 3,78 juta liter) dalam 5-7 tahun ke depan,” katanya di Jakarta, Kamis (22/3).

Tentunya, penjualan pelumas tersebut meliputi tiga brand pelumas utama, seperti Phillips 66 untuk kendaraan niaga dan industri, Kendall Oil untuk kendaraan roda empat dan roda dua, serta Redline Synthetic Oil untuk kendaraan racing dan mobil premium.

“Masing-masing varian pelumas ini memiliki karakter berbeda dan menawarkan jenis perlindungan berbeda sesuai dengan kebutuhan mesin,” katanya.

Kendall Oil

Dari kiri: International Sales Director Phillips 66 Julie Thompson, National Sales Manager KAS Michael Arief, dan Senior Merchandising Manager Blibli.com Johanes Dede saat peluncuran produk Kendall Oil di Jakarta, Kamis (22/3). Foto: Didik Purwanto

 

National Sales Manager KAS Michael Arief mengatakan telah memperluas jaringan distribusi di Jawa dan Bali untuk menyediakan oli tersebut. Untuk memperluas jaringan, KAS bekerja sama dengan Blibli.com sebagai hak penjualan eksklusif selama sebulan terhadap pelumas Kendall Motorcycle Oil.

“Kami ingin produk Kendall Oil bisa memenuhi ekspektasi masyarakat di wilayah yang belum terjangkau jaringan distribusi yang ada saat ini,” ujarnya. KAS menargetkan dapat menjual Kendall Oil sekitar 46 ribu liter setahun.

Senior Merchandising Manager Blibli.com Johanes Dede mengatakan, produk pelumas Kendall bakal disambut antusias oleh pengguna motor Tanah Air, apalagi produk tersebut sudah bisa dibeli di Blibli.com.

Blibli.com meyakinkan produk yang dijual bisa sampai tangan pembeli di hari yang sama saat membeli, khususnya di Ibu Kota. Untuk luar kota, biasanya pengiriman sekitar 2-5 hari, tergantung lokasi.

Nah, kalau sudah tahu kebutuhan pelumas untuk sepeda motormu, lekas cari pelumas Kendall Motorcycle dari Phillips 66. Lagi banyak diskon jika beli di Blibli.com atau segera kunjungi bengkel terdekat di kotamu.

Kalau motormu sudah keren, olinya juga keren, pasti aktivitas harianmu makin lancar. Harapannya, rezekimu juga lancar. Amiin.

Kendall Oil

Para blogger berfoto bersama International Sales Director Phillips 66 Julie Thompson di Jakarta, Kamis (22/3). Foto: humas kendall oil

Share This :

One comment to “Tips Pilih Pelumas Motor Berkualitas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *