KincirCom, Media Cowok Generasi Milenial

Teknologi semakin berkembang. Begitu juga cara mencari informasi yang benar-benar akurat dan sesuai tuntutan zaman.

Tidak mudah mencari informasi yang benar saat ini. Apalagi banyak hoax berseliweran sehingga membutuhkan penyaringan yang benar-benar jagoan.

Account Manager Millward Brown Indonesia, Chaiyren Ollivia Herman mengatakan, banyak anak muda, terutama Generasi Z yang kini mulai mengacuhkan media mainstream, seperti koran hingga televisi.

Hasil riset Millward Brown Indonesia.

 

Berdasarkan Wikipedia, Generasi Z didefinisikan sebagai orang-orang yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1995 hingga 2014. Dalam rentang usia tersebut, mereka cenderung memilih media yang sesuai tren kekinian.

Riset Millward Brown Indonesia, Generasi Z lebih suka media seperti laptop dan ponsel cerdas (smartphone), dibandingkan media mainstream seperti televisi, majalah, koran, atau bahkan radio.

Diversifikasi media sosial yang digunakan Generasi Z juga berbeda dengan Generasi X atau Y. Meski belum setinggi Generasi Y dalam penetrasi YouTube maupun Facebok, Generasi Z ini lebih suka dengan Instagram, melampaui penggunaan Generasi X dan Y.

Hasil riset Millward Brown Indonesia.

 

Anak muda Generasi Z ini begitu sensitif terhadap iklan sehingga perusahaan media harus hati-hati dalam menyasar pangsa pasar ini, terutama memilih konten dan medianya,” ujarnya.

Generasi Z justru menyukai konten berupa video, yang bisa dilihat kemudian, yang bisa disimpan dulu baru dilihat kemudian, dan tidak berupa politik.

Perusahaan media juga harus hati-hati dalam membuat konten. Generasi Z sangat sadar. Konten yang tidak menarik di 5 detik awal, siap-siap ditinggalkan.

Perwakilan dari Generasi Z, M Fathur mengatakan, sangat menggemari unggah foto atau video melalui Instagram. Baginya, menyebarkan konten melalui jejaring milik Facebook tersebut menunjukkan eksistensinya agar diakui sebagai anak muda gaul dan sesuai perkembangan zaman.

Konten seperti film, permainan (game), kepoin artis, jadwal film atau sesuatu yang berhubungan dengan passion mereka sangat digemari para Generasi Z.

Baginya, konten ringan dan berbobot lebih disukai dibandingkan menyuguhkan konten berupa politik atau berita-berita yang tidak berhubungan dengan dunia di generasinya.

“Saya lebih suka baca dan cari informasi di ponsel. Visual harus menarik dan jangan ditulis dalam berita panjang. Konten berupa visual (video/foto) akan lebih menarik di mata,” kata Fathur.

Menanggapi tuntutan zaman dan menyasar sesuai generasinya, media dituntut selalu berbenah.

Hasil riset Millward Brown Indonesia.

 

Kincir.com hadir sebagai multi channel network menyediakan beragam konten yang sedang hype and trend di kalangan anak muda. Media yang mengusung tagline “We Are Young” ini hadir memberi inspirasi, informasi, sekaligus hiburan kepada anak muda, khususnya cowok.

CEO & Founder Kincir.com, Giring Ganesha mengatakan, hingga kini belum ada media anak muda khusus yang menyasar cowok Generasi Z. “Kami hadir dengan misi memberikan informasi dan inspirasi serta menyenangkan kaum cowok Generasi Z,” ujarnya.

Tampilan situs Kincir.com. Foto: Didik Purwanto

 

Kincir.com fokus pop culture dengan konten beragam. Media ini menyuguhkan tiga kanal baru dengan mengembangkan kanal yang sudah ada.

Tampilannya lebih fresh, cocok bagi anak muda, khususnya cowok yang tidak suka aneh-aneh. Pembagian kanal yang simple justru memudahkan pencarian sesuai passion mereka.

Di bagian Chillax dapat kita temukan konten berupa epik kehidupan, musik, love and relationship, travel & leisure, food & resto, books, hingga job & education.

Bagi yang suka teknologi, Kincir.com menyuguhkan Geeky berupa movies & tv series, toys & video games, komik, character, hingga science & technologi. Bahkan Kincir.com sempat datang untuk meliput acara Tokyo Game Show yang menyajikan festival game terbesar di dunia.

Tak melulu hiburan, Kincir.com menyajikan konten Icon berupa sosok selebriti, figur yang menginspirasi, hingga sosok yang memicu viral di media sosial.

Bagi yang senang automotif, Kincir.com menyuguhkan konten di bagian Turbo. Sepeda motor, mobil, modifikasi, hingga tren fesyennya diulas di sini.

Biar tampil modis, Kincir.com membagikan konten tentang fesyen, grooming, dan aksesoris biar macho dan gaul.

Dari kanan, Account Manager Millward Brown Indonesia, Chaiyren Ollivia Herman, CEO & Founder Kincir.com, Giring Ganesha, dan perwakilan dari Generasi Z, M Fathur saat peluncuran Kincir Power Lunch di H Gourmet, Jakarta, Kamis (2/11). Foto: Didik Purwanto

 

Giring mengatakan, hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman hidup ini akan memberikan inspirasi, terutama Generasi Z untuk melakukan hal serupa atau lebih baik.

Kidz zaman now biasanya keponya tinggi. Kincir.com hadir dengan konten yang entertaining tapi juga menginspirasi. Kami ingin Kincir.com menjadi media Generasi Z terbesar,”kata Giring.

Penasaran? Langsung aja buka Kincir.com

CEO & Founder Kincir.com, Giring Ganesha bersama karyawannya selepas peluncuran Kincir.com Power Lunch di H Gourmet, Jakarta, Kamis (2/11). Foto: Didik Purwanto

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *