Cuma Mimpi Bisa ke Raja Ampat

Siapa sih yang belum tahu destinasi wisata Raja Ampat? Pasti banyak yang tahu meski belum banyak yang ke sana.

Kalau masih bingung juga, bisa tanya mbah Google soal Raja Ampat atau browsing di Instagram dengan tanda pagar #RajaAmpat.

Destinasi wisata Raja Ampat, Papua. Sumber foto: Explorewisata.com

 

Kalau kalian suka pantai, diving, kejernihan air laut, pasir putih atau bahkan mencari kesunyian, bisa memilih destinasi ini.

Namun, destinasi unggulan Papua berupa rangkaian empat gugusan pulau yang berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua ini memang tidak murah. Butuh persiapan matang, terutama dana dan kesehatan fisik sebelum merencanakan traveling ke sana.

Aku bukan menakut-nakuti kalian sebelum membaca tulisan ini selanjutnya. Soalnya, duit itu urusan pertama. Tanpa duit, kalian tidak mungkin bisa ke sana. Ye kan? Haha..

Kementerian Pariwisata menyatakan, destinasi Raja Ampat memang cukup eksklusif sebagai kawasan wisata. Lokasi yang cukup sulit dijangkau dengan murah, khususnya untuk menjangkau seluruh kepulauannya, mendorong destinasi ini makin diminati wisatawan karena keaslian alamnya.

Biasanya destinasi yang belum banyak dikunjungi wisatawan justru menjanjikan keindahan alam. Benar saja. Setelah banyak traveler ke sana dan Presiden Joko Widodo sempat bermalam di kepulauan ujung timur Indonesia ini, destinasi tersebut semakin terkenal.

Awalnya, destinasi ini bisa menghabiskan di atas Rp 10 juta kalau berangkat sendirian. Akhirnya, banyak backpacker yang mulai berinisiatif membikin paket tur. Jadi biaya bisa ditanggung bersama, khususnya saat mengelilingi beberapa pulau.

Saat membaca berbagai paket tur, ada yang membanderol wisata ke Raja Ampat ini sekitar Rp 13 juta. Tarif ini bukan untuk tiket penerbangan ke Sorong loh. Sorong merupakan lokasi terdekat dengan Raja Ampat. Jadi dari Sorong memang harus memakai transportasi lain, bisa pesawat perintis atau kapal laut yang menjadi satu-satunya alat transportasi murah meriah ke sana.

Ya udah, biar tidak kaget, yuk persiapkan danamu biar liburanmu tenang tanpa utang. Pamer foto liburan di akun media sosial memang menyenangkan, tapi liburan tanpa menguras kantong tentu lebih mengasyikkan, kan?

Aplikasi Tiket.com memudahkan pencarian tiket dengan mudah. Foto: Didik Purwanto

 

Cuss…pertama kalian harus cari tiket termurah. Coba pakai tiket.com untuk bisa mengetahui tiket termurah dari berbagai maskapai.

Carilah waktu yang sesuai keinginanmu. Usahakan jangan cari yang banyak tanggal merahnya. Biasanya harga tiket akan naik.

Pilihlah hari efektif biasa sehingga tarif tiket penerbangan akan lebih murah. Yang liburan di destinasi wisata juga akan lebih sedikit. Itu kalau ingin liburanmu makin menenangkan, bukan ramai kayak di mal di Jakarta…haha..

Setelah sempat browsing di tiket.com, harga tiket termurah pergi pulang saat Januari 2019 karena mungkin sedang low season. Harga tiket dari Jakarta-Sorong sekitar Rp 2,5 juta. Makanya sering-sering cek harga tiketnya, biar dapat murahnya. Hehe..

Tampilan hasil pencarian tiket Jakarta-Sorong pada Januari 2019. Foto: Didik Purwanto

 

Tarif termurah lainnya sekitar Rp 2,9 juta di September 2018, disusul Rp 3,0 juta sekitar Oktober 2018. Intinya, hindari saat libur panjang atau ambil tiket di dekat tanggal merah. Pasti mahal. Hahaha..

Nah, yang unik di Tiket.com ini, kita bisa memilih penerbangan #TiketKemanapun secara langsung atau transit. Bahkan pilihan transit ada hingga 2 kali penerbangan. Ini kalau ingin lebih santai sambil bisa mampir ke mana-mana. Namun, kalau ingin cepat sampai ya pilih saja yang langsung. Kadang bisa lebih murah, kadang bisa mahal. Sering-sering saja untuk membandingkan.

Kalau alergi terhadap maskapai tertentu atau hanya ingin memilih maskapai tertentu untuk terbang ke sana, Tiket.com juga menyediakan pilihan #TiketKemanapun. Biasanya ada pilihan Garuda Indonesia, Batik Air, Sriwijaya Air, dan NAM Air.

Tampilan filter pencarian di Tiket.com. Foto: Didik Purwanto

 

Kalian bisa membandingkan harga tiket semua maskapai atau memilih hanya satu maskapai, semua bisa dilakukan di Tiket.com.

Soal waktu, kalian juga bisa memilih pengaturan pagi, siang, atau malam. Kalau ingin tahu semua penerbangannya, cukup aktifkan notifikasinya semua.

Yang lebih penting lagi, soal harga. Tiket.com memberikan pilihan rentang harga mulai Rp 1 juta hingga Rp 7 juta. Kalau ingin pilihan lebih murah, cukup diatur dengan menggeser pilihan harganya dengan harga yang diinginkan. Ini kan soal urusan isi dompet.

Tampilan filter pencarian di Tiket.com. Foto: Didik Purwanto

 

Buat yang pingin potongan harga, gampang kok. Sering-sering saja beli tiket pesawat, hotel, kereta, sewa mobil, hingga tiket konser atau pagelaran hiburan di Tanah Air dan luar negeri di aplikasi atau via website Tiket.com.

Nanti akan dapat TIX poin yang bisa ditukar dengan potongan tiket selanjutnya. Potongan Poin TIX ini sering aku gunakan untuk mengurangi harga tiket pas Lebaran. Lumayan lah daripada lu manyun…hehe..

Fitur TIX Point yang memungkinkan potongan harga langsung saat bertransaksi hotel, pesawat, kereta, dan sewa mobil. Poin ini diperoleh saat bertransaksi di Tiket.com. Foto: Didik Purwanto

 

Sudah beres urusan tiket ke Sorong, belum? Jangan pindah ke tulisan di bawah ini kalau urusan tiket belum kelar. Haha..

Kalau sudah dapat tiket ke Sorong, baru kita atur rencana perjalanan di sana. Sekarang ini liburan ke mana pun banyak pilihan, terutama urusan tempat.

Kalau bingung, tinggal googling open trip ke Raja Ampat. Nah, pasti banyak tawaran muncul melalui mulut Mbah Google. Inilah enaknya zaman milenial. Ga usah keluar banyak biaya, segala informasi tersedia, hanya dari satu pencetan tangan Anda. Wkwkwk..

Namun, biasanya open trip ini di luar harga tiket pesawat PP. Jadi kalau urusan tiket di atas kelar, tinggal pilih open trip yang sesuai budget. Ini akan memudahkan kita dalam perjalanan karena kita tak akan pusing mengatur segalanya.

Untuk open trip biasanya ditawarkan di bawah Rp 5 juta, tergantung lama di sana dan jumlah destinasi wisata yang akan dituju. Jadi perkiraan perjalanan ke Raja Ampat bisa di bawah Rp 10 juta kok. Kalau rajin cari open trip termurah, sekaligus hunting #TiketKemanapun di Tiket.com, malah bisa lebih murah lagi. Ayo buruan cari..

Kalau tidak mau open trip, ya sudah. Berarti kalian harus repot mencari destinasi apa saja di sekitar lokasi Raja Ampat, termasuk transportasi ke sana. Biasanya yang mahal soal urusan kayak gini.

Buat kalian yang tidak mau repot, lebih baik pakai open trip karena akan lebih gampang. Mungkin kalau ingin pindah destinasi, bisa tawar-menawar antarteman. Kalau ada urusan biaya tambahan, bisa diurus belakangan, asal jangan sampai ngutang. Nah, beres kan?

Mau ngapain di Raja Ampat?

Bagian ini nih yang sesuai selera. Biasanya, kita akan langsung swafoto di tempat wisata demi memenuhi akun media sosial. Demi pamer…elaaah..

Jangan lupa mention teman kalian yang suka jalan-jalan biar bisa pamer beneran. Duh..jadi riya. Engga boleh lah begitu.

Kalau aku bisa sampai ke sana, aku cuma ingin menenangkan diri dari rutinitas pribadi. Setahun ini kerjaan super padat. Aku pun tak bisa melepas penat.

Selepas di Sorong, aku hanya ingin ke Pantai Tembok Berlin atau Pantai Dofior untuk menikmati matahari terbenam di sana. Atau seharian baca buku di salah satu homestay di dekat pantai. Malamnya, bisa mencari milkyway. Sudah kebayang Papua tanpa polusi. Jadi langit akan bertaburan bintang (kalau tidak hujan)..haha..

Bisa juga trekking di Puncak Wayag atau Puncak Pianemo dan bermain di Pos Wayag bersama ikan hiu. Pilihanku juga ingin ke laguna Pulau Rufas yang menjadi mutiara tersembunyi di Raja Ampat.

Berhubung aku belum dapat lisensi diving, kayaknya aku cuma bisa snorkeling. Pilihannya bisa snorkeling di Jetty Arborek atau Jetty Yenbuba.

Raja Ampat terkenal dengan keindahan bawah laut dengan 75 persen coral dunia di sini. Aku ingin mencari ikan (badut) nemo..haha..

Aku juga memang lebih suka menenangkan diri meski hanya memandangi cakrawala saat hinggap ditelan senja. Aku suka melakukan aktivitas ini saat kuliah di Bali dulu. Kalau penat melanda, aku cuma duduk termenung di pinggir Pantai Kuta, hingga mentari hilang ditelan cakrawala.

Cukup mendengar deburan ombak, hatiku makin berdetak. Sungguh indahnya Tanah Airku ini. Tidak perlu traveling ke luar negeri untuk mencari surga terindah di bumi. Karena di bumi pertiwi, semua ada, hanya perlu sedikit usaha, doa, dan biaya agar semua terlaksana.

KUCEK MATA.

Lah, aku ternyata baru sadar dari mimpi. Aku belum booking pesawat ke Raja Ampat.

Tiket.com memudahkan pembelian tiket kemanapun dengan harga murah dan banyak diskon. Foto: Didik Purwanto

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (2)