Ini Kapten Pilot Termuda Dunia

sumber foto: easyJet/PA

sumber foto: easyJet/PA

Kate McWilliams (26 tahun) salah satu perempuan Inggris yang menjadi kapten maskapai termuda di dunia. Di usia mudanya itu, ia sudah menerbangkan pesawat jenis Airbus A319 dan A320 pada 100 tujuan, termasuk Reykjavik, Tel Aviv, dan Marrakech.

Perempuan asal Carlisle ini mulai menjadi kadet saat 13 tahun. Lantas ia mengikuti pelatihan di CTC Aviation di Southampton pada usianya ke-19.

Ia bergabung di maskapai easyJet sebagai perwira pertama pada Mei 2011. Baru-baru ini ia naik pangkat menjadi kapten setelah melewati kursus di maskapainya.

Juru bicara easyJet optimistis McWilliams mampu menerbangkan pesawat komersial secara profesional.

McWilliams yang kini tinggal di Reigate, Surrey, dekat Bandara Gatwick mengatakan, secara pribadi tidak pernah memikirkan usia dalam meraih posisi di dunia penerbangan.

Ia mengaku sudah melewati pelatihan yang sama dan lulus kursus pilot sama seperti calon pilot lainnya.

“Jadi saya membuktikan sendiri mampu menerbangkan pesawat tanpa memandang usia. Mungkin banyak yang menanyakan tentang usia saya sekarang, tapi tidak banyak yang menanyakan kapan saya mulai menjadi perwira utama.”

McWilliams tidak pernah berpikir menjadi seorang pilot saat dewasa. Namun ia tidak menyesal telah melalui serangkaian pelatihan pilot sejak kecil.

“Saya senang menjadi seorang pilot komersial untuk easyJet. Saya bangga sekarang telah mencapai ambisi menjadi kapten,” ujar McWilliams.

Asosiasi Pilot Perempuan Inggris (BWPA) menyatakan, jumlah pilot perempuan di dunia hanya sekitar lima persen. Tahun lalu easyJet mengumumkan sebuah inisiatif untuk menaikkan jumlah pilot perempuan menjadi 12 persen.

Ketua BWPA Julie Westhorp berharap McWilliams mampu menginspirasi lebih banyak perempuan untuk mempertimbangkan karir dalam penerbangan.

“Kami dan easyJet menyadari pentingnya panutan bagi perempuan dan anak-anak muda ketika membuat pilihan karir. Kami akan terus bekerja sama mendorong perempuan muda demi mempertimbangkan percontohan karir,” kata Westhorp.

“Prestasi McWilliams jelas menunjukkan kepada perempuan muda lainnya yang berhasil menjadi pilot penerbangan komersial. Kami berharap Kate McWilliams melanjutkan kesuksesan dalam karirnya. Kami sangat senang ia kini menjadi panutan sangat baik bagi perempuan lainnya di dunia.”

Pekan lalu, McWilliams terbang dari Gatwick ke Malta bersama Luke Elsworth yang awal tahun ini menjadi percontohan pilot pria termuda berusia 19 tahun di Inggris.

Michael Crowley dari Boca Raton, Florida dipromosikan menjadi kapten melalui maskapai SkyKing, pesawat charter di usia 24 tahun pada 2012. Dia menerbangkan Boeing 737 antara Miami dan Kuba.

Sumber: The Guardian

Share This :

,
2 comments to “Ini Kapten Pilot Termuda Dunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *