Gawai Keren Jadikan Blogger Beken

Perangkat Asus baik ponsel maupun laptop sangat mumpuni sebagai hiburan dan pendukung pekerjaan. Foto: Didik Purwanto

Blogger kini menjadi salah satu profesi menjanjikan dalam kehidupan. Bukan hanya mendatangkan pundi-pundi uang, tapi juga menambah jaringan teman.

Kategori blogger pun kian beragam, mulai dari teknologi, musik, makanan, kesehatan, hingga traveling. Bahkan istilah blogger kini berkembang menjadi vlogger (video blogger) seiring zaman makin digital.

Untuk menjadi blogger beken tentunya perlu trik. Pendiri Microsoft Bill Gates mengatakan, konten itu raja (content is king). Dari konten yang bagus pada blog, kita dapat menghasilkan pendapatan dari internet.

Saya pernah berbincang dengan blogger Alexander Thian (@amrazing) saat ke Lampung, beberapa waktu lalu. Ia bahkan bisa membeli mobil dari hasil cuitannya di Twitter. Simak juga akun Instagramnya dan blognya yang berisi jalan-jalan ke luar negeri melulu. Bikin mupeng pokoknya.

Tentunya konten di blog ini terus berkembang mulai dari hanya teks, foto, grafis, hingga tambahan video. Untuk menghasilkan konten beragam tersebut, blogger harus memiliki perangkat keren untuk menjadikan blognya semakin beken. ASUS telah merilis ASUSPro B8230 cocok bagi blogger yang menginginkan notebook mungil, kuat, dan cantik.

Perangkat Asus memiliki desain mewah sehingga makin wah saat dipakai untuk nongkrong dan mendukung pekerjaan. Foto: Didik Purwanto

Dengan bentang layar 12,5 inci, produk yang masuk lini profesional tersebut sangat nyaman untuk menulis ide konten blog. Layarnya yang sudah mengadopsi LED backlit Full HD (1920×1080) akan mampu memberikan kecerahan. Panelnya sudah 45 persen NTSC dengan teknologi WideView sehingga tidak bikin mata pedas, malah makin betah berlama-lama di depan laptop.

Saat mengetik di tempat kurang terang atau bahkan dalam kegelapan, notebook ini memiliki papan ketik bercahaya (backlit keyboard) sehingga mengetik tetap mudah. Untuk mengurangi kelelahan mengetik pada jari, notebook ini bahkan memiliki tuts yang mencapai 2mm dan tingkat ergonomis 19,05 mm. Mengetik hingga berjam-jam pun tak masalah. Kecuali lapar sudah mendera…hehe..

ASUSPro B8230 cocok untuk blogger dengan segudang fitur yang ditawarkan. Sumber foto: Dokumen Asus.com

Dengan berat hanya 1,33 kg, notebook ini ringan ditenteng atau dimasukkan tas sehingga nyaman dibawa bepergian. Ide tebersit tiba-tiba bisa langsung dituangkan dalam notebook bersistem operasi Windows 10 ini.

Untuk mengolah foto, grafik, hingga video, blogger pun tak perlu menunggu lama, khususnya rendering. ASUSPro B8230 ini sudah dilengkapi prosesor dan kartu grafis terbaru Intel Core i7-6500 atau Intel Core i5-6200 yang merupakan generasi keenam atau disebut Intel Skylake. Grafisnya memakai Intel HD 520.

Logo ASUS dan Intel. Foto: Dokumen ASUS

Kecepatan mikroprosesornya hingga 3,1GHz apalagi dipadu RAM 4GB sehingga mengolah foto, grafis, dan video akan sangat cepat. Meski deadline lomba mepet, konten blog pun bisa diisi macam-macam karena perangkat ASUSPro B8230 sangat bisa diandalkan.

Performa laptop Asus selalu dibekali fitur mumpuni sehingga dapat diandalkan dalam segala kondisi. Foto: Didik Purwanto

Biasanya blogger juga senang menulis konten blog di kafe-kafe ternama yang menyediakan koneksi wifi. Ide-ide segar selalu muncul, apalagi ditemani kudapan dan minuman favorit.

Masalahnya, kadang tidak semua kafe menyediakan colokan listrik atau colokan yang disediakan terbatas. Kita kadang harus berebut dengan pengunjung lainnya.

Untungnya, ASUSPro B8230 ini sudah dilengkapi baterai berkapasitas tiga sel sehingga mampu bertahan hingga delapan jam saat pemakaian normal.

Untuk menyimpan file konten, blogger pun tak perlu khawatir karena ASUSpro B8230 memiliki media penyimpanan berupa Solid State Drive (SSD) M2. Ini bukan SSD biasa karena dimensinya bahkan lebih ringkas dari SSD sebelumnya. Proses read and write pada sistem ini pun lebih cepat.

Imbasnya, ruang penempatan dalam casing notebook akan lebih hemat sehingga perangkat ini lebih ramping. Saat notebook jatuh pun, data dalam SSD tidak akan hilang, beda dengan notebook yang memakai hard disk drive (HDD). Ini karena telah uji jatuh dua kali lipat dibandingkan notebook biasa.

Menariknya lagi, ASUSPro B8230 memiliki daya tahan tinggi karena memenuhi standar militer MIL-STD 810G. Cover-nya berbahan aluminium sehingga ringan namun tetap kokoh.

ASUSPro B8230 mampu dibuka 180 derajat sehingga memberikan sudut pandang lebih banyak bagi blogger. Foto: Dokumen Asus.com

Notebook ini pun memiliki kemampuan dibuka 180 derajat. Bisa tambah kece saat nongkrong di kafe. Namun jangan khawatir rusak karena laptop ini telah uji engsel hingga 20 ribu siklus lebih banyak dari laptop standar. Begitu juga saat tidak sengaja tertindih pantat saat laptop ditaruh di sofa atau kursi. Hayooo..siapa yang sering seperti ini?

Urusan keamanan, ASUSPro B8230 memiliki pemindai sidik jari (fingerprint) sehingga tak akan ada orang lain yang mampu membuka file Anda, kecuali Anda sendiri. Untuk data sensitif, notebook ini pun memiliki Trusted Platform Module (TPM), chip perangkat keras pada motherboard untuk mengurangi risiko membawa kata kunci tanpa izin. Privasi dijamin aman.

ASUSPro B8230 memiliki fitur pemindai sidik jari sehingga aman dari orang lain. Foto: Dokumen Asus.com

Ditambah lagi notebook ini memiliki fitur Smart Card Reader sehingga menjamin identifikasi pengguna lebih tepat dan otentifikasi penyimpanan data dan pengolahan aplikasi. Pengguna dapat menggunakannya untuk login atau otorisasi saat transaksi online.

Asyiknya lagi, meski kapasitas SSD yang dibenamkan dalam notebook sekitar 256GB, blogger pun dapat menambah kapasitasnya. Laptop ini memiliki desain mudah untuk ditambah, baik RAM hingga media penyimpanannya. Caranya cukup membuka kompartemen bagian belakang notebook. Ini sangat cocok bagi vlogger yang butuh kapasitas gede untuk menyimpan data video. Lebih hemat daripada menenteng hard disk eksternal kemana-mana. Praktis.

ASUSPro B8230 memiliki fitur Business Manager. Foto: Dokumen Asus.com

Namun yang lebih penting lagi, pengelolaan laptop ASUSPro B8230 akan lebih optimal dengan ASUS Business Manager. Fungsinya dalam satu aplikasi dapat mengetahui performa baterai, update ke driver terbaru, pengelolaan keamanan seperti USB lock dan fingerprint, backup dan recovery, pengelolaan layanan jaringan nirkabel, hingga perlindungan memori penyimpanan. Duh, komplit.

Rasanya cukup berbekal satu gawai keren ini untuk bisa punya modal jadi blogger keren.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Share This :

14 comments to “Gawai Keren Jadikan Blogger Beken”
  1. Asek….Asek….
    Semoga kita bisa punya Notebook ASUSPRO ini ya Gan. Biar bisa semakin beken. amin amin amin

    Salam Hoki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *