GTunes, Aplikasi Streaming Musik Indie

Perangkat digital telah mengubah kebiasaan masyarakat sehari-hari. Tak terkecuali, industri musik.

Dulu kita mengenal musik melalui kaset, beralih ke compact disc (CD), MP3 player, hingga ringtone. Kini musik lebih mudah dicari melalui aplikasi streaming.

Dari kiri: North & South Partnership Division Manager Indosat Ooredoo Hemil Fadilah, artis Radhini Aprilia, dan Business Development PT Milenial Nusantara Citra (GTunes) Adinda Wirya saat official launching GTunes di Aula Indosat Ooredoo Jakarta, Senin (18/12). Foto: Didik Purwanto

 

Business Development PT Milenial Nusantara Citra (GTunes) Adinda Wirya mengatakan, sekitar 55 persen pengguna platform terutama ponsel dipakai untuk menonton video, 35 persen untuk mendengarkan musik, dan sekitar 10 persen untuk bermain games.

“Sekarang main games juga sudah online. Jarang main PlayStation. Begitu juga dengan mendengarkan musik,” kata Adinda saat launching GTunes di Aula Indosat Ooredoo Jakarta, Senin (18/12).

Menurut Adinda, masyarakat tetap akan mendengarkan musik. Namun seiring pergeseran teknologi, cara mendengarkan musik juga berbeda.

Aplikasi GTunes hadir sebagai portal aplikasi yang menyediakan streaming musik sekaligus video streaming, khususnya musik indie. Layanan berita tentang artis indie juga disediakan.

Alasan GTunes memilih artis indie karena mayoritas musik di era 90-an didominasi perusahaan rekaman terkemuka. “sekarang musik indie justru sedang naik. Terbukti banyak musisi indie di Tanah Air dengan basis penggemar fanatik. Melihat fenomena itu, GTunes menggaet artis indie,” kata Adinda.

Artis Radhini Aprilia saat menyanyikan lagunya di launching GTunes di Aula Indosat Ooredoo Jakarta, Senin (18/12). Foto: Didik Purwanto

 

Chief Technology Officer PT Milenial Nusantara Citra (GTunes) Rangga Satrya mengatakan, aplikasi GTunes ini akan dilengkapi fitur karaoke dan live chat. “Sekarang fokus layanan streaming musik dan video. Awal 2018 akan dilengkapi fitur berbeda dibandingkan layanan serupa lainnya,” ujar Rangga.

Asyiknya lagi, fitur live chat nantinya bisa eksklusif menikmati jam session dengan artis. “Nanti ada jadwalnya. Semacam live chat di Instagram,” katanya.

“Kalau sekarang banyak yang masih buka via YouTube. Dengan GTunes, penggemar musik indie sekarang bisa streaming di satu aplikasi, bisa mendengarkan musik, streaming, dan melihat informasi terkait berita artis,” ujarnya.

Aplikasi GTunes bisa diunduh di Google Play atau juga tersedia di web GTunes. Sekitar kuartal I-2018 akan tersedia di platform iOS. Buat pemilik gadget besutan Apple, sabar ya..

Apakah artis indie banyak yang suka?

Sebagian artis indie ternyata sudah bergabung di GTunes seperti Radhini, Dipha Barus, Tanayu, Andin Komalla, Doty, Ninda Felina, Osvaldo Nugroho, Osvaldorio, Night Life Reggae, Arsha and His Notes, Adam Bastian, Ajik Pratama, Gandan, 11,12 Band, Adarra, Wendy Marc, hingga Teza Sumendra. Wah banyak juga ya artis indie kita.

Untuk berlangganan, GTunes memiliki paket murah meriah yang dikelompokkan berdasarkan harian, mingguan, dan bulanan. Untuk berlangganan 3 hari cukup membayar Rp 2.000, mingguan Rp 5.000, dan bulanan Rp 20 ribu. Murah banget, kan?

“Kebanyakan aplikasi streaming musik bayar bulanan. Dengan pilihan ini, semua jadi lebih mudah dan murah,” ujar Rangga.

GTunes bekerja sama eksklusif dengan Indosat untuk berlangganan. Caranya cukup kirim SMS ke 99224.
Untuk paket 3 hari dengan kirim REG<spasi>GT3
Untuk paket mingguan dengan kirim REG<spasi>GT7
Untuk paket bulanan dengan kirim REG<spasi>GT30

Untuk berhenti, pelanggan tinggal UNREG. Untuk pindah paket langganan, bisa langsung daftar lagi. Saat ini, GTunes masih eksklusif bekerja sama dengan Indosat Ooredoo.  “Namun tidak menutup kemungkinan bekerja sama dengan operator lain ke depan,” ujarnya.

Terkait layanan unduh offline, GTunes lebih fokus streaming, baik musik maupun videonya. Namun segala kemungkinan masih dipertimbangkan. “Segera unduh dan kasih tanggapan untuk pengembangan selanjutnya ya,” pesan Rangga.

Artis Radhini Aprilia saat menyanyikan lagunya di launching GTunes di Aula Indosat Ooredoo Jakarta, Senin (18/12). Foto: Didik Purwanto

 

North & South Partnership Division Manager Indosat Ooredoo Hemil Fadilah mengatakan akan terus mendukung industri musik Tanah Air, khususnya musik indie yang bisa berpromosi melalui GTunes.

“Ini salah satu aplikasi ciptaan anak muda untuk mendukung industri musik Tanah Air. Kami akan kolaborasi dalam bentuk promosi dan segala macamnya,” katanya.

Radhini Aprilia sebagai salah satu musisi yang ikut dalam launching kali ini mengatakan sangat senang dengan kehadiran aplikasi GTunes. “Jadi aplikasi ini akan membangun industri musik lebih baik lagi,” katanya.

Menurut Radhini, musisi muda kini semakin terbantu dengan teknologi. “Bikin musik lebih gampang, tidak musti ikut pasar, makin gila. Selama ini musik justru serupa. Sekarang kami bebas berkarya,” katanya.

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover