Kirobo, Robot Mini Pendamping Manusia

Sumber foto: kibo-robo.jp

Sumber foto: kibo-robo.jp

Toyota mulai menjual Kirobo, robot mini yang akan menjadi pendamping manusia. Ukurannya hanya setinggi 10 sentimeter dan mulai dijual di Jepang tahun depan sekitar 39.800 yen (sekitar US$ 400).

Toyota sebelumnya juga sudah menjual Kirobo versi besar. Robot tersebut memakai sistem operasi Android dan mampu berkomunikasi dengan astronot di ruang angkasa.

Toyota yang biasanya memproduksi mobil kini mulai berinvestasi dalam robotika. Kirobo menjadi proyek komersial pertama di sektor ini.

Produsen mobil terbesar di dunia tersebut memproduksi robot yang mampu menanggapi percakapan manusia secara sederhana serta menanggapi emosi. Robot ini ke depan diharapkan dapat membantu pengembangan teknologi kendaraan.

“Kami ingin mengatasi masalah yang berkembang di masyarakat. Banyak orang yang tidak memiliki seseorang untuk diajak bicara,” kata Managing Director Senior Toyota Moritaka Yoshida.

Kirobo mini sedang dipamerkan dalam ajang pameran elektronik terbesar di Asia, the IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC) yang berlangsung di Tokyo pekan ini.

Kirobo menjadi robot astronot pertama di dunia yang telah diterbangkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 2013 sebagai alat untuk membantu mitra percakapan bagi komandan Jepang Koichi Wakata.

Dalam jangka panjang, robot tersebut dapat bertindak sebagai pendamping orang-orang terisolasi, terutama untuk melihat apakah ia dapat mengembangkan keterampilan berbicara.

Jepang menghadapi lonjakan penduduk berusia tua. Penduduk berusia di atas 65 tahun mendominasi sekitar 40 persen dari total penduduk Jepang hingga 2060. Di sisi lain, tingkat kelahiran berkurang.

Hal ini juga berdampak ke masalah isolasi sosial, terutama fenomena hikikomori. Kini banyak remaja dan dewasa muda menolak meninggalkan rumah atau terlibat sosial. Mereka lebih senang bermain video game atau tetap berada di kamar.

Sumber : AFP

Share This :

3 comments to “Kirobo, Robot Mini Pendamping Manusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *