Peminat Tablet Kian Menyusut

Sumber: PC advisor

Sumber: PC advisor

International Data Corporation (IDC) melaporkan, penjualan tablet pada kuartal III-2016 mencapai 43 juta unit, turun 14,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Namun penjualan komputer dengan layar yang dapat dilepas mencapai rekor tertinggi.

IDC menyebut, perangkat komputer dengan layar yang dapat dilepas sehingga dapat dioperasikan seperti tablet ini menawarkan harga di bawah US$ 200 (sekitar Rp 2,6 juta). Pengiriman produk tersebut melonjak meski IDC enggan menyebut angka pastinya.

“Lonjakan pengiriman komputer dengan layar yang dapat dilepas akan merugikan pasar, khususnya pasar tablet. Perangkat tersebut dengan mudah menggantikan komputer pribadi (PC),” kata analis IDC Jitesh Ubrani.

Apple mendominasi pasar tablet sekitar 21,5 persen dengan penjualan 9,3 juta iPad meski pengiriman tersebut turun 6,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Samsung berada di posisi kedua dengan pengiriman 6,5 juta tablet, turun 19,3 persen dibandingkan kuartal sama tahun sebelumnya. Penghentian produksi Galaxy Note 3 dinilai tidak terlalu berpengaruh meski telah mencoreng citra perusahaan terbesar di Korea Selatan itu.

Amazon di posisi ketiga dengan penjualan Amazon Fire yang naik tiga kali lipat menjadi 3,1 juta unit. Pengiriman tablet tersebut melonjak karena raksasa online ini memangkas harga dengan diskon besar-besaran.

Lenovo di peringkat keempat dengan penjualan 2,7 juta unit, turun 10,8 persen. Di tempat kelima, Huawei mampu mengirimkan 2,4 juta unit tablet, naik 28,4 persen dibandingkan kuartal ketiga tahun lalu.

Sumber: AFP

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *