Apple-Nokia Jadi Mitra

 

Apple dan Nokia menyatakan akan menghentikan perselisihan paten dengan sebuah kesepakatan kerja sama dan pembayaran tunai yang tidak diungkapkan kedua perusahaan tersebut, khususnya dari Apple ke Nokia.

“Dengan menyelesaikan perselisihan kekayaan intelektual yang sedang berlangsung, kedua perusahaan akan memindahkan hubungan dari semula lawan di pengadilan menjadi mitra bisnis,” kata pejabat hukum Nokia Maria Varsellona.

Sumber foto: TG Daily

 

Setelah bertahun-tahun berseteru, Apple dan Nokia menandatangani perjanjian lisensi pada tahun 2011. Namun Desember lalu, Nokia sebagai perusahaan terbesar di Finlandia sekaligus pernah menjadi produsen ponsel terbesar di dunia mengeluhkan Apple menggunakan teknologi Nokia di banyak produk Apple tanpa membayarnya. Nokia mengajukan tuntutan hukum di Jerman dan Amerika Serikat.

Konkretnya, perselisihan tersebut menyangkut 32 paten untuk inovasi berkaitan dengan display, antarmuka pengguna, perangkat lunak, antena, chipset, dan pengodean video.

Kesepakatan yang dicapai Selasa (23/5) akan mendorong hubungan kedua perusahaan tersebut berjalan baik. “Nokia akan menyediakan produk dan layanan infrastruktur jaringan tertentu ke Apple. Apple akan melanjutkan membawa produk kesehatan digital Nokia (sebelumnya dengan merek Withings) ke toko eceran dan online Apple. Apple dan Nokia dapat mengeksplorasi kolaborasi masa depan dalam inisiatif kesehatan digital,” katanya.

“Pertemuan eksekutif Nokia dan Apple akan memastikan hubungan tersebut berjalan efektif dan menguntungkan kedua pihak dan pelanggan mereka.”

Chief Operating Officer Apple Jeff Williams mengatakan, senang dengan resolusi perselisihan tersebut. “Kami berharap dapat memperluas hubungan bisnis kami dengan Nokia,” ujarnya.

Kedua pihak tidak mengungkapkan rincian keuangan dari kesepekatan tersebut. Namun Nokia akan menerima tambahan pendapatan selama masa perjanjian.

Pembayaran tunai di muka akan memungkinkan Nokia memberikan update komprehensif mengenai program optimasi struktur modal, sebuah rencana restrukturisasi yang diluncurkan akhir 2015 yang mungkin akan meringankan pembayaran oleh Apple.

Saham Nokia naik lebih dari tujuh persen di bursa Helsinki sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Pasar keseluruhan hanya naik 0,8 persen.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *