Bisnis Printer Samsung akan Dijual

Samsung Printer Xpress C410-460 Series. Sumber foto: usabilitygeek.com

Samsung Printer Xpress C410-460 Series. Sumber foto: usabilitygeek.com

Samsung Electronics akan menjual bisnis printer kepada produsen komputer Hewlett Packard (HP). Samsung akan mempercepat upaya restrukturisasi di tengah kekuasaan generasi keluarga Lee.

HP akan membeli unit printer Samsung sekitar US$ 1,05 miliar. Kesepakatan ini akan meningkatkan peluang pertumbuhan di segmen mesin fotokopi. Samsung menyatakan, transaksi ini bagian upaya perusahaan berkonsentrasi pada areal bisnis inti.

Unit printer Samsung memiliki 6.000 karyawan dan memiliki pendapatan dua triliun won (US$ 1,8 miliar) tahun lalu.

Samsung Electronics sebagai produsen ponsel terbesar di dunia juga memproduksi peralatan rumah tangga dan memori chip. Kelompok ini saat ini diketuai Lee Kun-Hee dan ingin mempersiapkan menyerahkan kendali kepada putra dan Wakil Ketua Perusahaan JY Lee.

Lee Kun-Hee kini terbaring di tempat tidur setelah menderita serangan jantung pada 2014. Ia tetap mengawasi bisnis meski menyerahkan kepada putranya.

Direksi Samsung Electronics mengusulkan rencana untuk mencalonkan JY Lee sebagai anggota dewan baru.

“Lebih dua tahun setelah Ketua Lee rawat inap. Dewan Samsung percaya dia memunyai hak mencalonkan Jay Y Lee sebagai anggota dewan yang memungkinkan dia mengambil peran lebih aktif dalam pengambilan keputusan strategis perseroan,” kata pernyataan perusahaan.

Penjualan bisnis printer dan nominasi JY Lee telah disetujui dewan Senin (12/9) namun harus tunduk pada persetujuan pemegang saham pada Oktober.

Samsung Group memiliki unit usaha mulai dari elektronik hingga hotel. Kelompok ini membukukan pendapatan US$ 282,8 miliar pada 2014 dan menjadikannya kelompok usaha terbesar di Korea Selatan.

Sumber: AFP

Share This :

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *