Tips Cari Penyedia Jasa Desain Interior

Setiap individu tentu menginginkan hunian yang nyaman. Untuk mewujudkannya, diperlukan bantuan dari ahli-ahli properti. Salah satunya ialah penyedia jasa desain interior atau disebut designer interior.

Desain interior ruang keluarga. Foto: popeti.com

 

Seperti ketika memilih kontraktor, memilih designer interior juga tidaklah mudah. Ada 6 hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan designer interior berkualitas.

1.      Kejujuran Merupakan Hal Terpenting

Berkonsultasi dengan penyedia jasa desain interior yang ahli memang sebuah hal yang bagus. Namun, Anda harus tetap memprioritaskan kejujuran sang designer. Tentunya, tidak akan ada orang yang mau bekerja sama dengan orang yang  curang. Misalnya dengan memanipulasi tarif desain ke konsumen yang tidak mengetahui standar harga desain. Jadi, Anda harus memastikan penyedia jasa desain interior dapat dipercaya. Ia tidak hanya menjual desain yang mahal kepada Anda. Sebaliknya, ia akan mampu memberikan solusi-solusi atas interior rumah Anda. Untuk mencari penyedia jasa seperti ini, cobalah meminta referensi dari orang-orang di sekitar Anda. Misalnya seperti keluarga atau teman-teman. Biasanya, penyedia jasa yang didapat dari referensi akan lebih mudah dipercaya dibandingkan penyedia jasa yang Anda temui sendiri.

2.      Jangan Hanya Tergiur Oleh Reputasi Perusahaan

Anda memang dapat mencari interior designer dari perusahaan-perusahaan desain interior. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini memiliki portofolio yang jelas sehingga Anda dapat menilai kualitasnya. Namun, Anda tidak bisa menganggap bahwa perusahaan yang reputasinya bagus selalu memiliki interior designer yang bagus juga. Jadi, jangan langsung tergiur oleh portofolio perusahaan.

Sebagai konsumen, Anda akan dilayani secara langsung oleh penyedia jasa desain interior. Berhasil tidaknya sebuah proyek akan sangat ditentukan oleh kemampuan interior designer. Oleh karena itu, cobalah untuk melihat secara langsung portofolio sang interior designer. Menjadi konsumen yang cermat dan kritis akan membuat Anda terhindar dari kerugian.

3.      Memberikan Layanan Pasca Pengerjaan Desain

Penyedia jasa desain interior memang bertugas untuk merencanakan interior Anda. Ketika desain sudah jadi, Anda tinggal mengaplikasikannya pada properti Anda. Namun, ketika proses pengecatan dan penataan furniture, mungkin saja muncul masalah yang tidak dapat Anda tangani. Oleh karena itu, layanan pasca pengerjaan desain sangatlah berguna. Apabila calon penyedia jasa yang Anda temui memiliki layanan ini, Anda patut mempertimbangkannya. Layanan ini juga dapat menjadi bukti bahwa interior designer bertanggung jawab terhadap desain yang ia rancang.

desain interior

Contoh desain interior sebuah rumah. Foto: Desaininterior.me

4.      Bandingkan Proposal Penyedia Jasa Sebelum Memutuskan

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk membandingkan-bandingkan suatu hal. Misalnya ketika hendak memilih kaos, banyak orang yang membandingkan beberapa kaos yang harga dan modelnya mirip. Gunakan juga kebiasaan ini ketika hendak menentukan penyedia jasa interior design. Pelajarilah semua proposal yang Anda terima dan bandingkanlah semuanya secara rinci. Jangan menjadikan malas sebagai alasan untuk tidak melakukannya. Di zaman yang canggih ini, ada internet yang senantiasa mempermudah Anda melakukan banyak hal. Membandingkan satu proposal dengan proposal lainnya akan membantu Anda memahami jasa yang Anda butuhkan. Selain itu, hal ini juga akan membuat Anda memilih penawaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

5.      Mengajukan Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Desain Interior

Orang-orang cenderung tertarik pada hal-hal yang kita miliki, termasuk pada interior rumah. Secara tidak langsung, kita memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap interior rumah. Apalagi, desain yang dibuat nantinya akan diaplikasikan ke rumah kita. Tentu kita harus berkontribusi di dalam pembuatan desainnya. Jadi, pilihlah penyedia jasa yang bersedia memberikan konsultasi secara lengkap ke Anda. Ia akan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan.

6.      Ikuti Insting Anda

Anda tidak boleh memilih penyedia jasa hanya karena mereka terlihat ramah dan pengertian. Cobalah memberikan penilaian berdasarkan percakapan yang telah Anda lakukan dengannya. Bagaimana kesan Anda terhadapnya? Dalam situasi seperti ini, jangan ragu untuk menggunakan insting Anda. Apabila penyedia jasa terlihat kurang meyakinkan, jangan ragu untuk meninggalkannya. Jangan menciptakan kerugian dengan menyewa jasa designer interior yang tidak cocok dengan Anda.

Sumber: https://coconuts.co/singapore/features/6-rules-you-should-follow-find-good-interior-designer-singapore/

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *