5 Teknologi Pendobrak Industri

Ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol yang berlangsung Senin (26/2) hingga Kamis (1/3) memamerkan perangkat terkini di industri. Ajang tersebut dinilai akan menjadi tren di masa depan.

Kunci Sepeda Cerdas

Lelah membungkuk untuk mengunci sepeda Anda? Sebuah tim insinyur Korea Selatan telah mengembangkan perangkat melingkar kecil yang terpasang di hub roda depan dan terhubung ke ponsel cerdas (smartphone) pemilik melalui Bluetooth.

Alat pengunci sepeda dari Bisecu. Foto: YouTube

 

Saat pemilik sepeda berhenti mengayuh dan berjalan pergi, perangkat yang dijuluki Bisecu secara otomatis mengunci sepeda. Ketika pengendara kembali, perangkat akan mendeteksi dan kunci sepeda akan terbuka.

Setiap pencuri yang mencoba menaiki sepeda terkunci tersebut akan menyalakan alarm keras. Pemiliknya akan diberitahu melalui telepon yang menyatakan sepeda motor sedang dicuri.

Headset Penurun Berat Badan

Perusahaan rintisan (start-up) Inggris Neurovalens menghadirkan headset yang menghasilkan sentuhan listrik level rendah. Perangkat itu akan mengirimkan sinyal ke otak untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Neurovalens menghadirkan headset yang menghasilkan sentuhan listrik level rendah. Foto: Android Headlines

 

Kepala Perusahaan Neurovalens Jason McKeown mengatakan, sekitar 80 persen dari mereka yang telah menggunakan perangkat headset ini mengalami penurunan berat badannya. Sebuah aplikasi juga muncul untuk memantau kemajuan penurunan berat badan.

Termometer Daging Nirkabel

Mengetahui berapa lama memasak daging bisa menjadi rumit. Anda bisa sering perlu mengecek pemanggang (oven) berkali-kali untuk memastikan tidak terlalu lama.

Meater, termometer daging nirkabel, memungkinkan Anda memantau bagaimana tingkat kematangan daging yang bisa dilihat dari sebuah aplikasi di telepon.

Meater, termometer daging nirkabel, memungkinkan Anda memantau bagaimana tingkat kematangan daging yang bisa dilihat dari sebuah aplikasi di telepon. Sumber: Kickstarter

 

Ini bekerja seperti termometer daging lainnya kecuali bisa dihubungkan dengan telepon melalui Bluetooth atau jaringan internet nirkabel (wi-fi). “Aplikasi ini dirancang untuk memantau suhu internal oven atau barbekyu dan suhu internal daging,” kata Manajer Pemasaran Meater Matt Blyden.

“Anda memilih di aplikasi bagaimana Anda ingin daging dimasak, apakah seperempat matang, setengah matang, atau matang penuh. Saat hampir sampai pada titik tertentu, bunyi bip akan muncul pada telepon Anda.”

Dinding Tembus Pandang

Dapatkah kita benar-benar menembus dinding ini atau apakah ada pipa di belakangnya? Perusahaan pencitraan 3D Israel Vayyar telah mengembangkan sebuah sensor yang menggunakan gelombang radio untuk “melihat” melalui material.

Perusahaan pencitraan 3D Israel Vayyar telah mengembangkan sebuah sensor yang menggunakan gelombang radio untuk “melihat” melalui material. Foto: TechSpot

 

Tempelkan sensor pada ponsel Anda. Saat meletakkan perangkat Anda di dinding, apa yang ada di baliknya muncul di layar. “Ini hampir seperti jenis kamera baru yang membuka kemampuan dan tidak ada di sebelumnya,” kata Direktur Pemasaran Vayyar Malcolm Berman.

Kacamata Pintar

Perusahaan Amerika Serikat (AS) Vuzix menghadirkan kacamata realitas tertambah (augmented reality/AR) terbaru yang terhubung ke smartphone, memungkinkan pesan teks muncul di depan mata saat Anda berjalan di jalanan.

Aplikasi kamera pintar dari Vuzix. Foto: Android Community

 

Kacamata ini juga memberi petunjuk melalui global positioning system (GPS) di layar. Jika ingin memotret, Anda tidak perlu mengeluarkan ponsel. Cukup ketuk sisi kacamata untuk membuka aplikasi foto, lihat foto yang ingin Anda foto dan kacamata tersebut akan memotretnya.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *