Ponsel Sudah 4G, Bisa Apa?

Teknologi berubah dengan sangat pesat. Jika dahulu kita hanya bisa mengirimkan surat, menghubungi sanak saudara dengan telepon, kini kita sudah bisa melakukan banyak hal dengan teknologi.

Salah satunya menikmati jaringan 4G (Fourth Generation) di layar gawai. Dengan jaringan 4G, kita bisa merasakan kecepatan menerima informasi dan berkomunikasi di manapun kita berada.

Nama koneksi 4G biasa dikenal dengan 4G LTE. 4G berarti generasi ke-4 dari GPRS (General Packet Radio Service). LTE (Long Term Evolution) sebuah standar komunikasi akses data nirkabel dengan tingkatan tertinggi yang masih berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA.

Ilustrasi ponsel berkoneksi jaringan 4G. Sumber foto: iBall

Koneksi ini akan sangat mumpuni jika didukung perangkat yang telah memiliki perangkat 4G. Meski di Indonesia belum banyak areal yang memiliki koneksi ini, tetapi 4G diramalkan menjadi koneksi seluler standar di seluruh dunia.

Jika memiliki perangkat teknologi yang mendukung koneksi 4G, kita bisa melakukan banyak hal positif dengan koneksi ini. kita bahkan bisa mengasah kreativitas lebih saat menggunakan koneksi ini. Hanya saja, pastikan kita sudah mengisi paket internet yang mendukung 4G sebelum memulai aktivitas seru tersebut.

Ilustrasi paket internet lemot. Sumber foto: Paketaninternet.com

Apa saja yang bisa kamu lakukan dengan koneksi 4G di gawaimu? Yuk, simak ulasan berikut ini:

  1. Panggilan Video
    Panggilan video atau yang lebih dikenal dengan video call salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan saat menggunakan koneksi 4G. Meski kita bisa menggunakan aktivitas ini saat menggunakan paket internet berbasis 3G, tetapi koneksi 4G dikenal lebih memiliki nilai-nilai tambahan yang bisa mendorong panggilan telepon menjadi lebih cepat.kita bahkan bisa menggunakan panggilan telepon tanpa pulsa jika menggunakan paket data berkoneksi 4G. Misalnya dengan berbagai aplikasi pendukung seperti WhatsApp, Skype, atau LINE. Aplikasi-aplikasi tersebut sudah bisa menangkap gambar dengan jernih dan menghadirkan suara berkualitas. Dengan demikian, komunikasi dengan pacar atau keluarga yang jauh tetap bisa terjaga, bukan?
  2. Streaming Video
    Jika ponsel sudah memiliki paket internet berkekuatan 4G, kita juga bisa menikmati aktivitas streaming video dengan lebih seru. Bayangkan, kita bisa menikmati berbagai video kegemaran tanpa harus menanti lama atau buffering dari layar ponsel dengan koneksi ini.Menonton video di YouTube bisa semakin mengasyikkan dengan koneksi 4G. Kita juga bisa mendapatkan kualitas gambar lebih baik dan jernih saat menonton dengan paket internet berkekuatan 4G.
  3. Mengunduh Gambar/Teks/Video
    Kegiatan mengunduh atau biasa dikenal dengan istilah download sangat seru dilakukan jika kita menggunakan koneksi 4G. Proses mengunduh file, gambar, dokumen ataupun video menjadi sangat cepat dengan kekuatan 4G.Jika umumnya proses ini bisa sangat lama saat menggunakan jaringan 3G, kita hanya perlu menghabiskan waktu setidaknya satu menit untuk mengunduh data berukuran 100 MB dengan jaringan 4G.Namun, hal yang menyebalkan bisa terjadi saat kita melakukan aktivitas ini. Paket internet bisa mendadak mati di tengah proses unduh yang kita lakukan, terutama jika kita mengunduh video atau film. Akibatnya, video atau film tersebut tidak tersimpan secara keseluruhan.Jika kita mengalami hal seperti itu, segeralah lakukan pembelian pulsa dan kembali mengisi paket internet di gawaimu. Jika kamu bingung menemukan penjualnya, bertransaksilah secara online. Salah satunya dengan menggunakan Traveloka. Aplikasi ini lebih berguna lagi buat pengguna Bolt, karena penjualnya masih sangat jarang.Kita hanya butuh mengunduh aplikasi terbaru Traveloka di ponsel dan memilih besaran nominal yang hendak kita Bahkan, tanpa harus membeli pulsa, kita juga bisa langsung membeli paket data di aplikasi ini.Traveloka akan sangat membantumu memperlancar aktivitas di mana saja dan kapan saja. Jadi jangan takut kehabisan paket data atau pulsa saat mengunduh film, ya.
  4. Bermain Game Online
    Aktivitas bermain game online semakin marak belakangan ini. Kehadiran gawai seperti tablet atau ponsel pintar mendorong permainan online menjadi lebih mudah dilakukan dari mana saja.Penggunaan koneksi 4G mendorong aktivitas bermain game online menjadi sangat mengasyikkan. Kita bisa mengetahui skor cepat dan menyebarkannya di media sosial kesayangan.

    Ilustrasi game online. Foto: GigaOM.com

  5. Eksis di Media Sosial
    Zaman sekarang tidak memiliki media sosial? Apa kata dunia?
    Jika kita sudah memiliki koneksi 4G di ponsel pintar, sayang rasanya jika kita tidak menggunakan berbagai media sosial. Media sosial secara tidak langsung bisa memberikan informasi terkini dari sahabat ataupun saudaramu di seberang pulau.Dengan koneksi 4G yang sudah terjamin kecepatannya, selain mendapatkan informasi, kita juga bisa mengunggah berbagai foto terkait aktivitasmu, tanpa harus menunggu loading terlalu lama. Eksis di media sosial seperti Facebook, Path atau Instagram menjadi sangat seru dilakukan. Tidak percaya? Yuk, coba lakukan!

 

Share This :

Ditopuccino: @ditopuccino TechBuzz Thinker ! Cappuccino Lover

View Comments (2)

  • 4g sekarang memang udh paling bagus, jaringan nya tapi terkadang suka gak ada di tempat tertentu hehehhe

    • Itu pekerjaan rumah buat operator. Pengguna harus jeli memilih operator yang sesuai lokasi dan budget.