Hosting Nyaman Website Aman

Punya domain sendiri tentu mengasyikkan, apalagi untuk kebutuhan menunjukkan siapa kalian sebenarnya.

Dengan domain sendiri, kalian juga bisa lebih terkesan profesional, baik urusan personal hingga urusan bisnis.

Apalagi kalau nama kalian pasaran, saya sarankan lekas membeli nama domain sendiri, sebelum keduluan orang lain.

Promo domain dari Qwords.com. Foto: Qwords.com

 

Kasus ini pernah terjadi pada domain BMW.com. Saya pernah mendapatkan informasi, nama domain BMW.com pernah dibeli oleh orang Surabaya, Jawa Timur. Padahal nama domain tersebut merupakan merek mobil mewah ternama asal Jerman.

Bisa jadi, orang Surabaya ini dulu memiliki nama dan dijadikan inisial BMW sehingga membeli nama domain tersebut. Akhirnya perusahaan BMW menawarkan membeli domain BMW.com senilai Rp 10 miliar, padahal untuk beli domain hanya sekitar Rp 100 ribuan.

Orang Surabaya itu langsung kaya mendadak. Jadi lekas beli nama domainmu sebelum keduluan orang. Namun kalau mau diskon beli domain, lekas cek www.qwords.com ya hehehe..

Blogger menyemarakkan perayaan ulanng tahun ke-12 Qwords.com. Foto: Didik Purwanto

 

Membeli domain ini istilahnya seperti membeli kavling tanah. Siapa cepat, dia dapat. Namanya tanah kan terbatas, jadi harus cepat membeli sebelum ditempati orang lain.

Nah, setelah beres membeli domain, pekerjaan selanjutnya adalah membeli hosting. Hosting ini istilahnya sama seperti membayar pajak bumi dan bangunan agar rumah yang kita tempati tidak diambil orang lain sekaligus dijaga 24 jam oleh satpam dan isi rumah tidak dicolong maling.

Orang yang memiliki website, baik untuk personal atau toko online misalnya harus segera mengurus pembelian domain dan hosting itu. Biar gampang, pesannya bisa di qwords.com karena dibantu 24 jam dalam pengurusannya.

Bicara soal hosting, Qwords.com di usianya yang kini 12 tahun di Indonesia memiliki beberapa paket layanan.

Perayaan ulang tahun ke-12 Qwords,com dengan pemotongan tumpeng bersama bloggers di kantor Qwords.com, Jakarta, Kamis (24/8). Foto: Didik Purwanto

 

Istilahnya, paket hosting ini seperti pajak bumi dan bangunan yang rumahnya dekat jalan besar. Tentu pajaknya beda dengan pajak rumah di gang sempit. Nah, kalau mau memiliki keistimewaan punya rumah besar di pinggir jalan besar ya harus membayar lebih tinggi. Namun di Qwords.com, harga paketannya bersaing kok. Ingat, Senin harga naik. Jadi buruan. Haha..

Nah, paket layanan hosting milik Qwords.com misalnya WordPress Hosting berbasiskan cloud (komputasi awan) yang dirancang khusus untuk pengguna wordpress dengan kemampuan lebih cepat dibandingkan shared hosting biasa.

Layanan WordPress Hosting milik Qwords.com. Foto: Qwords.com

 

Layanan hosting ini memiliki kecepatan tinggi mengunakan SSD, optimalisasi khusus wordpress, mendukung penggunaan HTTP2 dan SSL (secure sockets layer), bebas set fungsi PHP, versi dan limitnya, serta gratis uji coba dan migrasi hosting.

Istilahnya, kalau kalian punya rumah besar di jalan besar tentu gampang mengaksesnya. Waktu mengaksesnya juga cepat, bisa pakai bus, mobil, atau truk sekalipun. Beda dengan di gang sempit, kan? Yang cuma sepeda motor atau bahkan harus jalan kaki untuk memasukinya.

Ini juga sama seperti website. Website yang punya layanan hosting bagus tentu gampang untuk mengaksesnya dan dengan perangkat apapun.

Qwords.com juga memiliki layanan Email Cloud Collaboration Suite (ECCS). Layanan ini buat kalian yang ingin punya surat elektronik (e-mail) dengan nama sendiri atau perusahaan sendiri. Misalnya mail@didikpurwanto.com.

Sebenarnya dalam setiap hosting yang memiliki cpanel pasti memiliki layanan email seperti di atas. Bedanya, data email itu tersimpan di server masing-masing penyedia hosting. Biasanya ada yang di luar negeri. Nah, di Qwords.com memiliki layanan cloud di Indonesia untuk menyimpan data-data itu. Jadi bisa aman.

Head of Technical Qwords.com Mukti Nulhakim mengatakan, fitur-fitur ECCS yang dimiliki Qwords.com pun tidak kalah dengan layanan gmail milik Google atau Office365 milik Microsoft.

Di sini, kalian bisa custom domain sendiri, misalnya @yourcompany. Kapasitas penyimpanan hingga 25GB (beda dengan Gmail yang hanya 15GB), sinkronisasi kalender, aplikasi desktop, kemudahan akses dari perangkat bergerak seperti ponsel atau tablet, document preview, asisten jadwal, free SSL, antispam, hingga bisa membaca email meski tidak terkoneksi internet.

Nah, biar aman, website yang kalian punya harus memiliki SSL. SSL itu sebuah protokol keamanan yang mengamankan data antara dua mesin menggunakan enkripsi.

Layanan SSL Qwords.com juga sudah bekerja sama dengan GlobalSign, reseller resmi penyedia SSL di dunia. Jadi website juga dijamin aman meski diakses dari luar negeri.

Jadi ini seperti rumah besar dengan segala satpam yang menjaganya. Kalau satpamnya malah nonton acara dangdutan daripada melihat kamera pengintai (CCTV), rumah juga bisa kemalingan. Apalagi kalau satpam hanya berjaga di pintu depan, padahal maling malah lewat pintu belakang.

Biar semua aman, website harus pakai SSL ini. Website besar seperti Facebook, Office 365, Adobe hingga Citibank pun memakainya. “Tentu mereka tidak mau data-data klien tersadap oleh pihak tak bertangung jawab,” kata Mukti.

Untuk bisa mengetahui apakah sebuah website memiliki SSL bisa dilihat dari lambang gembok berwarna hijau di bagian alamat website. Begitu juga ditandai dengan awalan https sebelum alamat website tersebut.

Contoh ciri khas website aman yang pakai SSL. Foto: Globaldots.com

 

Ada juga secure shield yang dipasang seperti plugin, gambar dalam website, baik di atas sebuah halaman atau di bawah website. “Ini menunjukkan website aman. Kita mau bertransaksi atau memasukkan data penting jadi aman,” ujarnya.

Logo keamanan website yang pakai SSL. Foto: Autodo.com

 

Website yang tidak memiliki SSL rawan pencurian data. Misalnya dulu marak website yang dibikin mirip klikbca.com, misalnya bcaklik.com dengan tampilan website yang sama.

Saat pengguna tidak memeriksa alamat website atau mengetahui ciri khas website memiliki SSL, data pengguna akan rawan dicuri. Hati saja tidak mau dicuri, apalagi kalau duit. Eaaaa

Ngomong soal duit, website tentu memiliki data-data penting dan berharga. Agar aman, data-data penting itu harus disimpan di tempat khusus. Untuk penyimpanan data ini, layanan hosting memiliki data center, baik yang ditempatkan di dalam negeri atau luar negeri.

Layanan data center Qwords.com memiliki pusat di dalam negeri. Bertempat di kantornya tersebut, data center ini dijaga ketat 24 jam tanpa libur sedikitpun, baik soal keamanan data, monitoring kelistrikan, jaringan, dan suhu pendingin yang stabil di level 23-26 derajat celcius.

Untuk memasukinya pun tidak sembarangan karena perlu akses khusus. Untuk menjaga goncangan dan kelembapan menggunakan raised floor dengan tinggi 40 cm.

Bayangin saja, urusan data center saja sampai segini detailnya. Jadi urusan keamanan data website kalian yang disimpan di data center Qword.com sudah pasti aman.

Masih ragu lagi daftarkan domain dan hosting kalian di Qwords.com? Ingat, Senin harga naik. Tapi tenang saja, di Qwords.com pasti banyak diskonnya kok. Buruan pesan sekarang, sebelum domain kalian dipesan orang. Hehe..

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (2)